Mengenal Apa Itu Single Sign On (SSO), SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020

SNMPTN 2020 – Seseorang dengan pendidikan yang tinggi umumnya memiliki pemikiran yang lebih terbuka. Mereka lebih terbuka dengan ide dan solusi baru untuk memecahkan suatu masalah. Alhasil, hasil yang diberikan cukup bagus dan berisi hal-hal yang baru. Kemampuan inilah yang akan membantu seseorang ketika bekerja nanti, karena dirimu akan dihadapkan dengan masalah yang tidak pernah diduga sebelumnya. Dengan berkuliah, dirimu juga mampu berpikir dengan lebih terstruktur dan rapi. dirimu bisa dengan jeli melihat suatu keanehan dan menghubungkannya dengan resiko yang mungkin saja terjadi di masa depan.

Mengenal Apa Itu Single Sign On (SSO), SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020

Di Indonesia sendiri, dirimu bisa memilih ingin berkuliah di universitas swasta atau universitas negeri. Hingga sekarang, umumnya para remaja lebih banyak minat untuk melanjutkan pendidikan mereka di universitas negeri. Pilihan universitas negeri di tanah air juga cukup beragam dengan kualitas yang bagus tentunya. Buktinya, sudah banyak lulusan-lulusan universitas negeri yang berhasil menjadi orang hebat di negeri ini.

Untuk bisa menjadi mahasiswa di salah satu universitas negeri tentunya bukanlah hal yang mudah. dirimu harus melewati serangkaian tes terlebih dahulu agar dirimu pun dapat resmi menjadi mahasiswa di universitas negeri pilihan dirimu. Salah satu syarat untuk bisa masuk ke universitas negeri adalah dengan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Umumnya, SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

Kini, SNMPTN 2020 pun telah dibuka pendaftarannya oleh LTMPT di mana dirimu pun bisa segera mencari infonya agar tidak ketinggalan mendaftarkan diri agar bisa masuk ke universitas negeri impian dirimu. Pendaftaran SNMPTN 2020 melalui laman portal.ltmpt.ac.id telah dibuka mulai Senin, 2 Desember 2019 pada pukul 15.00 WIB, demikian sebagaimana diumumkan LTMPT melalui situs web resmi. Registrasi akun periode 2 Desember 2019 sampai 7 Januari 2020 hanya untuk siswa yang akan lulus tahun 2020.

Selain SNMPTN 2020, nantinya dirimu juga bisa mengikuti SBMPTN 2020 yang telah diatur sedemikian rupa oleh pemerintah. Kabarnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi meluncurkan kebijakan baru Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020 pada 15 November 2019 lalu. Adapun kebijakan baru tersebut yakni penerapan sistem Single Sign On (SSO) yang dapat diakses melalui situs https://portal.ltmpt.ac.id. Untuk info lebih lanjut seputar Single Sign On (SSO) SNMPTN hingga UTBK, dan SBMPTN 2020 bisa dirimu simak informasinya di bawah ini.

SNMPTN 2020

Apa Itu Single Sign On (SSO) SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020?

  • Sign On (SSO) SNMPTN 2020

Kabarnya, kebijakan Single Sign Out (SSO) ini diadakan dengan bertujuan untuk mengintegrasikan data jalur penerimaan calon mahasiswa baru dari jalur yang tersedia dalam satu sistem. Adapun pendaftaran dan pengisian data sekolah dan calon peserta SNMPTN dapat dilakukan mulai Senin (2/12/2019) sore. Kebijakan Single Sign Out (SSO) ini dilakukan untuk mengintegrasikan data sebagai satu kesatuan sistem. Terkait tanggal pendaftaran, ketua LTMPT menjelaskan bahwa portal regitrasi LTMPT terdiri dari dua jalur, yakni untuk Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan SNMPTN; serta untuk UTBK dan SBMPTN.

Untuk jalur PDSS dan SNMPTN, calon peserta baru bisa mengakses mulai 2 Desember 2019-7 Januari 2020. Sementara itu, untuk jalur UTBK dan SBMPTN pendaftaran dibuka pada 7 Februari-5 April 2020. Selain itu, siswa juga perlu memperhatikan jadwal registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN sebagai berikut:

  1. Registrasi akun LTMPT dilaksanakan pada 2 Desember 2019-7 Januari 2020
  2. Pengisian PDSS dan pemeringkatan siswa oleh sekolah dilaksanakan pada 13 Januari-6 Februari 2020
  3. Pendaftaran SNMPTN dilaksanakan pada 11-25 Februari 2020
  4. Pengumuman SNMPTN dilaksanakan pada 4 April 2020

Di sisi lain, ini jadwal registrasi akun LTMPT untuk UTBK 2020, sebagai berikut: Registrasi akun LTMPT dilaksanakan pada 7 Februari-5 April 2020 Pendaftaran UTBK dilaksanakan pada 30 Maret-11 April 2020 Pelaksanaan UTBK dilaksanakan pada 20-26 April 2020 Pengumuman hasil UTBK dilaksanakan pada 12 Mei 2020. Mengutip dari situs https://ltmpt.ac.id/, ada beberapa tata cara mengikuti UTBK. Berikut rinciannya:

  1. Registrasi akun siswa LTMPT menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir pada jadwal yang disesuaikan saat pembukaan pendaftaran LTMPT pada laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Melakukan login menggunakan username/e-mail dan password ke portal LTMPT.
  3. Memilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.
  4. Memilih menu Pendaftaran UTBK. Memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.
  5. Membayar di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran, kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.
  6. Melakukan login kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id, memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK.
  7. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

Sementara itu, pendataran SBMPTN dilaksanakan pada 2-13 Juni 2020 dan pengumuman hasil SBMPTN dilaksanakan pada 30 Juni 2020. SBMPTN 2020 ini sendiri merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN atau PTKIN di lingkungan Kemendikbud di bawah koordinasi LTMPT dengan seleksi berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Langkah untuk mengikuti SNMPTN adalah sebagai berikut.

  1. Pendaftaran SBMPTN 2020 dilakukan melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Mengisi Biodata (kecuali bagi yang sudah terdaftar di SNMPTN 2020).
  2. Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  3. Mengunggah portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman https://download.ltmpt.ac.id.
  4. Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2020.

Nah barusan tadi merupakan ulasan lengkap seputar Single Sign On (SSO) SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020 yang bisa Mamikos sampaikan kepada dirimu. Mamikos berharap semua informasi yang sudah dirangkum di atas bisa bermanfaat dan mengantarkan dirimu ke universitas negeri tujuan ya! Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs blog Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan hanya di Mamikos.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close