Mengenal Lintas Jurusan (Linjur) SNMPTN 2021

Mengenal Lintas Jurusan (Linjur) SNMPTN 2021 – Informasi mengenai mekanisme lintas jurusan (linjur) pada seleksi jalur SNMPTN 2021 sedang banyak dicari. Sebab, ada peluang untuk bisa memilih jurusan di bangku perkuliahan yang berbeda dengan jurusan ketika di sekolah menengah.

Informasi Lengkap Lintas Jurusan SNMPTN 2021

unsplash.com

Pernah mendengar para siswa sekolah menengah mengeluh karena merasa salah memilih jurusan? Rasa galau karena sudah bersusah payah menempuh studi di sekolah harus tetap berlanjut hingga bangku perkuliahan. Ketika berada di sekolah menengah seorang siswa sudah mengambil jurusan IPA, besar kemungkinan ketika akan meneruskan studi di Perguruan Tinggi ia harus memilih program studi yang terkait dengan IPA pula di kelompok saintek. Begitu juga sebaliknya. Siswa yang berasal dari jurusan IPS di sekolah hanya diziinkan mendaftar program studi kelompok soshum.

Adanya peluang lintas jurusan seakan menjadi solusi bagi para siswa-siswi lulusan sekolah menengah yang baru menyadari potensinya. Sekalipun sudah belajar materi IPA bertahun-tahun, ada yang baru mengetahui bahwa kemampuannya ada di bidang sosial. Peluang untuk bisa lintas jurusan di SNMPTN 2021 bisa dirimu dapatkan. Bagaimana caranya? Simak pembahasan berikut.

Informasi Lintas Jurusan SNMPTN 2021

Bagi dirimu yang sudah mendapatkan kesempatan untuk mendaftar program studi di PTN melalui jalur SNMPTN 2021, proses pemilihan jurusan tidak boleh dilakukan sembarangan. Tidak banyak siswa sekolah menengah yang mendapatkan kesempatan ini, apalagi kuota siswa setiap sekolah dibatasi berdasarkan tingkat akreditasi.

Jika selama ini dirimu menempuh studi di jurusan IPA atau IPS ketika sekolah, dirimu bisa memilih program studi di kelompok berbeda ketika SNMPTN 2021. Adanya lintas jurusan atau linjur memungkinkan pendaftarnya untuk memilih program studi kampus yang berbeda dari jurusan asal. Misalnya saja dirimu yang berasal dari jurusan IPA bisa mendaftar program studi kelompok Soshum di Perguruan Tinggi. Sebaliknya, siswa-siswi dari jurusan IPS dapat mendaftar program studi kelompok Saintek ketika mendaftar SNMPTN 2021 di PTN tujuan.

Akan lebih mudah bagi dirimu untuk mengetahui PTN yang memperbolehkan lintas jurusan SNMPTN 2021 dengan mencari langsung melalui website resminya. Setiap kampus mempunyai program studi berbeda-beda yang ditawarkan saat SNMPTN. Ada yang membuka kuota pada setiap program studi jurusannya, tetapi ada pula yang hanya membuka kuota untuk beberapa program studi saja.

Pembagian Program Studi di Perguruan Tinggi

Perguruan Tinggi Negeri membagi program studinya ke dalam dua kategori, yaitu kelompok saintek dan kelompok soshum. Kelompok saintek umumnya berkaitan erat dengan program studi bidang sains dan teknologi, misalnya Program Studi Teknik, Program Studi Kedokteran, Program Studi MIPA, dan sebagainya. Kelompok soshum mencakup program studi kelompok ilmu sosial dam humaniora, seperti Program Studi Ekonomi, Program Studi Bahasa dan Sastra, Program Studi Hukum, dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa pengelompokan program studi tersebut bisa berbeda di setiap PTN. Misalnya saja ada yang mengelompokkan Program Studi Psikologi pada kelompok saintek dan bukan kelompok soshum. Di kampus Institut Pertanian Bogor, dirimu akan mendapati adanya program studi terkait ilmu sosial justru di kelompok saintek. Sangat penting membaca aturan terkait pemilihan program studi dan pengkategoriannya agar tidak salah memilih.

Mula-mula, dirimu bisa mencocokkan jurusan sekolah dengan kelompok program studi di PTN tujuan. Apabila jurusanmu sama dengan kelompok program studi di PTN, artinya dirimu tidak perlu lintas jurusan. Jika jurusanmu berbeda, artinya dirimu perlu melakukan lintas jurusan untuk bisa diterima di program studi yang diinginkan.

Kebijakan Lintas Jurusan SNMPTN 2021

Apakah setiap PTN mengizinkan pendaftar SNMPTN 2021 untuk lintas jurusan? Ternyata kebijakan tersebut ditentukan masing-masing PTN. Panitia penyelenggara SNMPTN memberikan kebebasan bagi PTN terkait aturan lintas jurusan. Biasanya PTN akan membuat daftar jurusan yang dapat dipilih ketika lintas jurusan.

Sebagai ilustrasi, ketika dirimu membuka laman website salah satu kampus di Indonesia yang termasuk kategori kelompok soshum, dirimu bisa mengeklik pilihan ‘Program Studi Ilmu Komunikasi’. Akan ada pilihan kolom ‘Daftar Jurusan yang Dapat Memilih Program ini’. Meskipun program studi tersebut termasuk kelompok soshum, jika pada kolom daftar jurusan yang dapat memilih program terdapat keterangan: IPS, IPA, dan SMK (Jurusan Multimedia, Jurusan Pertelevisian, dll), artinya dirimu yang berasal dari jurusan IPA ketika SMA pun bisa memilihnya.

Contoh lainnya adalah Program Studi Farmasi yang seharusnya hanya bisa diakses oleh lulusan SMA jurusan IPA. Ketika dirimu melihat ‘Daftar Jurusan yang Dapat Memilih Program ini’, terdapat keterangan bahwa yang dapat mendaftar adalah jurusan IPA dan SMK (Jurusan Farmasi, Jurusan Kesehatan, dll). Artinya peluang masuk Program Studi Farmasi tersebut bisa didapatkan oleh lulusan SMK pula.

Kebijakan untuk memberikan kesempatan bagi jurusan SMA/SMK/MA ini berbeda-beda di setiap PTN. Jangan kaget jika mendapati adanya aturan berbeda di kampus idamanmu. Cari tahu informasi lintas jurusan dengan melihat website resmi PTN untuk mengetahui apakah program studi tujuanmu menerima lintas jurusan.

Daftar Universitas yang Membolehkan Lintas Jurusan 2021 SNMPTN

Jika dirimu belum mendapatkan informasi mengenai PTN yang memperbolehkan linjur SNMPTN 2021, gunakan daftar universitas yang membolehkan lintas jurusan 2020 SNMPTN sebagai acuan. Sebab, ada PTN yang tidak mengizinkan lintas jurusan SNMPTN 2021, seperti Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Jika dirimu ingin mengambil peluang lintas jurusan, cobalah saat mendaftar UTBK – SBMPTN 2021. Adapun kampus yang mengizinkan pendaftarnya lintas jurusan saat SNMPTN 2021 antara lain:

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  4. Universitas Airlangga (UNAIR)
  5. Universitas Brawijaya (UB)
  6. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Masih ada kampus lainnya yang mengizinkan pendaftar untuk lintas jurusan. Ketika memutuskan untuk lintas jurusan, dirimu juga perlu mengetahui tingkat keketatan persaingan. dirimu tidak hanya bersaing dengan pendaftar sesama lintas jurusan saja, tetapi juga pendaftar dari jurusan yang linier. Pertimbangkan nilai rapor yang dirimu miliki jika benar-benar ingin melakukan lintas jurusan saat SNMPTN 2021.

Peluang Kelulusan Lintas Jurusan SNMPTN 2021

Berapa persen peluang diterima saat memilih lintas jurusan SNMPTN 2021? Setiap pendaftar pasti berharap agar diterima di program studi pilihannya. Namun, perlu dirimu ketahui bahwa persaingan akan semakin ketat karena di program studi yang mengizikan lintas jurusan, pendaftarnya akan lebih banyak.

Seleksi SNMPTN 2021 yang tertutup juga membuat pendaftar semakin berdebar-debar menantikan hasilnya. Untuk mendapatkan gambaran, lakukan analisis nilai rapor dan lihat data sebaran alumni atau siswa yang diterima SNMPTN pada setiap jurusan PTN. Alternatif cara lainnya adalah dengan melihat persentase penerimaan di PTN tujuan. Misalnya saja pada Program Studi Psikologi ada 90% yang diterima dari jurusan IPS dan 10% dari jurusan IPA. Artinya peluang lintas jurusan di Program Studi Psikologi tidak terlalu tinggi.

Setelah membaca informasi mengenal lintas jurusan (linjur) SNMPTN 2021, apakah dirimu tertarik melakukannya? Pertimbangkan baik-baik keputusan dalam memilih jurusan saat SNMPTN. Nantinya dirimu akan menjalani lebih dari 3 tahun perkuliahan dengan materi sesuai jurusan pilihanmu. Selain itu, jika salah mengambil keputusan terkait jurusan saat mendaftar SNMPTN 2021, dirimu tidak dapat mengikuti seleksi SBMPTN 2021. Berkonsultasilah pada orang tua dan pihak sekolah apabila masih merasa bingung. Jika belum dinyatakan lolos SNMPTN 2021, masih ada peluang lintas jurusan SBMPTN 2021. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close