Nilai UTBK dirimu 400? Tenang, Ini Solusinya

Nilai UTBK dirimu 400? Tenang Ini Solusinya – Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) ibarat gerbang untuk bisa diterima di Perguruan Tinggi. Dengan nilai UTBK yang tinggi, pendaftar bisa lebih optimis masuk program studi idamannya.

Solusi untuk Nilai UTBK 400

mediaindonesia.com

Sayangnya untuk mendapatkan nilai UTBK tinggi atau di atas 400, diperlukan usaha lebih keras. dirimu tidak bisa menerapkan sistem belajar kebut semalam atau belajar H-1 sebelum ujian dimulai. Apalagi materi yang diujikan saat UTBK meliputi Tes Kompetensi Akademik (TKA) sesuai kelompok ujian pilihanmu dan Tes Potensi Skolastik (TPS).

Terkadang pendaftar UTBK akan merasa bersedih, bahkan putus asa ketika mendapatkan nilai yang tidak sesuai harapan. Padahal, pendaftar perlu berusaha mendapatkan skor rata-rata sesuai program studi yang diinginkan, misalnya saja ada program studi dengan rata-rata nilai UTBK 600. Ditambah lagi persaingan masuk Perguruan Tinggi dengan nilai UTBK tidak mudah karena lulusan tahun 2019 dan 2020 bisa mengikuti UTBK. Agar aman dan berpeluang diterima, nilai UTBK yang harus diperoleh pasti lebih dari 600. Lalu, bagaimana cara agar nilai UTBK bisa di atas 400? Berikut informasinya.

1.Mencari Tahu Daya Tampung Program Studi

pixabay.com

Informasi terkait daya tampung program studi di suatu Perguran Tinggi adalah informasi penting yang wajib dicari pendaftar dengan nilai UTBK 400. Sebab, dari data tersebut lah dirimu bisa memperkirakan peluang diterima dengan bekal nilai UTBK milikmu. Alokasi kuota bagi mahasiswa baru dengan nilai UTBK tersedia bagi pendaftar yang masuk melalui SBMPTN serta ujian mandiri (di beberapa Perguruan Tinggi).

Daya tampung program studi yang cukup besar menandakan bahwa peluang masuk di program studi tersebut juga besar. Bayangkan saja jika kuota atau daya tampung program studi hanya belasan kursi, sedangkan pendaftarnya berjumlah ratusan, persaingan dengan nilai UTBK 400 akan semakin ketat. Belum lagi jumlah pendaftar UTBK tahun 2021 kemungkinan akan lebih banyak dibandingkan pendaftar tahun lalu. Oleh karena itu, lakukan analisis mendalam terkait program studi dan kuotanya sebelum dirimu mendaftarkan diri.

2.Mencari Jurusan dengan Keketatan Rendah

pixabay.com

Peluang kuliah dengan nilai UTBK 400 pun bisa dirimu dapatkan dengan memilih jurusan kuliah yang persaingan masuknya mudah. Dengan mencari tahu jurusan keketatan rendah di setiap Perguruan Tinggi, dirimu bisa memetakan jurusan-jurusan tersebut dan membandingkannya satu sama lain. Cara tersebut juga dapat dilakukan untuk membantumu memutuskan harus masuk jurusan apa dengan nilai UTBK 400. Usahakan memilih jurusan yang kuotanya besar atau banyak agar peluangmu masuk juga semakin besar.

3.Mencari Jurusan dengan Nilai UTBK 400

pixabay.com

Bagi dirimu yang masih selalu konsisten mendapatkan nilai UTBK 400 dan tidak mengalami perkembangan pesat, cobalah mencari tahu informasi nilai UTBK 400 masuk PTN mana. Dengan nilai UTBK 400, dirimu bisa masuk PTN dengan jurusan yang kurang diminati atau jurusan lain dengan peminat sedikit.

Jika masih ada pertanyaan ‘skor UTBK 400 masuk mana?’ tentu dirimu perlu mencari tahu berbagai macam Perguruan Tinggi di Indonesia untuk bisa menentukan jurusan yang tepat. Mulailah dengan mencari kampus di lokasi domisilimu, kemudian mencari tahu jurusan-jurusan yang ditawarkan beserta kuota masing-masing jurusan tersebut.

4.Terus Belajar Untuk Meningkatkan Nilai UTBK

pixabay.com

Untuk mengetahui nilai UTBK terbaru, biasanya pendaftar melakukan simulasi UTBK mandiri atau dengan mengikuti try out online ataupun offline. Selama UTBK belum dilaksanakan dan nilai UTBK-mu masih mungkin untuk ditingkatkan. Cara meningkatkan nilai UTBK 400 bisa dilakukan dengan mengubah metode belajar.

Jika selama ini dirimu hanya fokus mengerjakan soal-soal UTBK, sehingga mengesampingkan pemahaman konsep, cobalah untuk mengganti cara belajar. Mulailah dengan membuat daftar materi pelajaran yang nilainya masih rendah, kemudian fokuskan pada konsep-konsep mata pelajaran tersebut. Apabila dirimu sudah menguasai konsep-konsep pada soal, ketika ada soal baru yang belum pernah dirimu kerjakan sebelumnya, dirimu tidak akan bingung dan kehabisan waktu untuk menyelesaikannya. Nilai UTBK-mu pun perlahan akan meningkat.

5.Belajar Sedikit Demi Sedikit

pixabay.com

Kesuksesan untuk mendapatkan nilai UTBK di atas 400 juga dipengaruhi metode belajar. Belajar sedikit demi sedikit secara rutin setiap hari akan lebih maksimal dibandingkan belajar banyak materi sekaligus dalam satu malam. Tantangan untuk belajar efektif menjelang UTBK pasti sangat berat, apalagi ada banyak materi yang perlu dipelajari, seperti materi Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) sesuai kelompok ujian pilihan pendaftar. Di samping itu, hilangnya motivasi belajar dan rasa bosan belajar pun biasanya dialami oleh pendaftar.

Untuk mengantisipasi kebosanan dalam belajar, lakukan pembagian materi berdasarkan kelompok sesuai keinginanmu. Lalu, pelajari materi tersebut sedikit demi sedikit. dirimu bisa menerapkan metode belajar yang cukup disiplin, seperti dengan mengalokasikan waktu khusus untuk belajar materi A, materi B, dan seterusnya. Jangan lupa pula untuk menghitung kecepatan mengerjakan soal karena pada UTBK nanti, nilai terbaik akan didapatkan pendaftar yang bisa menyelesaikan soal secara tepat dan cepat.

6.Mencari Jurusan dengan Nilai UTBK Terendah

pixabay.com

Masih tidak mengalami peningkatan skor? Nilai UTBK untuk masuk PTN yang bervariasi perlu dirimu cari tahu sebelum memilih jurusan atau program studi. Dengan nilai UTBK pas-pasan dan tidak bisa mencapai nilai UTBK lebih tinggi lagi, dirimu perlu mengubah rencana pilihan jurusan. Terdapat jurusan-jurusan kurang favorit dengan nilai UTBK terendah. Memilih jurusan tersebut akan memberikanmu peluang diterima lebih besar dibandingkan memilih jurusan favorit dengan daya saing tinggi.

Apa saja jurusan dengan nilai UTBK terendah? Pada setiap Perguruan Tinggi, jurusan-jurusan tersebut pasti akan berbeda. Cari tahu informasi jurusan yang kurang diminati di kampus tujuanmu, sehingga dirimu bisa menentukan apakah akan mendaftar di jurusan tersebut atau pindah ke jurusan yang sama tetapi di kampus lainnya.

7.Tidak Mendaftar di Jurusan Favorit

pixabay.com

Mendaftarkan diri di jurusan favorit Perguruan Tinggi hanya akan membuang peluang untuk diterima. Sebab, pendaftar di jurusan tersebut pasti memiliki nilai UTBK tinggi. Perbesar peluangmu untuk bisa berkuliah di Perguruan Tinggi idaman dengan memilih jurusan yang sesuai kapasitas. Apabila ada jurusan dengan rata-rata nilai UTBK 500, sebaiknya hindari mendaftar jurusan tersebut karena ada kemungkinan bahwa di tahun 2021 nilai rata-rata UTBK-nya naik meskipun bisa juga akan turun.

Demikian informasi mengenai solusi jika nilai UTBK dirimu 400. Masih ada waktu dan kesempatan untuk mengingkatkan nilai UTBK agar di atas rata-rata program studi idamanmu. Lakukan tips-tips di atas apabila nilaimu masih belum mencapai target. Jangan lupa untuk membuat jadwal khusus try out atau evaluasi secara mandiri untuk mengetahui kemajuan hasil belajarmu. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close