Pendaftaran Online Iain Pontianak 2019/2020

iainptk.ac.id/sipenmaru 2019 — PMB IAIN Pontianak, Cara Pendaftaran Online IAIN Pontianak, Pendaftaran SPAN-PTKIN / UM-PTKIN / Bidikmisi / PMB Mandiri IAIN Pontianak, Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Pontianak, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana IAIN Pontianak, Pendaftaran Kuliah IAIN Pontianak, Penerimaan Pendaftaran Maba. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan menyebarkan gosip perihal Pendaftaran Online IAIN Pontianak 2019/2020. Informasi ini diharapkan sanggup membantu calon mahasiswa yang ingin kuliah di IAIN Pontianak. Langsung saja simak gosip selengkapnya berikut ini.

 Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Pontianak Pendaftaran Online IAIN Pontianak 2019/2020

IAIN Pontianak atau Institut Agama Islam Negeri Pontianak adalah salah satu PTKIN yang ada di Indonesia yang terletak di Pontianak, Kalimantan Barat, di Jl. Letnan Jendral Soeprapto No. 19.

Pendiriannya dilakukan pada 12 Dzulqaidah 1417 H / 21 Maret 1997 M dengan didasarkan pada SK Presiden RI No. 11, tahun 1997.

Visi IAIN Pontianak :

  • Ulung dan terbuka dalam kajian dan riset keilmuan, keislaman serta kebudayaan Borneo.

Misi IAIN Pontianak adalah:

  • Menyelenggarakan pendidikan yang ulung dalam bidang kajian keilmuan, keislaman dan kebudayaan Borneo;
  • Mengembangkan kajian keilmuan, keislaman dan kebudayaan Borneo dengan basis riset;
  • eningkatkan tugas dedikasi dalam upaya menuntaskan dilema kemasyarakatan;
  • Membentuk insan akademik yang berdikari dan bermanfaat bagi bangsa dan kemanusiaan;
  • Memperkuat dan memperluas jaringan kerjasama institusional dalam upaya mengembangkan dan melestarikan temuan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni keagamaan Islam Borneo.

Fakultas dan Program Studi di IAIN Pontianak :

  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) dengan Jurusan: Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA)
  • Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) dengan Jurusan: Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI), Manajemen Dakwah (MD), Ilmu Quran dan Tafsir (IQT), Perbandingan Agama (PA)
  • Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam dengan Jurusan:, Ekonomi Islam (EI), Muamalah, Perbankan Islam (PI), Akhwalus Syakhsiyah (AS)
  • Pasca Sarjana dengan Jurusan: Magister Pendidikan Agama Islam dengan konsentrasi: Guru Pendidikan Agama Islam, Pengawas Pendidikan Agama Islam

Itulah beberapa aktivitas studi yang ada di IAIN Pontianak. Bagi kau yang ingin kuliah di IAIN Pontianak, maka sanggup menentukan aktivitas studi yang ada tersebut dan diubahsuaikan dengan kemampuan, minat, dan bakatmu.

Berikut ini admin berikan gosip jalur-jalur seleksi peneriman mahasiswa gres IAIN Pontianak. Silahkan disimak dan ikuti jalur yang kau inginkan.

A. Pendaftaran IAIN Pontianak Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional PTN ialah jalur seleksi penerimaan mahasiswa gres masuk ke UIN / IAIN / STAIN di Indonesia yang seleksinya didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai raport. Jalur ini merupakan salah satu jalur masuk ke IAIN Pontianak.

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini yang mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah.

Pemberian rekomendasi dilakukan dengan cara Kepala Sekolah mengisi data siswa di PDSS SPAN-PTKIN di alamat www.span-ptkin.ac.id. Setelah itu, masing-masing siswa akan mendapatkan isyarat kanal pendaftaran.

Siswa memakai isyarat kanal tersebut unuk login ke alamat di atas kemudian melaksanakan pengisian data registrasi secara lengkap hingga mencetak kartu peserta SPAN-PTKIN.

Panduan pendaftaran, persyaratan, jadwal, tahapan seleksi, daftar PTKIN se-Indonesia, jumlah PTKIN dan aktivitas studi pilihan, dan keterangan lainnya sanggup dibaca pada artikel berikut : Panduan Pendaftaran Online SPAN-PTKIN atau Pendaftaran Online SPAN-PTKIN.

B. Pendaftaran IAIN Pontianak Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ialah jalur seleksi penerimaan mahasiswa gres masuk ke UIN / IAIN / STAIN di Indonesia yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Jalur ini juga merupakan salah satu jalur masuk ke IAIN Pontianak.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan sendiri oleh calon peserta. Calon peserta melaksanakan registrasi secara online melalui alamat web www.um-ptkin.ac.id kemudian pilih sajian daftar.

Sebelum mendaftar online, terlebih dahulu calon peserta membayar biaya registrasi di Bank untuk mendapatkan isyarat kanal pendaftaran. Setelah mendapatkan isyarat akses, maka sanggup mendaftar online ke alamat web di atas.

Informasi menyerupai persyaratan pendaftaran, biaya pendataran, aktivitas pelaksanaan, daftar PTKIN se-Indonesia, jumlah PTKIN dan aktivitas studi pilihan, dan gosip penting lainnya sanggup dibaca pada artikel berikut : Panduan Pendaftaran Online UM-PTKIN atau Pendaftaran Online UM-PTKIN.

C. Pendaftaran IAIN Pontianak Jalur SPMB Mandiri

Jalur SPMB Mandiri ialah jalur seleksi lokal yang dibuka oleh IAIN Pontianak untuk menyeleksi calon mahasiswa gres dan sekaligus memperlihatkan kesempatan kepada mereka yang tidak lulus pada jalur sebelumnya.

Calon mahasiswa langsung mendaftar di Sub. Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Gedung Biro AUAK IAIN Pontianak atau mendaftar secara online melalui alamat iainptk.ac.id/sipenmaru

Informasi penting lainnya sanggup dilihat dan dibaca pada alamat iainptk.ac.id

D. Pendaftaran Bidikmisi IAIN Pontianak

Bidikmisi merupakan derma biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang mempunyai potensi akademik baik dan tidak bisa secara ekonomi untuk melanjutkan studi pada jenjang D3 dan S1.

Persyaratan Pendaftaran  :
  • Memiliki potensi akademik menurut surat rekomendasi dari Kepala Madrasah / Sekolah / Pesantren Muadalah
  • Foto copy prestasi akademik (nilai rapor dari semester 1 s.d. semester 6)
  • Foto copy piagam/sertifikat prestasi non akademis minimal pada level kabupaten/kota (jika ada)
  • Foto copy Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)
  • Kartu Tanda Peserta SPAN-PTKIN / UM-PTKIN / Mandiri
  • Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang
  • Surat Pernyataan calon akseptor Bidikmisi
  • Foto copy Kartu Keluarga
  • Foto keadaan rumah (tampak utuh sisi depan, samping kiri, samping kanan, dan belakang)
Untuk gosip lain yang dibutuhkan sanggup dilihat di website resmi IAIN Pontianak di ainptk.ac.id

E. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Pontianak

Selain mendapatkan mahasiswa gres jenjang S1 dan Diploma, IAIN Pontianak juga melaksanakan penerimaan mahasiswa gres jenjang Pascasarjana.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk Program Magister yaitu sebagai berikut ini:
  • Fotokopi ijazah S1 dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi
  • Surat Keterangan atasan pribadi (bagi yang bekerja)
  • Pas foto berwarna 3×4 sebanyak 3 lembar
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
Berkas-berkas tersebut di atas kemudian diserahkan pribadi kepada Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana IAIN Pontianak, Lantai II Gedung Prof. Saifuddin Zuhri IAIN Pontianak, Jl. Letnan jendral Soeprapto No. 19 Pontianak
Kontak :
Fax: 0561-734170, HP/WA: 081253594710, email: [email protected]
Setelah terdaftar sebagai calon mahasiswa gres Pascasarjana IAIN Pontianak, kemudian calon mahasiswa gres mengikuti tes masuk yang diadakan sesuai aktivitas yang telah ditentukan.
Untuk gosip lebih lanjut yang dibutuhkan sanggup dilihat dan dibaca pada alamat iainptk.ac.id
Itulah gosip mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa gres IAIN Pontianak. Untuk infomasi penting lainnya yang dibutuhkan sanggup dibaca pada alamat iainptk.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku ialah yang ada di website resmi IAIN Pontianak.
Baca juga :

Demikianlah gosip yang sanggup admin sampaikan tentang Pendaftaran Online IAIN Pontianak. Semoga gosip tersebut sanggup memperlihatkan pencerahan bagi kau yang ingin kuliah di kampus ini. Terima kasih telah membaca artikel ini, cukup sekian dan salam sukses. Please share this article.

loading...
loading...
close