Mengenal Apa Itu Siswa Eligible pada SNMPTN 2021

Mengenal Apa Itu Siswa Eligible pada SNMPTN 2021 – Pendaftaran SNMPTN sebagai salah satu jalur masuk PTN akan segera dibuka. Jalur ini dilaksanakan paling awal sebelum SBMPTN dan jalur mandiri di PTN. Terdapat ketentuan-ketentuan pendaftaran SNMPTN 2021 yang perlu anda pahami agar bisa lolos seleksi.

Ketentuan Siswa Eligible pada Pendaftaran SNMPTN 2021

https://www.westjavatoday.com/

Jalur masuk SNMPTN di Perguruan Tinggi Negeri memiliki ketentuan yang berbeda dengan jalur masuk lainnya. Jika pada jalur masuk SBMPTN dan jalur mandiri biasanya diperlukan nilai tes, pada jalur SNMPTN seleksi didasarkan nilai rapor dan portfolio. Selain itu, tidak semua siswa bisa mendaftarkan dirinya secara mandiri untuk mengikuti SNMPTN 2021.

Bisa dikatakan bahwa siswa yang terpilih untuk mendapatkan kesempatan seleksi jalur SNMPTN adalah siswa yang beruntung. Dari satu sekolah, kuota siswa yang diizinkan mendaftar SNMPTN berkisar antara 5% – 40% bergantung akreditasi. Sekolah yang terakreditasi A bisa mengirimkan lebih banyak siswa-siswinya untuk mengikuti seleksi SNMPTN 2021 dibandingkan sekolah yang terakreditasi C atau belum terakreditasi.

Proses seleksi tidak sampai di tahap seleksi sekolah saja. Siswa yang sudah dinyatakan lolos akan menjalani persaingan dengan siswa-siswi lainnya dari seluruh Indonesia. Lalu, syarat siswa seperti apakah yang bisa mendaftar SNMPTN tahun 2021?

Apa Itu Istilah Eligible pada SNMPTN 2021?

Pengumuman terkait jalur dan kuota masuk PTN tahun 2021 yang dirilis oleh LTMPT antara lain sebagai berikut:

• Jalur SNMPTN: kuota minimal 20 persen
• Jalur SBMPTN: kuota minimal 40 persen
• Jalur Seleksi Mandiri: kuota maksimal 20 persen

Pada SNMPTN 2021, anda akan menjumpai istilah ‘eligible’. Berdasarkan sosialiasi oleh Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Prof Dr Budi Prasetyo Widyobroto, istilah eligible diterapkan bagi para calon pendaftar SNMPTN tahun 2021. Seleksi jalur SNMPTN di PTN akan difokuskan untuk menjaring siswa-siswi sekolah menengah yang unggul di sekolah. Arti siswa eligible pada SNMPTN menunjukkan bahwa siswa tersebut dinyatakan layak untuk mengikuti pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Cara Mengecek Kuota Siswa Eligible SNMPTN 2021

Pertanyaan bagaimana cara mengecek kuota siswa eligible pada SNMPTN 2021 seringkali dicari. Kuota sekolah yang bisa mendaftar SNMPTN 2021 berbeda-beda. anda bisa menggunakan dua cara berikut untuk memeriksa data kuota siswa yang eligible:

  1. Mengecek melalui situs website LTMPT
  2. Mengecek melalui situs website Kemdikbud

Data terkait jumlah siswa eligible serta status akreditasi sekolah yang menentukan kuota siswa calon peserta SNMPTN 2021 dapat diakses melalui laman http://pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt/. Apabila mendapati kesalahan data, pihak sekolah dapat membuat laporan guna perbaikan data.

Laporan dan verifikasi validasi Satuan Pendidikan dan Peserta Didik dapat dilakukan dengan mengakses http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/. Proses tersebut menggunakan akun operator masing-masing sekolah bersangkutan. Periode sanggah serta selesai perbaikan data akan dibuka hingga tanggal 15 Januari 2021.

Ketentuan Siswa yang Eligible pada SNMPTN 2021

Siswa yang tidak eligible tidak diperkenankan untuk mendaftar SNMPTN 2021. Hanya siswa yang eligible saja yang akan mendapatkan kesempatan masuk PTN melalui SNMPTN. Kuota jalur SNMPTN 2021 untuk sekolah ditentukan faktor akreditasi sekolah dan jumlah siswa jurusan paralel di sekolah.

Pihak LTMPT akan menghitung kuota berdasarkan data akreditasi dan total jumlah siswa di sekolah tersebut untuk bisa memutuskan jumlah siswa yang dapat melakukan pendaftaraan SNMPTN 2021. Misalnya, terdapat Sekolah Menengah yang terakreditasi A dengan jumlah siswa kelas 12 sebanyak 100 orang. Maka, sekolah tersebut akan memperoleh kuota masing-masing jurusan sebanyak 40 persen. Adapun aturan kuota siswa eligible di tiap sekolah yang dikeluarkan LTMPT antara lain:

• Kuota sekolah akreditasi A: 40 persen
• Kuota sekolah akreditasi B: 25 persen
• Kuota sekolah akreditasi C dan tidak terakreditasi: 5 persen

Kebijakan kuota sekolah memang ditentukan oleh LTMPT. Namun, terkait nama-nama yang dapat mendaftar akan ditentukan pihak sekolah. Alasannya karena ada kemungkinan siswa yang memang tidak ingin mendaftar SNMPTN, misalnya karena ingin studi di luar negeri atau ingin mendaftar di kampus swasta, sehingga kuota siswa tersebut bisa dialihkan ke siswa lainnya. Pemilihan siswa yang eligible untuk SNMPTN 2021 tidak harus siswa yang berada di peringkat 1 – 40. Jadi, siswa yang eligible mendaftar SNMPTN 2021 ditentukan pihak sekolah.

Tahapan input data siswa saat SNMPTN 2021 dilakukan pihak sekolah. Namun, tidak semua data siswa akan dimasukkan terkait faktor efisiensi. Setelah pihak LTMPT mengumumkan kuota pendaftaran sekolah untuk SNMPTN, barulah pihak sekolah bisa menentukan siswa-siswi yang eligible untuk mendaftar SNMPTN 2021. Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah maksimal dilakukan hingga 8 Februari 2021.

Tanggal Penting Pendaftaran SNMPTN 2021

Jadwal dan tanggal penting pendaftaran SNMPTN 2021 adalah sebagai berikut:

• 28 Desember 2020: pengumuman kuota SNMPTN 2021 (wajib dilihat oleh sekolah yang akan mendaftarkan siswa-siswinya untuk mengikuti SNMPTN)
• 15 Januari 2021: batas akhir layanan masa sanggah kuota SNMPTN 2021
• 4 Januari 2021 – 1 Februari 2021: pembukaan registrasi akun LTMPT
• 8 Februari 2021: batas akhir penetapan siswa yang eligible mendaftar SNMPTN 2021 (ditentukan pihak sekolah)
• 11 Januari 2020 – 8 Februari 2021: Pengisian PDSS
• 15 – 24 Februari 2021: Pendaftaran SNMPTN 2021
• 22 Maret 2021: Pengumuman SNMPTN 2021

Ketentuan Pendaftaran SNMPTN 2021

Kesempatan untuk mendaftar melalui jalur SNMPTN 2021 bisa didapatkan oleh siswa kelas 12 lulusan tahun 2021 (bukan alumni) serta memiliki prestasi akademik. Prestasi ditinjau dari nilai rapor semester 1 – 5 dan prestasi-prestasi lainnya. Pendaftar juga akan diminta untuk melakukan registrasi akun LTMPT agar bisa melanjutkan tahapan seleksi. Siswa lulusan tahun 2021 dan akan mengikuti SNMPTN 2021 yang tidak memiliki akun LTMPT tidak dapat mendaftar SNMPTN 2021.

Proses registrasi akun LTMPT bagi sekolah yang belum memiliki akun dan pembuatan akun LTMPT untuk siswa eligible dilakukan mulai 4 Januari 2021. Batas akhir waktu registrasi adalah 1 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Akun tersebut nantinya juga bisa digunakan untuk pendaftaran seleksi masuk PTN dengan jalur SBMPTN. Bagi anda yang belum diterima melalui jalur SNMPTN 2021, peluang masuk PTN di jurusan idamanmu tetap bisa terwujud melalui jalur lain.

Apakah anda termasuk salah satu siswa yang akan mendaftar SNMPTN 2021? Jika iya, pahami kembali ketentuan siswa yang eligible dan diperkenankan melakukan pendaftaran. Lengkapi persyaratan yang diperlukan agar peluang untuk diterima semakin tinggi. Jangan sampai anda gagal dalam proses seleksi berkas atau seleksi administrasi akibat kurang teliti ketika membaca ketentuan. Ikuti terus update informasi pendaftaran SNMPTN 2021 melalui website resmi. Selamat berjuang!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close