“Materi Fisika” Definisi intensitas ( Rumus – Taraf Intensitas Bunyi – Penerapan Gelombang Bunyi )

“Materi Fisika” Definisi intensitas & ( Rumus – Taraf Intensitas Bunyi – Penerapan Gelombang Bunyi )

SoalTerbaru.Com – Untuk pembahasa mengenai bahan fisika yang dimana dalam hal mencakup menyerupai definisi intensitas, rumus, taraf intensitas bunyi serta penerapan gelombang bunyi, supaya lebih memahaminya simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Intensitas

Dalam hal ini kata intensitas diartikan sebagai energi yang dipindahkan dalam tiap satuan waktu dan tidap satuan luas, dan dikatahui bahwa energi tiap satuan waktu yakni pengertian daya maka intensitas sanggup juga dikatakan sebagai daya tiap satuan luas. Sehingga intensitas sanggup dirumuskan secara matematis yakni menyerupai dibawah ini:

 Untuk pembahasa mengenai bahan fisika yang dimana dalam hal mencakup menyerupai definisi in “Materi Fisika” Definisi intensitas  ( Rumus – Taraf Intensitas Bunyi – Penerapan Gelombang Bunyi )

I = P/A

Diketahui:

  • I = Intensitas bunyi (W/m2)
  • P = Energi tiap waktu atau daya (W)
  • A = Luas (m2)

Apabila isotropik atau lebih dikatahui dengan sumber bunyi yang memancarkan bunyi tersebut ke segala arah yang besarnya sama.

Luas tersebut yang dituju mempunyai kesamaan pada luas permukaan sebuah bola. Sehingga persamaan pada intensitas sanggup ditulis seperti:

I = P/4πR2

Taraf Intensitas Bunyi

Adapun taraf intensitas bunyi merupakan logaritma yang membandingkan antara intensitas bunyi terhadap dengan intensitas ambang. Sehingga taraf intensitas bunyi sanggup dirumuskan secara matematis yakni menyerupai dibawah ini:

TI = 10 log l/lo

Diketahui:

  • TI = Taraf intensitas bunyi (dB)
  • I = Intensitas bunyi (W/m2)
  • lo = Intensitas ambang telinga insan (10˄-12 W/m2)

Dan untuk pola n buah pada sumber bunyi menyerupai terdapat n sirine yang dihidupkan secara bersamaan, maka adapun besarnya taraf intensitas bunyinya sanggup ditulis dengan:

Tln = Tl1 + 10 log n

Loading...

Apabila di dengar pada 2 titik jarak yang saling berbeda maka, besarnya intensitas bunyi pada titik yang kedua sanggup di tulis dengan:

TI = Tl1 + 20 log (RA/RB)

Penerapan Gelombang Bunyi

Pemanfaatan dari gelombang ultrasonik sangat banyak untuk macam-macam keperluan dan kebutuhan seperti:

  • Untuk mengukur kedalaman dari laut.
  • Pada kacamata khususnya kacamata tunanetra (terdapat alat pengirim dan alat peserta ultarsonik).
  • Pada alat kedokteran menyerupai pada investigasi ultrasonografi (USG).

Manfaat Cepat Rambat Bunyi

Adapun manfaat dan fungsi dari cepat rambat bunyi pada kehidupan sehari-hari yakni sebagai berikut:

  • Pada cepat rambat gelombang bunyi ini sanggup dimanfaatkan oleh nelayan untuk sanggup mengetahui waktu siang hari dan malam hari.
  • Pada waktu malam hari, bunyi akan lebih sangat terang terdengar daripada waktu siang hari, dan ini dikarenakan bahwa kerapatan udara yang terjadi pada waktu malam hari lebih rapat dibandingkan dengan pada waktu siang hari.

Manfaat Resonasi

Adapun manfaat dari resonasi pada kehidupan sehari-hari yakni menyerupai pada alat musik sebagai berikut:

  • Gendang
  • Beduk
  • Seruling dan lain sebagainya

Manfaat Pemantulan Bunyi

Adapun manfaat dari pemantulan bunyi pada kehidupan sehari-hari yakni sebagai berikut:

  • Mendeteksi lapisan-lapisan pada batuan yang mengandung endapan minyak.
  • Dapat juga memilih tingakt kedalaman pada maritim yakni pada sebuah dinding kapal yang tepatnya pada bab bawah kapal sanggup dipasang sebuah osilator atau alat sumber getaran dan didekat dengan sumber getaran tersebut dipasang juga sebuah alat yang sanggup mendapatkan getaran atau hidrofon.
  • Dapat melaksanakan survei geofisika menyerupai memilih suatu lokasi, mendeteksi serta meng-klasifikasi gangguan yang terjadi pada bumi atau disebut dengan sanggup menginformasikan struktur-struktur pada bumi.

Dan juga pada prinsip dari pemantulan ultrasonik sanggup difungsikan untuk mengatur tingkat ketebalan pada pelat logam serta sanggup pula mendeteksi retak-retak yang terjadi pada struktur logam.

Demikianlah pembahasan mengenai “Materi Fisika” Definisi intensitas & ( Rumus – Taraf Intensitas Bunyi – Penerapan Gelombang Bunyi ) semoga dengan adanya ulasan tersebut sanggup menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

Loading...
loading...
close