Mengenal Sistem Skor Nilai IRT Pada UTBK SBMPTN, Apa Itu?

Mengenal Sistem Skor Nilai IRT Pada UTBK SBMPTN, Apa Itu?
Peserta UTBK 2021, bagaimana kabarmu hari ini? Semoga masih tetap semangat, ya. UTBK gelombang pertama masih berlangsung, nih sekarang.  Bagi teman-teman yang belum melaksanakan UTBK kalian harus tetap optimis, Persiapkan diri sebaik-baiknya, jangan sampai sakit. Ini adalah momen dimana dirimu bisa berkuliah di universitas negeri impianmu. 

Sistem Skor nilai IRT pada UTBK SBMPTN

pixabay.com

Berbicara tentang Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK, dirimu sudah tahu belum informasi tentang sistem penilaian UTBK tahun ini? Penilaian UTBK masih menggunakan sistem lama, yaitu sistem skor nilai Item Response Theory (IRT). Sistem ini sudah digunakan LTMPT sejak UTBK tahun 2018, loh.

Pada UTBK tahun 2017, penilaian dilakukan dengan menggunakan teori klasik, yaitu jawaban benar akan diberi skor 4, jawaban salah akan diberikan skor (-1), dan jawaban kosong atau tidak menjawab mendapat skor 0. Namun,cara ini ternyata sudah lama ditinggalkan dan digantikan dengan  sistem skor nilai IRT.

Nampaknya masih banyak peserta UTBK 2021 yang belum mengenal sistem skor nilai IRT ini. Benar begitu? Baiklah, Mamikos akan menerangkan secara jelas di sini. Simak bersama, yuk. 

Apa Itu Sistem Skor Nilai IRT?

Singkatnya, Item Response Theory atau disingkat IRT adalah penilaian yang diberikan berdasarkan tingkat kesulitan soal, bukan menurut benar atau salahnya seperti cara penilaian klasik. 

Sistem skor nilai IRT menguntungka bagi peserta UTBK. Pertama, peserta tidak akan mendapat nilai minus (-) apabila jawaban yang diberikan salah, Nah, apabila waktu pengerjaan hampir habis dan masih banyak jawaban yang dirimu kosongkan, sebaiknya diisi saja, siapa tahu jawaban tebak-tebakanmu benar dan mendapat nilai. Kedua, peserta tidak perlu memikirkan skor saat ujian karena bobot skor baru akan ditentukan setelah ujian selesai diselenggarakan.

Loh, kenapa bobot soal baru ditentukan setelah ujian selesai diselenggarakan? Itulah fungsi sistem skor nilai IRT. Seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa IRT menilai berdasarkan tingkat kesulitan soal. Setelah ujian selesai, soal-soal yang dijawab benar oleh peserta akan dianalisis oleh IRT. 

Misalnya, salah satu soal dijawab benar oleh sebagian besar peserta, maka kemungkinan bobot soal tersebut rendah karena dianggap mudah. Sedangkan, soal yang memiliki jumlah jawaban benar dan salah yang hampir sama atau lebih banyak jawaban salah, maka bobot soal yang akan diberikan tinggi karena soal tersebut dinilai sulit untuk dikerjakan. Istilahnya, peserta yang berhasil menjawab benar soal tersebut akan diberi nilai tinggi karena dianggap mampu menyelesaikan soal sulit dengan baik. 

Tahapan Sistem Skor Nilai IRT

Untuk mengenal sistem skor nilai IRT pada UTBK SBMPTN lebih dalam lagi, berikut ini tahapan penilaian yang harus dirimu ketahui.

1. Tahapan Pertama

Setiap jawaban benar yang diberikan peserta akan mendapat skor 1 poin dan setiap soal yang dijawab salah atau tidak dijawab mendapat skor 0. Ingat, tidak ada nilai minus untuk setiap jawaban salah.

2. Tahapan Kedua

Pada tahap inilah sistem skor nilai IRT bekerja. IRT akan menganalisis karakteristik setiap soal berdasarkan jawaban benar dari peserta UTBK. Hasil dari tahap kedua ini akan menentukan soal-soal dari yang paling sulit hingga yang palin mudah. 

3. Tahap Ketiga

Setelah semua soal dianalisis dan diketahui karakternya mulai dari yang tersulit hingga yang termudah. Soal-soal tersebut akan diberikan bobot penilaian. Kemudian, hasil jawaban peserta ujian UTBK SBMPTN baru bisa dihitung. 

Sistem skor nilai IRT ini dianggap adil untuk menilai kemampuan setiap peserta ujian. Dengan sistem ini juga diharapkan perguruan tinggi di Indonesia akan mendapat calon mahasiswa dengan kemampuan yang baik. 

Strategi Mengerjakan Soal UTBK dengan Sistem Skor Nilai IRT

Mengikuti UTBK SNMTN tidak hanya membutuhkan kemampuan belajar dan memecahkan soal saja, tapi dirimu juga perlu membuat strategi mengerjakan soal karena ada pembatasan waktu. 

Simak, strategi di bawah ini agar dirimu bisa mendapat skor yang tinggi.

  1. Pastikan semua soal terjawab karena tidak ada penilaian minus. Jika dirimu merasa soal tersebut sulit dipecahkan setelah beberapa kali mencoba, lewati dan kerjakan soal yang lain. Jika masih ada soal yang belum terjawab tapi waktunya sudah hampir habis, isi jawaban apa saja, jangan biarkan kosong. 
  2. Sisakan waktu minimal 5 menit diakhir untuk melihat kembali soal-soal yang belum dirimu jawab tadi. Baca dengan cermat dan fokus. Siapa tahu itu soal sulit yang berhasil dirimu kerjakan dan mendapat bobot nilai tinggi. Namun, dirimu tidak perlu tertekan dengan menebak-nebak soal yang sulit. Sulit menurutmu belum tentu sulit untuk orang lain. 
  3. Mengeliminasi jawaban salah. Ini adalah salah satu cara untuk menjawab soal yang dirimu rasa sulit. Keluarkan pilihan jawaban yang dirimu anggap tidak tepat. Dengan begitu, dirimu hanya memiliki pilihan jawaban yang lebih sedikit sehingga dirimu akan lebih mudah menentukan jawaban yang paling benar. 

Pada intinya dirimu harus berusaha menjawab semua soal dengan benar dan terisi semua untuk mendapatkan skor yang tinggi. Usahakan untuk tidak meninggalkan jawaban kosong. 

Waktu Pelaksanaan UTBK 2021

Waktu Pelaksanaan UTBK–SBMPTN 2021, yaitu :

  1. Gelombang 1: 12-18 April 2021
  2. Gelombang 2: 26-30 April 2021 serta 01-02 Mei 2021
  3. Pada gelombang 2, Pusat UTBK UI, UNJ, dan UPN Jakarta ditambah waktu pelaksanaannya yaitu pada tanggal 3 – 4 Mei 2021 sebanyak 4 sesi dan Pusat UTBK Unsulbar pada tanggal 3 Mei 2021 sebanyak 2 sesi.

Jangan lupa ada penyesuaian waktu pelaksanaan untuk UTBK yang dilaksanakan pada hari Jumat. Perhatikan jadwalnya baik-baik, ya teman-teman. 

Barang yang Harus Dibawa Saat Pelaksanaan UTBK 

  1. Kartu peserta
  2.  Kartu identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar)
  3. Fotokopi ijazah yang dilegalisir atau Surat Keterangan Lulus (SKL) yang ditandatangani oleh kepala sekolah serta berisi nama siswa, NISN siswa, NPSN sekolah, dan pas foto siswa terbaru atau Surat Keterangan kelas 12 dari kepala sekolah yang bersangkutan (asli) disertai dengan foto terbaru siswa ukuran 4×6 (berwarna), stempel/cap sekolah dan tanda tangan kepala sekolah – 
  4. Masker medis atau bedah dan handsanitizer dengan konsentrasi alkohol 70 persen. 
  5. Perlengkapan ibadah pribadi

Beberapa PUSAT UTBK mengharuskan peserta untuk melakukan tes Covid-19 terlebih dahulu. Oleh sebab itu, cari informasi selengkap-lengkapnya tentang pusat UTBK tempatmu melakukan ujian agar semuanya berjalan lancar. 

dirimu juga harus mencari tahu lokasi gedung UTBK agar tidak tersesat saat hari pelaksanaan. Minimal dirimu melakukan pengecekan secara virtual karena beberapa kampus melarang melakukan survei secara langsung. Ada juga pusat UTBK yang telah menerangkan denah lokasi di situs resmi dan media sosial mereka masing-masing. Segera cek, ya. 

Ayo, teman-teman, kumpulkan informasi tentang semua yang berhubungan dengan pelaksanaan tes UTBK SBMPTN. dirimu bisa dapatkan informasi-informasi tersebut dari artikel mamikos yang selalu diperbaharui setiap saat. 

Demikian pengenalan sistem skor nilai IRT dan informasi lainnya seputar UTBK SBMPTN 2021 yang dapat Mamikos bagikan. Selamat berjuang, teman-teman!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close