Pendaftaran Program Profesi UNAIR 2020/2021

Pendaftaran Program Profesi UNAIR 2020/2021 – Universitas Airlangga atau Unair bisa dikatakan memiliki kampus yang luas dengan bangunan antik dan modern yang berdiri kokoh di kampus A, kampus B dan kampus C. Bahkan, saat ini Unair sedang memperluas pembangunan kampus di kota Banyuwangi, Jawa Timur, untuk mendukung program belajar mengajar. Dengan lokasi yang cukup strategis ini tentu menjadikan banyak peminat yang mencari info pendaftaran program Profesi UNAIR 2020/2021.

Pendaftaran Program Profesi UNAIR 2020/2021

republika.co.id

Di aplikasi pencari kost Mamikos anda bukan saja bisa memperoleh info hunian kost-kostan saja, tapi ada info lain seperti jadwal pendaftaran UNAIR 2020 atau info daftar mahasiswa UNAIR lengkap juga lho. Namun yang kali ini akan fokus Mamikos bahas adalah mengenai pendaftaran program Profesi UNAIR 2020/2021.

Kalau begitu mari kita langsung saja simak apa saja yang perlu anda ketahui dari info pendaftaran program Profesi UNAIR 2020/2021 ini. Baca selengkapnya info tersebut di bawah ini.

Info Lengkap Pendaftaran Program Profesi Universitas Airlangga Terbaru

Apa Saja Program Profesi yang Dimiliki UNAIR

1. Fakultas Kedokteran (FK)

A. Program Profesi Dokter

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga lahir dengan penuh tantangan. Kondisi negara tak menentu, jumlah tenaga pengajar kurang, ruangan tak terurus, hingga status tak jelas. Namun semua tantangan itu mampu dilewati dengan semangat dan kerja keras. pada hari Rabu, 10 November 1954. Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno meresmikan sendiri berdirinya Universitas Airlangga ini.

Universitas Airlangga adalah universitas pertama yang didirikan pemerintah setelah bubarnya Republik Indonesia Serikat (RIS) dan berdirinya kembali Negara Kesatuan Republik Indonesia Indonesia (NKRI). Pendiriannya adalah dengan menggabungkan cabang dua universitas berbeda di Surabaya, yaitu Fakultas Kedokteran dan Lembaga Kedokteran Gigi cabang dari Universiteit van Indonesia cabang Surabaya yang didirikan negara federal.

B. Program Profesi Pendidikan Bidan

Program Studi Pendidikan Bidan (PSPB) adalag sebuah program pendidikan berdasarkan kompetensi yang mencetak bidan profesional. Dalam mewujudkan tujuan tersebut mahasiswa harus menempuh Program Profesi Pendidikan Bidan yang dilaksanakan setelah mahasiswa menyelesaikan program sarjana.

Program Profesi ini merupakan sebuah proses sosialisasi peserta didik dalam mendapatkan pengalaman nyata untuk mencapai keterampilan profesional, intelektual, sikap dan teknis dalam melaksanakan asuhan kebidanan kepada klien secara profesional.

Pada rangkaian proses pembelajaran dalam program profesi Pendidikan Bidan, mahasiswanya akan menjalani praktik klinik di berbagai tingkat pelayanan kesehatan yakni Bidan Praktik Mandiri, Rumah Bersalin, Puskesmas dan wilayah binaan, serta Rumah Sakit. Kedua program Profesi di FK Unair ini berada di kampus A di Jl. Mayjen. Prof. Dr. Moestopo 47, Surabaya, Indonesia 60132.

2. Fakultas Kedokteran Gigi (FKG)

A. Program Profesi Kedokteran Gigi

Tahap Profesi Kedokteran Gigi Unair adalah:

  • Mengadakan pendidikan komprehensif dan pembelajaran di bidang kedokteran gigi yang berorientasi ke kemanusiaan, keselamatan pasien, dan kemajuan keilmuan dan teknologi kedokteran gigi.
  • Mengaplikasikan keilmuan dan teknologi kedokteran gigi untuk kepentingan masyarakat dalam mendukung pembangunan nasional dan internasional.
  • Mendarmabaktikan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi berbasis etika dalam upaya meningkatkan status kesehatan gigi dan mulut masyarakat.

Program Profesi Fakultas Kedokteran Gigi berada di kampus A yang berlokasi di Jl. Mayjen. Prof. Dr. Moestopo 47, Surabaya, Indonesia 60132.

3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

A. Program Profesi Akuntan

Di Universitas Airlangga Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) adalah sebuah jalur pendidikan profesi yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga dengan Surat Izin No. 3568/D/T/2002, tertanggal 2 Desember 2002. Sedangkan ketentuan penyelenggaraan PPAk diatur dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 179/U/2001, tanggal 21 Nopember 2001.

Masyarakat umum yang saat ini memiliki gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi tetapi belum memiliki sebutan PROFESI AKUNTANSI (Ak) dan Register Negara dapat memperoleh sebutan AKUNTAN melalui PPAk.

Tujuan dari Program Profesi Akuntansi adalah Menghasilkan Akuntan yang memiliki :

  • Pengetahuan, keahlian dan orientasi profesional yang diperlukan oleh seorang akuntan.
  • Pengetahuan, keahlian dan orientasi profesional sehingga menjadi akuntan yang bersertifikat akuntan publik (BAP) melalui USAP.
  • Kemampuan berpraktik sebagai auditor.

Program Profesi Akuntan nantinya akan berkuliah di kampus B yang berlokasi di Jalan Airlangga 4-6 Surabaya, Indonesia 60285.

Prospek

Lulusan PPA adalah Akuntan yang berhak mendapat Register Negara, dan boleh mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP). Lulus USAP (Bersertifikat Akuntan Publik) merupakan syarat penting untuk mendapatkan ijin praktik sebagai Akuntan Publik.

Disamping itu, tentu saja para akuntan memiliki daya saing yang lebih tinggi dibandingkan dengan para sarjana akuntansi yang bukan akuntan. Masyarakat umum yang saat ini memiliki gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi tetapi belum memiliki sebutan Profesi Akuntansi (Ak) dan Register Negara dapat memperoleh sebutan Akuntan melalui PPAk.

4. Fakultas Farmasi

a Program Profesi Apoteker

Fakultas Farmasi Unair (FF-UNAIR) berdiri pada 17 Agustus 1963. Fakultas satu ini adalah  salah satu Pendidikan Farmasi Negeri dari 13 Pendidikan Farmasi PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di Indonesia. Status akreditasi Program Pendidikan Sarjana Farmasi pada tahun 2015 dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAMP-PTKes) mendapatkan peringkat A. Sementara untuk Program Profesi Apoteker pada tahun 2012 meraih Peringkat A yang masih berlaku.

Praktek Kerja Profesi

Fakultas Farmasi bekerja sama dengan beberapa institusi baik pemerintah dan swasta sebagai tempat Praktek Kerja Profesi diantaranya sebagai berikut:

  1. Pemerintahan :
    Dinas Kesehatan Kota, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Balai Besar Pemeriksaan Obat dan Makanan (BBPOM).
  2. Rumah Sakit :
    RSUD. Dr. Sutomo, RS Syaiful Anwar-Malang.
  3. Industri farmasi :
    PT. Kimia Farma, PT. Novell Pharmaceutical, PT. Indofarma, PT. Kalbe Farma, PT. Meiji Indonesia

5. Fakultas Kedokteran Hewan

A. Program Profesi Dokter Hewan

Tujuan dari Program Profesi Dokter Hewan ini diantaranya adalah:

  • Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi dan bermartabat yang mampu mengintegrasikan, menerapkan dan mengembangkan ilmu kedokteran hewan dan peternakan agar dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional.
  • Menghasilkan penelitian inovatif yang mampu menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat dan mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran hewan dan peternakan.
  • Untuk menghasilkan dan menyelesaikan kegiatan pengabdian masyarakat yang dapat meningkatkan kemampuan masyarakat untuk secara mandiri dan berkelanjutan mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan bidang kedokteran hewan dan peternakan.
  • Mewujudkan kemandirian fakultas yang adaptif, kreatif, proaktif terhadap tuntutan pengembangan iptek di bidang kedokteran hewan dan peternakan.
  • Untuk mengembangkan fakultas kewirausahaan berbasis penelitian dengan keunggulan kelas dunia yang didirikan pada nilai-nilai nasional, moral agama, etika, kelestarian lingkungan, dan kesejahteraan hewan.
  • Pendidikan Profesi Dokter Hewan berada di kampus C yang berlokasi di Jl. Mulyorejo, Surabaya, Indonesia, 60115.

6. Fakultas Keperawatan

A. Program Profesi Fakultas Keperawatan

Fakultas Kedokteran (FK) UNAIR jika dilihat dari gambaran kedudukan dari segi geopolitik, maka ia bertanggung jawab untuk mengembangkan sumber daya manusia, khususnya keperawatan di kawasan Indonesia Timur, maka peran FK Unair sangat diperlukan. Hal tersebut mengingat bahwa FK Unair sebagai Fakultas terpandang dengan sumber daya manusia (tenaga medis) yang sangat memadai dan siap menunjang pelaksanaan Program Pendidikan Tinggi Keperawatan.

Dengan meningkatnya tingkat pendidikan pada jenjang Strata 1 diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar pada peserta didik untuk menumbuhkan dan membina sikap serta keterampilan profesional yang diperlukan sebagai seorang “Perawat Profesional“.

Pendirian Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) di Fakultas Kedokteran merupakan hasil upaya bersama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Kesehatan dan lembaga terkait lain yang telah mengadakan lokakarya secara intensif sejak tahun 1998.

Langkah selanjutnya, pada bulan Desember 1997 kemudian dibentuklah Kelompok Kerja Keperawatan di Konsorsium Ilmu Kesehatan FK UNAIR. Fakultas Kedokteran Unair berada di Kampus C yang berlokasi di Jalan Mulyorejo, Surabaya, Indonesia 60115.

Pendaftaran Program Profesi Universitas Airlangga

Prosedur Pendaftaran Profesi UNAIR 2020/2021

A. Registrasi

Langkah- langkah registrasi:

  • Membuka web pendaftaran Universitas Airlangga http//pendaftaran.unair.ac.id.
  • Klik menu Registrasi
  • Setelah tampilan muncul, kemudian isikan Nama, No Telp / HP (disarankan HP), Email, Password yang diinginkan. Email & Password ini akan digunakan untuk login.
  • Klik tombol [Registrasi].
  • Proses registrasi akun pendaftaran sudah selesai, calon pendaftar hanya cukup melakukan proses ini sekali saja.

B. Login

Langkah-langkah Login

  • Membuka web pendaftaran Universitas Airlangga: http//pendaftaran.unair.ac.id.
  • Login menggunakan akun registrasi dengan Email & Password yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Setelah login, tampilan pertama adalah alur proses pendaftaran yang harus ditempuh seorang peserta.
  • Jika belum mempunyai akun registrasi ikuti proses “Registrasi Akun Pendaftaran”
  • Mengikuti langkah ke-1 yaitu pemilihan jenjang seleksi dengan cara klik menu atas Pendaftaran -> Pemilihan Penerimaan.
  • Memilih jenjang penerimaan yang diinginkan, kemudian klik [Daftar].
  • Kemudian memilih jenis formulir (S1/S2/S3/Profesi/spesialis) / jenis jurusan (IPA/IPS/IPC), setelah dipilih klik [Simpan]. Maka akan muncul tampilan formulir pendaftaran.
    mengisi formulir sesuai data diri calon pendaftar, dan memastikan tidak ada yang terlewat. Setelah selesai terisi semua klik [Simpan].
  • Setelah mengisi formulir pendaftaran, maka langkah selanjutnya adalah mengupload berkas persyaratan.
  • Untuk mengupload berkas persyaratan klik menu Pendaftaran >> Upload Berkas.
  • Upload satu-persatu file syarat yang dibutuhkan, perhatikan juga peringatan tentang syarat file yang bisa diupload beserta informasi materai yang harus dipakai untuk berkas pernyataan. Setelah di upload semua, kemudian klik tombol [Submit untuk diverifikasi].
  • Proses pengisian formulir dan upload file persyaratan sudah selesai. Calon pendaftar tinggal menunggu hasil verifikasi oleh panitia

C. Pembayaran

Langkah-langkah pembayaran:

  • Via Teller: ditunjukkan kode voucher
  • Via ATM: Masuk ke menu multi payment – masukkan kode Unair – masukkan kode voucher

Pembayaran bisa melalui bank mitra yaitu Bank Mandiri (Teller dan ATM), Bank BNI (Teller), Bank BRI (Teller) dan Bank Jatim (Teller). Pembayaran harus di bank yang sama tidak bisa transfer antar bank. Setelah melakukan pembayaran di bank, calon pendaftar akan menerima pin voucher yang bisa digunakan untuk mencetak kartu ujian melalui menu di halaman pendaftaran Verifikasi.

Sebelumnya anda wajib mengisi kuesioner yang terdapat di link pendaftarannya Cetak Kartu. Pendaftaran mahasiswa baru Universitas Airlangga yang berasal dari luar negeri (asing) menggunakan prosedur pendaftaran yang telah disebutkan di atas dengan memilih menu “Bahasa Inggris”.

Persyaratan Pendaftaran

  • Melengkapi Dokumen Pendaftaran (Berkas Online)
  • Format & Contoh

a. Warga Negara Indonesia (WNI)

  1. Identitas Diri. Contoh: KTP / SIM / Paspor yang masih berlaku. Format jpg / pdf.
  2. Foto. Pas Foto terbaru, ukuran file yang diupload maksimal 6 MB. Format jpg / pdf.
  3. Lulusan Program Studi S1 dan terakreditasi oleh BAN PT (bisa sertifikat akreditasi yang diperoleh pada saat kelulusan atau sertifikat akreditasi yang terbaru dari Program Studi).
    a. Ijazah asli S1.
    b. Transkrip asli S1
    c. Sertifikat akreditasi (BAN-PT) Program Studi S1 Asal (Wajib bagi lulusan tahun 2019 dan sebelumnya).
    d. Sertifikat akreditasi Institusi (BAN PT) (Wajib bagi lulusan tahun 2018 dan sesudahnya). Format jpg / pdf.
  4. Untuk WNI Lulusan jenjang Sarjana atau yang setara dari luar negeri maka penyetaraannya mengikuti peraturan Kemenristek dikti RI. Wajib melampirkan Surat Penyetaraan Ijazah dari Kemenristekdikti RI bagi WNI lulusan luar negeri. Format jpg / pdf.
  5. Calon Pendaftar yang berstatus masih aktif bekerja, harus memperoleh ijin, dengan bukti berupa Surat Persetujuan/Ijin Belajar dari Atasan Langsung (pada saat registrasi harus menunjukkan surat ijin tersebut). Surat Ijin Atasan Bagi berstatus PNS dari Rektor bila berasal dari Perguruan Tinggi / Surat Ijin dari Atasan Langsung bagi yang Aktif Bekerja. Format jpg / pdf.
  6. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di Program Studi pilihannya. (dibuktikan dengan Surat keterangan kesehatan dari dokter yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah atau instansi kesehatan).

Note : Dikarenakan kondisi sekarang (adanya covid-19), Surat sehat dari dokter bisa diganti dengan surat pernyataan sehat dan bersedia melampirkan surat keterangan sehat dari dokter ketika sudah diterima. Surat Keterangan Sehat dari Dokter. Bisa dengan format jpg / pdf.

b. Warga Negara Asing (WNA)

  1. Identitas Diri berupa paspor, bisa berupa format jpg / pdf.
  2. Foto. Berupa Pasfoto terbaru, ukuran file yang diupload maksimal 6 bisa berupa jpg / pdf.
  3. Mendapat rekomendasi dari KBRI dari Negara asal calon mahasiswa atau Surat Rekomendasi KBRI dari negara asal. Boleh dengan format jpg / pdf.
  4. Lulusan S1 dari Program Studi yang terakreditasi (sertifikat dari accreditation board). Sertifikat Akreditasi. Bisa dengan format jpg / pdf.
  5. Memiliki copy ijazah dan transkrip akademik untuk jenjang Sarjana atau yang setara (dalam bahasa Inggris). Ijazah dan Transkrip Akademik (Dalam Bahasa Inggris) bisa dengan format jpg / pdf.
  6. Memiliki Sertifikat TOEFL. Sertifikat Toefl berformat jpg / pdf.
  7. Memiliki Daftar Riwayat Hidup. Daftar Riwayat Hidup berformat jpg / pdf.
  8. Memiliki Motivation Letter. Motivation Letter bisa dengan format jpg / pdf.
  9. Melampirkan Rencana Proposal. Lampiran Rencana Proposal bisa berformat jpg / pdf.
  10. Pendaftar yang berstatus masih aktif bekerja, harus memperoleh ijin dengan bukti Surat Persetujuan/Ijin belajar dari atasan Langsung. Surat Persetujuan/Ijin belajar dari atasan Langsung. Format jpg / pdf.

Persyaratan Penerimaan

  1. Bagi Warga Negara Asing harus memiliki Surat Ijin/Persetujuan dari Pemerintah RI sesuai dengan kewenangannya, bila sudah diterima sebagai calon mahasiswa di UNAIR.
  2. Memiliki status kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih, yang dikeluarkan oleh pusat layanan kesehatan pemerintah
  3. Calon mahasiswa yang diterima akan mendapatkan pembelajaran kemampuan bahasa Indonesia selama 1 tahun yang dibuktikan dengan sertifikat BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing dan pembelajaran sosial budaya).

Syarat Pendaftaran Program Profesi Universitas Airlangga

Untuk persyaratan pendaftarannya adalah sebagai berikut :

  1. WNI atau WNA yang telah mendapatkan ijin belajar dari Kemenristekdikti
  2. Lulusan Program Studi (Misal Prodi Akuntansi) S1 Akuntansi dari Institusi PTN/PTS yang sudah terakreditasi oleh BAN PT.
  3. Lulusan dari Institusi PTN/PTS yang terakreditasi oleh BAN PT (bagi lulusan tahun 2019/2018)
  4. Untuk yang bekerja/PNS, harus menunjukan Surat Persetujuan/Ijin Belajar dari Atasan langsung, dan ditunjukan pada saat registrasi.
  5. Sehat Jasmani dan Rohani sehingga tidak akan mengganggu proses belajar.

Demikianlah ulasan yang bisa Mamikos berikan tentang pendaftaran program Profesi UNAIR 2020/2021 ini. Semoga informasi yang Mamikos sampaikan tadi dapat membantu anda dan memberikan sebuah inspirasi baru. Terus simak pembaruan informasi seputar hunian kost-kostan hingga dunia mahasiswa hanya di aplikasi pencari kost Mamikos. Jadi di aplikasi pencari kost Mamikos, anda bukan hanya bisa mendapatkan info pendaftaran program Profesi UNAIR 2020/2021 saja lho.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close