Mengenal Apa Itu SMTA UTBK-SBMPTN Dan Cara Cek Prodi Serta Jurusan Berdasarkan PTN

Mengenal Apa Itu SMTA UTBK-SBMPTN & Cara Cek Prodi dan Jurusan Berdasarkan PTN – Pendaftaran UTBK-SBMPTN menjadi salah satu momen yang paling ditunggu oleh para lulusan SMA/SMK/MA sederajat. Sebagai salah satu jalur masuk perguruan tinggi dengan pendaftar yang sangat banyak, UTBK-SBMPTN 2020 membuka jalur masuk untuk 85 PTN dan 8 politeknik negeri di seluruh Indonesia. Lalu, apakah anda sudah menentukan akan mendaftar di mana? Sudah memilih jurusan apa yang akan anda ambil saat mendaftar UTBK-SBMPTN nanti?

Informasi Seputar SMTA UTBK-SBMPTN dan Cara Mengecek Prodi dan Jurusan Berdasarkan PTN

unsplash.com

Untuk memilih PTN atau politeknik negeri beserta jurusannya di UTBK-SBMPTN mendatang, anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Selain minat dan kemampuan yang anda miliki, anda juga perlu tahu kualifikasi jurusan SMTA UTBK-SBMPTN yang ditetapkan oleh tiap jurusan dan PTN atau politeknik negeri. Pastikan syarat jurusan SMTA UTBK-SBMPTN pilihanmu sesuai dengan jurusan yang telah anda pilih saat bersekolah. Lalu, apa itu SMTA UTBK-SBMPTN dan bagaimana caranya anda bisa melihat prodi dan jurusan berdasarkan PTN piihanmu?

Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Apakah anda sudah membaca tahapan pendaftaran UTBK-SBMPTN? Kalau belum, anda harus tahu bahwa LTMPT menyediakan dua jalur pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020. Satu jalur bisa digunakan oleh anda yang merupakan pendaftar berbayar sementara jalur lainnya untuk anda yang merupakan pendaftar tidak berbayar. Berikut tahapan pendaftaran kedua jalur tersebut.

Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A

Pendaftaran Tipe A adalah pendaftaran berbayar yang diperuntukkan bagi pendaftar reguler dan pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah tetapi ditetapkan harus tetap membayar biaya untuk mengikuti UTBK. Berikut tahapannya.

  1. Telah memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui https://portal.ltmpt.ac.id hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun.
  2. Melakukan login menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  3. Memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A.
  4. Memilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes.
  5. Mengisi kebutuhan khusus (jika diperlukan).
  6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Berbayar, lakukan tahapan berikut:
    • Pastikan siswa sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum, siswa harus terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
    • Mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
  7. Mencetak Slip Pembayaran untuk membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN.
  8. Membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN melalui salah satu bank mitra LTMPT, yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN menggunakan Nomor Slip Pembayaran yang sudah dimiliki dalam kurun waktu maksimum 2 x 24 jam sesuai yang tercetak dalam Slip Pembayaran. Jika batas waktu 2 x 24 jam terlewati, siswa harus mengulang proses pendaftaran dari awal.
  9. Setelah melakukan pembayaran biaya mengikuti UTBK-SBMPTN, siswa harus login kembali menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id untuk menuntaskan proses pendaftaran UTBK-SBMPTN.
  10. Mengisi jenis jurusan SMTA.
  11. Memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non-Politeknik saja atau PTN Poilteknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).
  12. Mengunggah portofolio (bagi siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio).
  13. Melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
  14. Mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.

Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B

Pendaftaran Tipe B adalah pendaftaran tidak berbayar yang diperuntukkan khusus bagi pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah dan ditetapkan sebagai pendaftar Tidak Berbayar untuk mengikuti UTBK oleh Kemdikbud. Berikut tahapannya.

  1. Telah memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui https://portal.ltmpt.ac.id hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun.
  2. Melakukan login menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  3. Memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B.
  4. Memilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes.
  5. Mengisi kebutuhan khusus (jika diperlukan).
  6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Gratis, lakukan tahapan berikut:
    • Pastikan siswa sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum, siswa harus terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
    • Mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
  7. Mengisi jenis jurusan SMTA
  8. Memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non-Politeknik saja atau PTN Poilteknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).
  9. Mengunggah portofolio (bagi siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio).
  10. Melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
  11. Mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.

Apa Itu SMTA UTBK-SBMPTN?

Dari penjelasan di atas, anda mungkin menemukan tahapan mengisi jenis jurusan SMTA. Lalu, apa itu SMTA UTBK-SBMPTN? SMTA adalah singkatan dari Sekolah Menengah Tingkat Atas. Maksudnya di sini adalah SMA, SMK, MA, atau pendidikan menengah atas sederajat lainnya tempat anda bersekolah.

Apa itu jenis jurusan SMTA UTBK-SBMPTN? Jenis jurusan yang dimaksud dalam penjelasan di atas adalah jurusan ilmu yang anda ambil ketika anda masih bersekolah di SMTA. Misalnya, jika anda dulu sekolah di SMA/MA/sederajat, anda mungkin mengambil jurusan IPA, IPS, atau Bahasa. Sementara bagi anda yang dahulu sekolah di SMA, anda mungkin mengambil jurusan Teknik Industri, Kesehatan, Akuntansi, dan yang lainnya.

Cara Cek Syarat SMTA UTBK-SBMPTN Serta Prodi dan Jurusan Berdasarkan PTN

unsplash.com

anda mungkin bingung apakah suatu jurusan di PTN atau politeknik negeri memiliki syarat SMTA UTBK-SBMPTN yang sesuai dengan jurusan SMTA-mu. anda bisa mengecek syarat jurusan SMTA UTBK-SBMPTN terlebih dahulu agar anda bisa mempersiapkan pilihan jurusan dan PTN atau politeknik negeri yang akan anda daftar. Bagaimana caranya? Berikut Mamikos akan jelaskan cara cek prodi dan jurusan berdasarkan PTN serta bagaimana melihat syarat SMTA UTBK-SBMPTN.

  1. Buka terlebih dahulu laman resmi LTMPT yaitu https://ltmpt.ac.id/.
  2. Lanjutkan dengan mengklik menu SBMPTN. Setelah itu, anda akan melihat daftar PTN dan politeknik negeri.
  3. Atau anda bisa langsung membuka laman https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sb.php. Laman tersebut berisi daftar seluruh PTN dan politeknik negeri yang membuka pendaftaran melalui jalur SBMPTN 2020.
  4. Setelah itu, anda pilih salah satu PTN atau politeknik negeri yang ingin anda daftar. Klik tombol Lihat Prodi di sebelah kanan nama PTN atau politeknik negeri.
  5. Setelah itu, anda akan diarahkan ke laman yang berisi prodi dan jurusan perguruan tinggi pilihanmu. Di laman tersebut, anda akan disajikan data berupa daya tampung tahun 2020, jumlah peminat tahun 2019, dan apakah jurusan tersebut mengharuskan anda mengumpulkan portofolio atau tidak.
  6. Untuk mengetahui informasi lebih jauh, anda bisa klik salah satu prodi atau jurusan sesuai minatmu. Di sebelah kanan akan muncul informasi umum mulai dari kode hingga syarat jurusan SMTA. Selain itu, juga akan muncul informasi sebaran peminat berdasarkan jurusan dan provinsi SMTA dari tahun ke tahun.

Contoh Cek Hasil Pencarian Syarat SMTA UTBK-SBMPTN

Setiap jurusan dan prodi di setiap PTN akan memiliki syarat kualifikasi jurusan SMTA UTBK-SBMPTN yang berbeda-beda. anda bisa mengeceknya dengan cara di atas. Misalnya, jika anda ingin mendaftar di jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Syiah Kuala, maka syarat SMTA yang ditulis adalah sebagai berikut.

  • SMA-JURUSAN/Program Keahlian: SMA IPA, MA IPA
  • SMK-JURUSAN/Program Keahlian: Teknik Industri, Teknik Kimia, Agribisnis Tanaman, Agribisnis Ternak, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian

Syarat SMTA UTBK-SBMPTN akan berbeda lagi jika anda akan mendaftar di PTN atau politeknik negeri yang lain. Misalnya anda akan mendaftar di jurusan Hubungan Internasional UPN “Veteran” Jakarta. Syarat SMTA UTBK-SBMPTN yang ditulis adalah sebagai berikut.

  • SMA-JURUSAN/Program Keahlian: SMA IPA, SMA IPS, SMA Bahasa, SMA Agama/Teologi, MA IPA, MA IPS, MA Bahasa, MA Agama, Lulusan Paket C IPS, Lulusan Paket C Bahasa
  • SMK-JURUSAN/Program Keahlian: Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Pekerjaan Sosial, Agribisnis Tanaman, Agribisnis Ternak, Kesehatan Hewan, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, Kehutanan, Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan, Logistik, Perhotelan dan Jasa Pariwisata, Kuliner, Tata Kecantikan, Tata Busana, Seni Rupa, Desain dan Produk Kreatif Kriya, Seni Musik, Seni Tari, Seni Karawitan, seni Pedalangan, Seni Teater, Seni Broadcasting dan Film

Berbeda bukan? Maka dari itu, jika anda ingin mendaftar di jurusan suatu PTN atau politeknik negeri, pastikan terlebih dahulu syarat SMTA UTBK-SBMPTN yang dibutuhkan. Sesuaikan dengan jurusan yang sudah anda ambil di sekolah. Jangan sampai anda mendaftar di jurusan yang syarat SMTA-nya belum bisa anda penuhi, ya!

Jadwal Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Lalu, kapan anda bisa mendaftar UTBK-SBMPTN? Pendaftaran akun UTBK-SBMPTN 2020 telah dibuka pada tanggal 17 Februari 2020 hingga 5 April 2020. Pendaftaran akun tersebut nantinya akan digunakan untuk mendaftar UTBK-SBMPTN. Nah, berikut Mamikos akan sampaikan jadwal pendaftaran UTBK-SBMPTN yang selanjutnya.

  • Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020: 02 Juni – 20 Juni 2020
  • Pelaksanaan UTBK: 05 – 12 Juli 2020 (Setiap hari terdapat 4 sesi, kecuali Jum’at 2 sesi)
  • Pengumuman Hasil UTBK-SBMPTN: 25 Juli 2020

Persyaratan Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Selain syarat jurusan SMTA UTBK-SBMPTN, ada syarat lain yang juga harus anda penuhi untuk mendaftar UTBK-SBMPTN. Berikut syarat-syarat pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 yang telah ditentukan oleh LTMPT.

  1. Siswa SMA/MA/SMK Kelas XII pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020 dengan maksimal umur 25 Tahun.
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018 dan 2019 dengan maksimal umur 25 Tahun.
  3. Peserta mengikuti satu kali tes UTBK.
  4. Membayar biaya UTBK sebesar Rp150.000,00.

Itu tadi penjelasan Mamikos tentang apa itu SMTA UTBK-SBMPTN dan cara cek prodi dan jurusan berdasarkan  PTN. Sebelum anda menentukan akan mendaftar di jurusan di PTN atau politeknik negeri mana, pastikan dulu bahwa syarat SMTA UTBK-SBMPTN yang diperlukan sudah cocok dengan riwayat studimu. Jangan memaksakan diri mendaftar di jurusan yang tidak sesuai dengan syarat SMTA UTBK-SBMPTN yang tertera, ya! Untuk anda yang sedang bingung mencari tempat tinggal dekat kampus idaman setelah lolos SBMPTN 2020, anda bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close