Pendaftaran Legalisasi Paud Dan Pnf Ditutup Sementara

Pendaftaran tawaran akreditasi bagi forum Pendidikan Usia Dini dan Pendidikan Nonformal ditutup sementara. Demikian isi surat pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF), 23 Januari 2019 silam.

Penutupan layanan registrasi bagi calon PAUD (RA, BA, KB, TK, dan sejenisnya) dan forum pendidikan nonformal lainnya ini berlaku mulai tanggal 10 Januari 2019. Diperkirakan sistem registrasi tawaran pengakuan akan kembali dibuka pada awal Maret 2019. Penutupan ini dilakukan alasannya yaitu sedang dilakukan penyempurnaan instrumen pengakuan dalam Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena) milik BAN PAUD dan PNF.

 bagi forum Pendidikan Usia Dini dan Pendidikan Nonformal ditutup sementara Pendaftaran Akreditasi PAUD dan PNF Ditutup Sementara

BAN PAUD PNF atau Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak usia Dini dan Pendidikan Nonformal yaitu forum independen yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pelaksana pengakuan untuk lembaga pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal. Pembentukan forum independen pelaksana pengakuan ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 13 Tahun 2018 perihal Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal.

Dimana berdasar Permendikbud Nomor 13 Tahun 2018 tersebut, pelaksana pengakuan bentukan Kemendikbud terdiri atas dua macam yakni BAN S/M yang melakukan pengakuan bagi satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah jalur formal dan BAN PAUD PNF untuk satuan pendidikan PAUD dan Pendidikan Nonformal.

Mulai 2018, BAN PAUD PNF gencar berusaha untuk meningkatkan pelaksanaan pengakuan terhadap satuan pendidikan di jenjang PAUD dan PNF. Termasuk dikala menjelang tahun 2019 semakin gencar sosialisasi dilaksanakan untuk meningkatkan jumlah PAUD yang terakreditasi. Apalagi mulai tahun itu juga, layaknya satuan pendidikan dasar dan menengah, BAN PAUD PNF juga melakukan pengakuan dengan memakai Sispena secara online.

Dan pada awal 2019, BAN PAUD PNF, sepertinya harus menutup sistem untuk sementara waktu alasannya yaitu adanya proses penyempurnaan instrumen akreditasi.

Baca juga:

Bunyi surat pemberitahuan BAN PAUD PNF  terkait penutupan registrasi pengakuan tersebut yaitu sebagai berikut:

Sehubungan dengan adanya proses penyempurnaan instrumen pengakuan dalam Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena) BAN PAUD dan PNF, maka untuk sementara waktu sistem registrasi tawaran pengakuan ditutup pada tanggal 10 Januari 2019, pukul 22.00 WIB. Adapun sistem registrasi tersebut diperkirakan akan dibuka kembali pada awal Maret 2019. Seluruh sosialisasi pengakuan yang dilakukan oleh BAN PAUD dan PNF Provinsi yang melibatkan asesor mohon dilarang sementara hingga ada kebijakan gres terkait instrumen akreditasi.

Untuk lebih lengkap dan jelasnya, silakan unduh Surat Pemberitahun BAN PAUD PNF terkait penutupan sementara registrasi pengakuan PAUD dan PNF pada LINK BERIKUT INI.

Loading...
loading...
close