Pendaftaran Pmdk-Pn 2019/2020

pmdk.politeknik.or.id 2019 — PMB Jalur PMDK-PN, Pendaftaran PMDK-PN Online, Persyaratan Pendaftaran PMDK-PN, Jadwal Pelaksanaan PMDK-PN, Panduan Pendaftaran PMDK-PN, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PMDK-PN, Pendaftaran Online PMDK-PN, Tata Cara Mendaftar PMDK-PN, Jalur Seleksi Nasional (PMDK-PN), Jalur Undangan (PMDK-PN), Jalur Tanpa Tes Tertulis (PMDK-PN), Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan memperlihatkan isu mengenai Pendaftaran PMDK-PN 2019/2020. Informasi ini diberikan dengan tujuan semoga bisa memperlihatkan panduan kepada anda dalam melaksanakan proses registrasi PMDK-PN. Informasi selengkapnya sanggup anda ketahui berikut ini.
 Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri Pendaftaran PMDK-PN 2019/2020

Banyak sekali jalur-jalur penerimaan mahasiswa gres yang dibuka oleh Politeknik Negeri, diantaranya yakni jalur PMDK-PN, jalur UMPN, jalur mandiri, jalur kerjasama dengan instansi pemerintah / swasta, dan lain-lain. Fokus kita pada pembahasan kali ini yakni jalur PMDK-PN.

PMDK-PN atau Penelusuran Minat Dan Kemampuan Politeknik Negeri yakni jalur seleksi permintaan untuk menyeleksi calon peserta yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Bidang Vokasi atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Seleksi jalur PMDK-PN dilakukan tanpa ujian tertulis, namun seleksinya dilakukan dengan memberi evaluasi terhadap prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lain yang relevan, serta hasil ujian nasional.

Hanya sekolah-sekolah yang mendapat permintaan yang sanggup mendaftarkan siswa-siswinya. Untuk sekolah yang tidak mendapat undangan, maka sanggup mengusulkan diri ke alamat PMDK-PN untuk mengikuti PMDK-PN. Jika disetujui, maka sekolah tersebut akan mendapat undangan.
Siswa-siswi yang sanggup mengikuti PMDK-PN tentunya yakni siswa-siswi yang secara konsisten terus memperlihatkan prestasinya disetiap semester. Untuk siswa-siswi lain yang tidak mendapat kesempatan mengikuti seleksi PMDK-PN ini maka sanggup mengikuti seleksi jalur lainnya, misal jalur UMPN atau jalur berdikari Politeknik Negeri.

Berdasarkan data pendaftar PMDK-PN tahun 2015 yang mencapai 219.327 peserta dan 5433 sekolah, maka hal itu memperlihatkan banyaknya peserta yang berminat untuk mengikuti seleksi PMDK-PN.

Untuk tahun ini, pendaftar PMDK-PN diperkirakan akan bertambah melihat sekolah yang sebelumnya belum mendapat permintaan dari panitia PMDK-PN, untuk tahun ini mendapat kesempatan untuk mengikuti PMDK-PN.

Dengan banyaknya sekolah yang mendapat permintaan dari panitia PMDK-PN, tentunya peserta yang akan mendaftarpun akan semakin bertambah.

Melihat baanyaknya peserta yang mendaftar, maka persaingan untuk lulus PMDK-PN semakin sulit. Namun anda perlu meyakinkan diri bahwa anda mempunyai prestasi yang baik selama masa di sekolah dan terus konsisten memperlihatkan prestasi tersebut.

Dengan bermodal prestas-prestasi tersebut, maka keyakinan diri untuk lulus seleksi PMDK-PN akan semakin kuat. Jangan lupa pula untuk berdoa semoga impian anda untuk lulus sanggup terkabulkan. Amin.

Baiklah, kita akan membahas secara lengkap isu perihal Pendaftaran PMDK-PN. Silahkan pahami dengan baik penjelasannya berikut ini.
Sebelum melaksanakan pendaftaran, terlebih dahulu harus mengetahui beberapa persyaratan registrasi serta ketentuan umum yang telah ditentukan oleh panitia PMDK-PN. Berikut ini isu ketentuan umum dan persyaratan pendaftarannya
A. Ketentuan Umum PMDK-PN
  1. PMDK-PN merupakan contoh seleksi nasional menurut penjaringan prestasi akademik dengan memakai nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan.
  2. Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam PMDK-PN yakni sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  3. Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing Perguruan Tinggi Negeri di laman Perguruan Tinggi Negeri yang dipilih.

B. Persyaratan Sekolah Mengikuti PMDK-PN
Sekolah-sekolah yang sanggup mendaftarkan siswa-siswi terbaiknya mengikuti PMDK-PN yakni sekolah-sekolah yang memenuhi ketentuan berikut :
  1. SMA / Sekolah Menengah kejuruan / MA / MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri.
  2. Terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) 2019

C. Persyaratan Pendaftaran Calon Peserta PMDK-PN
  1. Siswa Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA / MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2019
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  3. Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah
  4. Memiliki prestasi akademik di sekolah di setiap semester

Itulah ketentuan umum dan persyaratan registrasi yang harus anda penuhi ketika akan mendaftar PMDK-PN. Setelah memenuhi ketentuan dan persyaratan tersebut, maka selanjutnya anda sanggup melaksanakan registrasi PMDK-PN dengan tata cara yang akan admin jelaskan berikut ini.

D. Tata Cara Pendaftaran PMDK-PN

Seperti yang disebutkan di atas bahwa peserta yang akan mendaftar PMDK-PN harus memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah. Dengan demikian, maka Kepala Sekolah terlebih dahulu mendaftarkan siswa-siswi terbaiknya ke alamat PMDK-PN. Berikut tata caranya.

a. Pendaftaran PMDK-PN oleh Kepala Sekolah

  1. Kepala Sekolah mendaftarkan siswa-siswi terbaiknya melalui laman berikut ini : https://pendaftaranbersama.blogspot.com//search?q=pendaftaran-umpn” target=”_blank”>Petunjuk Pendaftaran PMDKPN untuk Sekolah
  2. Login memakai username dan password sekolah yang terdapat pada permintaan PMDK-PN.
  3. Setelah login, isilah data-data sekolah dan data siswa pendaftar sesuai formulir registrasi yang tersedia.
  4. Setelah mengisi data, maka akan mendapat username dan password untuk masing-masing siswa.
  5. Berikan username dan password kepada masing-masing Siswa pendaftar.
  6. Siswa pendaftar melaksanakan registrasi PMDK-PN memakai username dan password yang telah diperolehnya.

b. Pendaftaran PMDK-PN oleh Siswa Pendaftar
  1. Siswa Pendaftar mendaftar melalui alamat : https://pendaftaranbersama.blogspot.com//search?q=pendaftaran-umpn” target=”_blank”>Petunjuk Pendaftaran PMDKPN untuk Siswa
  2. Silahkan login memakai username dan password yang telah diperoleh dari Kepala Sekolah
  3. Isilah data diri anda dengan lengkap dan benar berupa biodata pendaftaran, menentukan kegiatan studi, menentukan Politeknik, dan lainnya sesuai pada formulir registrasi yang tersedia.
  4. Jika telah selesai mengisi data, cetaklah kartu tanda peserta PMDK-PN sebagai tanda bukti registrasi online.

Gambaran awal hingga selesai proses registrasi PMDK-PN sanggup anda baca selengkapnya pada artikel berikut : Prosedur Pendaftaran PMDK-PN
Itulah tata cara registrasi yang sanggup dilakukan oleh Kepala Sekolah ataupun oleh siswa pendaftar PMDK-PN. Setelah melaksanakan registrasi PMDK-PN, maka selanjutnya anda perlu mengetahui kriteria penerimaan PMDK-PN semoga anda sanggup memperkirakan apakah anda bisa lulus PMDK-PN atau tidak.
Dengan mengetahui kriteria penerimaan PMDK-PN, maka anda juga sanggup mempersiapkan diri untuk bisa memenuhi kriteria penerimaan tersebut. Berikut isu selengkapnya.
E. Kriteria Penerimaan Jalur PMDK-PN
  1. Lulus dari Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan
  2. Lulus seleksi PMDK-PN 2019
  3. Sehat jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran
  4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing Politeknik penerima

Itulah kriteria penerimaan PMDK-PN yang harus dipenuhi jikalau ingin lulus seleksi PMDK-PN. Selain mengetahui isu tersebut, anda juga perlu mengetahui lainnya berupa jadwal pelaksanaan PMDK-PN. Silahkan lihat dibawah ini.
F. Jadwal Pelaksanaan PMDK-PN 2019
  • Penyebaran Dan Request Undangan : 4 Februari – 6 April 2019
  • Pengisian Data Oleh Sekolah : 4 Februari – 6 April 2019
  • Pengisian Data Oleh Siswa : 4 Februari – 6 April 2019
  • Pengumuman : 16 April 2019. lihat pada artikel : Pengumuman PMDK-PN
Itulah jadwal pelaksanaan PMDK-PN yang sanggup anda jadikan pedoman dalam pelaksanaan PMDK-PN mulai dari proses registrasi hingga dengan pengumuman kelulusan.
G. Biaya Pelaksanaan PMDK-PN
Mengenai biaya pelaksanaan PMDK-PN, bahwa biaya pelaksanaan PMDK-PN ibarat tahun-tahun sebelumnya yakni gratis. Mengapa gratis? sebab biaya penyelenggaraan PMDK-PN telah ditanggung oleh Pemerintah.
Hal ini sedikit meringankan beban biaya bagi peserta yang berasal dari keluarga kurang bisa untuk mendaftar PMDK-PN.
Bagi anda siswa calon peserta PMDK-PN yang merupakan siswa berprestasi dan berasal dari keluarga kurang bisa secara ekonomi, maka sanggup mengajukan proteksi pendidikan yang disebut dengan Program Bidikmisi jalur PMDK-PN.
H. Pendaftaran Bidikmisi Jalur PMDK-PN
Salah satu jalur penyaluran Bidikmisi yakni PMDK-PN. Bidikmisi jalur PMDK-PN diperuntukkan khusus bagi siswa calon peserta PMDK-PN yang mempunyai prestasi yang unggul di sekolah serta berasal dari keluarga kurang bisa secara ekonomi. Calon peserta PMDK-PN yang demikian mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan Bidikmisi jalur PMDK-PN.
Informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi PMDK-PN akan dibahas secara khusus pada artikel tersendiri. Silahkan kunjungi artikel kami yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi PMDK-PN. Silahkan kunjungi artikel tersebut.
Selanjutnya anda perlu mengetahui Politeknik mana yang tergabung dalam PMDK-PN semoga ketika mendaftar anda sanggup eksklusif menentukan Politeknik tersebut. Berikut isu selengkapnya
I. Daftar Politeknik Negeri pada PMDK-PN
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung)
  • Pendaftaran PMDK PN Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Medan (POLMED)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Semarang (POLINES)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Sriwijaya (POLSRI)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Lampung (POLINELA)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Ambon (POLNAM)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Padang (PNP)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Bali (PNB)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Manado (POLIMDO)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Banjarmasin (POLIBAN)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Kupang (PNK)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Jember (POLIJE)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Pertanian Negeri Kupang (POLITANIKOE)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Perikanan Negeri Tual (POLIKANT)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Malang (POLINEMA)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (POLTANESA)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (POLITANIPYK)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Samarinda (POLNES)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Media Kreatif (POLIMEDIA)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Manufaktur Bangka Belitung(POLMAN-BABEL)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Batam (POLIBATAM)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Bengkalis (POLBENG)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Madura (POLTERA)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Maritim Negeri Indonesia (POLIMARIN)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Banyuwangi (POLIWANGI)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Madiun (PNM)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri FakFak (POLINEF)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Subang (POLSUB)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Sambas (POLTESA)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Indramayu (POLINDRA)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Nusa Utara (POLNUSTAR)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Ketapang (POLITAP)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Cilacap (POLTEK Cilacap)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Negeri Tanah Laut (POLITALA)
  • Pendaftaran PMDK-PN Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dan Kepulauan (POLIPANGKEP)

Politeknik yang tergabung dalam PMDK-PN ini merupakan Politeknik Negeri yang telah ditentukan oleh Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI). Silahkan anda pilih Politeknik Negeri yang anda minati.
Pada ketika mendaftar, anda sanggup menentukan beberapa Politeknik Negeri. Pilihan pertama menentukan prioritas pilihan anda. Untuk itu, letakkan dipilihan pertama untuk Politeknik Negeri yang sangat anda minati.
Seandanya anda tidak diterima pada Politeknik Negeri pilihan pertama, maka anda masih mempunyai kemungkinan untuk diterima di Politeknik pilihan kedua.
Itulah isu yang sanggup admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran PMDK-PN. Semoga isu yang telah dijelaskan di atas sanggup memperlihatkan pencerahan untuk anda semua.
Lengkapi Informasi dengan membaca :
Silahkan Baca Juga Jalur Undangan Lainnya :

Silahkan bagkan isu ini kepada teman atau keluarga anda yang membutuhkan semoga mereka juga bisa memperoleh isu ini dengan cepat. Caranya mudah, silahkan klik tombol G+1 yang tersedia.
Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi PMDK-PN dan bisa diterima di Politeknik Negeri pilihan anda. Admin mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang setiap ketika selalu berkunjung. Mudah-mudahan kita semua bisa menjadi orang sukses semenjak muda. Amin.