Pendaftaran Iain Pontianak 2019/2020

iainptk.ac.id 2019 — Pendaftaran IAIN Pontianak, Pendaftaran Online IAIN Pontianak, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Pontianak, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Pontianak, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Seleksi Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Pontianak. 2021. 2022.
Kali ini admin akan menunjukkan info wacana Pendaftaran IAIN Pontianak 2019/2020. Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di IAIN Pontianak. Pembahasan selengkapnya sanggup anda simak berikut ini.

 Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Pontianak Pendaftaran IAIN Pontianak 2019/2020

IAIN Pontianak ialah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia yang terletak di Jl. Letnan Jend. Soeprapto, Benua Melayu Darat, Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

Suatu pujian kalau bisa kuliah di IAIN Pontianak alasannya ialah IAIN Pontianak merupakan Kampus Islam Negeri Pertama di Kalimantan Barat. 

IAIN Pontianak telah mempunyai beberapa fakultas dan kegiatan studi ibarat berikut ini:
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) dengan Jurusan: Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA)
  • Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) dengan Jurusan: Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI), Manajemen Dakwah (MD), Ilmu Quran dan Tafsir (IQT), Perbandingan Agama (PA)
  • Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam dengan Jurusan:, Ekonomi Islam (EI), Muamalah, Perbankan Islam (PI), Akhwalus Syakhsiyah (AS)
  • Pasca Sarjana dengan Jurusan: Magister Pendidikan Agama Islam dengan konsentrasi: Guru Pendidikan Agama Islam, Pengawas Pendidikan Agama Islam

Itulah daftar kegiatan studi yang ada di IAIN Pontianak. Mungkin dari beberapa kegiatan studi yang ada tersebut salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru IAIN Pontianak.
Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru IAIN Pontianak, maka anda perlu mengetahui beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Pontianak yang dibuka pada tahun ini. Berikut informasinya untuk anda.

A. Pendaftaran IAIN Pontianak Jalur SPAN-PTKIN
Jalur SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi pertama yang dibuka oleh IAIN Pontianak untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.
IAIN Pontianak buka sebagai penyelenggara jalur SPAN-PTKIN, tetapi sebagai PTKIN yang turut berpartisipasi dalam jalur SPAN-PTKIN yang diselenggarakan oleh panitia nasional.
Proses registrasi SPAN-PTKIN dimulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswi terbaiknya ke PDSS SPAN-PTKIN. Setelah itu, siswa melaksanakan login registrasi SPAN-PTKIN ke alamat www.span-ptkin.ac.id memakai username dan password dari Kepala Sekolah.
Informasi lebih lanjut mengenai SPAN-PTKIN telah dibahas paad artikel khusus yang berjudul Pendaftaran SPAN-PTKIN dan Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

B. Pendaftaran IAIN Pontianak Jalur UM-PTKIN

Jalur UM-PTKIN juga merupakan jalur seleks nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah. IAIN Pontianak juga turut berpartispasi dalam jalur seleksi UM-PTKIN ini.

Seleksi jalur UM-PTKIN didasarkan pada hasil ujian tertulis dari tiap peserta. Jadi, peserta yang mempunyai skor ujian tertulis tinggi maka mempunyai peluang yang besar untuk bisa lulus UM-PTKIN.

Alur registrasi UM-PTKIN dimulai dari calon peserta tiba ke Bank untuk membayar biaya pendaftaran. Setelah membayar kemudian akan mendapatkan username dan password. Gunakan username dan password untuk login registrasi ke alamat www.um-ptkin.ac.id. Lakukan pengisian biodata lengkap hingga mencetak kartu peserta.

Informasi lebih lanjut mengenai UM-PTKIN sanggup anda baca selengkapnya pada artikel berikut yaitu Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online.


C. Pendaftaran IAIN Pontianak Jalur SPMB Mandiri

SPMB Mandiri ialah jalur seleksi berdikari yang diselenggarakan oleh IAIN Pontianak untuk menyeleksi calon mahasiswwa gres melalui ujian tertulis.

Salah satu diadakannya jalur berdikari ini yaitu untuk menunjukkan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin kuliah di IAIN Pontianak. Mungkin saja calon mahasiswa tersebut sebelumnya telah mengikuti jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN, tetapi pada ketika pengumuman kelulusan telah dinyatakan tidak lulus, maka sanggup mengikuti jalur SPMB Mandiri ini.

Pendaftaran jalur SPMB Mandiri ini dilakukan secara eksklusif di Bagian Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Pontianak, pada alamat Jl. Letjen Soeprapto No. 19 Pontianak Telp/fax (0561) 7344170/740601 Pontianak 78121.

Calon peserta yang bisa mendaftar jalur SPMB Mandiri ini merupakan lulusan jenjang  SMA/MA/SMK yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk didalamnya untuk lulusan tahun ini.

Informasi lebih lanjut mengenai SPMB Mandiri IAIN Pontianak sanggup anda baca secara eksklusif di website resmi IAIN Pontianak di alamat website : http://iainptk.ac.id

D. Pendaftaran Bidikmisi IAIN Pontianak

Calon mahasiswa dari keluarga kurang bisa dan mempunyai potensi akademik yang baik yang ingin kuliah di IAIN Pontianak sanggup mengajukan diri untuk mendapatkan pinjaman biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi.

Dengan mendapatkan Bidikmisi, maka mahasiswa yang bersangkutan ketika diterima di IAIN Pontianak akan mendapatkan dispensasi biaya pendidikan yang dibayarkan selama masa perkuliahan normal. Misal untuk jenjang S1 akan mendapatkan Bidikmisi selama 8 semester.

Untuk info lebi lanjut mengenai Bidikmisi IAIN Pontianak sanggup anda baca di website resminya di alamat http://iainptk.ac.id

Baca Juga : Pendaftaran Bidikmisi PTKIN

E. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Pontianak

Selain mendapatkan mahasiswa gres jenjang Sarjana, IAIN Pontianak juga melaksanakan penerimaan mahasiswa gres untuk jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana, maka IAIN Pontianak bisa menjadi alternatif pilihan anda.

Informasi registrasi sanggup mengunjungi sekretariat lantai II gedung pascasarjana IAIN Pontianak Jl. Letnan jendral Soeprapto No 19 Pontianak. Email:[email protected], Hp 081253594710, fax 0561 734170 atau melalui alamat website http://iainptk.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Pontianak yang harus anda pahami. Silahkan anda ikuti jalur seleksi mana saja yang diperkirakan menunjukkan peluang besar untuk kelulusan anda.
Untuk info yang belum disampaikan disini maka silahkan anda lengkapi dengan mengunjungi website resmi IAIN Pontianak di alamat iainptk.ac.id. Apabila ada perbedaan atau perubahan info maka yang berlaku ialah yang ada di website resmi tersebut.

Baca juga :

Demikianlah info yang sanggup admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran IAIN Pontianak. Semoga apa yang telah admin sampaikan tersebut berkhasiat untuk anda semua.
Admin turut mendoakan biar impian anda untuk bisa lulus seleksi masuk ke IAIN Pontianak melalui jalur yang anda ikuti sanggup terwujudkan. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu.