Pendaftaran Beasiswa Dikti 2019/2020

beasiswa.ristekdikti.go.id 2019 — Pendaftaran Beasiswa Dikti, Penerimaan Beasiswa Dikti, Info Beasiswa Dikti, Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Pascasarjana, Beasiswa Dosen dan Tenaga Kependidikan, Beasiswa Mahasiswa, Beasiswa Perguruan Tinggi, Beasiswa Pendidikan, Bidang Penalaran, Bidang Minat dan Bakat, Hibah Institusi, Beasiswa Dalam Negeri, Beasiswa Luar Negeri. 2021. 2022.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Beasiswa DIKTI 2019/2020. Dengan adanya isu ini, semoga sanggup menjadi panduan bagi anda dalam melaksanakan proses registrasi beasiswa DIKTI. Simak isu selengkapnya berikut ini.

 Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Pendaftaran Beasiswa DIKTI 2019/2020

Mahalnya biaya kuliah terkadang mengakibatkan niat seseorang untuk kuliah sanggup terhalangi. Mahalnya biaya kuliah menjadi pertimbangan penting ketika seseorang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pemerintah bersama forum yang menaugi bidang Pendidikan berusaha memperlihatkan sebuah solusi untuk meringankan beban pada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dalam hal ini, Penerintah dan forum terkait memperlihatkan beasiswa kepada mereka yang berhak dan layak untuk mendapatkannya. Beasiswa yang dimaksud disini ialah Beasiswa DIKTI.

Dengan adanya beasiswa DIKTI ini, maka seseorang yang ingin kuliah ke jenjang yang lebih tinggi dan bisa memenuhi persyaratan dari beasiswa DIKTI yang diajukan, maka seseorang tersebut bisa mendapat beasiswa tersebut.

Ada banyak sekali beasiswa yang ditawarkan oleh DIKTI kepada mereka yang bisa memenuhi persyaratannya ibarat beasiswa Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, serta beasiswa pendidikan untuk banyak sekali kalangan ibarat calon mahasiswa, calon dosen, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan lain-lain.

Beberapa beasiswa pendidikan yang ditawarkan DIKTI tersebut diantaranya ialah :

  • Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi
  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
  • Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM)
  • Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI)
  • Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI)
  • Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN)
  • Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN)
  • Beasiswa Dikti Talent Scouting

Melihat banyaknya beasiswa yang ditawarkan oleh DIKTI, maka pilihlah salat satu yang sesuai dengan ketentuan yang ada. Agar lebih memahaminya, maka akan diberikan klarifikasi dari masing-masing beasiswa di atas.

1. Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi
Bidikmisi bukanlah suatu beasiswa, namun merupakan pemberian biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang bisa dilihat dari segi ekonomi, yang mempunyai harapan berpengaruh untuk melanjutkan pendidikan ke suatu Perguruan Tinggi.
Bidikmisi yang bisa diikuti terdiri dari Bidikmisi jalur SNMPTN, Bidikmisi jalur SBMPTN, Bidikmisi jalur PMDK-PN, Bidikmisi jalur berdikari Perguruan Tinggi Negeri / PTS, Bidikmisi UT, dan Bidikmisi ISI.
Calon penerima yang ingin mendaftar Bidikmisi terlebih dahulu harus mendapat rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapat rekomendasi, selanjutnya sanggup memakai aba-aba terusan registrasi dari Kepala Sekolah untuk melaksanakan registrasi ke alamat resmi Bidikmisi yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id kemudian pilih sajian siswa.
Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, aktivitas pelaksanaan, dan hal terkait lainnya sanggup anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi.


2. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa PPA merupakan suatu beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang sedang menempuh Pendidikan di suatu Perguruan Tinggi, baik di Perguruan Tinggi Negeri atau PTS.

Calon penerima yang ingin mendaftar harus mempunyai prestasi yang unggul dilihat dari IPK terakhir ketika mendaftar yang besarnya ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta kawasan anda kuliah.

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan selengkapnya sanggup anda tanyakan pribadi pada kepingan keuangan atau kepingan yang menangani beasiswa di kampus anda.

3. Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM)

Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM) merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang bisa yang sedang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS).
BBM ini berbeda dengan Bidikmisi. Bidikmisi diusulkan sebelum menjadi mahasiswa dan penerima akan mendapat Bidikmisi sesudah dinyatakan lulus seleksi. Sedangkan BBM diusulkan ketika penerima telah menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri atau PTS.
Ada kesamaan tujuan dari BBM dan Bidikmisi, yaitu membiaya kuliahnya mahasiswa dari keluarga kurang bisa semoga kuliahnya sanggup berjalan lancar tidak ada halangan problem biaya.
Untuk isu lebih lanjut mengenai Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM) ini sanggup anda tanyakan pribadi pada kepingan keuangan atau kepingan yang menangani beasiswa di kampus anda.
4. Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI)
Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI) diberikan kepada mereka yang pernah mengharumkan nama Indonesia di level Internasional.
Bagi yang telah menjadi mahasiswa, maka Pemerintah akan memperlihatkan beasiswa ini sesudah anda memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku, sedangkan bagi siswa maka akan diberikan fasilitas untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diinginkan semoga diterima di Perguruan Tinggi Negeri tersebut serta nantinya akan diberi beasiswa.
Informasi lebih lanjut sanggup anda lihat pribadi pada website resmi DIKTI di alamat berikut http://beasiswa.dikti.go.id/

5. Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI)
Beasiswa PKPI diperuntukkan bagi mahasiswa S3 (Doktor) pada Pascasarjana penyelenggara BPP-DN untuk menambah wawasan dan pengalaman di level internasional. 
Untuk bisa mendaftar, maka calon penerima harus melengkap form registrasi online yang tersedia di website DIKTI dan kemudian memenuhi persyaratan lainya juga. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat http://beasiswa.dikti.go.id/pkpi/ . Informasi lebih lanjut sanggup dilihat pada alamat tersebut.

6. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN)

BPP-DN merupakan beasiswa yang diberikan untuk calon dosen, dosen,dan tenaga kependidikan di lingkungan kemendikbud yang mempunyai motivasi yang berpengaruh untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktor di Perguruan Tinggi Dalam Negeri.

Bagi anda yang berminat mendaftarkan diri untuk mendapat beasiswa ini (BPP-DN), Silahkan penuhi persyaratannya dan mendaftar secara online melalui alamat http://beasiswa.dikti.go.id/bppdn/ . Informasi lainnya sanggup anda baca pada alamat tersebut.

7. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN)

BPP-LN merupakan beasiswa yang diberikan kepada calon dosen, dosen, dan tenaga kepandidikan di lingkungan kemendikbud yang mempunyai harapan berpengaruh untuk menempuh pendidikan jenjang Magister atau Doktor di Perguruan Tinggi Luar Negeri.

Calon penerima yang ingin mendaftar harus bisa memenuhi persyaratan registrasi yang telah ditentukan DIKTI. Informasi lebih lanjut mengenai BPP-LN silahkan anda lihat di alamat berikut ini : http://beasiswa.dikti.go.id/bppln/

8. Beasiswa Dikti Talent Scouting

Beasiswa Dikti Talent Scouting ialah beasiswa yang diperuntukkan bagi dosen tetap dari suatu Perguruan Tinggi di lingkungan Kemendikbud yang berencana melanjutkan pendidikan jenjang S3 ke luar negeri untuk mengikuti Program pembinaan Dosen.

Persyaratan Pendaftaran Program Talent Scouting

  • Memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN)
  • Usia maksimal 49 tahun.
  • Sudah mempunyai gelar Magister (S2) atau yang setara dan belum mempunyai gelar doktor (S3)
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris (nilai TOEFL ITP minimal 500 atau IELTS minimal 5,5)
  • Bersedia mengikuti pembinaan selama 1 hari.

Informasi selengkapnya mengenai Beasiswa Dikti Talent Scouting sanggup anda baca di alamat berikut : http://beasiswa.dikti.go.id/talentscouting/ 

Selain beasiswa DIKTI, adapula beasiswa lainnya yang diperuntukan bagi mahasiswa atau calon mahasiswa pada jenjang Magister dan Doktor. Beasiswa tersebut yaitu Beasiswa LPDP, dan untuk mahasiswa jenjang Diploma 4 atau Sarjana ada Djarum Beasiswa Plus, sedangkan untuk calon mahasiswa jenjang Diploma 3 atau Sarjana yaitu Bidikmisi

Demikianlah isu yang sanggup admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Beasiswa DIKTI. Mudah-mudahan isu tersebut bermanfaat untuk anda terutama yang sedang mencari info beasiswa.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa mendapat beasiswa DIKTI yang anda inginkan. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada anda pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktu untuk membaca disini. Sekian info dari admin dan salam sukses untuk kita semua.