Pendaftaran Uin Alauddin 2019/2020 – Uinam

www.uin-alauddin.ac.id 2019 — PMB UIN Alauddin, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Alauddin, Pendaftaran UIN Alauddin Online, Pendaftaran Online UIN Alauddin, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Alauddin, Panduan Pendaftaran UIN Alauddin, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UIN Alauddin, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan mengatakan isu wacana Pendaftaran UIN Alauddin 2019/2020 – UINAM. Dengan adanya isu ini, supaya bisa menjadi panduan bagi anda dalam melaksanakan proses registrasi sebagai calon mahasiswa gres UIN Alauddin.
 Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Alauddin Pendaftaran UIN Alauddin 2019/2020 - UINAM
Makassar ialah Ibukota dari provinsi Sulawesi Selatan. Di Makassar terdapat aneka macam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ibarat UNM, UNHAS, UIN Alauddin, dan lain sebagainya.
UIN Alauddin ialah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.
Mengenai UIN Alauddin :
Moto: Pencerdasan, Pencerahan & Prestasi
Didirikan: 1962
Jenis: Negeri
Lokasi: Makassar (Kampus 1) dan Samata, Somba Opu, Gowa (Kampus 2), Sulawesi Selatan, Indonesia
Fakultas dan Program Studi yang telah ada di UIN Alauddin, yaitu :
Program Sarjana (S1) UIN Alauddin
  • Fakultas Ushuluddin dan Filsafat terdiri dari aktivitas studi Filsafat Agama, Ilmu Aqidah, Sosiologi Agama, Perbandingan Agama, Ilmu Hadis, Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, dan Ilmu Politik
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari aktivitas studi Teknik Arsitektur, Teknik Informatika, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, Ilmu Peternakan, dan Sistem Informasi.
  • Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari aktivitas studi Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Farmasi, Kebidanan (D3)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari aktivitas studi Ekonomi Islam, Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi.
  • Fakultas Syari’ah dan Hukum terdiri dari aktivitas studi Hukum Acara Perdata dan Ketatanegaraan, Pidana dan ketatanegaraan, Perbandingan Hukum, Ilmu Hukum.
  • Fakultas Adab dan Humaniora terdiri dari aktivitas studi Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Perpustakaan.
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdiri dari aktivitas studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, dan Kesejahteraan Sosial, Manajmen Dakwah, Jurnalistik, Ilmu Komunikasi.
  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan terdiri dari aktivitas studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajmen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Program Magister (S2) UIN Alauddin
  • Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Tafsir Hadis, Ekonomi Syariah, Dirasah Islamiyah terdiri dari konsentrasi Syariah/Hukum Islam, Pemikiran Islam, Dakwah dan Komunikasi, Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Peradaban Islam, Perpustakaan dan Informasi Islam.
Program Doktor (S3) UIN Alauddin
  • Program Studi Dirasah Islamiyah (Islamic Studies) dengan konsentrasi sebagai berikut : Pendidikan dan Keguruan, Syariah/Hukum Islam, Tafsir, Hadis, Pemikiran Islam, Dakwah dan Komunikasi, Sejarah Peradaban Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Bahasa dan Sastra Arab, Ekonomi Islam, dan Masyarakat Islam.
Dari sejumlah aktivitas studi yang ada di UIN Alauddin tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu, silahkan anda daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UIN Alauddin dan pilih aktivitas studi yang anda minati tersebut.
Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UIN Alauddin, maka terlebh dahulu anda harus mengetahui isu mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa gres yang dibuka oleh UIN Alauddin.
Berikut ini admin berikan isu mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa gres yang dibuka oleh UIN Alauddin. Jalur-jalur tersebut terdiri dari jalur seleksi nasional dan jalur seleksi mandiri. Simak informasinya berikut ini.
Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Alauddin Jalur Nasional
1. Pendaftaran SNMPTN
SNMPTN merupakan jalur seleksi ajakan nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indoensia. Meskipun demikian, namun UIN Alauddin turut berpartisipasi dalam jalur seleksi SNMPTN.
Jalur SNMPTN hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini. Kepala Sekolah mendaftarkan siswanya ke pdss.snmptn.ac.id , kemudian siswa juga melaksanakan verifikasi data dan kemudian melaksanakan registrasi SNMPTN di alamat web.snmptn.ac.id
Tata cara registrasi SNMPTN, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, dan lain sebagainya sanggup anda baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran SNMPTN Undangan atau Pendaftaran SNMPTN
2. Pendaftaran SPAN-PTKIN
Selain SNMPTN, adapula jalur SPAN-PTKIN yang merupakan jalur seleksi ajakan untuk siswa-siswi berprestasi untuk masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia, salah satunya masuk ke UIN Alauddin.
Pendaftaran dilakukan secara online ke alamat www.span-ptkin.ac.id . Seperti pada jalur SNMPTN, Calon peserta yang ingin mendaftar SPAN-PTKIN juga harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah.
Untuk isu berupa tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, dan keterangan terkait lainnya sanggup anda baca secara lengkap pada artikel yang berjudul Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.
3. Pendaftaran SBMPTN
SBMPTN merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Meskipun SBMPTN ialah jalur masuk ke PTN, namun UIN Alauddin turut serta dalam jalur SBMPTN ini.
Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id . Silahkan jalan masuk alamat tersebut untuk mendaftar secara online dan kemudian mengikuti ujian seleksi.
Untuk panduan registrasi SBMPTN, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria pendaftaran, dan lain sebagainya sanggup anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

4. Pendaftaran UM-PTKIN
UM-PTKIN ialah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia ibarat UIN, IAIN, dan STAIN. Salah satunya masuk ke UIN Alauddin.
Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id . Setelah mendaftar kemudian mengikuti seleksi berupa ujian tertulis.
Untuk isu registrasi lengkap berupa tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, persyaratan pendaftaran, dan lain sebagainya sanggup anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online.
Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Alauddin Jalur Mandiri

1. Pendaftaran Jalur UMM
UMM atau Ujian Masuk Mandiri ialah jalur seleksi berdikari yang dibuka oleh UIN Alauddin untuk mengatakan kesempatan kepada calon mahasiswa gres untuk masuk ke UIN Alauddin melalui ujian tertulis mandiri.
Sebelum melaksanakan pendaftaran, calon peserta terlebih dahulu membayar biaya registrasi di BNI terdekat untuk mendapatkan nomor ujian (nomor induk) dan password (program studi) yang sanggup dipakai untuk login pendaftaran.
Silahkan login ke alamat umm.uin-alauddin.ac.id untuk melaksanakan proses registrasi hingga selesai. Ikuti petunjuk / perintah yang diberikan.

2. Pendaftaran Jalur UMK
UMK atau Ujian Masuk Khusus ialah jalur seleksi masuk ke UIN Alauddin yang dibuka untuk mendapatkan mahasiswa gres pada aktivitas studi tertentu. Jalur ini dibuka sehabis jalur UMM Berakhir.
Perlu diingat kembali bahwa tidak semua aktivitas studi dibuka melalui jalur UMK ini. Maka adari itu, anda harus mengetahui aktivitas studi apa saja yang dibuka melalui jalur UMK ini.
Bagi yang berminat untuk mendaftar, maka sanggup melaksanakan registrasi secara online ke alamat umk.uin-alauddin.ac.id . Namun sebelumnya anda harus membayar biaya registrasi di BNI terdekat untuk mendapakan nomor ujian (nomor induk) dan password (program studi) untuk login pendaftaran.
3. Pendaftaran Profesi NERS
Penerimaan mahasiswa gres Program Profesi NERS dibuka untuk mendapatkan lulusan Sarjana Keperawatan, baik lulusan dari UIN Alauddin ataupun lulusan dari luar UIN Alauddin.
Pendaftaran sanggup dilakukan secara eksklusif dan juga secara online. Pendaftaran secara eksklusif dilakukan di bab sekertariat registrasi NERS di prodi keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Kampus II Samata-Gowa, sedangkan registrasi secara online dilakukan melalui alamat website admisi.uin-alauddin.ac.id

4. Pendaftaran Program Pascasarjana

Selain mendapatkan mahasiswa gres jenjang Sarjana dan Diploma, UIN Alauddin juga mendapatkan mahasiswa gres jenjang Pascasarjana.
Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda secara online. Program perkuliahan yang sanggup anda pilih yaitu perkuliahan reguler atau perkuliahan nonreguler.
Informasi lebih lanjut mengenai registrasi Pascasarjana UIN Alauddin sanggup anda baca secara lengkap melalui alamat pps.uin-alauddin.ac.id

Beasiswa di UIN Alauddin

1. Pendaftaran Bidikmisi UIN Alauddin

UIN Alauddin kembali membuka kesempatan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang bisa untuk mendapatkan sumbangan biaya pendidikan. Biaya pendidikan yang diberikan tersebut dikenal dengan nama Bidikmisi.
Bidikmisi UIN Alauddin dibuka untuk jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, UMM, dan UMK. Pendaftaran Bidikmisi dilakukan sehabis mahasiswa gres dinyatakan lulus seleksi melalui jalur masuk tersebut. Informasi lebih lanjut sanggup dilihat di website resmi UIN Alauddin di alamat siadin.uin-alauddin.ac.id

2. Pendaftaran Beasiswa Penghapal Al-Qur’an
UIN Alauddin mengatakan Beasiswa pondok untuk penghafal Al-Quran ibarat berikut ini :
  • Penghafal al-Qur’an 30 Juz, dimana peserta beasiswa akan dibebaskan SPP selama masa studi aktif 4 tahun (8 semester) untuk S1 dan, 3 tahun (6 semester) untuk D3
  • Penghafal 5 – 25 Juz dibebaskan SPP selama 1 tahun (2 semester)
Silahkan ikuti aktivitas beasiswa sesuai dengan kemampuan anda. Untuk isu lebih lanjut sanggup anda baca pada alamat website siadin.uin-alauddin.ac.id
Penting!!!
Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku ialah yang ada di website resmi UIN Alauddin.
Demikianlah isu yang sanggup admin sampaikan pada kesempatan ini wacana Pendaftaran UIN Alauddin – UINAM. Semoga isu tersebut bermanfaat dan bisa mengatakan pencerahan untuk anda semua.
Admin turut mendoakan yang terbaik untuk anda yaitu anda bisa lulus seleksi masuk UIN Alauddin. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang selalu setia untuk membaca isu di disini.

Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu. Ayo turut mengembangkan (G+1) atau share (fb) isu ini pada sobat lainnya. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih.