Nun Tasydid Dan Mim Tasydid

Tasydid ialah tanda kepala sin, tanda itu ada di sebebkan oleh dua hal, yaitu oleh aturan bacaan dan yang kedua alasannya ialah awalmulayan dari dua huruf, yang satu perharakat dan yang satunya lagi bersukun. Tanda tasydid alasannya ialah aturan bacaan maksudnya menyerupai Idghom Bigunah atau alif lam syamsiyah. Idghom bigunah dan alif lam syamsiyah pada al qur’an untuk mempermudah biasanya deberikan tanda tasydid. Nah kali ini tasydid yang akan di bahas ialah tasydid yang berada pada karakter nun dan mim saja. Baca juga cara membaca miem sukun

Nun Tasydid dan Mim Tasydid

Nun dan mim tasydid menyerupai yang di maksud di atas alasannya ialah peggantian dari dua karakter yang satu perharakat dan yang satu bersukun maka disebutnya ialah Ghunnah.
Yaitu wajib mendengung.

Contoh :

Perhatikan pola berikut ini.

Pada pola di atas ini yang pertama di baca innaa tidak boleh di baca ina dan yang keduan di baca ‘amma tidak boleh di baca ‘ama.

Pada pola kedua ini yang pertama dibaca mimma dan yang keduanya di baca lamma.



Contoh dalam Al – Qur an


Selain pola yang aku tuliskan dapat di cari juga dalam Al Qur’an sebagai pola dalam Al Qur’an. Bisa sekalian di buka Al Qur’an nya.

1. Al ‘asr ayat ke 2.

2. Az Zalzalah ayat 5.

3. At Tariq Ayar 5

4. At Tariq Ayat 8

Baca Juga  Tajwid Surat Al Mu'minun Ayat 12-14

Untuk Contoh Dalam Al Qur’an masih sangat banyak sekali. Silahkan saja ikuti pola di atas untuk mencari gunnah yang lainnya. Bisa dari surat – surat pendek biar sekalian menghafal dapat juga dari awal surat sekalian tadarus Al Qua’an.
Sering – seringlah mebaca Al Qur an apalagi hingga mengerti maknanya. Untuk menegrti maknanya belajarlah pada gurunya biar mendapat pemahaman yang tepat.

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan belakang layar dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Silahkan baca juga Keutamaan Membaca Al Qur’an  Silahakn Juga membaca Tentang tajwid lainnya disini Ilmu Tajwid.
Praktis – mudahan dengan kita mengetahui keutamaan membaca Al Qur’an dan bagaimana tajwidnya menimbulkan kita termasuk orang yang selalu mengamalkan Al Qur’an sehingga kita termasuk otang yang disebutkan dalam QS Fathir 29-30 di atas, yaitu orang yang mengharafkan perniagaan yang tidak rugi. aamiin Allohumma Ammin.
Jika kita membaca alqur’an belum lancarpun tetap mendapat kebaikan. Seperti pada keterangan brikut ini : 
“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Alquran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Alquran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).
Sungguh tidak ada ruginya berguru membaca Al Qur’an.
Sekian pembahasan tentang Nun Tasydid dan Mim Tasydid dengan dibumbui keterangan keutamaan membaca Al Qur an biar kita tahu dan hasilnya sadar keutamaannya untuk kemudian menjadi semangat untuk mempelajarinya dan mengamalkannya. aamiin.

Sumber Tambahan
Buku Pelajaran Tajwid Abdullah Asy Ari BA

loading...
close