Pendaftaran Beasiswa Lpdp 2019/2020

www.lpdp.depkeu.go.id 2019 — Pendaftaran Beasiswa LPDP, Pendaftaran Beasiswa Pascasarjana, Program Beasiswa LPDP, Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), Daftar LPDP Online, Info Beasiswa LPDP, Beasiswa Tesis dan Disertasi, Pendaftaran Online Beasiswa LPDP, Pendaftaran Beasiswa Afirmasi, Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP). 2021. 2022.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Beasiswa LPDP 2019/2020. Dengan adanya isu ini, semoga sanggup menjadi panduan bagi anda dalam melaksanakan proses registrasi beasiswa LPDP. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

 Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul  Pendaftaran Beasiswa LPDP 2019/2020

Berbicara mengenai beasiswa, maka hal ini berkaitan dengan kuliah. Ketika seseorang ingin kuliah, maka harus memprediksikan terlebih dahulu biaya yang akan dikeluarkan setiap hari dan setiap semester untuk membayar biaya kuliah.

Jika seseorang telah memperhitungkan biaya kuliah yang harus dikeluarkan dan ia telah merasa tidak bisa untuk mencukupi itu, maka seseorang tersebut bisa saja membatalkan keinginannya untuk kuliah.

Hal tersebut sangat disayangkan alasannya yaitu orang-orang yang menyerupai ini yang dibutuhkan sanggup membangung Indonesia menjadi negara yang maju.

Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengatakan sebuah solusi dengan mengatakan beasiswa kepada seseorang yang mengalami hambatan dari segi pembayaran biaya kuliah terutama bagi seseorang yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktor, baik di Perguruan Tinggi dalam negeri ataupun Perguruan Tinggi luar negeri

Dari keterangan di atas, sanggup disimpulkan bahwa Beasiswa LPDP yaitu beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktor atau atau mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan jenjang Magister atau Doktor, baik di Perguruan Tinggi Dalam Negeri ataupun di Perguruan Tinggi Luar Negeri.

LPDP sebagai sebagai suatu organ yang mengelola dana pendidikan mengatakan beberapa jenis beasiswa yaitu menyerupai berikut ini :

  • Beasiswa Magister dan Doktor
  • Beasiswa Tesis dan Disertasi
  • Beasiswa Afirmasi
  • Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis
  • Presidential Scholarship

Dari beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan oleh LPDP, silahkan anda ikuti atau daftarkan diri dengan menentukan salah satu dari beberapa beasiswa tersebut.

Agar lebih memahami mengenai jenis-jenis beasiswa LPDP, maka akan diberikan klarifikasi dari masing-masing beasiswa LPDP di atas.

Jenis-jenis Beasiswa LPDP

1. Beasiswa Magister dan Doktor

Beasiswa Magister dan Doktor yaitu beasiswa yang diberikan oleh LPDP kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan atau mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan jenjang Magister atau Doktor di Perguruan Tinggi dalam negeri ataupun Perguruan Tinggi luar negeri.

2. Beasiswa Tesis dan Disertasi

Beasiswa Tesis dan Disertasi yaitu beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang sedang menuntaskan kiprah kesannya yaitu Tesis (S2) atau Disertasi (S3) di Perguruan Tinggi dalam negeri ataupun Perguruan Tinggi luar negeri.
3. Beasiswa Afirmasi

Beasiswa Afirmasi merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang telah mengharumkan nama bangsa di level Internasional dikarenakan telah menjuarai banyak sekali kompetisi namun dikala mahasiswa tersebut ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktor di Perguruan Tinggi dalam negeri atau pun luar negeri terkendala persoalan biaya, maka sanggup mengajukan beasiswa Afirmasi.
Mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang bisa akseptor Bidikmisi yang telah lulus jenjang Sarjana juga sanggup mendaftar beasiswa Afirmasi
4. Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis
Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis diberikan kepada para Dokter Spesialis yang ingin melanjukan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi khusus untuk Perguruan Tinggi di dalam negeri.

5. Indonesia Presidential Scholarship
Indonesia Presidential Scholarship merupakan beasiswa yang diberikan kepada putra-putri terbaik Indonesia untuk menempuh pendidikan di jenjang Magister dan Doktor di banyak sekali Perguruan Tinggi terbaik di Dunia. Beasiswa yang satu ini diselenggarakan berkat kerjasama pihak LPDP dengan pihak Kepresidenan RI.

Putra-putri terbaik Indonesia tersebut nantinya sehabis menuntaskan pendidikannnya harus kembali ke Indonesia dan harus membantu dalam mengisi dan menyiapkan Indonesia menjadi negara yang maju pada 100 tahun kemerdekaan RI pada tahun 2045.

Itulah sedikit klarifikasi mengenai jenis-jenis beasiswa LPDP. Penjelasan lebih lengkap sanggup anda baca eksklusif di website resmi LPDP.

Bagi anda yang ingin mendaftar, maka harus sanggup memenuhi persyaratan umum berikut yang berlaku untuk setiap jenis beasiswa LPDP.

Persyaratan Umum Pendaftaran Beasiswa LPDP

  1. Warga negara Indonesia yang ditunjukkan dengan identitas kependudukan yang sah. 
  2. Lulusan kegiatan studi :
    • Perguruan Tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
    • Perguruan Tinggi kedinasan yang diakui oleh pemerintah Indonesia.
    • Perguruan Tinggi diluar negeri yang berkategori baik sesuai daftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Mempunyai jiwa kepemimpinan yang ditunjukkan dengan pengalaman memimpin sebuah organisasi atau forum yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan.
  4. Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan.
  5. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat tindakan melanggar hukum.
  6. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat dalam tindak pelanggaran isyarat etik akademik.
  7. Menandatangani Surat Pernyataan mengabdi pada kepentingan bangsa Indonesia.
  8. Menandatangani Surat Pernyataan tidak mendapatkan beasiswa dari sumber lain.
  9. Mendapatkan Surat Tugas Belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja.
  10. Memiliki Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja.
  11. Memilih kegiatan studi dan/atau perguruan tinggi yang direkomendasikan oleh LPDP.
  12. Mengupload Essay (500 – 700 kata) dengan tema :
    • Peranku bagi Indonesia
    • Sukses terbesar dalam hidupku.
    • Rencana Studi untuk kegiatan Magister.

Itulah persyaratan umum registrasi beasiswa LPDP yang harus dipenuhi. Selain itu, anda juga wajib memenuhi persyaratan khusus untuk masing-masing jenis beasiswa LPDP. Persyaratan khusus untuk masing-masing beasiswa LPDP tersebut sanggup anda lihat eksklusif diwebsite resmi LPDP.

Setelah anda sanggup memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus, maka selanjutnya anda sanggup melaksanakan registrasi dengan tata cara menyerupai yang diberikan berikut ini.

Alur Pendaftaran Beasiswa LPDP

Pendaftaran Beasiswa LPDP dilakukan secara online melalui alamat resmi khusus registrasi yaitu www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id

Bagi yang sudah punya akun silahkan login memakai email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya, sedangkan bagi yang belum punya akun terlebih dahulu harus menciptakan akun dengan klik tombol “buat akun” pada halaman tersebut.

Setelah menciptakan akun, anda sanggup login dan kemudian melaksanakan registrasi dengan mengunggah semua dokumen pendukung dan mengisi formulir registrasi sesuai format yang diberikan. (Semua dokumen sanggup dilihat pada dokumen petunjuk beasiswa).

Seluruh dokumen pendukung yang diunggah harus dokumen orisinil (bukan foto kopian) dan cetak formulir registrasi online harus dibawa pada tahap seleksi wawancara. Dokumen pendukung yang dimaksud yaitu sebagai berikut :

Formulir dan Dokumen Pendukung Beasiswa LPDP

  1. Cetak Formulir Pendaftaran Online.
  2. Ijazah dan Transkrip Asli.
  3. Sertifikat TOEFL/IELTS/TOAFL dan yang setara.
  4. Sertifikat Prestasi.
  5. Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Hukum.
  6. Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Kode Etik Akademik.
  7. Surat Pernyataan mengabdi Kepada Kepentingan Bangsa Indonesia.
  8. Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa dari Sumber lain.
  9. Surat Ijin Belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja.
  10. Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja.
  11. Essay

Itulah alur registrasi yang sanggup anda lakukan pada kalau ingin mendaftar beasiswa LPDP. Selanjutnya anda perlu mengetahui tahapan seleksi yang harus dilalui oleh calon peserta beasiswa LPDP. Berikut tahapannya :

Tahapan seleksi beasiswa LPDP

Setelah anda melaksanakan registrasi menyerupai alur di atas, selanjutnya panitia akan melaksanakan seleksi manajemen terhadap berkas-berkas anda. Apabila berkas-berkas sesuai dengan persyaratan dari panitia, maka anda akan dinyatakan lulus seleksi administrasi, dan sehabis lulus seleksi manajemen selanjutnya anda harus mengikuti seleksi wawancara. Setelah mengikuti seleksi wawancara maka tinggal menunggu pengumuman kelulusan. Berikut rincian proses seleksi :

  • Seleksi adminitrasi
  • Tes wawancara (bagi yang lulus seleksi administrasi)
  • Melihat pengumuman kelulusan 

Selanjutnya anda perlu mengetahui kegiatan pelaksanaan registrasi beasiswa LPDP semoga anda bisa melaksanakan registrasi sesuai kegiatan tersebut. Jadwal pelaksanaan beasiswa LPDP dibagi ke dalam beberapa periode, berikut informasinya :

Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP 

  • Seperti tahun lalu, registrasi dibuka untuk 4 periode. Untuk tahun ini kemungkian juga demikian. Untuk kegiatan niscaya sanggup dilihat di websi resmi.


Daftar Nama-nama Perguruan Tinggi Tujuan Beasiswa LPDP

Berikut ini akan diberikan daftar nama-nama Perguruan tinggi tujuan Beasiswa LPDP, baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri.

a. Perguruan Tinggi Dalam Negeri

  1. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel, Surabaya
  2. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo, Semarang
  3. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  4. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
  6. Universitas Airlangga, Surabaya
  7. Universitas Brawijaya, Malang
  8. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
  9. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta
  10. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  11. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  12. Universitas Indonesia (UI), Jakarta
  13. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  14. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta
  15. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang
  16. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  17. Universitas Andalas (UNAND), Padang
b. Perguruan Tinggi Tujuan Spesialis Kedokteran
  1. Universitas Indonesia (UI), Jakarta
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  3. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  4. Universitas Airlangga, Surabaya
  5. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
  6. Universitas Brawijaya, Malang
  7. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar

Selain nama-nama Perguruan Tinggi Dalam Negeri di atas, masih banyak lagi Perguruan Tinggi diluar Negeri yang menjadi tujuan Beasiswa LPDP menyerupai Perguruan Tinggi beberapa negera berikut
  • Australia, Amerika Serikat, Britania Raya, Belanda, Jerman, Belgia, Kanada, China, Denmark, Finlandia, Perancis, Hongkong, India, Irlandia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Maroko, Mesir, New Zeland, Norwegia, Pakistan, Rusia, Arab Saudi, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Thailand, dan Turki.

Untuk mengetahui daftar Perguruan Tinggi diluar Negeri yang menjadi tujuan Beasiswa LPDP maka sanggup anda lihat eksklusif di website resmi Beasiswa LPDP.

Untuk alamat serta nomor telepon yang bisa dihubungi berkaitan dengan Beasiswa LPDP yaitu Gedung A.A. Maramis II Lantai 2, Jalan Lapangan Banteng Timur No. 1, Jakarta 10710, Telepon (021) 3808392, Fax (021) 384 6474, Situs resmi : www.lpdp.depkeu.go.id

Catatan Penting :

  • Untuk isu yang belum dimuat disini, maka sanggup anda lihat eksklusif di website resmi Beasiswa LPDP
  • Apabila ada perubahan atau perbedaaan informasi, maka yang berlaku yaitu yang ada di website resmi beasiswa LPDP.

Selain beasiswa LPDP, adapula beasiswa lainnya yang diperuntukkan bagi calon dosen, dosen, calon mahasiswa, mahasiswa, dan tenaga kependidikan yaitu Beasiswa DIKTI.

Khusus untuk calon mahasiswa jenjang D3 dan S1 sanggup mengusulkan pemberian biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi, dan untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan jenjang D4 atau S1 sanggup mendaftar Djarum Beasiswa Plus.

Demikianlah isu yang sanggup admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Beasiswa LPDP. Semoga isu tersebut bermanfaat dan bisa mengatakan pencerahan untuk anda semua.

Admin disini turut mendoakan semoga anda bisa mendapatkan salah beasiswa LPDP yang anda inginkan. Terima kasih admin ucapkan kepada para pengunjung setia yang telah meluangkan waktu untuk membaca isu ini. Sekian isu dari admin dan semoga kita menjadi orang yang sukses semenjak muda. Amin.