Pendaftaran Usu 2019/2020 (Universitas Sumatera Utara)

www.usu.ac.id 2019 — PMB USU, Pendaftaran USU Online, Pendaftaran Online USU, Pendaftaran Mahasiswa Baru USU, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru USU, Panduan Pendaftaran USU, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs USU, Universitas Sumatera Utara, USU. 2021. 2022.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran USU 2019/2020 (Universitas Sumatera Utara). Dengan adanya gosip ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melaksanakan proses pendaftaran mahasiswa gres USU. Mari simak pembahasannya.
 Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul  Pendaftaran USU 2019/2020 (Universitas Sumatera Utara)
Medan merupakan salah satu kota yang masuk dalam jajaran kota terbesar di Indonesia. Di Medan, aneka macam didirikan Perguruan Tinggi Negeri menyerupai USU, UINSU, UNIMED, dan lain-lain.
USU atau Universitas Sumatera Utara yaitu salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berada di kota Medan yang terletak di Jl. Dr. T. Mansyur No. 9, Medan, Sumatera Utara 20155, Indonesia.
USU telah resmi didirikan pada tanggal 20 November 1957. Moto yang dimiliki USU yaitu “Toward Excellence as University for Industry” atau dalam bahasa Indonesia yaitu Menuju Keunggulan sebagai Universitas untuk Industri.
Fakultas dan Program Studi di Universitas Sumatera Utara (USU) yaitu sebagai berikut :
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari kegiatan studi Pendidikan Dokter, Biomedik, Ilmu Kedokteran Tropis, Ilmu Kedokteran, Ilmu Anastesi, Ilmu Bedah, Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Ilmu Kehakiman Kedokteran, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Patologi Anatomi, Ilmu Patologi Klinik, Ilmu Pencintraan (Radiologi), Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Penyakit Jiwa, Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, Ilmu Penyakit Mata, Ilmu Penyakit Paru, Ilmu Penyakit Syaraf, dan Ilmu Penyakit T.H.T.
  • Fakultas Hukum terdiri dari kegiatan studi Ilmu Hukum, dan Kenotariatan
  • Fakultas Pertanian terdiri dari kegiatan studi Agribisnis, Agroekoteknologi, Ilmu Peternakan, Ilmu dan Teknologi Pangan, Kehutanan, Manajemen Sumberdaya Perairan, dan Ilmu Pertanian 
  • Fakultas Teknik terdiri dari kegiatan studi Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari kegiatan studi Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Keuangan, dan Kesekretariatan.
  • Fakultas Kedokteran Gigi terdiri dari kegiatan studi Pendidikan Dokter Gigi, Ilmu Kedokteran Gigi, dan Ortodontik
  • Fakultas Sastra terdiri dari kegiatan studi Sastra Arab, Sastra Batak, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Melayu, Etnomusikologi, Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Ilmu Sejarah, Pariwisatan, Sastra Cina, Penciptaan dan Pengkajian Seni, dan Linguistik.
  • Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahui Alam (MIPA) terdiri dari kegiatan studi Biologi, Fisika, Fisika Instrumentasi, Kimia, Matematika, Statistik, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Metrologi
  • Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari kegiatan studi Antropologi Sosial, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Ilmu Administrasi Niaga, Sosiologi, Perpajakan, dan Studi Pembangunan.
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari kegiatan studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Psikologi terdiri dari kegiatan studi Psikologi
  • Fakultas Farmasi terdiri dari kegiatan studi Ilmu Farmasi, dan Analisis Farmasi
  • Fakultas Keperawatan terdiri dari kegiatan studi Pendidikan Keperawatan, Profesi NERS, dan Bidan Pendidik
  • Sekolah Pascasarjana terdiri dari kegiatan studi Magister Manajemen, Pengembangan Wilayah, dan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan
Dari sedikit gosip mengenai citra USU, mungkin bisa menambah sedikit wawasan bagi anda terutama yang ingin kuliah di USU. Jika anda ingin kuliah di USU, maka anda perlu mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa gres yang dibuka oleh USU.
Pada tahun ini USU kembali membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa gres melalui jalur nasional dan juga jalur mandiri. Selain kedua jalur tersebut, ada pula jalur seleksi nusantara. Berikut gosip selengkapnya mengenai jalur-jalur masuk USU.
A. Penerimaan Mahasiswa Baru USU Jalur Nasional
1. Pendaftaran SNMPTN
USU yaitu salah satu Universitas Negeri yang tergabung dalam seleksi SNMPTN. Seperti yang kita ketahui bahwa SNMPTN merupakan jalur seleksi undangan nasional yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulu sekolah pada tahun ini.
Peserta yang ingin mendaftar SNMPTN harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah, sesudah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah, selanjutnya sanggup melaksanakan pendaftaran SNMPTN ke alamat web.snmptn.ac.id . Baca : Pendaftaran Web SNMPTN ac id
Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN, dan lain sebagainya sanggup anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN Undangan.
Bagi peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu, maka sanggup mengajukan Bidikmisi atas anjuran Kepala Sekolah. Bidikmisi yang diikuti yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN.
2. Pendaftaran SBMPTN
Selain SNMPTN, USU juga tergabung pada jalur seleksi SBMPTN. SBMPTN yaitu jalur seleksi bersama beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia untuk menjaring calon mahasiswa gres melalui ujian soal dan/atau ujian keterampilan.
Ujian soal sanggup dikerjakan secara tertulis (PBT) atau memakai komputer (CBT) yang diperuntukkan bagi semua peserta, sedangkan ujian pelengkap berupa ujian keterampilan yang diperuntukkan bagi peserta yang menentukan kegiatan studi bidang seni atau keolahragaan.
Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Panduan Pendaftaran, jadwal, persyartaan, dan lain-lain sanggup anda baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN
Untuk peserta SBMPTN yang berasal dari keluarga kurang bisa dari segi ekonomi, maka sanggup mengajukan diri atas anjuran Kepala Sekolah untuk mendapatkan sumbangan biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi. Bidikmisi yang diusulkan yaitu Bidikmisi jalur SBMPTN.
3. Pendaftaran Bidikmisi
Bidikmisi yaitu salah satu kegiatan Pemerintah untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga miskin semoga sanggup kuliah di Perguruan Tinggi dengan cara memperlihatkan biaya sumbangan pendidikan.
Bidikmisi yang ada di USU yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN, dan apabila dibuka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Selengkapnya sanggup dilihat di web USU.
Para peserta yang ingin mendaftar Bidikmisi harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka peserta sanggup melaksanakan pendaftaran Bidikmisi ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id kemudian pilih fitur untuk siswa. Informasi lengkap silahkan baca di Pendaftaran Bidikmisi
B. Penerimaan Mahasiswa Baru USU Jalur Nusantara (SPMB)
USU yaitu salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam jalur seleksi nusantara. Jalur seleksi nusantara ini disebut dengan SPMB Nusantara dimana jalur ini diselenggarakan oleh suatu organ yang disebut P-SPMBN.
P-SPMBN menyelenggarakan 2 jenis seleksi dan 1 jenis tes yaitu UMB-PT, UMB-PTS, dan TPBI. USU tergabung dalam seleksi jalur UMB-PT.
Bagi anda yang ingin kuliah di USU, selain melalui jalur nasional di atas, maka sanggup pula melalui jalur UMB-PTdimana seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.
Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat penerimaan.spmb.or.id. Tata cara pendaftaran, biaya seleksi, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya sanggup anda baca paca artikel Pendaftaran Online SPMB atau Pendaftaran SPMB atau Pendaftaran UMB-PT.

Info Penting!!!
Pada tahun kemudian jalur UMB-PT tidak dibuka. Untuk tahun ini apakah dibuka atau tidak silahkan tanyakan di kampus anda.

C. Penerimaan Mahasiswa Baru USU Jalur Mandiri

1. Pendaftaran Program Diploma
Bagi anda yang ingin kuliah di USU jenjang Diploma, maka anda bisa mengikuti seleksi masuk melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD).
Alur Pendaftaran SPMPD
  • Calon peserta melaksanakan pendaftaran di alamat spmpd.usu.ac.id untuk mendapatkan nomor registrasi
  • Membayar biaya pendaftaran melalu BNI (Teller, ATM, SMS Banking). Jika melalui Teller maka harus memperlihatkan nomor registrasi
  • Setelah membayar, maka akan mendapatkan password yang sanggup dipakai untuk login ke alamat spmpd.usu.ac.id
  • Calon peserta login ke alamat spmpd.usu.ac.id memakai nomor pendaftaran dan password
  • Kemudian melengakapi data pendaftaran dengan menentukan kegiatan studi, mengunggah foto, dan lain sebagainya.
  • Jika telah terisi semua, silahkan cetak kartu peserta.
Informasi lainnya yang belum diberikan disini sanggup dilihat pribadi di alamat spmpd.usu.ac.id

2. Pendaftaran Program Ekstensi
USU kembali membuka penerimaan mahasiswa gres kegiatan Ekstensi. Jalur ini hanya dibuka untuk Fakultas dan Program studi tertentu saja. Info lebih lanjut sanggup dilihat di web USU. Info lebih lanjut sanggup anda lihat di http://usu.ac.id/id/article/13/program-ekstensi

3. Pendaftaran Mahasiswa Internasional
Bagi mahasiswa dari luar negeri yang ingin kuliah di USU jenjang Sarjana, maka bisa mengikuti seleksi jalur mahasiswa internasional (International Student Admission). Jalur ini hanya dibuka pada beberapa kegiatan studi saja di bidang kesehatan. Informasi lebih lanjut silahkan lihat di https://isa.usu.ac.id/
4. Pendaftaran Sekolah Pascasarjana
Selain mendapatkan mahasiswa jenjang Diploma dan Sarjana, USU juga melaksanakan penerimaan mahasiswa gres jenjang Pascasarjana. Jalur penerimaan Pascasarjana USU terdiri dari 2 macam yaitu jalur berdikari dan jalur menpora. Silahkan ikuti salah satu jalur tersebut.
Tata Cara Pendaftaran
  • Peserta mengakses alamat www.sps.usu.ac.id/pendaftaran
  • Kemudian pilih sajian pendaftaran kegiatan studi, klik “create”
  • Akan muncul nomor tagihan / nomor ujian
  • Cetak / print billing statement dan lakukan pembayaran di Bank yang telah ditunjuk
  • Masukkan nomor tagihan / nomor ujian ke bs.sps.usu.ac.id
  • Setelah membayar di Bank, login kembali ke situs pendaftaran untuk mengupload foto
  • Klik sajian pendaftaran kegiatan studi dan cetak “kartu ujian, surat rekomendasi, dan biodata diri”
  • Mengikuti ujian dengan membaca kartu ujian dan berkas lain yang telah ditentukan
Informasi penerimaan jenjang Pascasarjana USU yang belum disampaikan disini sanggup anda baca selengkapny di web Pascasarjana USU di alamat www.sps.usu.ac.id
Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku yaitu yang ada di situs resmi.

Baca juga :

Demikianlah gosip yang sanggup admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran USU (Universitas Sumatera Utara). Mudah-mudahan gosip yang telah admin sampaikan tersebut bisa memperlihatkan pencerahan untuk anda dalam melaksanakan proses pendaftaran mahasiswa gres USU.
Admin disini turut selalu mendoakan semoga pembaca web ini yang ikuti seleksi masuk USU diberi kelancaran dalam mengikuti proses seleksi dan mudah-mudahnnya nantinya bisa lulus seleksi dan bisa kuliah di USU.

Sekian info dari admin dan semoga kita bisa menjadi orang sukses semenjak muda. Amin. Mari turut menyebarkan (G+1) atau share (FB) gosip ini pada teman-teman lain yang membutuhkan.