Pendaftaran Mahasiswa Gres 2019/2020

Pendaftaran Mahasiswa Baru 2019 — Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri / Perguruan Tinggi Swasta / PTK / PTKIN / Politeknik, PMB Perguruan Tinggi Negeri / Perguruan Tinggi Swasta / PTK / PTKIN / Politeknik, Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri / Perguruan Tinggi Swasta / PTK / PTKIN / Politeknik, Seleksi Pendaftaran Mahasiswa Baru, Info Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru, Jadwal dan Syarat Pendaftaran Mahasiswa Baru, 2021. 2022.

Pada kesempatan ini, admin akan menawarkan isu ihwal Pendaftaran Mahasiswa Baru 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan tujuan sanggup membantu anda untuk mendapatkan isu lengkap masuk ke Perguruan Tinggi. Untuk mengetahui isu selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.

 Info Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Pendaftaran Mahasiswa Baru 2019/2020

Ketika anda menduduki kelas XII dari Sekolah Tingkat Atas (SMA / MA / Sekolah Menengah kejuruan / Sederajat), maka anda mulai berpikir “ingin melanjutkan kuliah dimana?”. Pada dikala itu anda merasa gundah untuk menentukan Perguruan Tinggi dan mungkin pada dikala itu anda belum mengetahui daftar Perguruan Tinggi terfavorit dan jalur apa saja yang sanggup diikuti oleh calon mahasiswa untuk masuk ke Perguruan Tinggi tersebut.

Melihat masalah yang terjadi, maka disini admin memiiki inisiatif untuk membantu anda yang mengalami kesulitan dalam menentukan Perguruan Tinggi serta menentukan jalur masuk ke Perguruan Tinggi tersebut. Admin telah menyiapkan artikel yang merangkum isu yang nantinya sanggup anda gunakan sebagai panduan dikala akan mendaftar sebagai mahasiswa baru.

Perguruan Tinggi yakni adalah satuan pendidikan menyelenggarakan pendidikan tinggi. Peserta latih di Perguruan Tinggi disebut mahasiswa, sedangkan tenaga pendidik di Perguruan Tinggi disebut Dosen.

Menurut Dikti, Perguruan Tinggi di Indonesia terdiri dari beberapa bentuk yaitu Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi, Akademi, dan Akademi Komunitas. Berikut penjelasannya :

  • Universitas merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan sanggup menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam aneka macam rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi dan jikalau memenuhi syarat, universitas sanggup menyelenggarakan pendidikan profesi.
  • Institut merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan sanggup menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jikalau memenuhi syarat, institut sanggup menyelenggarakan pendidikan profesi.
  • Sekolah Tinggi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan sanggup menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jikalau memenuhi syarat, sekolah tinggi sanggup menyelenggarakan pendidikan profesi.
  • Politeknik merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam aneka macam rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi dan jikalau memenuhi syarat, politeknik sanggup menyelenggarakan pendidikan profesi.
  • Akademi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu
  • Akademi Komunitas merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi setingkat diploma satu dan/atau diploma dua dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu yang berbasis keunggulan lokal atau untuk memenuhi kebutuhan khusus.
Perguruan tinggi sanggup menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi. Program-program pendidikan di Perguruan Tinggi sanggup berupa : Diploma (D1, D2, D3, D4), Sarjana (S1), Magister (S2), Doktor (S3), dan Spesialis.

Menurut jenisnya, Perguruan Tinggi dibagi menjadi dua :

  • Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yakni perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah.
  • Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yakni perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pihak swasta.
Berdasarkan uraian di atas, anda harus mendapatkan citra awal ihwal Perguruan Tinggi jenis apa, bentuk apa, serta jadwal apa yang akan anda pilih nanti ketika anda melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Dengan demikian, secara terang anda sanggup menyatakan : “setelah lulus dari sekolah (SMA / MA / Sekolah Menengah kejuruan / sederajat), saya akan kuliah di kampus (PTN / PTS) dengan jadwal (Diploma / Sarjana / atau lainnya). Silahkan anda menuliskan keinginan anda tersebut pada sebuah kertas dan simpan baik-baik. Semoga dengan ini anda sanggup termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi pilihan anda.

Selanjutnya anda perlu mengetahui jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh Perguruan Tinggi dalam rangka mendapatkan calon mahasiswa baru. Membahas hal ini, maka admin membedakannya untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Seperti telah dijelaskan di atas, bahwa bentuk Perguruan Tinggi dibedakan menjadi Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi, Akademi, dan Akademi Komunitas. Dari beberapa yang telah disebutkan, admin tidak akan membahas keseluruhan. Pada kesempatan ini yang akan dibahas yakni sebagai berikut :

1. Pendaftaran Mahasiswa Baru Masuk Universitas

Universitas sanggup dibedakan menjadi Universitas Negeri dan Universitas Islam Negeri (UIN). 

a. Universitas Negeri

Bagi anda yang telah lulus Sekolah Menengan Atas / MA / Sekolah Menengah kejuruan / Sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas Negeri, maka ada sanggup mengikuti jalur seleksi yang dibuka, yaitu melalui jalur nasional atau jalur berdikari Universitas. Jalur nasional sendiri terbagi lagi menjadi jalur SNMPTN dan SBMPTN. Berikut penjelasannya.
Informasi komplemen : jalur SNMPTN dan SBMPTN bukan hanya merupakan jalur masuk ke Universitas Negeri, tetapi jalur masuk ke Institut Negeri juga, contohnya masuk ITB, ITS, IPB, ITERA, dan ITK.


* Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yakni seleksi jalur undangan penerimaan mahasiswa gres untuk masuk ke Universitas Negeri dan beberapa Institut Negeri di Indonesia.

Seleksi SNMPTN didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapor mulai dari kelas X semester 1 hingga kelas XII semester 1, serta evaluasi prestasi lainnya yang relevan.

Perlu diketahui bahwa hanya siswa-siswa yang secara konsisten memperlihatkan prestasinya di setiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN ini.

Jalur SNMPTN ini diperuntukkan bagi siswa lulusan tahun ini. Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui website resminya yaitu www.snmptn.ac.id

Informasi selengkapnya mengenai Pendaftaran SNMPTN sanggup anda baca dengan membuka artikel berikut:

* Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yakni jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa gres yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan ujian komplemen berupa ujian keterampilan khusus untuk calon mahasiswa yang menentukan jadwal studi Keolahragaan atau Seni.

Siswa-siswa yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi SNMPTN, maka bisa mengkuti seleksi SBMPTN. Jalur SBMPTN ini diperuntukkan bagi siswa lulusan sekolah yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Pendaftaran SBMPTN juga dilakukan secara online, website resmi pendaftarannya yaitu www.sbmptn.ac.id. Informasi lengkap mengenai Pendaftaran SBMPTN sanggup anda baca pada artikel berikut. Silahkan klik.

* Pendaftaran SPMB

SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru merupakan jalur seleksi tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa gres yang ingin masuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta.

Seleksi SPMB dibedakan menjadi UMB-PT, UMB-PTS, dan TPBI. Disini hanya akan dibahas UMB-PT yang merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Seleksi jalur UMB-PT dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat : www.spmb.or.id. Untuk isu lebih lanjut, silahkan kunjungi artikel berikut :

Info Penting!!!
Pada tahun kemudian jalur SPMB ini tidak dibuka. Untuk tahun ini, silahkan tanyakan informasinya di kampus anda.

* Pendaftaran Jalur Mandiri

Jalur berdikari Universitas merupakan jalur berdikari yang dibuka secara lokal oleh Universitas penyelenggara dalam rangka penerimaan calon mahasiswa baru. Jalur berdikari ini sanggup disebut sebagai jalur alternatif sebab calon mahasisa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN tetapi pada dikala pengumuman dinyatakan tidak lulus, maka sanggup mengikuti seleksi jalur Mandiri.

Pendaftaran jalur berdikari dilakukan secara eksklusif melalui website resmi masing-masing Universitas. Pembahasan lebih lanjut mengenai registrasi jalur berdikari Universitas sanggup anda baca pada artikel : Pendaftaran Jalur Mandiri PTN

b. Universitas Islam Negeri (UIN)

Bagi anda lulusan dari sekolah Sekolah Menengan Atas / MA / Sekolah Menengah kejuruan / sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas Islam Negeri (UIN), maka ada bisa mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan jalur berdikari Universitas Islam Negeri (UIN).
Informasi komplemen : jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN bukan hanya jalur seleksi masuk UIN, tetapi jalur masuk IAIN, dan STAIN juga. 

* Pendaftaran SPAN PTKIN

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur seleksi permintaan penerimaan calon mahasiswa gres masuk ke UIN, IAIN, dan STAIN.

Seleksi SPAN-PTKIN dilakukan tanpa melalui ujian tertulis tetapi didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang relevan. Siswa-siswi yang secara konsisten yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SPAN-PTKIN.

Pendaftaran SPAN-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id. Informasi lebih terperinci sanggup anda baca pada artikel berikut. Silahkan klik.

* Pendaftaran UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yakni jalur seleksi penerimaan mahasiswa gres masuk ke UIN, IAIN, dan STAIN yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Bagi anda yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN, maka bisa mengikuti seleksi jalur UM-PTKIN. Atau anda yang telah mengikuti seleksi SPAN-PTKIN tetapi dinyatakan tidak lulus seleksi, maka bisa mengikuti seleksi UM-PTKIN.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat resminya yaitu www.um-ptkin.ac.id. Informasi lebih lanjut mengenai Pendaftaran UM-PTKIN telah admin rangkum pada artikel diberikut ini.

2. Pendaftaran Mahasiswa Baru Masuk Politeknik Negeri
Bagi anda yang telah lulus dari Sekolah Tingkat Atas (SMA / MA / Sekolah Menengah kejuruan / sederajat) yang ingin melanjutkan pendidikan ke Program vokasi atau keahlian, silahkan kuliah di Politeknik. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa Politeknik merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam aneka macam rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi.
Beberapa jalur masuk ke Politeknik Negeri yang sanggup anda ikuti diantaranya jalur PMDK-PN, UMPN, jalur kerjasama, dan jalur berdikari Politeknik Negeri. Berikut klarifikasi dari masing-masing jalur tersebut.
* Pendaftaran PMDK-PN
PMDK-PN atau Penelusuran Minat Dan Kemampuan Politeknik Negeri yakni seleksi jalur permintaan penerimaan calon mahasiswa gres untuk masuk ke Politeknik Negeri.
Seleksi jalur PMDK-PN ini didasarkan pada prestasi siswa menyerupai pada jalur SNMPTN atau SPAN-PTKIN. Hanya siswa-siswa yang secara konsisten memperlihatkan prestasinya yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur PMDK-PN ini.
Pendaftaran PMDK-PN dilakukan secara online melalui alamat www.pmdk.politeknik.or.id . Informasi selengkapnya mengenai registrasi PMDK-PN telah admin rangkum pada artikel tersendiri. silahkan kunjugi artikel tersebut dengan mengklik judulnya berikut ini.

* Pendaftaran UMPN

UMPN atau Ujian Masuk Politeknik Negeri merupakan jalur seleksi ujian tertulis yang diselenggarakan secara bersamaan oleh seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia. Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti jalur PMDK-PN tetapi tidak lulus, maka bisa mendaftarkan diri mengikuti jalur UMPN. Atau bagi anda yang belum mengikuti jalur seleksi sebelumnya, maka sanggup mengikuti seleksi jalur UMPN.
* Pendaftaran Jalur Kerjasama
Politeknik Negeri juga membuka jalur kerjasama dengan Perusahaan pemerintah atau swasta dalam menyeleksi calon mahasiswa baru. Jalur kerjasama yang dibuka oleh Politeknik Negeri contohnya yaitu jalur kerjasama PT. PLN dan jalur kerjasama PT. GMF AeroAsia. Informasi registrasi sanggup dilihat di website resmi Politeknik tujuan anda.

* Pendaftaran Jalur Mandiri Politeknik Negeri

Jalur seleksi berdikari Politeknik Negeri merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa gres yang diselengarakan secara mendiri oleh Politeknik Negeri. Salah satu tujuan diselenggarakannya jalur berdikari ini yakni untuk menawarkan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin kuliah di Politeknik Negeri impiannya. Informasi lebih lanjut mengenai jalur berdikari Politeknik sanggup anda baca pada Pendaftaran Jalur Mandiri Politeknik Negeri.

3. Pendaftaran Masuk Sekolah Tinggi

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa Sekolah Tinggi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan sanggup menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu.

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke Sekolah Tinggi, maka anda sanggup melaksanakan registrasi melalui jalur yang dibukanya. Silahkan anda buka website masing-masing Sekolah Tinggi tujuan anda.

Ada Sekolah Tinggi favorit yang banyak diimpikan oleh pada peserta semoga dirinya bisa masuk ke Sekolah Tinggi tersebut, yaitu Sekolah Tinggi Kedinasan, yang ikatan dinas ataupun bukan ikatan dinas. Sekolah Tinggi Kedinasan tersebut diantaranya yaitu PKN STAN, POLTEK STIS, STMKG, STSN, STEM Akamigas, STIP, STT-PLN, IPDN, STTD, STPN, STIA-LAN, STIN, dan masih banyak lagi yang lainnya. Silahkan klik disini.

Untuk masuk ke Sekolah Tinggi Ikatan Dinas tentunya tidak mudah. Banyak sekali yang akan menjadi pesaing anda. Namun anda harus mempunyai jiwa optimis untuk sanggup diterima di Sekolah Tinggi Ikatan Dinas pilihan anda, tentunya sesudah anda mempersiapkan diri sebaik mungkin.

4. Pendaftaran Masuk Akademi

Akademi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu.

Ada beberapa Akademi yang menjadi pilihan banyak orang diantaranya yakni Akademi Kepolisian (AKPOL), Akademi Militer (AKMIL), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Pariwisata Medan (Akpar Medan), serta Akademi-akademi lainnya. Untuk mendaftar, silahkan anda jalan masuk eksklusif website resmi masing-masing Akademi yang anda tuju.

Baca Juga : Pendaftaran Sipenmaru Poltekkes Kemenkes 

Bagi anda yang tidak bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang masuk melalui jalur-jalur yang dibuka oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri, maka anda bisa kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) populer di Indonesia.
Untuk bisa kuliah di Perguruan Tinggi Swasta, maka anda bisa mendaftarkan diri mengikuti jalur seleksi yang dibukanya. Jalur masuk ke Perguruan Tinggi Swasta antara lain terdiri dari jalur PMDK, UMB-PTS, Jalur Prestasi, Jalur Kerjasama dan Jalur Mandiri.
1. Pendaftaran Jalur PMDK PTS
PMDK atau Penelusuran Minat Dan Kemampuan merupakan salah satu jalur masuk ke Perguruan Tinggi Swasta. Jalur PMDK ini diperuntukkan bagi calon peserta yang memliki prestasi akademik atau prestasi olahraga. Untuk lebih jelasnya sanggup dilihat di website masing-masing PTS.
2. Pendaftaran Jalur UMB-PTS

UMB-PTS atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Swasta yakni jalur seleksi yang diikuti oleh beberapa perguruan Tinggi Swasta dalam rangka melaksanakan penerimaan mahasiswa baru. Pendaftaran UMB-PTS dilakukan secara online melalui alamat www.spmb.or.id
Baca selengkapnya di bawah ini :
Info Penting!!!
Pada tahun kemudian jalur UMB-PTS ini tidak dibuka, untuk tahun ini, silahkan tanyakan informasinya di kampus anda.

3. Pendaftaran Jalur Mandiri PTS
Perguruan Tinggi Swasta juga membuka jalur berdikari sebagai salah satu jalur penerimaan calon mahasiswa baru. Biasanya Perguruan Tinggi Swasta membuka jalur berdikari dalam beberapa gelombang. Tujuannya yakni untuk memberi kesempatan kepada calon mahasiswa yang tidak lulus gelombang sebelumnya untuk mengikuti gelombang yang masih dibuka. Untuk lebih jelas, silahkan kunjungi website masing-masing PTS.
Berikut ini admin berikan daftar beberapa Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Indonesia :
Berdasarkan klarifikasi yang telah admin uraikan dari awal hingga akhir, mudah-mudahan bisa menawarkan citra bagi anda untuk menentukan daerah kuliah yang sempurna tentunya yang mempunyai kegunaan untuk masa depan anda. Tentukanlah kesuksesan anda dari sekarang.

Rekomendasi Bacaan:

Demikianlah isu yang sanggup admin sampaikan pada kesempatan ini ihwal Pendaftaran Mahasiswa Baru. Semoga isu tersebut sanggup menawarkan pencerahan dan bermanfaat bagi anda.  Silahkan bagikan isu ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+1 yang telah tersedia.
Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi Pendaftaran Mahasiswa Baru dan nantinya bisa diterima menjadi Perguruan Tinggi pilihan anda. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin.