Pendaftaran Beasiswa 8 Kampus BUMN 2020/2021, Cek Syarat Pendaftarannya

Pendaftaran Beasiswa – Khusus buat dirimu yang sedang mencari beasiswa kuliah full sampai lulus, ini saatnya dirimu mendaftarkan diri di beasiswa APERTI BUMN tahun 2020. Beasiswa ditawarkan kepada lulusan SMA/SMK tahun 2019 atau tahun 2020 yang berminat untuk mengikuti kuliah program S1/Diploma, pada satu di antara delapan perguruan tinggi dibawah APERTI BUMN, yakni Universitas Pertamina, Universitas Internasional Semen Indonesia, Telkom University, Politeknik Pos Indonesia, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik, Institut Teknologi Telkom Surabaya, Institut Teknologi PLN dan BRI Institute. Pendaftaran beasiswa APERTI BUMN ini sudah dimulai sejak 14 Mei 2020. Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa dirimu cek di bawah ini.

Info Terbaru Pendaftaran Beasiswa BUMN

Pendaftaran Beasiswa
apertibumn.org

Tahun 2020 merupakan tahun kedua di mana APERTI BUMN memberikan beasiswa pendidikan kepada putra putri berprestasi dari berbagai wilayah di Indonesia. Program beasiswa APERTI BUMN membuka kesempatan bagi 40 lulusan SMA berprestasi untuk dapat melanjutkan pendidikannya di tahun ini. Periode pendaftaran APERTI BUMN untuk seleksi beasiswa sendiri sudah dibuka tanggal 14 Mei 2020 lalu hingga 1 Juli 2020 mendatang. Proses seleksi APERTI BUMN akan mencakup seleksi akademik (termasuk mengajukan nilai rapor) dan wawancara on line.

Apa Itu APERTI BUMN?

Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN) adalah perkumpulan perguruan tinggi-perguruan tinggi yang berafiliasi dengan Badan Usaha Milik Negara, yang menjadi wadah bagi seluruh perguruan tinggi anggotanya untuk bersinergi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. APERTI BUMN didirikan oleh lima perguruan tinggi, pada tahun 2017. Kelima perguruan tinggi tersebut adalah Institut Teknologi PLN (IT PLN, dahulu Sekolah Teknik Tinggi PLN), Universitas Pertamina (UP), Telkom University (TEL-U), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG), dan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). Dalam perkembangannya, beberapa perguruan tinggi kemudian bergabung ke dalam APERTI BUMN, yaitu (sesuai urutan waktu) Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos), Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS) dan BRI Institute.

Apa Itu Beasiswa APERTI BUMN?

Tahun 2020 ini, APERTI BUMN kembali melaksanakan program beasiswa APERTI BUMN. Di mana beasiswa APERTI BUMN adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN yang ditujukan untuk seluruh siswa SMA/SMK/MA di Indonesia. Bagi seluruh peserta yang memilih Telkom University dan lulus pada beasiswa APERTI ini akan mendapatkan FULL BEASISWA sampai lulus*. Pendaftaran jalur Beasiswa APERTI BUMN ini gratis, tidak dipungut biaya.

Deretan Kampus APERTI BUMN

  1. Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute)
    Pada tahun 2018, yayasan mendirikan Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute). Misi BRI Institute ini adalah untuk berkontribusi pada pengembangan masyarakat melalui pengejaran pengajaran, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pada tingkat keunggulan pendidikan tinggi tertinggi. Institut BRI tidak hanya menawarkan mahasiswa dengan fasilitas kampus yang biasanya disediakan oleh kampus lain. Institut BRI memiliki keunggulan dalam metode pengajaran dan pembelajaran.
  2. Telkom University (Tel-U)
    Di antara segudang kampus bergengsi baik swasta mau pun milik negara di Bandung Raya, Telkom University atau biasa disingkat Tel-U tidak bisa dikesampingkan. Dalam catatan sejarah akademis Indonesia, STT Telkom, adalah kampus pertama yang menyediakan pendidikan Informasi dan Teknologi Komunikasi di Indonesia. Catatan sejarah di atas adalah salah satu fakta dari sekian banyak segmen dalam lini masa Tel-U. Mereka kini telah berkembang dengan pesat dan cukup fleksibel terhadap perubahan zaman, contohnya dengan menyediakan Laboratorium e-Commerce untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
  3. Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG)
    Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG) merupakan sekolah pertama di Indonesia yang fokus pada keilmuan Bidang Logistik dan Supply Chain Management. STIMLOG didirikan pada tanggal 22 Juli 2013 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. STIMLOG kini sudah sangat berbeda dimana saat ini sudah menunjukkan eksistensi baik di pasar maupun dalam dunia industri.
  4. Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS)
    Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS) adalah institusi pendidikan tinggi vokasi yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI) pada tahun 2001. Kampus ini bertujuan untuk mempersiapkan lulusan yang qualified dan competence dalam bidang Logistics, Supply Chain Management dan E-Commerce. Setiap tahunnya sebanyak 100 lulusan Politeknik Pos Indonesia direkrut oleh PT Pos Indonesia (persero) beserta afiliasinya dan yang lainnya disalurkan ke berbagai perusahaan mitra Politeknik Pos Indonesia.
  5. Institut Teknologi PLN (IT PLN)
    Bernaung di bawah Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT. PLN (Persero), Institut Teknologi PLN (IT PLN) didirikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga-tenaga ahli yang terdidik, terampil dan profesional di bidang ketenagalistrikan. IT PLN ini memiliki fokus dalam mencetak tenaga ahli bidang energi dan listrik yang unggul, terampil, profesional, dan berdaya saing tinggi.
  6. Universitas Pertamina
    Universitas Pertamina didirikan sebagai universitas berbasis industri dan berorientasi global. Untuk mendukung hal tersebut, Universitas Pertamina menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi lain, perusahaan, dan asosiasi profesional yang terkait dengan energi, serta sejumlah pemerintah daerah yang memberi perhatian khusus terhadap permasalahan energi. Kemitraan meliputi pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, penelitian dan pengabdian masyarakat, publikasi, program gelar ganda dan/atau penyelenggaraan seminar, simposium, lokakarya, dan/atau konferensi.
  7. Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)
    Universitas International Semen Indonesia (UISI) merupakan salah satu institusi pendidikan berjenang S1 (Sarjana) yang berkomitmen menyelenggarakan pendidikan berkualitas tinggi. Pendirian UISI diharapkan mampu memberikan inovasi yang mendukung perkembangan bangsa dan negara juga khususnya bagi PT Semen Indonesia. UISI mengkhususkan kurikulumnya pada inovasi dan keselamatan kesehatan kerja. Selain itu, keberadaan Semen Indonesia Group dan afiliasinya memberikan dukungan praktek bisnis di dalam UISI dengan beberapa aspek bidang diantaranya Tata Kelola Perusahaan yang baik, Pengembangan Teknologi Informasi, Teknologi Semen, Logistik dan Distribusi, UKM Pengembangan Masyarakat dan Ex-Mining Farming Project.
  8. Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS)
    Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTelkom Surabaya) adalah perguruan tinggi berstandar internasional yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung daya saing bangsa Indonesia. IT Telkom Surabaya (ITTS) berdiri pada tahun 2018 sebagai respon terhadap tuntutan kebutuhan tenaga profesional yang siap pakai di bidang maritim, logistik dan transportasi berbasis ICT di tiga bidang tersebut. Pada tahun pertamanya, ITTS membuka tujuh program studi jenjang sarjana yang tergabung dalam dua fakultas.

Cakupan Beasiswa APERTI BUMN

  • Mendapatkan pembiayaan pendidikan hingga lulus dengan mengikuti ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi Aperti BUMN.
  • Mahasiswa berkesempatan magang dan bekerja di sejumlah perusahaan BUMN dan perusahaan lain yang bekerja sama.

Syarat Pendaftaran Beasiswa APERTI BUMN

  1. Merupakan lulusan SMA/SMK tahun 2019 dan 2020 yang akan melanjutkan studi S1 atau Diploma di salah satu Perguruan Tinggi di bawah Aperti BUMN, yaitu: Universitas Pertamina (UP) Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Telkom University (Tel-U) Institut Teknologi PLN (IT-PLN) BRI Institute Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (Stimlog) Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos) IT Telkom Surabaya (ITTS)
  2. Proses seleksi dilaksanakan secara online berdasarkan nilai rapor yang dapat diikuti oleh lulusan SMA/sederajat tahun lulus 2019 dan 2020.
  3. Kandidat pendaftar beasiswa yang lulus ke tahap wawancara akan diumumkan tanggal 16 – 18 Juli 2020.
  4. Pengumuman penerima beasiswa dilaksanakan pada 22 Juli 2020. Informasi lengkap mengenai cakupan hingga pendaftaran beasiswa di masing-masing Perguruan Tinggi BUMN dapat diakses di laman https://apertibumn.org/

Oke, itulah informasi seputar pendaftaran beasiswa di 8 kampus milik BUMN tahun 2020 ini. Buat kalian lulusan SMA berprestasi yang ingin mendaftarkan diri, harap baca dengan teliti info di atas ya! Jika ingin mendapatkan info terbaru terkait beasiswa lainnya, kalian bisa cek situs situs Mamikos secara berkala.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close