Pendaftaran Jalur Usul Ptn, Ptkin, Poltek 2019/2020

Jalur Undangan PTN, PTKIN, POLTEK 2019 — PMB Jalur Undangan PTN, PTKIN, POLTEK, Pendaftaran Online Jalur Undangan Masuk PTN, PTKIN, POLTEK, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Undangan PTN, PTKIN, POLTEK, Pendaftaran Jalur Khusus Siswa Berprestasi, Cara Mengikuti Seleksi Jalur Undangan PTN, Pendaftaran Jalur Tanpa Tes Tertulis, Jalur SNMPTN, Jalur SPAN-PTKIN, Jalur PMDK-PN, 2021. 2022.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan menawarkan gosip mengenai Pendaftaran Jalur Undangan PTN, PTKIN, POLTEK 2019/2020. Kali ini akan menawarkan gosip yang menggembirakan untuk anda, khususnya para siswa yang berprestasi yaitu Informasi Pendaftaran Jalur Undangan Masuk PTN. Untuk mengetahui gosip selengkapnya, mari ikuti pembahasannya berikut ini.
Sebagian besar siswa yang duduk di kelas XII mempunyai cita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Mereka berharap bisa masuk dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang selama ini diimpikan.
Untuk bisa masuk dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), tentunya harus melalui proses seleksi terlebih dahulu. Sebelum mengikuti seleksi, anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu mengikuti jalur seleksi yang dibuka oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
Jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terdiri dari jalur seleksi nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional terbagi 2 yaitu jalur permintaan dan jalur ujian tertulis. Jalur undangan PTN terdiri dari jalur SNMPTN, jalur SPAN-PTKIN, dan jalur PMDK-PN. Sedangkan jalur nasional ujian tertulis terdiri dari jalur SBMPTN, jalur UM-PTKIN, dan jalur UMPN. Pada kesempatan ini, kita akan membahas penerimaan mahasiswa gres melalui jalur permintaan PTN.
Jalur permintaan Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur yang diperuntukkan bagi siswa-siswi terbaik di Sekolah untuk mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri tanpa ujian tertulis. Seleksinya didasarkan pada prestasi yang dimiliki siswa. Hanya siswa yang secara konsisten memperlihatkan prestasinya tersebut yang akan mendapat kesempatan mengikuti seleksi jalur permintaan PTN.
Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, bahwa jalur permintaan Perguruan Tinggi Negeri ini merupakan jalur yang paling banyak pesertanya. Hal tersebut terlihat dari peserta tahun sebelumnya yang mencapai ratusan ribu. Mereka semua yakni siswa-siswi terbaik dari sekolah masing-masing. Mereka siap diseleksi oleh panitia seleksi jalur permintaan PTN.
Beberapa kelebihan yang didapatkan melalui jalur permintaan Perguruan Tinggi Negeri yaitu siswa tidak perlu mengikuti seleksi ujian tertulis, sebab seleksinya didasarkan pada nilai rapor siswa dan prestasi lain yang mendukung. Selain itu, peserta jalur permintaan Perguruan Tinggi Negeri tidak perlu mengeluarkan biaya seleksi, sebab biaya seleksi telah ditanggung oleh panitia penyelenggara.
Agar lebih memahami mengenai jalur Undangan PTN, pribadi saja kita akan membahas masing-masing Jalur Undangan Perguruan Tinggi Negeri yang telah disebutkan di atas, simak gosip selengkapnya dengan baik berikut ini.

1. Pendaftaran Jalur Undangan Perguruan Tinggi Negeri : SNMPTN
SNMPTN atau yang mempunyai kepanjangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yakni jalur permintaan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia yang seleksinya didasarkan pada nilai rapor siswa dan prestasi lain yang mendukung. Nilai rapor siswa yang dijadikan dasar seleksi yakni nilai rapor siswa mulai dari kelas X hingga dengan nilai rapor siswa kelas XII semester 1. Makara seleksi nilai rapor selama 5 semester. 
Jika anda berminat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri ibarat UNSRI, UGM, UPI, ITB, UI, IPB, UNY, USU, UNESA, atau Perguruan Tinggi Negeri lainnya, silahkan mengikuti seleksi jalur SNMPTN. 
Untuk bisa melaksanakan pendaftaran, maka anda harus membuka website resmi SNMPTN, yaitu www.snmptn.ac.id. Melalui alamat website tersebut, registrasi SNMPTN dilakukan oleh kepala sekolah sebagai pemberi rekomendasi, dan siswa sebagai peserta SNMPTN. Untuk siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, silahkan mengikut seleksi Bidikmisi SNMPTN.

Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Sekolah
  • SMA / Sekolah Menengah kejuruan / MA / MAK Negeri ataupun Swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.
Persyaratan Pendaftaran SNMPTN untuk Siswa
  • Siswa yang akan lulus dari satuan pendidikan yang diikutinya pada tahun ini.
  • Siswa mempunyai NISN dan terdaftar pada PDSS
  • Siswa mempunyai nilai rapor semester 1 hingga semester 5 (untuk siswa SMA/MA, SMK/MAK Tiga Tahun) atau nilai rapor semester 1 hingga semester 7 (untuk SMK/MAK Empat Tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
Keterangan lain lebih lengkap mengenai SNMPTN ibarat tata cara registrasi SNMPTN, Bidikmisi SNMPTN, kriteria penerimaan SNMPTN, dan lain-lainnya bisa dibaca pada artikel kami yang berjudul : 
Loading...
2. Pendaftaran Jalur Undangan PTKIN : SPAN-PTKIN
SPAN-PTKIN atau yang mempunyai kepanjangan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yakni jalur permintaan masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri se-Indonesia ibarat Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).
Seleksi jalur SPAN-PTKIN ini juga sama ibarat pada jalur SNMPTN, yaitu didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lain yang relevan.
Bagi anda yang mempunyai cita-cita untuk kuliah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperi UIN Malang, UIN Jakarta, UIN Raden Fatah, UIN Sunan Kali Jaga, UIN Sunan Gunung Jati, UIN Sultan Syarif Khasim, atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri lainnya, silahkan mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN. 
Pendaftaran SPAN-PTKIN ini dilakukan secara online melalui alamat website www.span-ptkin.ac.id. Kepala sekolah sekolah yang akan menawarkan rekomendasi kepada siswa harus mengakses alamat website tersebut. Begitu juga dengan siswa yang akan melaksanakan pendaftaran, harus mengakses alamat website tersebut.
Persyaratan Pendaftaran SPAN-PTKIN untuk Sekolah
  • Sekolah menawarkan rekomendasi untuk siswa.
  • Sekolah atau Madrasah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN yakni sekolah atau madrasah yang secara sah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah
Persyaratan Pendaftaran SPAN-PTKIN untuk Siswa
  • Siswa Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA / MAK / Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada tahun ini
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  • Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
Informasi lain yang berkaitan dengan SPAN-PTKIN ibarat tata cara registrasi SPAN-PTKIN, kriteria penerimaan SPAN-PTKIN, jadwal dan lainnya bisa anda baca pada artikel kami yang berjudul :
3. Pendaftaran Jalur Undangan Politeknik Negeri : PMDK-PN
PMDK-PN atau yang mempunyai kepanjangan Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri yakni jalur permintaan masuk ke Politeknik Negeri se-Indonesia yang seleksinya juga didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapor siswa dari kelas X hingga kelas XII semester 1 dan ditambah juga dengan prestasi lainnya yang sesuai.
Anda yang ingin menempuh pendidikan vokasi melalui Politeknik Negeri, silahkan mengikuti seleksi jalur permintaan PMDK-PN. Anda bisa menentukan banyak sekali Politeknik Negeri se-Indonesia, contohnya POLSRI, POLMED, POLINEMA, POLIJE, PPNS, PENS, PNJ, atau Politeknik Negeri lainnya. 
Pendaftaran PMDK-PN dilakukan secara online oleh pihak sekolah ataupun siswa calon peserta PMDK-PN melalui website resmi PMDK-PN yaitu pmdk.politeknik.or.id. Kepala sekolah dan siswa yang akan mendaftar diharuskan membuka webiste tersebut. Untuk siswa yang berasal dari keluarga kurang bisa secara ekonomi, silahkan mengikut seleksi kegiatan Bidikmisi PMDK-PN.
Persyaratan Pendaftaran PMDK-PN untuk Sekolah
  • SMA / Sekolah Menengah kejuruan / MA / MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI yang ada di luar negeri.
  • Terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) tahun ini
Persyaratan Pendaftaran PMDK-PN untuk Siswa
  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun ini
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah
  • Memiliki prestasi akademik di sekolah pada setiap semester
Informasi selengkapnya mengenai tata cara registrasi PMDK-PN, Bidikmisi PMDK-PN, kriteria penerimaan PMDK-PN, jadwal, serta keterangan-keterangan lain yang berkaitan dengan PMDK-N silahkan anda baca pada artikel kami yang berjudul :
Demikianlah serangkaian gosip yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Jalur Undangan PTN, PTKIN, POLTEK. Semoga gosip tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur undangan.

Admin turut mendoakan supaya anda lulus seleksi. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang anda berikan untuk membaca artikel ini, sekian dari admin dan salam sukses. Ayo berikan G+1 untuk artikel ini dan sukai juga halaman web kami.

Loading...
loading...
close