Pendaftaran Isi Yogyakarta 2019/2020 (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)

pmb.isi.ac.id 2019 — Pendaftaran ISI Yogyakarta 2019, Admisi / PMB ISI Jogja, Pendaftaran Kuliah  Diploma, Sarjana, Pascasarjana ISI Yogyakarta, PMB ISI Yogyakarta, Pendaftaran Online ISI Yogyakarta, Cara Pendaftaran Online ISI Yogyakarta, Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Jogja. 2021.

Kali ini admin akan menyebarkan informasi perihal Pendaftaran ISI Yogyakarta 2019/2020 (Institut Seni Indonesia Yogyakarta). Informasi ini ditujukan bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan ke ISI Yogyakarta. Langsung saja penjelasannya disimak berikut ini.

 Kali ini admin akan menyebarkan informasi perihal  Pendaftaran ISI Yogyakarta 2019/2020 (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)

Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang dikenal dengan ISI Yogyakarta merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diberi kiprah dan kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang seni pada aktivitas Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.

Lokasi kampus ISI Yogyakarta yaitu di sebelah selatan sentra kota Yogyakarta, tepatnya di jalan Parangtritis Km. 6 Sewon, Bantul. 

ISI Yogyakarta dibuat atas dasar Keputusan Presiden RI No. 39/1984 tanggal 30 Mei 1984 dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Nugroho Notosusanto pada tanggal 23 Juli 1984.

ISI Yogyakarta merupakan penggabungan dari tiga pendidikan tinggi seni yang telah ada sebelumnya, yaitu Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia “ASRI”, Akademi Musik Indonesia “AMI”, dan Akademi Seni Tari Indonesia “ASTI”.

Visi : Institut Seni Indonesia Yogyakarta menjadi penggagas perguruan tinggi seni nasional yang unggul, kreatif, dan inovatif berdasar Pancasila.

Kuliah di kampus ISI Yogyakarta sebagai perguruan tinggi seni ini sangat cocok untuk kalian yang mempunyai jiwa seni, baik seni rupa, seni pertunjukan, ataupun seni media rekam.

Pengalaman mencar ilmu yang sesuai dengan jiwa kalian akan menciptakan semangat mencar ilmu terus stabil, ilmu-ilmu yang dibutuhkan pun bisa didapatkan disini, serta kemudahan yang lengkap. Dengan demikian, maka impian untuk menjadi seniman bisa terwujudkan kelak.

Adapun fasiltas-fasilitas yang ada di ISI Yogyakarta diantaranya yaitu :

  • Ruang sidang atau seminar dan ruang dosen.
  • peralatan-peralatan pendidikan yang sesuai dengan tiap-tiap jurusannya.
  • Ruang kuliah teori, ruang kuliah audio visual, ruang studio fotografi, ruang gelap / kamar gelap, studio komputer, studio editing.
  • Perpustakaan dan Galeri
  • Masjid Al-Muhtar
  • Fasilitas Olah Raga menyerupai lapangan sepak bola, bola basket, bola voli, bulu tangkis, tenis meja
  • dan lain-lain

Sedangkan Fakultas dan Program Studi yang ada di ISI Yogyakarta, yaitu sebagai berikut :

1. Fakultas Seni Rupa terdiri dari aktivitas studi : 

  • Seni Murni, D-3 Batik dan Fashion, Disain Interior, D-3 Batik dan Fashion, Disain Interior, Disain Komunikasi Visual, Desain Produk, Tatakelola Seni
2. Fakultas Pertunjukan terdiri dari aktivitas studi : 

  • Tari, Karawitan, Penciptaan Musik, Teater, Etnomusikologi, Pedalangan, Sendratasik
3. Fakultas Seni Media Rekam terdiri dari aktivitas studi :

  • Televisi dan Film, Fotografi, dan D3 Animasi
4. Program Pascasarjana terdiri dari aktivitas studi :

  • Magister Penciptaan & Pengkajian Seni, Magister Tata Kelola Seni, Doktor Penciptaan & Pengkajian Seni

Dilihat dari banyaknya pilihan aktivitas studi yang ada di ISI Yogyakarta, maka gampang untuk menentukan satu pilihan aktivitas studi yang sesuai dengan potensi yang kalian miliki.

Selanjutnya admin berikan informasi mengenai penerimaan mahasiswa gres ISI Yogyakarta. Perlu diinformasikan bahwa ISI Yogyakarta melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa gres melalui jalur seleksi nasional dan jalur seleksi mandiri. Berikut klarifikasi selengkapnya.

I. Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Jalur Nasional

Jalur seleksi nasional dilaksanakan bersamaan dengan perguruan tinggi lain secara nasional. Ada 2 jalur nasional yang dikuti yaitu jalur SNMPTN dan SBMPTN.

A. Jalur SNMPTN

SNMPTN merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang mana seleksinya dilakukan tanpa tes.

ISI Yogyakarta salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam jalur ini. Makara siswa-siswi yang memenuhi kriteria dan persyaratan sanggup mengikuti seleksi jalur SNMPTN untuk masuk ke ISI Yogyakarta.

Informasi lebih lanjut menyerupai biaya, jadwal, persyaratan, ketentuan, kriteria, daftar Perguruan Tinggi Negeri lain, dan lain-lain selengkapnya baca di : Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN Undangan

B. Jalur SBMPTN

ISI Yogyakarta juga tergabung dalam jalur seleksi SBMPTN. Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa pada umumnya yang berasal dari sekolah tingkat SLTA lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua peserta dan ada ujian perhiasan bagi peserta yang menentukan aktivitas studi bidang seni ataupun keolahragaan.

Untuk informasi lengkap menyerupai persyaratan, jadwal, biaya, daftar Perguruan Tinggi Negeri lain, ketentuan pendaftaran, dan keterangan lain yang diharapkan sanggup dibaca pribadi pada artikel : Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran SBMPTN Online.

II. Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Jalur Mandiri

Jalur Mandiri dilaksanakan secara berdikari di kampus ISI Yogyakarta dan dikelola oleh panitia. Ada beberapa jalur seleksi berdikari yang dilaksanakan. Berikut klarifikasi selengkapnya.

A. Jalur-Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

1. Jalur Umum / Reguler

Jalur Umum / Reguler diperuntukkan bagi lulusan Sekolah Menengan Atas / MA / Sekolah Menengah kejuruan / sederajat yang seleksinya dilakukan melalui tes.

2. Jalur Khusus

a. Beasiswa Bidikmisi

Bidikmisi ialah sumbangan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah RI bagi calon mahasiswa tidak bisa secara ekonomi dan mempunyai potensi dan prestasi akademik. Jadwal, syarat, dan ketentuan pendaftaran sanggup dilihat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran Bidikmisi

b. Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)

Program ini dikhususkan untuk Lulusan tahun ini dengan syarat:

  1. 25% ranking tertinggi kelas pada semester III, IV,V yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Sekolah
  2. Memiliki akta prestasi di bidang seni sesuai Program Studi yang dipilih pada tingkat Kabupaten / Propinsi / Nasional (3 tahun terakhir)
Baca Juga  Pendaftaran Online Aau 2019-2020 (Akademi Angkatan Udara)

c. Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD)

Program ini dikhususkan untuk memberi kesempatan bagi utusan kawasan (instansi / organisasi) untuk kepentingan pengembangan potensi di bidang seni kawasan dengan syarat:

  • Memiliki prestasi di bidang seni sesuai dengan Program Studi yang dipilih.
  • Menyertakan rekomendasi dari Pemda Propinsi / Kabupaten / Kotamadya

d. Penelusuran Pendidikan Linier

Program ini diselenggarakan khusus untuk Lulusan Sekolah Menengah kejuruan tahun ini dari rumpun ilmu yang sama dengan Jurusan / Program Studi yang dipilih.

Program Studi yang ditawarkan: Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Musik, Penyajian Musik, Etnomusikologi, Seni Rupa Murni, Kriya Seni, Televisi, Fotografi, dan D3 Animasi.

e. Pendidikan Lanjutan

Program ini diselenggarakan khusus untuk memberi kesempatan bagi Lulusan Program Diploma D3 pada Program Studi sejenis / linier untuk melanjutkan studi di ISI Yogyakarta. Program ini dilaksanakan di geombang II.

Persyaratan :

  1. Mengajukan surat permohonan kepada Rektor dilampiri formulir pendaftaran yang telah tersedia.
  2. Melampirkan fotokopi Ijazah D3 / setara dan atau transkrip nilai yang telah dilegalisasi
  3. Melampirkan fotokopi SK Akreditasi Program Studi asal, yang telah dilegalisasi
  4. Program Studi yang ditawarkan: Kriya Seni, Seni Tari, Seni Karawitan, Fotografi, dan Televisi,

3. Jalur Non Reguler

Seleksi Jalur Non Reguler hanya dilaksanakan pada gelombang II dengan mekanisme yang sama dengan Seleksi Jalur Reguler. Jalur ini merupakan kelas khusus (Pararel) dari kelas reguler yang telah ada.

Program Studi yang dibuka pada jalur non reguler yaitu : Desain Komunikasi Visual, Desain Interior (Fakultas Seni Rupa) dan Televisi serta Fotografi (Fakultas Seni Media Rekam)

Bagi yang ingin mendaftar, maka harus melampirkan Ijasah dan SKHUN terbaru yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah.

4. Jalur Pendidikan di Luar Domisili / Kemitraan

a. Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta

  • Memiliki KTP di wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
b. Kemitraan Rintisan Institut Seni dan Budaya Indonesia Kalimantan Timur.

  • Memiliki KTP di wilayah Propinsi Kalimantan Timur

B. Ketentuan Umum

  1. Bagi lulusan Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA atau sederajat tahun kemudian dan sebelumnya harus mempunyai ijazah dan SKHUN, dan bagi lulusan Paket C mempunyai ijasah dan nilai hasil ujian.
  2. Bagi lulusan Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA atau sederajat tahun ini telah mempunyai Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah.
  3. Mengikuti placement tes dan wawancara sesuai aktivitas studi yang dipilih
Baca Juga  Pendaftaran Online Poliwangi 2019/2020 (Politeknik Negeri Banyuwangi)

C. Ketentuan Khusus

Selain persyaratan-persyaratan di atas, calon peserta diwajibkan pula mempunyai kesehatan sesuai dengan aktivitas studi yang dipilih sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran yaitu:

  1. Fakultas Seni Pertunjukan : Sehat paru-paru dan THT
  2. Semua Program Studi kecuali di Seni Musik, Pendidikan Musik, Penciptaan Musik, Penyajian Musik, Seni Karawitan dan Etnomusikologi : tidak buta warna berdasarkan Dokter spesialis
  3. Semua aktivitas studi di Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Media Rekam : tidak cacat fisik, gagu dan gagap, yang sanggup mengganggu proses studi

D. Prosedur Pendaftaran

  1. Calon peserta membuka alamat web pmb.isi.ac.id
  2. Klik tombol “Booking” kemudian Isi data secara lengkap kemudian cetak / simpan data diri pendaftaran
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui BNI (Teller, ATM, Internet Banking)
  4. Mengisi formulir pendaftaran online di pmb.isi.ac.id dengan klik tombol “Login”
  5. Setelah data pendaftaran lengkap, cetak kartu tes, biodata, dan surat pernyataan
  6. Kirim berkas verifikasi melalui Pos atau tiba langsung
  7. Panitia melakkan verifikasi berkas
  8. Pengumuman lolos verifikasi secara online di website
  9. Jika lolos, ikuti ujian seleksi
  10. Melihat pengumuan hasil seleksi di web PMB ISI
  11. Untuk yang diterima, silahkan melaksanakan pendaftaran sesuai jadwal

E. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran biasanya dibuka dalam 2 gelombang dimuali dari bulan April sampai Juli. Jadwal lengkap sanggup dilihat di website resmi.

F. Lain-lain

Informasi lain yang diharapkan sanggup menghubungi kontak panitia pada no Telp 0274-379133, 373659 , Fax 0274-371233 , E-mail [email protected] , website isi.ac.id

III. Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana

Calon mahasiswa gres aktivitas Pascasajana ISI Yogyakarta yang ingin mendaftarkan diri harus sanggup memenuhi persyaratan akademik dan persyaratan administrasi. Setelah itu, sanggup melaksanakan pendaftaran secara online melalui alamat pmbpasca.isi.ac.id . Prosedur pendaftaran sama dengan mekanisme pada jalur berdikari di atas. Informasi lebih lanjut sanggup dilihat di website resmi.

Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa gres ISI Yogyakarta. Bagi yang berminat, silahkan daftarkan diri dengan mengikuti semua syarat, ketentuan, jadwal, dan lain-lain yang berlaku.

Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka silahkan ikuti yang ada di web resmi

Mari Baca Juga :

Demikian infomasi mengenai Pendaftaran ISI Yogyakarta (Institut Seni Indonesia Yogyakarta). Semoga saja apa yang telah admin bagikan di atas bermanfaat bagi kalian terutama yang ingin kuliah di ISI Yogyakarta. Terima kasih, cukup sekian, dan jangan lupa untuk sering ke blog in ya. Succes!!!.

loading...
close