Pendaftaran Bidikmisi Ptkin 2019/2020

Bidikmisi PTKIN 2019 — Pendaftaran Bidikmisi UIN, IAIN, STAIN, Pendaftaran Bidikmisi Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Mandiri, Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi PTKIN, Beasiswa PTKIN untuk Calon Mahasiswa Tidak Mampu. Bidikmisi Kampus Agama Islam. 2021. 2022.

Pada kesempatan in admin akan memperlihatkan warta ihwal Pendaftaran Bidikmisi PTKIN 2019/2020. Dengan adanya warta ini, biar bisa menambah warta yang telah anda miliki sebelumnya tentang Bidikmisi PTKIN. Mari simak informasinya berikut ini.

 Beasiswa PTKIN untuk Calon Mahasiswa Tidak Mampu Pendaftaran Bidikmisi PTKIN 2019/2020

Mahalnya biaya pendidikan menjadi salah satu hilangnya semangat seseorang untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Mereka menganggap tidak akan bisa membayar biaya pendidikan dan biaya hidup yang begitu mahal.

Apalagi kalau ngekos, maka akan semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Dengan itu, mereka tetapkan untuk menunda kuliah dan menentukan bekerja dengan kemampuan seadanya.

Pemerintah bersama lembaga, pihak kampus, atau pihak-pihak yang mempunyai wewenang terkait, telah berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dalam hal ini, Pemerintah bersama pihak terkait lainnya memperlihatkan dana proteksi berupa biaya pendidikan dan biaya hidup kepada mahasiswa selama masa perkuliahan normal.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Bidikmisi PTKIN, maka anda perlu mengetahui beberapa pengertian berikut ini untuk menunjang pemahaman anda ihwal Bidikmisi PTKIN.

Bidikmisi ialah proteksi biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang bisa yang berpenghasilan ekonomi rendah.
PTKIN merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang ada di Indonesia yang berbentuk Universitas Islam Negeri (UIN), Institus Agama Islam Negeri (IAIN), atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).  
Bidikmisi PTKIN merupakan bidikmisi yang diberikan kepada calon mahasiswa yang ingin kuliah di PTKIN menyerupai UIN, IAIN, atau STAIN.
Setelah mengetahui beberapa pengertian di atas, maka anda kini tentunya telah mengetahui apa itu Bidikmisi PTKIN.

Admin tegaskan kembali bahwa Bidikmisi PTKIN ialah proteksi biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang bisa secara ekonomi dan mempunyai potensi akademik yang unggul dan berkeinginan untuk kuliah di PTKIN yang ada di Indonesia menyerupai UIN, IAIN, atau STAIN.

Admin telah merangkum warta dari beberapa PTKIN bahwa ada salah satu persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh calon peserta Bidikmisi PTKIN, yaitu :

  • Calon peserta merupakan peserta seleksi jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, atau jalur mandiri.
Untuk itu, anda harus sanggup memenuhi persyaratan khusus tersebut. Namun di beberapa PTKIN lainnya hanya menentukan bahwa calon peserta merupakan peserta seleksi jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, tidak termasuk untuk jalur mandiri. Ada juga yang mensyaratkan bahwa peserta telah dinyatakan lulus dari  jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, atau jalur mandiri.

Dengan demikian, maka calon peserta Bidikmisi PTKIN harus sanggup memenuhi persyaratan Bidikmisi dan persyaratan salah salah satu jalur yaitu jalur SPAN-PTKIN, jalur UM-PTKIN, atau jalur mandri.

Maka dari itu, untuk lebih jelasnya anda harus membaca warta selengkapnya di website resmi PTKIN (UIN, IAIN, STAIN) tujuan anda.

Selain persyaratan khusus tersebut, calon peserta juga harus sanggup memenuhi persyaratan lainnya yang telah ditentukan oleh masing-masing PTKIN.

Berikut ialah persyaratan registrasi Bidikmisi PTKIN secara umum untuk calon peserta :

  1. Calon peserta ialah siswa lulusan Sekolah Menengan Atas / Sekolah Menengah kejuruan / MA / MAK sederajat untuk lulusan tahun kemaren dan lulusan tahun ini.
  2. Lulusan Tahun kemudian yang bukan peserta Bidik Misi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa gres di PTKIN penerima.
  3. Usia maksimal pada ketika mendaftar 21 tahun, dibuktikan dengan Akte Kelahiran yang dilegalisir oleh Camat / lurah / Pejabat yang berwenang.
  4. Siswa Penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM), Kartu Pengaman Sosial (KPS), dan Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP).
  5. Tingkat Pendidikan orang renta / wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  6. Mengisi Formulir permohonan dan menyerahkannya kepada petugas
  7. Menyerahkan fotocopy KTP Orang Tua dan KTP Calon Mahasiswa, Fotocopy KK, dan fotocopy salah satu dari kartu Jamkesmas, Raskin, Gakin, PKH, BLT, BLSM, KIP,KIS dan lainnya yang memperlihatkan ketidakmampuan secara ekonomi.
  8. Photo copy Ijazah dilegalisir oleh Kepala Sekolah/Madrasah. 
  9. Photo copy Nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) dilegalisir oleh Kepala Sekolah/Madrasah.Surat Keterangan Rangking Kelas dari Kepala Sekolah.Photo copy raport dari semester I – VI yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah / Madrasah.
  10. Bukti pendukung prestasi bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang orisinil dan fotocopy.
  11. Surat Keterangan Tidak Mampu dari desa/kelurahan;
  12. Slip Gaji dan/ atau surat keterangan penghasilan;
  13. Fotocopy rekening listrik;
  14. Fotocopy Pajak Bumi dan Bangunan;
  15. Pas Foto terbaru dengan ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar
  16. Pas photo warna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar.
  17. Foto rumah (Depan, samping, belakang) dan foto diri dengan keluarga di dalam rumah.
Itulah persyaratan registrasi Bidikmisi PTKIN secara umumnya. Ingat bahwa persyaratan di atas tidak semuanya harus dipenuhi, anda hanya cukup memenuhi persyaratan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh PTKIN tujuan anda. Jangan hingga salah fatwa anda ihwal persyaratan tersebut.

Persyaratan di atas ialah persyaratan yang umumnya diberikan oleh PTKIN kepada calon peserta yang ingin mendaftar Bidikmisi PTKIN. Untuk persyaratan yang valid atau sah, silahkan anda lihat pribadi di website resmi PTKIN tujuan anda.

Berdasarkan uraian pada pembahasan di atas, maka sanggup disimpulkan bahwa calon peserta yang ingin mendaftar Bidikmisi ialah calon peserta yang berasal dari keluarga kurang bisa dan mempunyai potensi akademik yang unggul. Calon peserta juga merupakan peserta SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, atau jalur sanggup bangun diatas kaki sendiri PTKIN.

Baca Juga Pendaftaran Bidikmisi lainnya :

Demikianlah warta mengenai Pendaftaran Bidikmisi PTKIN yang sanggup admin sampaikan. Semoga warta tersebut bisa memperlihatkan pencerahan untuk anda semua.

Terima kasih untuk anda yang telah membaca warta ini dan mari ajak teman-teman lainnya untuk membaca warta di web ini. Cukup sekian dari admin dan salam sukses selalu.