Pendaftaran Pens 2019/2020 (Politeknik Elektronik Negeri Surabaya)

pmb.pens.ac.id 2019 — Pendaftaran PENS, PMB PENS, Pendaftaran PENS Surabaya, Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru PENS, Pendaftaran Online PENS, Jalur Masuk PENS ; Jalur PMDK-PN, UMPN, Mandiri, Kerjasama, Bidikmisi, PJJ, Syarat – Jadwal – Cara Pendaftaran PENS. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan membuatkan infomasi ihwal Pendaftaran PENS 2019/2020 (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya). Informasi ini ditujukan bagi para calon mahasiswa yan ingin menempuh pendidikan tinggi di kampus PENS. Sebelum memasuki bahasan inti, terlebih dahulu kita simak ulasan singkat mengenai kampus PENS berikut ini.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau dikenal pula dengan nama PENS ialah salah satu Politeknik Negeri yang ada di Surabaya yang menyelenggarakan pendidikan teknologi rekayasa di bidang emerging technology.

Lokasi kampus PENS yaitu di Kampus ITS Sukolilo, Jl. Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) mempunyai sejarah yang cukup panjang pada masa pendiriannya. Pada awal berdirinya berjulukan Politeknik Elektronika & Telekomunikasi (PET) di tahun 1988 – 1992, kemudian pada tahun 1992 – 1996 namanya ialah Politeknik Elektronik Surabaya (PES), dan karenanya semenjak tahun 1996 hingga kini namnya yaitu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Awal sejarah PENS dimulai pada tahun 1985 ketika tim studi awal Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk sumbangan dan kerjasama teknik yang dikepalai oleh Prof. Y. Naito dari Tokyo Institute of Technology, tiba ke politeknik ini. Setelah melaksanakan pengamatan dan studi kelayakan di tahun 1986, JICA menyetujui untuk memulai kerjasama teknik di tahun 1987 dengan mengirim 5 orang pengajar Indonesia ke perguruan tinggi teknologi di Jepang. Kemudian terus mengalami serangkaian pengembangan dan kemajuan hingga ibarat ketika ini.

Visi PENS :

“Menjadi pusat unggulan pendidikan teknologi rekayasa di bidang emerging technology dalam skala nasional maupun internasional”

Jurusan / Departemen dan Program Studi yang ada di PENS, yaitu :

  • Departemen Teknik Elektro, terdiri dari Program Studi : D3 Teknik Elektronika, D3 Teknik Telekomunikasi, D3 Teknik Elektro Industri, D4 Teknik Elektronika, D4 Teknik Telekomunikasi, D4 Teknik Elektro Industri, S2 Terapan Teknik Elektro
  • Departemen Teknik Informatika dan Komputer, terdiri dari Program Studi : D3 Teknik Informatika, D4 Teknik Komputer, D4 Teknik Informatika, S2 Terapan Teknik Informatika dan Komputer
  • Departemen Teknik Mekanika dan Energi , terdiri dari Program Studi : D4 Teknik Mekatronika, D4 Sistem Pembangkit Energi
  • Departemen Teknik Multimedia Kreatif, terdiri dari Program Studi : D3 Multimedia Broadcasting, D4 Teknologi Game
  • Departemen Program Pendidikan Jarak Jauh, terdiri dari Program Studi : D3 PJJ Teknik Informatika, D4 LJ Teknik Informatika, D4 LJ Teknik Elektro Industri, D4 LJ Teknik Telekomunikasi, D1 Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB)
Baca Juga  Panduan Registrasi Online Span-Ptkin 2019/2020
Itulah sekilas isu mengenai kampus PENS. Dilihat dari aktivitas studi yang ada di PENS, berbagai pilihannya. Kaian bisa menentukan satu aktivitas studi utama dan pilih juga aktivitas studi cadangan.
Nanti pada ketika registrasi calon mahasiswa baru, kalian harus mengisi data registrasi yang cukup banyak. Salah satu data yang harus diisi ialah pilihan aktivitas studi, ada aktivitas studi pilihan 1, pilihan 2, dan kadang hingga pilihan ke 3. Jadi, harus dipersiapkan dari kini pilihan aktivitas studinya.
Untuk bisa masuk ke PENS, maka kalian harus menentukan salah satu jalur seleksi yang dibuka. Tentu saja jalur seleksi yang dibuka tidak hanyak satu. PENS membuka cukup banyak jalur seleksi penerimaan mahasiswa gres yaitu jalur PMDK-PN, UMPN, SIMANIDRIPENS, Jalur kerjasama, dan Bidikmisi.
Kalian sanggup menentukan salah satu jalur seleksi tersebut kemudian mendaftarkan diri kalau sanggup memenuhi persyaratan yang ditentukan. Setelah melaksanakan pendaftaran, kemudian mengikuti seleksi yang telah ditentukan. Selanjutnya tunggu pengumuman kelulusan.
Jika dinyatakan lulus seleksi, maka segera melaksanakan registrasi ulang sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku. Namun kalau dinyatakan tidak lulus seleksi, maka sanggup mengikuti jalur seleksi lainnya yang masih dibuka.
Nah, untuk mengetahui ibarat apa jalur-jalur seleksi yang dibuka oleh PENS, maka silahkan simak pembahasan rincinya di bawah ini.
A. Pendaftaran PENS Jalur PMDK-PN
PMDK-PN ialah jalur seleksi seruan nasional masuk ke Politeknik Negeri yang salah satunya ialah PENS. Jalur ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus dari Sekolah pada tahun.
Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang menunjukkan rekomendasi untuk siswa-siswi terbaiknya dengan mengisi data di pmdk.politeknik.or.id/daftar pada sajian sekolah. Siswa yang telah direkomendasikan akan mendapat isyarat kanal untuk login ke alamat tersebut pada sajian siswa. Login memakai username dan password yang telah diberikan.
Bacaan lanjutan :
Untuk isu ibarat persyaratan, prosedur, jadwal, biaya, mekanisme seleksi, pilihan aktivitas studi, pilihan politeknik, dan lain-lain sanggup dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran PMDK-PN Online atau Pendaftaran PMDK-PN

B. Pendaftaran PENS Jalur UMPN

UMPN merupakan jalur ujian tertulis masuk ke PENS yang pelaksanaannya bersamaan dengan politeknik negeri lainnya.
Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulusan SMA, MA, SMK, SMTA Luar Negeri, ujian persamaan, Lulus Paket C, dsb
  2. Mempunyai kesehatan fisik yang tidak menganggu kelancaran berguru di aktivitas studi pilihannya (sebagai rujukan untuk aktivitas studi yang di dalam belajarnya diharapkan kemampuan membedakan warna, dilarang buta warna)
  3. Usia maksimum 21 tahun

Cara Pendaftaran :
  1. Buka alamat umpn.pens.ac.id
  2. Klik Registrasi
  3. Mengisi Form Registrasi
  4. Setelah proses simpan, Anda akan mendapat Kode Transaksi Bank Mandiri
  5. Setelah melaksanakan proses pembayaran di Bank Mandiri dengan memakai Kode Transaksi Bank yang telah didapatkan, silahkan login kembali pada halaman umpn.pens.ac.id dengan memakai Kode Transaksi Bank yang Anda dapatkan sebelumnya.
  6. Formulir Isian Pendaftar
  7. Klik Simpan Finalisasi
  8. Setelah data tersimpan, tampil halaman untuk cetak kartu peserta dan cetak form biodata
  9. Cetak Kartu Peserta
  10. Cetak Form Biodata

Pendaftaran dijadwalkan kira-kira pada bulan April hingga dengan Mei ibarat tahun sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca pribadi di web resmi.
C. Pendaftaran PENS Jalur SIMANDIRIPENS
SIMANDIRIPENS atau Seleksi Mandiri Politeknik Elektronika Negeri Surabaya merupakan jalur seleksi ujian tertulis masuk ke PENS. Pada jalur ini, peserta tidak sanggup mengajukan beasiswa BIDIKMISI.
Bagi yang ingin mendaftar, silahkan penuhi persyaratan pendaftarannya yang sama ibarat pada jalur UMPN di atas. Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengakses alamat SIMANDIRI Online di simandiri.pens.ac.id . Alur registrasi sama ibarat pada jalur UMPN di atas. Hanya beda di alamat websitenya saja.
Pendaftaran jalur SIMANDIRIPENS diperkirakan dibuka pada bulan Mei s/d Juni ibarat tahun sebelumnya. Untuk jadwal rinci, silahkan lihat pribadi di website resmi.
D. Pendaftaran PENS untuk D4 LJ TI PJJ Mandiri
Jalur ini ditujukan bagi lulusan D3 bidang Teknik Informatika dan sederajat yang ingin menempuh pendidikan di PENS.
Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulus D3 bidang Teknik Informatika atau sederajat.
  2. Memiliki Persocal Computer (PC) / Laptop dan kanal internet.
  3. IPK mininal 2,75
Pendaftaran dilakukan melalui alamat pmb.eepis-its.edu/daftar dengan alur yang sama ibarat pada jalur UMPN di atas. Jadwal diprediksikan dibuka pada bulan Agustus hingga September. Jadwal rinci sanggup dilihat di website resmi.
E. Pendaftaran PENS Jalur Kerjasama GMF Aeroasia
Jalur Kerjasama GMF Aeroasia ini diperuntukkan bagi lulusan SLTA sederajat yang ingin menempuh pendidikan di PENS yang masuknya melalui tes terlebih dahulu. Jalur kerjasama ini juga disebut dengan jalur ikatan dinas. Salah satu keunggulan dari jalur kerjasama ini yaitu sehabis lulus kuliah bisa bisa pribadi bekerja di PT GMF Aeroasia.
Program Studi yang diselenggarakan pada Kelas Ikatan Dinas GMF AeroAsia yaitu D3 Teknik Elektronika konsentrasi Electrical Avionic (EA) bersertifikasi AMTO
Persyaratan Pendaftaran
  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Lulusan SMU / MA jurusan IPA
  3. Lulusan Sekolah Menengah kejuruan Jurusan :
    • Teknik Elektro, Teknologi dan Rekayasa, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Komputer, Informatika, Teknik Listrik, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Otomasi Mesin, Mekatronika, Penerbangan, Teknik Industri
  4. Usia tidak lebih dari 21 tahun
  5. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan.
  6. Tidak berkacamata dan tidak mempunyai ketunaan yang sanggup mengganggu kelancaran studi atau pekerjaan.
  7. Berbadan sehat dan tidak buta warna (surat keterangan dokter).
  8. Tinggi tubuh minimal 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita dengan berat tubuh proposional.
  9. Tidak bertato atau bertindik bagi laki-laki.
  10. Bersedia ditempatkan pada seluruh unit PT GMF AeroAsia.
  11. Lulus Ujian seleksi penerimaan
Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat web : pmb.pens.ac.id, kemudian pilih kelas D3KGMF kemudian ikuti petunjuk berikutnya. Pendaftaran sanggup dilakukan sekitar bulan Mei hingga Juli.
F. Pendaftaran PENS untuk Program PJJ
Program PJJ diperuntukkan bagi lulusan SLTA sederajat yang ingin menempuh pendidikan di PENS melalui aktivitas PJJ (Pendidikan Jarak Jauh)
Persyaratan Pendaftaran
  • Lulusan Sekolah Menengah kejuruan / Sekolah Menengan Atas / MA Sederajat.
  • Mempunyai Akses Koneksi Internet dan perangkat PC / Laptop.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat website pmb.eepis-its.edu/daftar . Ikuti alur registrasi yang ibarat pada jalur UMPN di atas. Pendaftaran sanggup dilakukan pada jadwal yang diprediksikan bulan Mei hingga Juni

G. Pendaftaran PENS Jalur Kerjasama PENS – POLIBAN
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhubungan dengan Politeknik Negeri Banjarmasin (POLIBAN) membuka registrasi Program D4 Lintas Jalur Kerjasama, dengan aktivitas studi: Teknik Informatika dan Teknik Elektro Industri

Persyaratan Program D4 Kerjasama Teknik Informatika:
  1. Lulus D3 bidang Teknik Informatika atau sederajat.
  2. Memiliki Personal Computer / Labtop dan kanal internet.
  3. IPK mininal 2,75

Persyaratan Program D4 Kerjasama Teknik Elektro Industri:
  1. Lulus D3 bidang Teknik Elektronika, Elektro Industri, atau sederajat.
  2. Memiliki Personal Computer / Labtop dan kanal internet.
  3. IPK mininal 2,75
Pendaftaran dilakukan secara pribadi di BAAK Kampus Politeknik Negeri Banjarmasin (POLIBAN), Jln. Brigjen H. Hasan Basry Banjarmasin dengan membeli formulir registrasi kemudian mengisinya dan menyerahkan ke panitia beserta formulir kelengkapan registrasi dan berkas persyaratan lain Ijazah, transkip, foto copy KTP / SIM, Pas foto, surat keterangan bekerja, dan bukti pembayaran.
Pendaftaran dijadwalkan dengan prediksi pada bulan Agustus hingga September pada hari kerja pukul 09.00 – 14.00 WIB.
H. Pendaftaran Bidikmisi ID PENS
Bidikmisi merupakan sumbangan biaya pendidikan yang diberikan pada calon mahasiswa dari keluarga kurang bisa secara ekonomi dan mempunyai potensi akademik yang baik.
Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Untuk isu ibarat persyaratan, jadwal, cara mendaftar, dan lain-lain sanggup dibaca secara lengkap pada artikel berikut : Pendaftaran Bidikmisi, Pendaftaran Bidikmisi Jalur PMDK-PN, Pendaftaran Bidikmisi Jalur UMPN.
Itulah jalur-jalur seleksi yang sanggup diikuti oleh calon mahasiswa gres untuk bisa masuk dan dterima sebagai mahasiswa gres PENS. Pilihan salah satu jalur yang diprediksikan sanggup menunjukkan peluang besar untuk kelulusan.
Untuk pengumuman kelulusan dari jalur seleksi di atas dapat  di lihat secara online melalui alamat pmb.pens.ac.id. Untuk infomasi lain yang diharapkan sanggup dilihat pada alamat tersebut atau alamat masing-masing jalur pendaftaran. Jika ada perubahan / perbedaan info, maka ikuti yang ada di alamat tersebut.
Silahkan Baca Juga :
Baca Juga  Pendaftaran Online Polbeng 2019/2020 (Politeknik Negeri Bengkalis)
Demikian penyampaikan isu tentang Pendaftaran PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya). Semoga isu yang telah admin sampaikan tersebut sanggup menunjukkan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk sharing  pada teman.

loading...
close