Macam – Macam Sholat Sunat

Sholat sunat sangatlah berbagai yang sanggup dilaksanakan, mulai sholat sunat alasannya yaitu suatu tragedi ibarat sholat sunat gerhana hingga sholat shunat sunat yang mengiringi sholat fardlu atau biasa di sebut dengan sholat sunat rawatib.
Kesemuaan sholat sunat tersebut yaitu bab dari ibadah yang sangat baik untuk dilaksanakan. Bahkan sholat shunat akan menambal sholat fardu kita, sebagaimana yang telah di sampaikan oleh Rosululloh Muhammad saw sebagai berikut ini,yang artinya :

Dari Abu Hurairah Rosululloh SAW bersabda : ” Sesungguhnya yang pertama – tama akan dihisab dari amal perbuatan insan pada hari final zaman itu yaitu sholat. Tuhan berfirman kepada malaikat, sedangkan Ia yaitu lebih Maha Mengetahui :”Periksalah sholat hamba-Ku, cukup atau kurang? Maka bila cukup di catatlah cukup. Tapi bila terdapat kekurangan, Tuhan berfirman pula : Periksalah lagi, apakah hambaKu itu memiliki amalan sholat sunat? Jika terdapat (amalan sholat sunat) kemudian Tuhan berfirman lagi : Cukupkanlah kekurangan sholat fardu hambaKu itu dengan sholat sunatnya.” Selanjutnya diperhitungkanlah amal perbuatan itu berdasarkan cara demikian.”

Demikianlah sholat sunat itu akan sangat membatu sebagai penambal sholat fardu.

Beribadahalah yang Banyak Sebelum Ibadah Tak sanggup Dilakukan Lagi

 

Tempat Sholat Sunat

Sebelum ke Macam – Macam Sholat Sunat ada baiknya Guru Madrasah menuliskan terlebih dahulu dimana baiknya sholat sunat itu dikerjakan?
Untuk sebagian sholat sunat ada yang harus dikerjakan di daerah tertentu ibarat sholat sunat Attahiyyatul mesjid, sholat sunat ini tidak sanggup dikerjakan dirumah.

Perhatikan hadist berikut ini :

Dari Jabir Rasululloha Saolallohu alihi wassalam berkata : “Apabila salah seorang diatara kau sudah melaksanaann sholat di mesjid, hendaklah rumahnya di berikan bab pula dari sholatnya, sesungguhnya Alloh menciptakan kebaikan dirumahnya melalui sholatnya. ( HR Muslim )

Dan sabda yang diriwayatkan oleh Abu Daud berikut ini

 “Sholat seseorang dirumahnya itu lebih utama daripada sholat dimesjidku ini, kecuali sholat fardu.”

Macam – Macam Sholat Sunat

Sholat sunat yaitu semua sholat selain fardu yang lima, sholat jumat bagi laki – laki dan sholat jenajah.
Sholat sunat biasanya disebut sholat tathowwu. Sholat sunat artinya apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak mendapat dosa.
Sholat sunat ada yang dilakukan berjamaah ada pula yang dilakukan secara sendiri – sendiri.

Baca Juga  Tuntunan Sholat Jenajah

Sebagai referensi yang dikerjakan sendiri – sendiri

1. Sholat Sunat Rowatib yang mngiringi sholat fardu
2. Sholat Sunat Dhuha
3. Sholat Sunat Tahjjud
4. Sholat Sunat Attahayutl Mesjid

Contoh Solat Sunah Yang Bisa dikerjakan Berjamaah

1. Sholat sunat Witir
2. Sholat Sunat Tarawih
3. Sholat Sunat Ied
4. Sholat Sunat Minta Hujan

Sholat Sunat Rowatib

Sholat sunat rowatib yaitu sholat sunat yang dikerjakan mengiringi sholat fardu yang lima waktu. Dikerjakannya ada yang sebelum sholat fardu dan ada yang setelah sholat fardu.

Sholat sunat rowatib ini ada yang bersifat Muakkad atau sangat penting dan ada pula yang di sebut Ghoiru Muakad atau kurang penting.

Sholat Sunah Rowatib yang termasuk kedalam Muakkad adalah

1. Dua Rakaat sebelum shubuh
2. Dua Rakaat sebelum dzuhur
3. Dua Rakaat sehabis dzuhur
4. Dua Rakaat Susudah Magrib
5. Dua Raaat setelah isya

Sholat Sunah Rowatib yang termasuk kedalam Ghoiru Muakkad adalah

1. Empat Rakaat sebelum asar
2. Dua Rakaat sebelum magrib

Mengenai sholat rowatib ini Rosululloh Saw Bersabda :

Risalah Sholat Maftuh Ahnan

Artinya :
Dari Abdulloh bin Umar katanya saya ingat dari Rosululloh saw dua rakaat sebelum dzuhur, du rakaat setelah dzuhur, dua rakaat setelah magrib, dua rakaat setelah isya dan dua rakaat sebelum subuh. (HR Bukrori Muslim)

Untuk shoat rawatib ini ada dua penyebutan sholat, yaitu :
Jika sholat sunah rawatib dikerjakannya sebelum waktu sholat fardu namanya yaitu qobla dan bila setelah sholat rawatib maka namanya yaitu ba’da.

Baca Juga  Gambar Gerakan Solat

Sholat Sunat Tahiyyatul Mesjid

Sholat sunat Tahyatul mesjid yaitu sholat sunat dua rakaat byang dikerjakan dikala memasuki mesjid sebelum melaksanakan duduk.
Sholat ini yaitu sebagai penghormatan daerah suci yaitu mesjid.

Rosululloh saw bersabda : ‘ Apabila seseorang dari kau memasuki mesjid, hendaklah jangan duduk dahulu sebelum sholat sunat dua rakaat. ” ( HR Bukhori Muslim).

Sholat Sunat Dhuha

Sholat duha yaitu sholat yang dikerjakan ketika matahari naik setinggi tumbak sapai matahari tergelincir.
Sholat sunat dhua ini boelh 2 rakaat, empat rakaat, 6 rakaat, delapan rakaat dan 12 rakaat.

Rosululloh saw bersabda :

Artinya :
Dari Abu Huroiroh, katanya : Telah berpesan kepadaku ( rosululloh) saw tiga macam pesan 1. puasa tiga hari tipa – tiap bulan, 2. Sholat dluha dua rakaat, 3. sholat witir sebelum tidur ( HR Bukhori dan Muslim)

Artinya :
“Barang siapa sholat duha dua rakaat, Alloh akan berbagi baginya istana di syurga.”

Doa Setelah sholat Duha

Artinya :
“Ya Alloh bergotong-royong waktu dluha itu yaitu waktu dluhaMu, keindahan itu yaitu keindahanMu, kecantikan itu yaitu kecantikanMu, kekuatan itu yaitu kekuatanMu, kekuasaan itu yaitu kekuasaanMu,
dan pernaungan itu yaitu perlindunganMu. Ya Alloh ya Tuhanku, bila rizkiku itu berada di atas langit maka turunkanlah, dan bila rizkiku itu ada di perut bumi maka keluarkanlah, dan bila sukar ma mudahkanlah, bila haram maka sucikanlah, bila masih jauh maka dekatkanlah. Berkat waktu duhaMu, keanguanMu, KeindahanMu, kekuatan dan kekuasaanMu limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba – hambaMu yang sholeh.

Sholat Tahajud

Sholat tahajud yaitu sholat sunat yang dikerjakan pada waktu malam, lebih baik dikejakan pada tengah malam atau dua pertiga malam menjelang subuh. Dilakukan setelah berdiri tidur.
Jika tidak tidur terlebih dahulu namanya sholat malam ibarat sholat witir.

Jumlah Rakaat Sholat Tajaud

Jumlah rakaat sholat tahajud yaitu paling sedikit dua rakaat dan paling banyak sebagain ulama menyampaikan tidak terbatas.
Meskipun sholat tahajud itu yaitu sholat sunat namun Rosululloh tidak pernah meninggalkannya.

 Artinya :
hendaklah engakau pergunakan sebagian waktu malam itu untuk melaksanakan sholat tahajjud sebagai sholat sunah ( pemanis ) bagimu. Praktis – mudahan Tuhan akan memabngkitkan engkau dengan kedudukan yang terpunji.

Baca Juga  Tips Bepergian Biar Tidak Sulit Melakukan Solat

Sabdanya lagi

 Artinya :
Perintah Alloh turun ke langit dunia diwaktu tinggal sepertiga yang final dari waktu malam, kemudian berseru : Adakah orang – orang yang memohon niscaya akan Aku kabulkan, adakah orang yang meminta niscaya akan Ku beri dan adakah orang yang mengharap ampunan, niscaya aka Ku ampuni baginya, hingga datang waktu subuh.

Sholat Witir

Witir artinya ganjil. Sholat witir maksudnya yaitu sholat sunah yang jumlahnya rakaatnya ganjil, paling sedikit satu dan yang paling banyak sebelas. Dan jumlah yang sebelah yaitu yang paling sering dikerjakan oleh Nabi Muhammad Saw, sebagaimana yang pernah di utarakan oleh Aisyah r.a : “Tidaklah pernah Nabi S.A.W melebihi sholat malam (witir) itu melebihi dari sebelas rakaat.”

Waktu Mengerjakan Sholat Witir

Waktunya yaitu setelah sholat isya hingga terbit fajar. sabda Rosululloh SAW yang di riwayatkan dari Aisyah  : ” Adalah Nabi Solallohu alaihi wassalam sholat diantara sholat isya dengan terbit fajar sebelas rakaat. Beliau memberi salah setiap dua rakaat dan yang penghabisannya satu rakaat.

 Artinya :
Witir itu hak, maka barangsiapa yang suka mengerjakan sholat sunah witir 5 rakaat hendaknya ia mengerjakan; dan barang siapa yang suka mengerjakannya 3 rakaat hendaklah ia mengerjakannya; dan barangsiapa yang suka mengerjakannya satu rakaat maka henlah ia mengerjakannya.

Demikian pembahasan perihal Macam Sholat Sunat, Sebetulnya masih berbagai sholat sunat yang sanggup dikerjaakan, ibarat sholat sunat tarawih, sholat sunat minta hujan, sholat sunat hari raya, sholat sunat wudhu, sholat sunat gerhana, sholat sunat istikhoroh,  sholat sunat mutlaq dan lain – lain. Namun Angsa Alloh pembahasan seputar sholat sunat tersebut akan dilanjutkan lain waktu.
Mudaha – mudahan Alloh masih memperlihatkan kesempatan pada Guru Madrasah untuk menuliskannya disini. Aamiin.

Sumber Tambahan :
Risalah Sholat Lengkap Disertai Doa Wirid Pilihan dan Hikmah – Hikmahnya Ust Maftuh Ahnan
https://books.google.co.id/books?id=t0h8T-C11mAC&pg=PA631&lpg=PA631&dq=hendaklah+rumahnya+di+beri+bagian+dari+sholatnya&source=bl&ots=BPrqykdZ8D&sig=_ivae0veG0KHlu9m_FlSfgKWXoQ&hl=en&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=hendaklah%20rumahnya%20di%20beri%20bagian%20dari%20sholatnya&f=false

loading...
close