Pendaftaran Online Tpbi 2019/2020

www.spmb.or.id 2019 — Pendaftaran TPBI, Pendaftaran TPBI P-SPMBN, Pendaftaran TPBI Universitas, Daftar TPBI, Prosedur Pendaftaran TPBI, Pendaftaran Online TPBI P-SPMBN, Info Cara Pendaftaran TPBI Online, Tes Minat Bakat dan Kemampuan Siswa, Tes Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI), Tes Potensi Bidang Ilmu (TPBI), Perhimpunan SPMB Nusantara, 2021. 2022.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan menunjukkan gosip mengenai Pendaftaran Online TPBI 2019/2020. Semoga informasin yang disampaikan ini sanggup menjadi panduan anda dalam proses melaksanakan pendaftaran TPBI. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

 admin akan menunjukkan gosip mengenai  Pendaftaran Online TPBI 2019/2020

P-SPMBN atau Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara yakni suatu tubuh organisasi yang dikala ini menyelenggarakan 2 jenis seleksi, yaitu UMB-PT dan UMB-PTS, dan 1 jenis tes yaitu TPBI.

Informasi mengenai UMB-PT dan UMB-PTS telah dijelaskan pada artikel tersendiri. Nanti link artikelnya akan diberikan di bawah. Kali ini kita akan fokus membahas ihwal Pendaftaran TPBI.

TPBI atau Tes Penjajakan Bidang Ilmu yakni suatu tes tertulis yang bertujuan untuk menunjukkan evaluasi terhadap minat, bakat, dan kemampuan siswa yang akhirnya sanggup dipakai sebagai materi pertimbangan penerimaan mahasiswa gres di Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta pada kegiatan studi yang sesuai dengan minat, talenta dan kemampuannya.

TPBI diperuntukkan bagi siswa Sekolah Menengan Atas yang duduk di kelas 12 semester 1 tanpa memandang peringkat atau ranking di kelas. Makara siswa-siswi yang berprestasi ataupun tidak berprestasi, semuanya sanggup mengikuti TPBI.

Seperti disebutkan di atas, bahwa hasil tes dari TPBI sanggup dijadikan sebagai materi pertimbangan yang diharapkan oleh Perguruan Tinggi dalam rangka mendapatkan calon mahasiswa gres melalui jalur Minat dan Bakat atau jalur undangan Perguruan Tinggi.

Seluruh hasil TPBI akan dikirim ke Universitas masing-masing. Bukti bahwa peserta telah mengikuti TPBI yaitu berupa akta TPBI yang sanggup diunduh di www.spmb.or.id
Admin menunjukkan saran, jikalau anda mempunyai niat untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, maka sebaiknya anda mengikuti TPBI. Dengan mengikuti TPBI, maka anda akan tahu seberapa besar kemampuan anda, serta anda akan tahu potensi apa yang anda miliki. Dengan begitu, maka anda nantnya sanggup menentukan kegiatan studi sesuai kemampuan anda tersebut.
Jika anda (siswa kelas XII semester 1) berminat untuk mengikuti TPBI, silahkan daftarkan diri sesuai persyaratan, prosedur, jadwal, dan ketentuan lainya berikut ini.
Persyaratan Pendaftaran TPBI
  • Siswa Sekolah Menengan Atas kelas 12 Semester 1, tanpa memperhatikan peringkat (ranking) di kelas.
  • Peserta hanya sanggup menentukan lokasi ujian sesuai dengan pilihan PTNnya
Tata Cara Pendaftaran TPBI

  1. Buka alamat web ini : http://penerimaan.spmb.or.id
  2. Klik Registrasi untuk mengisi data diri anda (anda harus mempunyai alamat email yang valid) untuk menciptakan Account Pendaftaran baru.
  3. Isi kota yang tersedia dengan data diri yang sebenarnya
  4. Setelah pendaftaran berhasil, Sign In dengan mengisi Kotak E-mail dan Password dengan alamat email dan password yang dimasukkan dikala Registrasi (langkah 3)
  5. Isikan kotak E-mail dan Password kemudian klik Submit
  6. Klik Uplod Foto
  7. Klik Browse untuk mengambil foto anda dari file (berupa JPG/JPEG), kemudian klik upload
  8. Klik Menu Pilihan Ujian TPBI,
  9. Klik Menu Pilihan Ujian TPBI Pilih Perguruan Tinggi, Kelompok Ujian, klik pernyataan dan simpan. 
  10. Klik Pilih Panitia Lokal Ujian TPBI, Pilih Panitia Lokal Ujian, klik pernyataan dan simpan.
  11. Klik Pilih Area Ujian TPBI 
  12. Klik Bukti Pra Registrasi
  13. Klik Cetak Bukti Daftar
  14. Klik Download Bukti Pra Registrasi
  15. Print Bukti Pre Regsitrasi, NOMOR PRA REGISTRASI dipakai untuk melaksanakan pembayaran di Bank BNI melalui Teller/ATM BNI/Internet Banking Personal BNI
  16. Setelah melaksanakan pembayaran, cetak Kartu Ujian TPBI, dengan cara berikut :
    • Klik penerimaan.spmb.or.id kemudian Sign In kembali dengan email dan password Anda 
    • Akan muncul halaman gres dan sehabis tampil halaman gres kemudian klik TPBI
    • Kemudian tampil laman gres kemudian klik Kartu Ujian TPBI
Pilihan Perguruan Tinggi Negeri pada TPBI

  1. TPBI Universitas Malikussaleh (UNIMAL)
  2. TPBI Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
  3. TPBI Universitas Teuku Umar (UTU)
  4. TPBI Universitas Samudra (UNSAM)
  5. TPBI Universitas Andalas (UNAND)
  6. TPBI Universitas Udayana (UNUD)

Jadwal Pelaksanaan TPBI tahun sebelumnya (jadwal tahun ini akan di update secara berkala)
  • Pendaftaran online pada 17 Oktober – 25 November
  • Pembayaran di Bank pada 17 Oktober – 25 November
  • Cetak Kartu Ujian pada 17 Oktober – 25 November, Pukul 11.30 WIB
  • Ujian Tulis pada Minggu, 27 November
Panitia Penyelenggara Lokal (PPL)
  • Banda Aceh (UNSYIAH)
  • Lhokseumawe (UNIMAL)
  • Meulaboh (UTU)
  • Langsa (UNSAM)
  • Padang (UNAND)
  • Denpasar (UNUD)
Materi Ujian TPBI

Bidang ilmu pengetahuan yang akan diujikan pada TPBI tetap mengikuti pengelompokan bidang ilmu di pendidikan menengah atas, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berikut rincian selengkapnya :

  • Kemampuan Dasar, mencakup : Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  • Kemampuan IPA , mencakup : Fisika, Kimia, dan Biologi
  • Kemampuan IPS, mencakup : Ekonomi, Geografi, Sejarah
Biaya Pendaftaran TPBI

Biaya yang harus dibayar oleh peserta TPBI tidak sama. Biaya tersebut tergantung pada ketentuan kelompok ujian, lokasi ujian, dan pilihan PTN. Berikut rincian informasinya :


KelompokLokasi UjianPilihan PTNBiaya Pendaftaran
IPA/IPSBanda AcehUNSYIAHRp. 350.000,-
LhokseumaweUNIMALRp. 300.000,-
MeulabohUTURp. 300.000,-
LangsaUNSAMRp. 300.000,-
PadangUNANDRp. 350.000,-
DenpasarUNUDRp. 350.000,-
Bagi anda yang berminat untuk mengkuti TPBI, silahkan daftarkan diri anda dengan mengikuti dan memperhatikan gosip di atas. Dengan ini, admin turut mendoakan supaya anda memperoleh hasil terbaik dari TPBI yang anda ikuti sehingga nantinya hasil TPBI ini sanggup dipakai dikala mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa gres di Perguruan Tinggi pilihan anda.

Catatan Penting!!!

  • Pada tahun lalu, jalur SPMB ini tidak dibuka lagi. Untuk tahun ini belum diketahui apakah dibuka atau tidak. Maka dari itu, silahkan tanyakan pribadi pada pihak kampus yang bersangkutan.

Itulah serangkaian gosip mengenai Pendaftaran Online TPBI yang sanggup admin bagikan kepada anda. Silahkan bagikan juga gosip ini kepada teman atau saudara anda yang membutuhkan dengan cara klik tombl G+1 yang tersedia.

Terima kasih admin sampaikan kepada pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjung, supaya anda semua mendapatkan manfaat baik dari web ini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua.