Pendaftaran Unsri 2019/2020 (Universitas Sriwijaya)

www.unsri.ac.id 2019 — USM UNSRI, PMB UNSRI, Pendaftaran UNSRI Online, Pendaftaran Online UNSRI, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSRI, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSRI, Panduan Pendaftaran UNSRI, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri USM, PPs UNSRI, Universitas Sriwijaya. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan memperlihatkan warta ihwal Pendaftaran UNSRI 2019/2020 (Universitas Sriwijaya). Informasi ini ditujukan bagi anda terutama yang ingin kuliah di UNSRI. Mari simak warta selengkapnya berikut ini.
 Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSRI Pendaftaran UNSRI 2019/2020 (Universitas Sriwijaya)
Siapa yang tidak kenal UNSRI?, Universitas yang satu ini merupakan Universitas yang paling ternama dan menjadi pujian di Sumatera Selatan dan merupakan salah satu Universitas terbaik di pulau Sumatera
UNSRI atau Universitas Sriwijaya merupakan Universitas Negeri yang telah didirikan pada 29 Oktober 1960 yang mempunyai 2 lokasi kampus yaitu kampus utama beralamatkan di Jl. Raya Palembang-Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Inderalaya, Sumatera Selatan dan Kampus Lainnya berada di Kota Palembang tepatnya di Bukit Besar Palembang.
Moto dari Universitas Sriwijaya (UNSRI) menyerupai yang tertera pada logo yaitu “Ilmu Alat Pengabdian”
Fakultas dan Program Studi yang telah ada di Universitas Sriwijaya (UNSRI) baik untuk jenjang Diploma, Sarjana, Magister, ataupun Doktor sanggup anda lihat selengkapnya berikut ini.
  • Fakultas Ekonomi (FE) terdiri dari Program Studi : Ekonomi Pembangunan (S1), Manajemen (S1), Akuntansi (S1), Akuntansi (D3), Kesekretariatan (D3)
  • Fakultas Hukum (FH) terdiri dari Program Studi : Ilmu Hukum (Kekhususan pada bidang Pidana, Perdata, Administrasi, Tata Negara, Internasional) (S1)
  • Fakultas Teknik (FT) terdiri dari Program Studi : Teknik Sipil (S1), Teknik Pertambangan (S1), Teknik Kimia (S1), Teknik Elektro (S1), Teknik Mesin (S1), Arsitektur (S1), dan Teknik Geologi (S1)
  • Fakultas Kedokteran (FK) terdiri dari Program Studi : Pendidikan Dokter (S1), Ilmu Keperawatan (S1), Kedokteran Gigi (S1), Psikologi (S1), Teknik Gigi (D3)
  • Fakultas Pertanian (FP) terdiri dari Program Studi : Agronomi (S1), Ilmu Tanah (S1), Penyuluhan Dan Komunikasi Pertanian (S1), Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis) (S1), Ilmu Hama Dan Penyakit Tumbuhan (S1), Teknik Hasil Pertanian (S1), Teknik Pertanian (S1), Peternakan (S1), Budidaya Perairan (S1), Teknologi Hasil Perikanan (S1), Agroekoteknologi (S1)
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdiri dari Program Studi : Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Biologi (S1), Pendidikan Kimia (S1), Pendidikan Fisika (S1), Pendidikan Teknik Mesin (S1), Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (S1), Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (S1), Pendidikan Sejarah (S1), Bimbingan & Konseling (S1), Pendidikan Ekonomi (S1), Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia dan Daerah (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (S1), Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (D2), Program Kependidikan Guru dalam Jabatan (S1), Pendidikan Luar Sekolah (S1), Pendidikan Geografi (S1)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri dari Program Studi : Ilmu Administrasi Negara (S1), Sosiologi (S1), Ilmu Komunikasi (S1).
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)  terdiri dari Program Studi : Matematika (S1), Fisika (S1), Kimia (S1), Biologi (S1), Ilmu Kelautan (S1), Farmasi (S1), Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM), Teknik Informatika (S1), Teknik Informatika (Bilingual S1), Sistem Komputer (S1), Sistem Komputer (Profesional S1), Sistem Informasi (S1), Sistem Informasi (Bilingual S1), Sistem Informasi (Profesional S1), Teknik Komputer (D3), Manajemen Informatika (D3), Komputerisasi Akuntansi (D3), Teknik Komputer dan Jaringan (D3).
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) terdiri dari Program Studi : Ilmu Kesehatan Masyarakat (S1)
  • Program Magister (S2) terdiri dari Program Studi Magister : Ilmu Tanaman, Teknik informatika, Agribisnis, Ilmu Ekonomi, Ilmu Hukum, Pendidikan Bahasa, Teknik Kimia, Ilmu Biomedik, Teknik Sipil, Pengelolaan Lingkungan, Administrasi Publik, Pendidikan Matematika, Teknologi Pendidikan, Kependudukan, Ilmu Manajemen, Sosiologi, Teknik Mesin, Teknik Pertambangan, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fisika, Manajemen, Kenotariatan.
  • Program Double Degree S2 terdiri dari Program Studi : Double Master Degree Integrated Lowland Development And Management Planning (Dd-Ildm), Double Master Degree On Integrated Food Production And Management Planning (Dd-Ifp), Master of Management And Master of Business Administration
  • Program Doktor (S3) terdiri dari Program Studi Doktor : Ilmu Pertanian, Ilmu Lingkungan, Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, Ilmu Manajemen, MIPA, Ilmu Teknik.
  • Program Studi Pendidikan Profesi terdiri dari Program Studi : Profesi Dokter (dr.), Profesi Dokter Gigi (drg.), Keperawatan (Ners.), Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)
  • Program Pendidikan Dokter Spesialis terdiri dari Program Studi : Ilmu Kesehatan Anak (SpA), Ilmu Bedah (SpB), Ilmu Penyakit Mata (SpM), Ilmu Penyakit Dalam (SpPD), Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan (SpOG), Ilmu Patologi Anatomi (SpPA), Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin (SpKK), Ilmu Penyakit Syaraf (SpPS), Ilmu Penyakit THT-KL (SpTHT-KL), Ilmu Anestesiologi dan Reanimasi (SpAn), Ilmu Penyakit Dalam Sp2 Konsultan Hematologi (SpPD-KHOM), Ilmu Penyakit Dalam Sp2 Konsultan Alergi (SpPD-KAI), Ilmu Penyakit Dalam Sp2 Konsultan Kardiovaskuler (SpPD-KKV)
Dari sejumlah kegiatan studi yang telah diselenggarkan oleh UNSRI, tentunya ada salah satu yang anda minati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa gres UNSRI tahun ini.
Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa gres UNSRI, maka anda harus tahu jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh UNSRI untuk mendapatkan mahasiswa gres tersebut.
UNSRI membuka penerimaan mahasiswa gres melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Penjelasan dari jalur-jalur tersebut akan diberikan berikut ini.
Penerimaan Mahasiswa Baru UNSRI Jalur Nasional
Jalur nasional ialah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Jalur nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah ini terdiri dari jalur SNMPTN dan SBMPTN.
Jalur SNMPTN dikenal dengan sebutan jalur permintaan dan biaya seleksinya gratis dikarenakan telah ditanggung oleh Pemerintah. Sedangkan jalur SBMPTN dikenal dengan sebutan jalur tertulis yang biaya seleksinya ditanggung oleh peserta.
Informasi lebih lanjut mengenai kedua jalur seleksi nasional tersebut akan dijelaskan selengkapnya berikut ini.
1. Pendaftaran SNMPTN
SNMPTN merupakan jalur seleksi permintaan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Salah satunya jalur masuk ke UNSRI.
Jalur SNMPTN hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang secara konsisten selalu memperlihatkan prestasinya tersebut di setiap semester. Seleksi didasarkan para prestasi-prestasi siswa tersebut.
Siswa yang ingin mendaftar SNMPTN harus mendapatkan rekomendasai dari Kepala Sekolah. Kepala Sekolah memberi rekomendasi dengan cara melaksanakan pengisian data-data siswa pada PDSS dan selanjutnya siswa juga melaksanakan verifikasi data-data di PDSS di alamat pdss.snmptn.ac.id

Baca selengkapnya :

Setelah melaksanakan verifikasi data, selanjutnya siswa melaksanakan registrasi SNMPTN secara online melalui alamat web.snmptn.ac.id.

Baca selengkapnya : Pendaftaran Web SNMPTN ac id

Panduan pendaftaran, kegiatan pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, dan ketentuan lainnya sanggup anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN

Bagi peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga kurang bisa secara ekonomi, maka sanggup mengusulkan diri untuk mendapatkan pemberian biaya pendidikan dari Pemerintah yang disebut dengan Bidikmisi.
Calon peserta juga harus memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk bisa mendaftar Bidikmisi. Bidikmisi yang diikuti ialah Bidikmisi jalur SNMPTN.
2. Pendaftaran SBMPTN
SBMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa gres masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang dikenal dengan sebtan jalur ujian tulis. Jalur SBMPTN seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang dilakukan secara manual (PBT) atau sanggup juga memakai komputer (CBT).
Seleksi UTBC  atau UTBK tersebut diikuti oleh semua peserta SBMPTN. Khusu untuk peserta SBMPTN yang telah menentukan kegiatan studi bidang Seni atau Keolahragaan harus mengikuti ujian komplemen berupa ujian keterampilan.
Calon peserta yang ingin mendaftar SBMPTN sanggup melakukannya secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Lakukan registrasi secara mendiri tanpa harus melalui pihak sekolah.
Panduan pendaftaran, kegiatan pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, dan ketentuan lainnya telah admin siapkan untuk anda yang sanggup anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN
Bagi anda peserta SBMPTN yang mempunyai kekurangan dari segi ekonomi alasannya penghasilan orang renta anda kecil, maka anda bisa mengajukan diri untuk mengikuti seleksi Bidikmisi. Untuk mendaftar Bidikmisi ini maka peserta harus memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah. Bidikmisi yang diikuti ialah Bidikmisi jalur SBMPTN
3. Pendaftaran Bidikmisi
Bidikmisi ialah pemberian pemberian biaya pendidikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang bisa secara ekonomi kerena penghasilan orang tuanya rendah. Calon mahasiswa yang demikian itu mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi Bidikmisi.
Calon peserta yang ingin mendaftar Bidikmisi harus memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala Sekolah melaksanakan pengisian data peserta di alamat Bidikmisi untuk fitur sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya peserta sanggup melaksanakan registrasi Bidikmisi secara online ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id dengan menentukan fitur siswa.
Bidikmisi yang dibuka oleh UNSRI ialah Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN, serta kalau dibuka ada Bidikmisi jalur mandiri.
Selengkapnya Baca : Pendaftaran Bidikmisi
Penerimaan Mahasiswa Baru UNSRI Jalur Mandiri
Jalur berdikari ialah jalur seleksi mahasiswa gres yang dikelola secara pribadi oleh Universitas yang bersangkutan, dalam hal ini yaitu UNSRI.
Jalur berdikari UNSRI dikenal dengan sebutan USM atau Ujian Saringan Masuk. Jalur USM UNSRI dibedakan menjadi 3, yaitu USM Diploma, USM Sarjana, dan USM Pascasarjana.
1. Pendaftaran USM Diploma UNSRI
Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Diploma di UNSRI, maka anda sanggup mengikuti seleksi masuk UNSRI melalui jalur USM Diploma. Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua peserta.
Persiapkanlah diri anda untuk menghadapai ujian seleksi yang diberikan biar nantinya pada ketika pengumuman anda bisa dinyatakan lulus seleksi.
2. Pendaftaran USM Sarjana UNSRI
Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi masuk UNSRI jenjang Sarjana melalui jalur SNMPTN atau jalur SBMPTN tetapi pada ketika pengumuman anda dinyatakan tidak lulus, maka anda masih mempunyai kesempatan dengan mengikuti seleksi jalur USM Sarjana UNSRI.
Jalur USM Sarjana UNSRI dibedakan menjadi 2, yaitu :
  • Calon Mahasiswa Baru yang berasal dari SMA/SMK/MA yang melanjutkan studi ke jenjang Sarjana (S1)
  • Calon Mahasiswa Baru yang berasal dari Jenjang D-3 yang melanjutkan studi ke jenjang Sarjana (S1)
Seleksi jalur USM Sarjana dilakukan melalui ujian tertulis. Jika anda nantinya lulus seleksi jalur USM Sarjana UNSRI, anda akan kuliah di Kampus Palembang yang berada beralamatkan di Bukit Besar, Palembang, Sumatera Selatan.
3. Pendaftaran USM Pascasarjana UNSRI 
Bagi anda yang ingin kuliah di UNSRI untuk jenjang Pascasarjana (S2/S3), maka anda sanggup mengikuti seleksi masuk jalur USM Pascasarjana UNSRI.
Pada tahun sebelumnya, seleksi masuk jalur USM Pascasarjana UNSRI dilakukan melalui Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bidang Ilmu, Tes Kemampuan Bidang Ilmu (TKBI), dan tes wawancara.
Maka dari itu, persiapkan diri anda  untuk menghadapi banyak sekali macam tes tersebut biar anda bisa lulus tes dan nantinya bisa kuliah di Pascasarjana UNSRI.
Penting!!!
Informasi lebih lanjut mengenai jalur USM UNSRI yang belum diberikan di web ini sanggup anda jalan masuk pribadi di situs resmi USM UNSRI pada alamat usm.unsri.ac.id atau melalui situs utamanya di alamat ww.unsri.ac.iddan situs Pascasarjana yaitu pps.unsri.ac.id
Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku ialah yang ada di webste resmi UNSRI.

Baca Juga :

Demikianlah warta yang sanggup admin sampaika pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNSRI (Universitas Sriwijaya). Mudah-mudahan warta tersebut bermanfaat dan bisa memperlihatkan pencerahan bagi anda.
Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk UNSRI melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel disini.
Cukup sekian info dari admin dan semoga kita bisa menjadi orang yang bakir tinggi dan bisa memakai ilmu tersebut untuk meraih kesuksesan semuda mungkin. Amin. Ayo turut membuatkan (G+1) atau share (fb) warta ini pada teman lainnya yang membutuhkan.