Pendaftaran, Biaya, Serta Syarat Masuk Kedokteran Gigi UNISSULA 2020/2021

Kedokteran Gigi UNISSULA – Memilih untuk melanjutkan perkuliahan dengan mengambil jurusan kedokteran gigi tampaknya menjadi pilihan banyak remaja saat ini. Peluang kerja yang masih terbuka lapang menjadi alasan mengapa profesi dokter gigi kian diminati. Buat anda yang tertarik untuk mengambil jurusan kedokteran gigi, anda pun bisa mempertimbangkan untuk berkuliah di Universitas Islam Sultan Agung atau UNISSULA mengingat kampus yang satu ini memiliki kualitas yang bagus pula. Berikut Mamikos rangkum sedikit informasi seputar pendaftaran, biaya, serta syarat masuk kedokteran gigi UNISSULA tahun ajaran 2020/2021.

Jadwal Pendaftaran hingga Syarat Masuk Kedokteran Gigi UNISSULA

Kedokteran Gigi UNISSULA

 

Kini tak hanya perguruan tinggi negeri saja yang menjadi pilihan utama para remaja untuk melanjutkan pendidikan, tetapi perguruan tinggi swasta pun semakin banyak peminatnya. Salah satunya saja ada Universitas Islam Sultan Agung atau UNISSULA yang berlokasi di Semarang. Unissula merupakan universitas terkemuka di Indonesia dan telah meneguhkan diri sebagai World Class Islamic University. UNISSULA secara konsisten mengembangkan empat strategi pendidikan yang menjadi ciri khas dan keunggulan tersendiri di antara ribuan universitas di Indonesia. Bagi anda yang tertarik menjadi salah satu mahasiswa UNISSULA khususnya di bidang kedokteran gigi, cermati info pendaftaran UNISSULA 2020, syarat masuk, hingga biaya kuliah Fakultas Kedokteran Gigi UNISSULA berikut.

Jadwal Pendaftaran Fakultas Kedokteran Gigi UNISSULA

Di UNISSULA terdapat beberapa program seleksi penerimaan mahasiswa baru, salah satunya yang tengah dibuka saat ini adalah progam PSB. Perlu diketahui bahwa PSB adalah program seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) yang dikhususkan bagi siswa/siswi SMA/SMK/MA/MAK kelas XII. Program tersebut didasarkan pada nilai akademik, prestasi dibidang seni, karya ilmiah, dan olahraga. Untuk mengikuti seleksi program tersebut para siswa/siswi dapat mendaftar melalui guru Bimbingan Konseling di sekolah atau guru yang membidangi karier siswa dalam melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi (PT). Siswa/siswi yang diterima dalam program ini maka akan mendapatkan keringanan DPI (Dana Pengembangan Institusi) sebanyak 50% dari gelombang 1.

1. Tahap I

Jadwal Pendaftaran: 1 Oktober – 30 November 2019
Penyerahan Berkas: Paling Akhir 30 November 2019
Pengumuman: Awal Desember 2019

2. Tahap II

Jadwal Pendaftaran 1 Deesember 2019 – 31 Januari 2020
Penyerahan Berkas: Paling Akhir 31 Januari 2020
Pengumuman: Awal Februari 2020

Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Gigi UNISSULA

Persyaratan Administrasi PSB UNISSULA untuk fakultas kedokteran gigi adalah sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir online klik disini
  2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp100.000,00 ke sekolah mitra Unissula
  3. Prestasi dibidang akademik:
    a) Tercatat sebagai siswa/siswi kelas XII SMA/MA/SMK/MAK pada tahun ajaran 2020/2021.
    b) Jurusan IPA
    c) Rata-rata nilai raport semester 1, 2, 3, dan 4 untuk mata pelajaran Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, dan Agama minimal 85.
    d) Akreditasi sekolah peringkat A dengan melampirkan fotokopi SK akreditasi.
  4. Prestasi dibidang nonakademik Melampirkan fotokopi piagam penghargaan dibidang karya ilmiah/seni/olahraga minimal juara 1 tingkat kabupaten/kota yang telah dilegalisasi.

Berikut adalah berkas-berkas yang wajib untuk anda lampirkan pula ketika mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di fakultas kedokteran gigi UNISSULA:

  1. Melampirkan formulir PSB yang sudah dicetak dengan dibubuhkan tanda tangan.
  2. Melampirkan surat keterangan kebenaran berkas dengan dibubuhi tanda tangan dan bermaterai 6000.
  3. Melampirkan lembar validasi dari sekolah. ( Dengan menghubungi Guru BK ) Untuk informasi lebih lengkap klik disini
  4. Melampirkan fotokopi kuitansi pendaftaran.
  5. Melampirkan fotokopi SK Akreditasi Sekolah.
  6. Melampirkan fotokopi raport semester 1, 2, 3, dan 4 yang telah dilegalisasi sekolah.
  7. Melampirkan bukti identitas diri Kartu Pelajar/KTP/surat keterangan kependudukan dari instansi yang berwewenang.
  8. Melampirkan surat keterangan sekolah bahwa calon mahasiswatercatat sebagai siswa/siswi kelass XII
  9. Melampirkan pas foto berwarna ukuran 3 x 4 (1 lembar).
  10. Berkas dikirim kepada Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unissula tahun akademik 2020/2021 ke alamat

Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran Gigi UNISSULA

1. Dana Pengembangan Institusi (DPI):

a) Gelombang 1: Rp200.000.000
b) Gelombang 2: Rp210.000.000
c) Gelombang 3: Rp255.000.000

2. Uang Pangkal/Ta’aruf/IT/Toefel: Rp1.600.000
3. Biaya Kuliah per Semester: Rp14.500.000

Nah, barusan tadi Mamikos sudah merangkum sedikit seputar pendaftaran, biaya, serta syarat masuk kedokteran gigi UNISSULA tahun ajaran 2020/2021. Buat anda yang berencana ingin mendaftarkan diri menjadi salah satu mahasiswa kedokteran gigi di UNISSULA, semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk anda ya! Universitas Islam Sultan Agung atau yang disingkat menjadi UNISSULA ini adalah salah satu Universitas swasta di Semarang yang telah terakreditasi oleh BAN-PT A. Jadi bisa dibilang, kualitas UNISSULA memang tidak perlu diragukan lagi. Pantau terus informasi seputar fakultas kedokteran gigi di kampus lainnya hanya melalui situs Mamikos.

Seperti yang kita ketahui, jurusan kedokteran gigi ini sendiri merupakan ilmu kedokteran yang mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan dengan kesehatan gigi, gusi, dan mulut. Sebenarnya, cakupan jurusan yang satu ini tidak hanya tentang kondisi kesehatan saja melainkan juga meliputi aspek estetika atau keindahan pada gigi, gusi, dan mulut. anda juga akan belajar tentang cara mendiagnosis masalah kesehatan yang ada di dalam mulut dan gigi pasien. anda juga akan belajar cara mencari solusi yang tepat atas masalah kesehatan yang terjadi pada gigi pasien. Ilmu Kedokteran Gigi sangat berkaitan dengan syaraf yang ada di leher dan kepala. Jadi, anda pun akan belajar tentang pengaruh kondisi gigi dan tindakan terhadap leher dan kepala.

Program studi Kedokteran Gigi memang cukup banyak menarik perhatian para remaja di tanah air. Oh iya, buat anda yang berencana ingin merantau ke Semarang untuk melanjutkan pendidikan kedokteran gigi di Universitas Islam Sultan Agung, jangan lupa juga untuk install aplikasi Mamikos di ponsel anda ya! Di aplikasi Mamikos anda akan dengan mudah menemukan informasi seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan dengan mudah. Nantinya anda pun bisa menjadikan kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan ini sebagai tempat tinggal anda selama merantau di Semarang. Untuk itu, tunggu apalagi segera install aplikasi Mamikos sekarang juga ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close