Melihat Solat Makmum Yang Ketiggalan

Solat yang terbaik bagi laki – laki yaitu solat yang dikerjakan berjamaah di mesjid pahala yang didapatkan sanggup lebih besar 27 derajat di bandingkan dengan solat sendirian. Maka dari itu solatlah berjamaah daripada solat sendirian.

Pada suatu ketika pada solat berjamaah banyak orang yang datangnya ketinggalan sehingga banyak yang mejadi  makmum ketinggalan rakaat. Disini saya melihati banyak sekali macam cara makmum mengikuti imam.

Cara Yang Pertama

Ketika imam masih membaca Surat baik surat alfatihah atau surat – surat dalam alquran pada rakaat pertama, makmum ketingalan tiba ( makmum ketinggalan biasa di sebut mamum masbuk) mengikuti solat berjamaah. Terus mengikuti imam hingga jawaban solat, hingga salam

Cara Ke Dua

Makmum ketingalan ketika imam dalam posisi ruku. Kaprikornus pas imam sedang ruku makmum tiba dan takbir eksklusif ikut ruku.
Kemudian terus mengikuti imam hingga jawaban dan kemudian salam.

Cara Ke Tiga

Cara ketiga yaitu makmum tiba ketika imam sudah ruku, nah pada pososi ini ada dua kejadian, yaitu :

1. Makmum mengejakan gerakan – gerakan ketinggalan nya menyerupai ruku, i’tidal kemudian sujud berang dengan imam.
2. Makmum Takbirraturihram, kemudian ikut sujud atau ikut gerakan imam ketika itu.

Nah dari insiden ini kira – kira yang mana nih yang betul?
 

Okeh mari kita lihat satu persatu mulai dari Cara cara menjadi makmum terlambat di atas.

Cara pertama 

Mendapati imam masih membaca surat pada rakaat pertama memang menyerupai itu jikalau kita menemui imam sedang melaksanakan gerakan solat maka takbir dan kemudian ikuti gerakannya. Krena pada ara pertama ini tidak ada ketinggalan rakaat maka tidak menambah rakaatnya.

Baca Juga  Sholat Gerhana

Cara ke dua

Orang yang mengikuti ketika ruku menang sanggup jadi ada beda pendapat namun cara tersebut yaitu boleh dilakukan dan memang menyerupai itu ketentuannya, yaitu ketika mendapati keyakinan yang sedang ruku maka ikut saja ruku dan sudah sanggup satu rakaat. Sumber :https://muslimah.or.id/3506-apakah-makmum-yang-mendapatkan-ruku-mendapatkan-rakaat-padahal-tidak-membaca-al-fatihah.html

Cara Ke Tiga

Ada dua macam yang mana yang seharusnya dilakukan?

Poin pertama ternyata makmum menyalip gerakan yang ketinggalan dari imam. Misal kitamenemukan imam ketika sujud kemudian kita menlakukan gerakan dari takbiratul ihram hingga sujud atau jikalau imam sudah 2 rakaat kita mempercepat rakaat samapi sama dengan rakaat imam.

Cara menyerupai ini ternyata salah, Makmum tidak sanggup membalap imam menyerupai itu yang seharusnya dilakukan yaitu pilihan nomor dua. JAdi kita takbiratul ihran kemudian eksklusif ke posisi menyerupai yang imam lakukan, misalkan imam lagi sujud maka kita sujud, kemudian sehabis imam salam maka kita menambah kekurangan rakaat kita. Misal kurang satu rakaat.
Ketika imam salam kita berdiri lagi menambah 1 rakaat.

Dari insiden tersebut sanggup disimpulkan bagaimana menjadi makmum yang ketinggalan, yaitu begaia berikut:

1. Apabila sebagai makmum yang ketinggalan mendapati imam dalam kedaam membaca surat dan makmum mengikutinya dengan tterlebihdahulu membaca takbiratul ihram maka sudah masuk satu rakaat.
2. Apabila makmum tiba sedang imam dalam kedaan ruku maka mamum tersebut segera mengikuti dengan tabiratul ihram dahulu kemudian eksklusif ruku aka sudah mendapat satu rakaat.
3. Jika makmum ketinggalan dan mendapati imam sudah sujud maka ikuti gerakan imam sehabis lebih dahulu membaca takbiratul ihram. Dan tidak di hitung 1 rakaat. Artinya sehabis imam salam makmum tadi harus berdiri lagi dan menambah kekurangan rakaatnya.

Baca Juga  Tuntunan Sholat Jenajah

Silahkan sanggup dilihat Panduan Sholat Berjamaah

Demikian supaya bermanfaat.
Praktis – mudahan solat kita diterima. Aamiin.

Sebagai perhiasan sanggup juga di baca

Ciri – ciri Solat yang di terima

loading...