Pembagian Polinomial Oleh Polinomial Derajat Dua Dengan Cara Bersusun, Horner, Dan Horner – Kino


Soal Terbaru – Pembagian Polinomial (Suku Banyak) oleh Polinimoal (Suku Banyak) Derajat Dua ($ax^2+bx+c$) dengan Cara Pembagian Bersusun, Skema Horner (Pembagian Sintetis) dan Pembagian Horner – Kino

 
Dalam pembagian polinomial (Suku Banyak), tidak jarang menemukan penerima didik yang masih kesulitan, terutama jikalau pembaginya berupa polinomial berderajat dua atau lebih. Pada pembahasan bahan pada kesempatan ini, Soal Terbaru akan mengulas pembagian polinomial oleh polinomial berderajat 2 secara lengkap memakai tiga cara, yaitu dengan cara pembagian bersusun, cara bagan horner (pembagian sintetis), dan pembagian Horner-Kino. Kami harapkan, dengan pemaparan lengkap tiga cara ini, sanggup menjadi rujukan embel-embel untuk adik-adik berguru sekaligus membandingkan cara mana yang paling gampang dikerjakan.
 
1. Pembagian Polinomial Dengan Cara Bersusun
 
Pembagain polinomial (suku banyak) dengan cara bersusun merupakan cara paling fleksibel, sanggup dipakai dalam menuntaskan pembagian polinomial derajat berapapun asalkan derajat pembagi tidak lebih besar dari derajat polinomial yang dibagi. Namun cara ini tentunya akan memakan waktu yang lebih banyak, alasannya yaitu biasanya cara ini lebih panjang dari cara pembagian polinomial lainnya. 
 

Pembagian polinomial dengan cara bersusun intinya ibarat mirip pembagian bersusun pada bilangan, hanya saja pada pembagian polinomial pada setiap tahap pembagian kita hanya melihat derat tertinggi polinomial yang dibagi dan derajat tertinggi polinomial pembagi.

 

 
untuk lebih jelasnya perhatikan teladan berikut ini:
 
Contoh:
Tentukan hasil bagi dan sisa pembagian jikalau suku banyak $2x^4-3x^3+4x^2-x+6$ dibagi oleh $x^2-2x-8$!
 
Jawab:
Dengan pembagian bersusun, kita selesaikan sebagai berikut:
 
 
Jadi, pembagaian suku banyak $2x^4-3x^3+4x^2-x+6$ oleh $x^2-2x-8$ kita peroleh hasil bagi $=2x^2+x+22$ dan sisa $=51x+182$
 
2. Pembagaian Polinomial dengan Cara Skema Horner (Pembagian Sintetis)
 
Pembagian polinomial oleh polinomial derajat 2 dengan cara bagan horner (pembagian sintetis) hanya sanggup dilakukan jikalau pembaginya sanggup difaktorkan, jikalau pembagianya tidak sanggup difaktorkan, maka cara ini tidak sanggup digunakan.
 
Misal suatu polinomial $f(x)$ dibagi oleh polinomial $p(x)=ax^2+bx+c$ dimana $ax^2+bx+c=a(x-k_1)(x-k_2)$ dengan $a\ne 0$ maka pembagiannya sanggup dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
 
  1. Kita bagi $f(x)$ oleh $(x-k_1)$, diperoleh: $f(x)=(x-k_1)(H_1)(x)+S_1$
  2. Hasil bagi $H_1(x)$ dibagi lagi oleh $(x-k_2)$, diperoleh: $H_1 (x)=(x-k_2)H_2 (x)+S_2$
  3. Substitusikan $H_1(x)$ ke persamaan $f(x)$, diperoleh: $$\begin{align*}f(x)&=(x-k_1)H_1(x)+S_1\\&=(x-k_1)[(x-k_2)H_2(x)+S_2]+S_1\\&=(x-k_1)(x-k_2)H_2(x)+S_2 (x-k_1)+S_1\\&=a(x-k_1)(x-k_2)\frac{H_2(x)}{a}+S_2(x-k_1)+S_1\\&=(ax^2+bx+c)\frac{H_2(x)}{a}+S_2(x-k_1)+S_1\end{align*}$$
 
Jadi, $f(x)=a(x-k_1)(x-k_2)\frac{H_2(x)}{a}+S_2(x-k_1)+S_1$
dengan demikian, jikalau suatu polinomial $f(x)$ dibagi oleh $ax^2+bx+c=a(x-k_1)(x-k_2)$ maka:
  1. Hasil Bagi $=\frac{H_2(x)}{a}$
  2. Sisa $=S_2(x-k_1)+S_1$


Sebagai contoh, akan saya gunakan soal yang sama dengan pembagian bersusun di atas:


Contoh:
Tentukan hasil bagi dan sisa pembagian suku banyak $2x^4-3x^3+4x^2-x+6$ oleh $x^2-2x-8$

Jawab:
$f(x)=2x^4-3x^3+4x^2-x+6$
$p(x)=x^2-2x-8=(x-4)(x+2)$ maka $k_1=4$ dan $k_2=-2$


Kita peroleh:
Hasil Bagi : $2x^2+x+22$
$\begin{align*}\text{Sisa}&=S_2(x-k_1)+S_1\\&=51(x-4)+386\\&=51x-204+386\\&=51x+182\end{align*}$


3. Pembagian Polinomial dengan Cara Skema Horner – Kino

Berbeda dengan Horner Biasa, pembagian polinomial dengan bagan Horner – Kino tidak terbatas pada pembagi yang sanggup difaktorkan, dengan kata lain, meski pembagi berderajat dua sulit untuk difaktorkan dan tidak sanggup dengan cara horner biasa, maka pembagian polinomial tersebut masih sanggup memakai Horner – Kino.

Nama Horner – Kino sendiri diambil dari nama pencetusnya, seorang penulis buku matematika yang sangat populer dan bukunya banyak beredar dan banyak dipakai sebagai rujukan pembelajaran di sekolah dia yaitu Bapak Sukino, M. Sc, 

Misal suatu polinomial $f(x)=px^4+qx^3+rx^2+sx+t$ dibagi oleh $p(x)=ax^2+bx+c$.

terlebih dahulu kita tentukan $k_1=-\frac{c}{a}$ dan $k_2=-\frac{b}{a}$ kemudian ikuti pola Horner – Kino sebagai berikut:

Untuk lebih jelasnya perhatikan teladan berikut:

Contoh 1:
Tentukan hasil bagi dan sisa pembagian suku banyak $2x^4-3x^3+4x^2-x+6$ oleh $x^2-2x-8$


Jawab:
$k_1=-\frac{c}{a}=-\frac{-8}{1}=8$
$k_2=-\frac{b}{a}=-\frac{-2}{1}=2$

Maka kita peroleh hasil bagi $=2x^2+x+22$ dan Sisa $=51x+182$


Sudah mengerti?
jika belum, perhatikan teladan ke dua berikut ini:


Contoh 2:
Tentukan hasil bagi dan sisa pembagian polinomial $x^4+2x^2-9x-18$ oleh $x^2-x-1$.

Jawab:
pembagi merupakan polinomial derajat dua yang sulit difaktorkan, jadi soal ini tidak sanggup diselesaikan dengan metode horner biasa, kita akan menuntaskan soal ini dengan horner – Kino.

$k_1=-\frac{c}{a}=1$
$k_2=-\frac{b}{a}=1$

sehingga:

maka kita peroleh hasil bagi $=x^2+x+4$ dan sisa $=-4x-14$

Demikianlah cara menuntaskan soal pembagian polinomial oleh polinomial derajat dua dengan cara pembagian bersusun, cara horner (pembagian sintetis) dan cara bagan Horner – Kino.

Semoga goresan pena ini bermanfaat, dan jangan lupa lihat video pembelajaran matematika kami di https://youtube.com/m4thlab dan like fans page facebook kami di https://facebook.com/mathlabsite 

 

Loading...
loading...
close