Pendaftaran Itb 2019/2020 (Institut Teknologi Bandung)

usm.itb.ac.id 2019 — USM ITB, PMB ITB, Pendaftaran ITB Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB, Pendaftaran Online ITB, Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, Seleksi Mahasiswa Baru ITB, Info Pendaftaran ITB, Cara Pendaftaran ITB, Panduan Pendaftaran ITB, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri USM, PPs ITB, Bidikmisi ITB, Institut Teknologi Bandung, ITB. 2021. 2022.
Informasi yang akan dibahas pada kesempatan kali ini berjudul Pendaftaran ITB 2019/2020 (Institut Teknologi Bandung). Informasi ini ditujuan utamanya bagi anda yang ingin masuk ke ITB. Informasi selengkapnya sanggup anda ikuti berikut ini.

 Informasi yang akan dibahas pada kesempatan kali ini berjudul  Pendaftaran ITB 2019/2020 (Institut Teknologi Bandung)
Sekilas Informasi Tentang Institut Teknologi Bandung (ITB)
Siapa yang tidak kenal ITB ?, Secara umum  orang kenal dengan kampus ITB. Kampus yang satu ini sangat populer di Indonesia, bahkan hingga ke manca negara.
Institut Teknologi Bandung atau dikenal dengan sebutan ITB ialah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Bandung, tepatnya berada di Jl. Ganesha No. 10 Bandung, Jawa Barat 40132, Indonesia, dan juga ada yang beralamat di Jl. Winaya Mukti no. 1, Jatinangor.
Institut Teknologi Bandung (ITB) telah resmi didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Moto dari Institut Teknologi Bandung (ITB) ialah Kemajuan dalam keselarasan.
Keunggulan-keunggulan yang dimiliki Institut Teknologi Bandung (ITB) menciptakan kampus ini sangat diminati oleh para calon mahasiswa baru, utamanya mereka yang ingin jago dibidang teknologi.
Program-program pendidikan yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) diselenggarakan untuk jadwal pendidikan jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.
Pada ketika ini, jadwal pendidikan pada dari ketiga jenjang tersebut tersebar pada beberapa fakultas/sekolah dan jadwal studi yang ada di Institut Teknologi Bandung (ITB).
Fakultas/Sekolah dan Program Studi yang ada di Institut Teknologi Bandung (ITB), yaitu :
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari Matematika (MA) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Fisika (FI) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Kimia (KI) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Astronomi (AS) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Aktuaria (S2), Sains Komputasi (S2).
  • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) terdiri dari Teknik Geologi (GL) (S1, S2, dan S3), Teknik Geodesi dan Geomatika (GD) – (S1, S2, dan S3), Meteorologi (ME) (S1), Oseanografi (OS) (S1), Teknik Air Tanah (S2), Sains Kebumian (S2 dan S3).
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) terdiri dari Teknik Pertambangan (TA) (S1, S2, dan S3), Teknik Perminyakan (TM) (S1, S2, dan S3), Teknik Geofisika (TG) (S1, S2, dan S3), Teknik Metalurgi (MG) (S1, S2, dan S3), Teknik Geothermal (S2).
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI) terdiri dari Teknik Kimia (TK) (S1, S2, dan S3), Teknik Fisika (TF) (S1, S2, S2 Instrumentasi dan Kontrol, dan S3), Teknik Industri (TI) (S1, S2, dan S3), Manajemen Rekayasa Industri (MRI) (S1).
  • Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) terdiri dari Teknik Mesin (MS) (S1, S2, dan S3), Aeronotika dan Astronotika (AE) (S1, S2, dan S3), Teknik Material (MT) (S1, S2, dan S3).
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) terdiri dari Seni Rupa (SR) (S1), Kriya (KR) (S1), Desain Komunikasi Visual (DKV) (S1), Desain Interior (DI) (S1), Desain Produk (DP) (S1), Program Magister Seni Rupa (S2), Program Magister Desain (S2), Program Doktor Ilmu Seni Rupa dan Desain (S3).
  • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) terdiri dari Teknik Sipil (SI) (S1, S2, dan S3), Teknik Lingkungan (TL) (S1, S2, dan S3), Teknik Kelautan (KL) (S1, S2, dan S3).
  • Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) terdiri dari Teknik Elektro (EL) (S1, S2, dan S3), Informatika (IF) (S1, S2, dan S3), Teknik Tenaga Listrik (EP) (S1, S2, dan S3), Teknik Telekomunikasi (ET) (S1, S2, dan S3)3, Sistem dan Teknologi Informasi (II) (S1, S2, dan S3).
  • Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) terdiri dari Arsitektur (AR) (S1, S2, dan S3), Perencanaan Wilayah dan Kota (PL) (S1, S2, dan S3), Program Magister Studi Pembangunan (S2), Program Magister & Doktor Transportasi (S2, dan S3), Program Magister Studi Pertahanan (S2), Program Magister Rancang Kota (S2), Program Magister Perencanaan Kepariwisataan (S2).
  • Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) terdiri dari Manajemen (MB) (S1), Program Magister Sains Manajemen (S2), Program Magister Administrasi Bisnis (S2), Program Doktor Sains Manajemen (S3).
  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) terdiri dari Biologi (BI) (S1, S2, dan S3), Mikrobiologi (BM) (S1), Rekayasa Hayati (BE) (S1), Rekayasa Pertanian (S1), Rekayasa Kehutanan (S1), Biomanajemen (S2), Bioteknologi (S2).
  • Sekolah Farmasi (SF) terdiri dari Sains dan Teknologi Farmasi (FA) (S1), Farmasi Klinis dan Komunitas (FK) (S1), Program Studi Profesi Apoteker, Program Pasca Sarjana Farmasi (S2 dan S3)
Melihat banyaknya jadwal studi yang ada di ITB tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Oleh sebab itu, silahkan anda daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa gres ITB.
Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa gres ITB, maka anda harus mengetahui jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh ITB dalam rangka penerimaan mahasiswa baru.
Jalur-jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Teknologi Bandung (ITB)
Pada tahun ini, ITB kembali menyelenggarakan penerimaan mahasiswa gres yang menjadi aktivitas rutin setiap tahun fatwa baru.
Penerimaan mahasiswa gres di ITB dilaksanakan melalui jalur nasional dan jalur berdikari ITB.
Penerimaan mahasiswa gres melalui jalur nasional diperuntukkan bagi calon mahasiswa jenjang Sarjana di semua Fakultas dan Sekolah di ITB yang dilaksanakan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Pada pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN, ITB mempunyai persyaratan pelengkap bagi para pesertanya yang sanggup anda lihat di website USM ITB.
Sedangkan penerimaan mahasiswa gres melalui jalur berdikari dilaksanakan untuk mendapatkan mahasiswa jenjang Diploma, Magister, dan Doktor, serta penerimaan mahasiswa non reguler menyerupai mahasiswa transfer dan kelas internasional.
Agar lebih memahami mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa gres ITB, maka akan diberikan pembahasan mengenai masing-masing jalur tersebut. Simak selengkapnya berikut ini.
A. Pendafaran SNMPTN ITB
SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi nasional yang merupakan jalur permintaan masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi selama di Sekolah.
Seleksi SNMPTN dilakukan tanpa ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi-prestasi siswa selama di Sekolah yang utamanya dilihat dari nilai rapor mulai dari kelas X hingga kelas XII semester 1, serta seleksi nilai UN, portofolio dan presatasi relevan lainnya.

Pendaftaran SNMPT dilakukan melalui 2 tahapan : pertama, pengisian data oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh calon peserta di alamat pdss.snmptn.ac.id dan tahap kedua yaitu registrasi SNMPTN secaa berdikari oleh calon peserta di alamat www.snmptn.ac.id
Informasi lengkap menyerupai tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan Perguruan Tinggi Negeri dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia, dan ketentuan lainnya sanggup anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan.
Bagi peserta SNMPTN yang merupakan peserta dari keluarga kurang mampu, maka sanggup diusulkan  oleh sekolah untuk mendapatkan pertolongan biaya pendidikan yang disebut Bidikmisi. Bidikmisi yang diikuti ialah Bidikmisi jalur SNMPTN.
B. Pendafaran SBMPTN ITB
SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ialah jalur seleksi penerimaan mahasiswa gres yang seleksinya dilakukan melalui ujian soal (CBT/PBT) yang diikuti oleh semua peserta dan ujian pelengkap berupa ujian keterampilan yang hanya diikuti oleh peserta yang menentukan Progam Studi Kelahragaan atau Seni.

Pendaftaran SBMPTN sanggup dilakukan secara online melalui alamat website resminya di www.sbmptn.ac.id. Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan Perguruan Tinggi Negeri dan Program Studi, daftar Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia, serta ketentuan lainnya sanggup ada baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN Online atau Pendaftaran SBMPTN
Untuk calon mahasiswa yang merupakan calon peserta SBMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu, maka sanggup diusulkan oleh pihak sekolah untuk mendapatkan Bidikmisi. Bidikmisi yang diikuti ialah Bidikmisi jalur SBMPTN.

C. Pendafaran Bidikmisi ITB
Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa Bidikmisi ialah pertolongan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang bisa dilihat dari segi penghasil orang tuanya. Calon mahasiswa yang demikian itu mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi Bidikmisi.
Bidikmisi di ITB disalurkan melalui jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN. Calon peserta terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk mendapatkan arahan kanal registrasi Bidikmisi. Selanjutnya sanggup melaksanakan registrasi Bidikmisi memakai arahan kanal registrasi tersebut ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
Setelah mendaftar Bidikmisi, selanjutnya peserta melaksanakan registrasi dan mengikuti seleksi SNMPTN atau SBMPTN. Setelah lulus seleksi dari salah satu jalur tersebut, maka peluang untuk mendapatkan Bidikmisi semakin terbuka.
Baca Selengkanya : Pendaftaran Bidikmisi
Info tambahan : Bagi yang ingin mengetahui informasi Bidikmisi jalur mandiri, silahkan klik disini.

D. Pendafaran Seleksi Mahasiswa Transfer (SMT) ITB
Selain mendapatkan mahasiswa gres jalur reguler menyerupai jalur di atas, ITB juga mendapatkan mahasiswa transfer dari mita ITB di luar negeri.
Program ini ditawarkan baik bagi mahasiswa dari perguruan tinggi kawan ITB di luar negeri yang ingin mengambil kredit di ITB (Credit Earning Program) maupun bagi mahasiswa dari perguruan tinggi kawan ITB di luar negeri yang hanya ingin mengikuti proses pembelajaran di ITB tanpa melaksanakan pengambilan kredit.
E. Pendafaran Mahasiswa Internasional (PMBLN) ITB
Penerimaan Mahasiswa Baru Luar Negeri (PMBLN) juga merupakan penerimaan mahasiswa jadwal non reguler ITB. Jalur PMBLN ini merupakan jalur seleksi masuk jadwal Sarjana di ITB yang diperuntukkan bagi siswa yang lulus SLTA di luar wilayah Republik Indonesia.
Pendaftaran dilakukan secara online melalui halaman usm.itb.ac.id dengan mengunggah beberapa dokumen pendukung menyerupai yang dijelaskan berikut ini.
Dokumen yang harus diunggah pada laman registrasi online ialah sbb:
  1. Akta kelahiran atau surat keterangan lahir dari Kedutaan Besar RI/Konsulat Jenderal RI yang dilegalisasi oleh instansi yang berwenang.
  2. Ijazah Sekolah Menengan Atas dan Transkrip Nilai SMA. Bila ijazah Sekolah Menengan Atas belum diperoleh, sanggup dipakai surat keterangan lulus sementara yang diterbitkan oleh sekolah asal calon peserta.
  3. Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  4. Pasfoto terbaru ukuran 4 x 6 cm hitam putih dengan berpakaian sopan dan rapih.
  5. Surat Keterangan Tidak Buta Warna orisinil dari dokter seorang jago mata (bagi siswa yang menentukan fakultas/sekolah yang mensyaratkan tidak buta warna). Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter umum/non seorang jago mata, tidak sanggup dipergunakan. Ketentuan tidak buta warna ialah sebagai berikut:
    • SITH (tidak boleh buta warna total maupun buta warna parsial)
    • FITB (tidak boleh buta warna total)
    • FTTM (tidak boleh buta warna total maupun buta warna parsial)
    • SF (tidak boleh buta warna total maupun buta warna parsial)
    • FSRD (tidak boleh buta warna total maupun buta warna parsial)
  6. Untuk Program Studi Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Teknik Geologi, Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, dan Kimia, surat keterangan tidak buta warna total maupun buta warna parsial akan diharapkan pada ketika mahasiswa masuk jadwal studi (pada tahun ke-2).
  7. Bukti transfer pelunasan biaya Pendaftaran PMBLN-ITB. Penting : Nama calon peserta harus dicantumkan pada bukti transfer tersebut
F. Pendafaran Pascasarjana ITB
Selain mendapatkan mahasiswa gres jenjang Diploma dan Sarjana, ITB kembali membuka penerimaan mahasiswa gres jenjang Pascasarjana.
Peserta yang akan mendaftarkan diri harus bisa memenuhi persyaratan umum registrasi dan juga persyaratan khusus yang telah ditentukan oleh ITB.
Informasi selenkapnya mengenai persyaratan, dan ketentuan lainnya sanggup anda baca pada website resmi Pascasarjana ITB di alamat www.sps.itb.ac.id
Penting!!
Untuk informasi lebih lanjut mengenai registrasi mahasiswa gres jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana ITB sanggup dilihat di alamat usm.itb.ac.id
Dari sekian banyak jalur penerimaan mahasiswa gres yang dibuka oleh ITB, maka pilihlah salah satu yang mempunyai peluang paling besar untuk menawarkan kelulusan untuk anda. Pilihlah dengan tepat.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku ialah yang ada di webste resmi ITB.

Bacaj juga :

Demikianlah informasi yang sanggup admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran ITB (Institut Teknologi Bandung). Mudah-mudahan informasi tersebut sanggup menawarkan pencerahan dan bermanfaat untuk anda.
Admin disini turut mendoakan yang terbaik untuk anda yaitu agar anda bisa lulus seleksi masuk ITB melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjung untuk membaca informasi yang ada disini.
Sekian info dari admin dan agar kita bisa menjadi orang yang mempunyai kemampuan IPTEK dan Skill tinggi serta sanggup menggunakannya untuk meraih kesuksesan semuda mungkin. Amin. Mari turut menyebarkan (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan.