Panduan Sholat Istikhoroh

Pendahuluan

Setiap insan tidak ada yang tahu hari esok bahkan sesudah detik inipun tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi.
Manusia yang makin hari semakin banyak saja kegiatannya dan tentu niscaya pada setiap waktunya menemukan hal yang gres entah sedikit atapun banyak. Pada setiap yang gres itulah mungkin bagi sebagian orang mempunyai rasa gundah tidak tahu atau mungkin kurang yakin. Untuk itulah sebagai seorang muslim baik itu dalam kedaan yang tidak gundah ataupun gundah dalam mengahapi sesuatu ada suatu amalan sunah yang baik sekali untuk dilaksanakan, yaitu Sholat Istikhoroh.

Sebagai catatan, bagi sebagian orang mungkin sholat istikhoroh yaitu sholat di ketika ingin menentukan pilihan seperti  memilihi jodoh mana yang terbaik dinatara dua calon yang ada, atau mentukan menentukan satu pekerjaan diantara dua pekerjaan yang bisa kita lakukan, dan lain- lain. Namun ternyata Rosululloh melakukannya tidak hanya ketika menentukan saja bahkan disetiap kesempatan jikalau ingin melaksanakan sesuatu.

Artinya :
Rasululloha Solallohu alihi wassalam mengajari kami sholat istikhoroh dalam setiap kasus / urusan yang akan kami lakukan, sebagaimana dia mengajarkan kami suatu surah dari Alqur’an. Beliau berkata :’ Jika dianatara kalian berniat dalam suatu urusan maka lakukanlah sholat dua rakaat yang bukan sholat wajib, kemudian berdoalab ( HR Al Bukhori)

Namun tidaklah salah jikalau dalam setiap ingin mencari pilihan kemudian melaksanakan sholat istikhoroh hanya saja sholat istikhoroh tidak hanya dalam ketika kesulitan dan kebingungan saja melainkan bisa dalam setiap aktivitas yang akan dilakukan.

Kaprikornus jikalau ingin melaksanakan sesuatu sholatlah dua rakaat yang bukan sholat wajib.

Waktu Sholat Istikhaoroh

Waktu mengerjakannya bisa siang ataupun malam namun lebih utama yaitu malam hari ibarat mengerjakan sholat tahajud sesudah megerjakan sholat kemudian berdoa mengutarakan maksud dan tujuan melaksanakan sholat istikhoroh. Memohon petunjuknya upaya mendapat yang terbaik.

Baca Juga  Tuntunan Sholat, Syarat, Rukun, Pembatal, Sunah

Cara Melaksanakannya

Adapun cara melaksanakannya yaitu ibarat sholat pada umumnya, hanya saja niatnya yang berbeda. Jumlah rakaatnya yaitu dua rakaat.

Silahkan Bisa Di Baca Juga Tata Cara Sholat Beserta Gambar dan Doanya

Pada Rakaat pertama sesudah membaca surat alfatihah di utamakan mebaca surat alkafirun
kemudian pada rakaat kedua sesudah membaca surat alfatihah al ikhlas.
Namun demikian surat yang lainpun boleh untuk dibaca.

Doa Setelah Sholat Istikhoroh

Berdoalah dengan bahasa sendiri sehingga diri ini hapal betul dengan maksud dari yang diucapkan. Namun demikian ada doa yang dianjurkan di baca sesudah sholat istikhoroh, silahkan bisa di baca, baca juga artinya semoga paham maksud dari doa yang di baca. Doanya yaitu sebagai berikut :

Artinya :

Ya Alloh bekerjsama saya memohon kepadaMu, pilihkanlah bagiku mana yang baik bagiku berdasarkan ilmuMu, dan saya memohon kepadaMu kekuatan dengan kudrotMu, dan saya memohon dengan karuniaMu yang besar alasannya yaitu bekerjsama Engkau mengetahui sedang saya tidak mengetahui dan Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala kasus yang ghoib. Ya Alloh, jikalau memang telah Engkau ketahui dann niscaya Engkau tahu bahwa kasus ini baik bagiku dalam urusan agamaku dan penghidupanku serta akhir urusanku, maka takdirkanlah ia untukku dan mudahkanlah ia bagiku, serta berkahilah bagiku didalamnya. Tetapi jikalau engkau ketahui bahwa kasus ini jelek bagiku dalam agamaku dan penghidupanku serta akhir urusanku, maka hindarkanlah ia bagiku dan jauhkan pula saya darinya. Dan takdirkanlah kebaikan bagiku dimana saja adanya, kemudian jadikanlah hatiku meridhoinya. “

Demikian Pandun Sholat Istikhoroh gampang – mudahan bermanfaat

Baca Juga perihal Tips Bepergian Supaya Tidak Sulit Melaksanakan Sholat

loading...