Pendaftaran Iain Bengkulu 2019/2020

iainbengkulu.ac.id 2019 — Pendaftaran IAIN Bengkulu, PMB Online IAIN Bengkulu, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Bengkulu, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Bengkulu, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Seleksi Mandiri, PMB Pascasarjana IAIN Bengkulu. 2021. 2022.
Pada kesempatan ini admin akan memberikan isu tentang Pendaftaran IAIN Bengkulu 2019/2020. Informasi ini ditujukan bagi anda yang berkeinginan untuk kuliah di IAIN Bengkulu. Mari simak isu selengkapnya berikut ini.
 Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Bengkulu Pendaftaran IAIN Bengkulu 2019/2020
IAIN Bengkulu merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia yang terletak di Bengkulu tepatnya beralamatkan di Jalan Raden Patah, Kelurahan Pagar Dewa, Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia.
IAIN Bengkulu telah mempunyai beberapa fakultas, jurusan dan kegiatan studi menyerupai berikut ini:
Fakultas Tarbiyah 
  • Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI), dan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Iftidaiyah (PGMI).

Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam

  • Jurusan Syariah terdiri dari Prodi Peradilan Agama (Ahwal Syakhshiyyah), Prodi Hukum Bisnis (Muamalah), Prodi Hukum Tata Negara (Siyasah), dan Prodi Zakat dan wakaf
  • Jurusan Ekonomi Islam terdiri dari Prodi Ekonomi Islam, Prodi Perbankan syariah

Fakultas Ushuluddin, Dakwah, dan Adab

  • Jurusan Dakwah terdiri dari Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Prodi Manajemen dakwah, Prodi Bimbingan Konseling
  • Jurusan Ushuludin terdiri dari Tafsir Hadist

Itulah daftar fakultas, jurusan dan kegiatan studi yang ada di IAIN Bengkulu. Dari sejumlah jurusan/program studi tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru IAIN Bengkulu.
Ketika anda berkeinginan untuk mendaftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru IAIN Bengkulu. Maka anda perlu mengetahui jalur-jalur seleksi apa saja yang dibuka oleh IAIN Bengkulu untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Berikut ini admin berikan informasinya untuk anda yang harus anda baca dengan baik.

1. Pendaftaran IAIN Bengkulu Jalur SPAN-PTKIN
Jalur SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi seruan nasional yang seleksinya dilakukan tanpa melalui ujian tertulis namun didasarkan pada prestasi yang dimiliki siswa terutama dilihat dari nilai raport.
Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-sisiwi berprestasi yang berkeinginan untuk kuliah di PTKIN di Indonesia. Salah satunya kuliah di IAIN Bengkulu.
Proses pendafaran dimulai oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya di PDSS SPAN-PTKIN. Kemudian registrasi dilanjutkan oleh siswa dengan login registrasi SPAN-PTKIN ke alamat www.span-ptkin.ac.id
Tata cara pengisian data, persyaratan, jadwal, prosedur seleksi, daftar PTKIN dan prodi, serta isu lainnya yang anda butuhkan sanggup anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN Online atau Pendaftaran SPAN-PTKIN.
2. Pendaftaran IAIN Bengkulu Jalur UM-PTKIN
Jalur kedua yang dibuka sesudah SPAN-PTKIN adalah UM-PTKIN. UM-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional masuk ke PTKIN yang seleksinya dilakukan melalui tes tertulis.
Cara registrasi UM-PTKIN dimulai dengan cara calon peserta tiba ke Bank untuk membayar biaya registrasi dan sesudah itu akan mendapat username dan password. Gunakan username dan password untuk login registrasi UM-PTKIN ke alamat www.um-ptkin.ac.id
Informasi penting lainnya menyerupai biaya pendaftaran, persyaratan, jadwal, cara pengisian data, daftar prodi, dan isu seputar jalur UM-PTKIN sanggup anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Pendaftaran UM-PTKIN.
3. Pendaftaran IAIN Bengkulu Jalur Mandiri
Jalur seleksi berdikari merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan secara pribadi oleh IAIN Bengkulu untuk menyeleksi calon mahasiswa gres melalui ujian tertulis.
Jalur ini sanggup menjadi alternatif bagi anda yang berkeinginan berpengaruh kuliah di IAIN Bengkulu. Mungkin saja anda sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN, tetapi pada dikala pengumuman kelulusan dinyatakan tidak lulus, maka jalur berdikari sanggup menjadi solusinya.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulus dari satuan pendidikan Sekolah Menengan Atas / MA / Sekolah Menengah kejuruan / MAK / Ponpes sederajat
  2. Membawa biodata lengkap berupa : Biodata Diri, Biodata Orangtua, dan KK.
  3. Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepala Sekolah/Kepolisian.
  4. Membawa Fotocopy Ijazah legalisir sebanyak 2 lembar untuk lulusan tahun sebelumnya
  5. Untuk lulusan tahun ini boleh memakai surat keterangan lulus atau SKHU sementara.
  6. Pas Foto Berwarna 3Ă—4 sebanyak 3 lembar.
Untuk proses registrasi jalur berdikari dilakukan secara online. Calon peserta membuka alamat situs registrasi online kemudian mengisi biodata registrasi secara lengkap dan benar hingga mencetak kartu peserta. Alamat registrasi online jalur berdikari adalah http://siakad.iainbengkulu.ac.id/pmb
4. Pendaftaran Bidikmisi IAIN Bengkulu
Bagi anda yang ingin kuliah di IAIN Bengkulu, namun terkendala dilema biaya pendidikan, maka anda sanggup mengajukan diri untuk mendapat pinjaman biaya pendidikan yang dikenal dengan nama Bidikmisi.
Calon mahasiswa yang ingin mendaftar Bidikmisi harus sanggup memenuhi persyaratan registrasi Bidikmisi yang telah ditentukan oleh IAIN Bengkulu. Untuk isu lebih lanjut silahkan anda baca secara pribadi di website resmi IAIN Bengkulu di alamat bidikmisi.iainbengkulu.ac.id
Untuk isu registrasi Bidikmisi secara umum silahkan baca pada artikel berikut :
Sedangkan untuk isu registrasi Bidikmisi kampus UIN, IAIN, atau STAIN sanggup anda baca pada artikel berikut :
5. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Bengkulu
IAIN Bengkulu juga telah mempunyai kegiatan studi jenjang Pascasarjana. Dengan demikian, IAIN Bengkulu juga kembali melaksanakan penerimaan calon mahasiswa gres untuk kegiatan studi jenjang Pascasarjana tersebut.
Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda. Informasi registrasi sanggup anda baca pada alamat web : pascasarjanaiainbengkulu.ac.id atau pps.iainbengkulu.ac.id
Itulah isu mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Bengkulu. Silahkan anda pilih salah satu jalur seleksi yang ada tersebut.
Baca Juga : Pendaftaran PTKIN Lainnya (UIN, IAIN, STAIN)

Demikianlah isu yang sanggup admin sampaikan tentang Pendaftaran IAIN Bengkulu. Mudah-mudahan isu tersebut bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa untuk mengajak teman-teman anda untuk membaca isu di web ini. Terima kasih.