Pendaftaran Online Pens 2019/2020 (Politeknik Elektro Negeri Surabaya)

pmb.pens.ac.id 2019 — PMB PENS, Pendaftaran PENS Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru PENS, Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru PENS, Panduan Pendaftaran PENS, Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Jalur PMDK-PN, UMPN, SIMANDIRIPENS, D4 Kerjasama, D3 Kerjasama, Pascasarjana, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan menawarkan pembahasan perihal Pendaftaran Online PENS 2019/2020 (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya). Dengan adanya gosip ini, biar dapat menjadi panduan bagi anda yang akan mendaftar sebagai calon mahasiswa gres PENS. Ayo simak informasinya berikut ini.

 Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru PENS Pendaftaran Online PENS 2019/2020 (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau yang sering sebut dengan PENS merupakan Politeknik Negeri yang terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah didirikan pada 2 Juni 1988.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) merupakan satu-satunya politeknik yang menerapkan kegiatan pembelajaran dengan mengkhususkan pada bidang teknik elektro. Hal ini dibuktikan dengan banyak sekali prestasi dan kejuaraan Kontes Robot Indonesia (KRI) yang berhasil memenangkan lomba berturut-turut.

Selain itu, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) juga mempunyai keunggulan dalam bidang teknologi gosip yang terbukti dengan meraih penghargaan TeSCA.

Keunggulan lainnya bahwa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) merupakan penyelenggara Program S2 terapan pertama di Indonesia. 

Sampai ketika ini, PENS telah mempunyai beberapa Program Studi, baik untuk D1, D2, D3, ataupun D4. Program studi tersebut yaitu Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro Industri, Teknik Informatika, Teknik Mekatronika, Teknik Komputer, Teknologi Multimedia Broadcasting, Sistem Pembangkitan Energi, dan Teknologi Game.

Itulah beberapa keunggulan dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Jika anda berminat untuk menjadi mahasiswa PENS, silahkan daftarkan diri anda melalui banyak sekali jalur penerimaan yang dibuka.

Pada tahun ini PENS, membuka jalur penerimaan mahasiswa gres melalui jalur PMDK-PN, UMPN, SIMANDIRIPENS, D4 Kerjasama PENS – AKATEL, D4 Kerjasama PENS – POLIBAN, D4 LJ PJJ, D1 CC, D3 Kerjasama AK, D3 Kerjasama CC, LJ, Bidikmisi, dan Program Pascasarjana.

Langsung saja kita bahas masing-masing jalur penerimaan mahasiswa gres PENS. Simak selengkapnya berikut ini.


1. Pendaftaran Online PMDK-PN

PMDK-PN merupakan jalur penerimaan mahasiswa gres yang diperuntukkan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Politeknik Negeri di Indonesia. Jalur PMDK-PN ini hanya diberikan kepada siswa yang mempunyai prestasi akademik yang unggul di sekolahnya serta mempunyai prestasi lainnya.

Pendaftaran PMDK-PN dilakukan secara online melalui pmdk.politeknik.or.id. Untuk dapat mendaftar, maka peserta terlebih dahulu harus mendapat rekomendasi dari sekolah. Setelah itu, peserta dapat melaksanakan pendaftaran.

Informasi selengkapnya perihal Pendaftaran PMDK-PN ibarat tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, daftar Politeknik se-Indonesia, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel sebelumnya yang berjudul Pendaftaran PMDK Poltek Negeri atau Pendaftaran Online PMDK-PN

2. Pendaftaran Online UMPN

UMPN atau Ujian masuk Politeknik Negeri merupakan jalur ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Pelaksanaan UMPN dilaksanakan secara bersamaan oleh Politeknik se-Indonesia.

Cara Mendaftar UMPN PENS

  • Pendaftaran UMPN PENS dilakukan dengan mengakses alamat www.umpn.pens.ac.id.
  • Lakukan registrasi tahap awal dan mencetak tanda bukti telah melaksanakan registrasi tahap awal.
  • Kemudian membayar biaya registrasi di Bank.
  • Kemudian mengakses kembali alamat website di atas
  • Isilah semua data formulir registrasi online
  • Jika telah seleksi, cetaklah kartu peserta UMPN
  • Bawalah kartu tersebut pada ketika ujian tertulis
Persyaratan Pendaftaran UMPN PENS

  • Lulusan SMA, MA, SMK, Sekolah Luar Negeri, Lulus Paket C atau sederajat lainnya.
  • Mempunyai kesehatan fisik yang tidak menganggu kelancaran berguru
  • Usia maksimum 21 tahun pada ketika mulai pendidikan

3. Pendaftaran Online SIMANDIRIPENS

SIMANDIRI PENS atau Seleksi Mandiri Politeknik Elektronika Negeri Surabaya merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa gres untuk masuk ke Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Pendaftaran SIMANDIRIPENS dilakukan melalui simandiri.pens.ac.id. Persyaratan registrasi sama ibarat pada jalur UMPN. Silahkan lihat kembali di atas.

4. Pendaftaran Program D4 Kerjasama PENS – AKATEL

Pendaftaran Program D4 Kerjasama PENS – AKATEL dilakukan secara eksklusif di kantor BAAK Akademi Telekomunikasi (AKATEL) Jakarta, Jl. Daan Mogot KM.11, Jakarta Barat 11710. Setiap peserta harus memberi formulir pendaftaran. Kemudian mengisi dan menyerahkan kembali formulir tersebut dengan melengkapi berkas registrasi lainnya ibarat di bawah ini.


Berkas Perlengkapan Pendaftaran

  • Ijasah orisinil dan foto copy Program D-3 bidang Teknik Telekomunikasi atau sederajat yang telah dilegalisir.
  • Transkrip orisinil dan foto copy Program D-3 bidang Teknik Telekomunikasi atau sederajat yang telah dilegalisir (IPK mininal 2,75)
  • Fotocopy KTP / SIM.
  • Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
  • Bukti pembayaran biaya pendaftaran

5. Pendaftaran D4 Kerjasama PENS – POLIBAN

Pendaftaran Program D4 Kerjasama PENS – POLIBAN dilakukan secara eksklusif di kantor BAAK Kampus Politeknik Negeri Banjarmasin (POLIBAN), Jln. Brigjen H. Hasan Basry Banjarmasin. Setiap peserta harus memberi formulir pendaftaran. Kemudian mengisi formulir tersebut dan menyerahkan kembali formulir tersebut dengan melengkapi berkas registrasi lainnya ibarat berikut ini :

Berkas Perlengkapan Pendaftaran

  • Ijasah orisinil dan foto copy Program D-3 bidang Teknik Informatika atau sederajat yang telah dilegalisir.
  • Transkrip orisinil dan foto copy Program D-3 bidang Teknik Informatika atau sederajat yang telah dilegalisir (IPK mininal 2,75)
  • Fotocopy KTP/SIM.
  • Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
  • Surat keterangan magang/tempat kerja yang masih berlaku
  • Bukti pembayaran biaya pendaftaran
Informasi lainnya silahkan baca di web PENS di alamat pmb.pens.ac.id

6. Pendaftaran Online D4 LJ PJJ

PENS juga membuka jalur D4 LJ JJ. Berikut cara registrasi dan persyaratannya.


Cara Melakukan Pendaftaran

  • Melakukan pembayaran tahap awal melalui alamat : pmb.eepis-its.edu/daftar
  • Meng-generate isyarat transaksi
  • Selanjutnya membayar biaya registrasi di loket Bank Mandiri.
  • Kemudian akan mendapat isyarat transaksi.
  • Login kembali dengan memakai isyarat transaksi ke alamat website tersebut untuk melaksanakan registrasi online hingga dengan mencetak kartu tanda peserta.
  • Peserta mengikuti ujian dengan membaca KTP/SIM  dan Ijazah / SKL / Foto copy ijazah yang telah dilegalisir.
Persyaratan Pendaftaran

  • Lulus D3 bidang Teknik Informatika atau sederajat.
  • Memiliki saluran internet.
  • IPK mininal 2,75

7. Pendaftaran Online D3 Kerjasama AK

Informasi cara melaksanakan registrasi sama ibarat pada kegiatan D4 LJ PJJ. Pendaftaran dilakukan melalui pmb.eepis-its.edu/daftar

Persyaratan Pendaftaran

  • Lulusan D1 Community College (CC) Teknologi Informasi dan Multimedia kerjasama PENS atau D1 Akademi Komunitas (AK) Kerjasama dengan PENS (AK. Kab. Pacitan).
  • Memiliki saluran internet.
  • IPK D1 CC/AK mininal 2,75

8. Pendaftaran Online D3 Kerjasama CC

Cara-cara melaksanakan registrasi dan jadwal pelaksanaan sama ibarat pada kegiatan D4 LJ PJJ. Silahkan lihat kembali di atas.

Persyaratan Pendaftaran

  • Lulusan D2 Akademi Komunitas (AK) Teknologi Informasi dan Multimedia kerjasama PENS (AK. Kab. Lamongan, Kab. Sumenep, Kab. Ponorogo, dan Kab. Pacitan).
  • Memiliki saluran internet.
  • IPK D2 AK mininal 2,75

9. Pendaftaran Online D1 CC

D-I CC mempunyai kepanjangan Program D-I Community College. Persyaratan Pendaftaran yaitu anda ialah Lulusan SMA/MA/SMK sederajat. Pendaftaran dilakukan secara eksklusif di Lokasi CC masing-masing kota. Info lengkap silahkan lihat di pmb.pens.ac.id atau dapat ditanyakan eksklusif di lokasi CC ketika pendaftaran.

10. Pendaftaran Online Bidikmisi PENS

Bidikmisi merupakan kegiatan pemerintah untuk membantu calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi namun terkendala dalam segi finansial. Maka calon mahasiswa yang demikian mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan Bidikmisi.

Pendaftaran dilakukan melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Untuk dapat mendaftar, maka peserta harus mendapat rekomendasi dari sekolah. Informasi selengkapnya mengenai Pendaftaran Bidikmisi dapat anda baca pada artikel berikut : Panduan Pendaftaran Bidikmisi atau Pendaftaran Online Bidikmisi.

11. Pendaftaran Online Pascasarjana PENS

PENS merupakan Politeknik pertama di Indonesia.yang menyelenggrakan kegiatan S2. Ini ialah salah satu kelebihan yang dimiliki PENS.

Program Studi untuk Program S2 PENS terdiri dari :

  • Magister Terapan Teknik Elektro
  • Magister Terapan Teknik Informatika dan Komputer
Penerimaan mahasiswa gres Program S2 PENS dibuka untuk 3 gelombang. Pelaksanaan tiap gelombang diirencanakan pada Gelombang pertama dibuka pada bulan Mei, Gelombang kedua dibuka bulan Juni, dan gelombang ketiga dibuka bulan Agustus. Informasi selengkapnya dapat anda baca pada alamat resmi Pascasarjana PENS, yaitu : pascasarjana.pens.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan gosip maka yang berlaku ialah yang ada di website resmi

Demikianlah gosip yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga gosip perihal Pendaftaran Online PENS yang telah admin berikan dapat menambah gosip untuk anda.

Admin turut mendoakan biar anda lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Terima kasih atas kesempatan yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Sekian dari admin dan salam sukses. Ayo berikan G+1 untuk artikel ini dan sukai juga halaman web kami.