Pendaftaran Spmb 2019/2020

www.spmb.or.id 2019 — Pendaftaran SPMB Online, Pendaftaran UMB-PT / UMB-PTS / TPBI, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPMB, Info Pendaftaran SPMB, Panduan Pendaftaran SPMB, Pendaftaran Online SPMB, Tata Cara Mendaftar SPMB, Jadwal Pelaksanaan SPMB, Persyaratan Pendaftaran SPMB, Jalur Seleksi Nusantara (SPMB), Jalur Seleksi Ujian Tertulis (SPMB), Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru, P-SPMBN, P-SPMB Nusantara. 2021. 2022.
Pada kesempatan yang baik ini admin akan menawarkan isu wacana Pendaftaran SPMB 2019/2020. Informasi ini diberikan dengan tujuan biar bisa menawarkan panduan kepada anda yang akan melaksanakan proses registrasi SPMB. Informasi selengkapnya bisa didapatkan berikut ini.
Banyak sekali jalur-jalur penerimaan mahasiswa gres yang dibuka oleh Perguruan Tinggi dalam mendapatkan calon mahasiswa baru, salah satunya ialah jalur SPMB.
SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ialah suatu seleksi yang diselenggarakan oleh suatu organ yang dikenal dengan nama Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara atau disingkat dengan P-SPMBN.
Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru terbagi menjadi 3 jenis seleksi, yaitu seleksi UMB-PT, seleksi UMB-PTS, dan TPBI. Untuk lebh memahami dari ketiga jenis seleksi tersebut, maka akan diuraikan lebih rinci berikut ini.
A. Pendaftaran SPMB Jalur UMB-PT
UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi ialah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksiya dilakukan melalui ujian tertulis.
Dengan adanya jalur seleksi UMB-PT ini, maka sanggup menjadi alternatif bagi anda yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi SNMPTN atau SBMPTN. Bagi anda yang ingin mengikuti seleksi UMB-PT, maka sanggup melakukannya sesuai jadwal pendaftaran.
Ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam UMB-PTS. Ada harus mengetahui biar ketika melaksanakan registrasi sanggup pribadi menentukan pilihan PTN. Berikut daftar Perguruan Tinggi Negeri pada UMB-PT.
Daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada UMB-PT
  1. UMB PT Universitas Malikussaleh (UNIMAL)
  2. UMB PT Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
  3. UMB PT Universitas Teuku Umar (UTU)
  4. UMB PT Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
  5. UMB PT Universitas Sumatera Utara (USU)
  6. UMB PT Universitas Jambi (UNJA)
  7. UMB PT Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)
  8. UMB PT Universitas Samudra (UNSAM)
  9. UMB PT Universitas Palangka Raya (UPR)
  10. UMB PT Universitas Borneo Tarakan (UBT)
  11. UMB PT Universitas Terbuka (UT)
  12. UMB PT Universitas Andalas (UNAND)
  13. UMB PT Institut Seni Indonesia Padang Panjang (ISI Padangpanjang)
                        Untuk jadwal pendaftaran, biaya seleksi, tata cara registrasi dan lain sebagainya akan dibahas lebih lanjut pada artikel tersendiri yang berjudul : Pendaftaran UMB-PT. Silahkan kunjungi artikel tersebut.
                        B. Pendaftaran SPMB Jalur UMB-PTS
                        UMB-PTS atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Swasta ialah jalur seleksi ujian tertulis masuk ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS).
                        Peserta yang akan mendaftar harus mengikuti mekanisme yang telah ditentukan oleh panitia. Pertama, peserta melaksanakan registrasi UMB-PTS secara online. Selanjutnya mengikuti ujian tertulis, dan terakhir melihat pengumuman kelulusan UMB-PTS dan kalau lulus maka harus melaksanakan registrasi ulang di Perguruan Tinggi Swasta penerima.
                        Pada ketika ini, hanya ada 10 Perguruan Tinggi Swasta yang telah tergabung dalam UMB-PTS. Semoga kedepan akan semakin banyak Perguruan Tinggi Swasta yang tergabung dalam UMB-PTS sehingga pilihan Perguruan Tinggi Swasta akan semakin banyak pula. Kedelapan Perguruan Tinggi Swasta tersebut ialah sebagai berikut :
                        Daftar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pada UMB-PTS
                        1. UMB-PTS Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)
                        2. UMB-PTS Universitas Malahayati (UNIMAL)
                        3. UMB-PTS Universitas Trisakti (USAKTI)
                        4. UMB-PTS Universitas Bakrie (UB)
                        5. UMB-PTS Universitas Kristen Parahyangan (UNPAR)
                        6. UMB-PTS Universitas Gunadarma (UG)
                        Itulah 8 Perguruan Tinggi Swasta yang sanggup anda pilih ketika melaksanakan registrasi UMB-PTS. Selanjutnya anda perlu megetahui berapa besar biaya seleksi UMB-PTS yang harus dikeluarkan oleh calon peserta?. Berikut jawabannya.
                        Biaya Pendaftaran UMB-PTS 
                        Kelompok
                        Jenis
                        Pilihan PTS
                        Pilihan Prodi
                        Biaya 
                        IPA/IPS
                        Jenis I
                        1 PTS
                        5
                        Rp. 175.000,-
                        Jenis II
                        2 PTS
                        5
                        Rp. 200.000,-
                        Jenis III
                        3 PTS
                        5
                        Rp. 250.000,-
                        Catatan : “Biaya registrasi yang telah dibayarkan tidak sanggup ditarik kembali dengan alasan apapun”. Untuk itu, berhati-hatilah ketika melaksanakan pembayaran biaya pendaftaran.

                        Untuk isu menyerupai tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan hal lainnya terkait UMB-PTS telah dirangkum pada artikel tersendiri, silahkan kunjungi artikel berikut : Pendaftaran UMB-PTS.

                        C. Pendaftaran SPMB Jalur TPBI

                        TPBI atau Tes Penjajakan Bidang Ilmu ialah suatu tes yang berkhasiat untuk mengetahui kemampuan, minat dan talenta siswa kelas XII semester 1. Dengan tes ini, maka ketika siswa melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, maka sanggup menentukan kegiatan studi yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan talenta yang dimilikinya.

                        Siswa yang telah mengikuti seleksi TPBI akan mendapatkan akta TPBI yang nantinya sanggup dipakai sebagai pemanis materi pertimbangan ketika akan masuk ke Perguruan Tinggi melalui jalur undangan.

                        Persyaratan Pendaftaran TPBI

                        • Siswa SLTA kelas 12 Semester 1, tanpa memperhatikan peringkat (ranking) di kelas.

                        Biaya Pendaftaran TPBI

                        Biaya Pendaftaran yang harus dibayar oleh peserta besarnya berbeda-beda Untuk lebih jelasnya daat dilihat pada tabel berikut.

                        KelompokLokasi UjianPilihan PTNBiaya Pendaftaran
                        IPA/IPSLhokseumaweUNIMALRp. 325.000,-
                        Banda AcehUNSYIAHRp. 325.000,-
                        USU MedanUSURp. 350.000,-
                        UNIMED MedanUNIMEDRp. 350.000,-
                        JambiUNJARp. 300.000,-
                        TarakanUBTRp. 300.000,-
                        Sebagai catatan bahwa biaya registrasi yang telah dibayarkan tidak sanggup ditarik kembali dengan alasan apapun. Untuk itu, berhati-hatilah dalam melaksanakan proses pembayaran.
                        Untuk isu terkait lainnya mengenai TPBI menyerupai tata cara pendaftaram, jadwal, dan lain sebagainya, sanggup anda baca pribadi pada artikel tersendiri yang berjudul Pendaftaran TPBI.

                        Info Penting!!!

                        • Pada tahun lalu, jalur SPMB tidak dibuka. Untuk tahun ini belum diketahui apakah dibuka atau tidak. Untuk mengetahui infonya, silahkan tanyakan pribadi pada panitia atau pihak kampus yang bersangkutan.
                        Silahkan Baca Juga :

                        Demikianlah isu yang sanggup admin sampaikan pada kesempatan ini wacana Pendaftaran SPMB. Semoga isu tersebut sanggup menawarkan pencerahan untuk anda dalam rangka persiapan registrasi SPMB.

                        Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi dari ujian seleksi SPMB yang anda ikuti. Terima kasih atas kunjungan anda hari ini dan jangan lupa untuk berkunjung kembali. Semoga anda mendapatkan isu yang anda butuhkan. 
                        Mari sama-sama berdoa semoga kesuksesan bisa kita raih semuda mungkin. Amin. Ayo bantu bagikan isu ini kepada sobat atau kerabat anda yang membutuhkan. Caranya cukup dengan klik tombol G+1 yang tersedia.