LTMPT Tunda Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2020, Berikut Jadwal Terbarunya

LTMPT Tunda Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2020, Berikut Jadwal Terbarunya – Merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia membuat pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 mengalami kendala. Semula, pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 akan digelar dalam satu gelombang saja. Akhirnya, LTMPT memutuskan untuk menggelar UTBK SBMPTN 2020 dalam dua gelombang untuk mengurangi kerumunan yang dikhawatirkan akan memperbesar peluang penyebaran Covid-19. Hal tersebut kemudian juga berdampak pada penundaan pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020.

Informasi Terbaru Jadwal Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2020

liputan6.com

Pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020 nyatanya menjadi salah satu momen yang paling dinantikan oleh para peserta yang telah mengikuti ujian. Dari pengumuman tersebut, mereka bisa mengetahui apakah mereka lolos ke perguruan tinggi yang mereka pilih atau tidak. Kali ini, peserta UTBK SBMPTN 2020 sepertinya harus kembali bersabar karena LTMPT kembali menunda pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020. Simak jadwal lengkap pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020 terbaru berikut ini.

Penundaan Pengumuman UTBK SBMPTN 2020

LTMPT merencakanan akan menggelar UTBK SBMPTN 2020 pada tanggal 5 hingga 12 Juli 2020 mendatang. Namun, kondisi yang tidak memungkinkan akibat pandemi Covid-19, membuat LTMPT melakukan perubahan terhadap jadwal pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020. LTMPT secara resmi telah mengumumkan bahwa UTBK SBMPTN 2020 akan terbagi dalam dua gelombang dan telah menyiapkan jadwal cadangan jika terjadi suatu hambatan. Berikut adalah jadwal pelaksanaan UTBK SBMPTN gelombang 1 dan gelombang 2.

  1. Gelombang 1: 5 – 14 Juli 2020
  2. Gelombang 2: 20 – 29 Juli 2020

Pada tiap gelombang, akan ada 2 sesi ujian. Berikut adalah waktu pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 tiap sesi.

  1. Sesi 1: Pukul 09.00-11.15 WIB/WIT/WITA
  2. Sesi 2: Pukul 14.00-16.15 WIB/WIT/WITA

Jeda antara sesi 1 dan sesi 2 cukup panjang yaitu 2 jam 45 menit. Hal ini dilakukan untuk menghindari bertemunya peserta yang pulang dan peserta yang baru datang untuk sesi 2. Selama jeda tersebut juga dilakukan untuk melakukan pembersihan dan sterilisasi ruangan serta komputer ujian. Peserta sesi 2 dan 4 akan dijadwal ulang. Peserta sesi 2 dan 4 akan dijadwalkan melakukan ujian pada gelombang 2.

Perubahan tersebut kemudian juga berimbas kepada jadwal pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020. Mengikuti jadwal semula, pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020 awalnya akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2020. Namun, LTMPT mengumumkan bahwa pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020 diundur menjadi tanggal 20 Agustus 2020 setelah UTBK SBMPTN gelombang kedua selesai dilaksanakan.

Link Untuk Mengakses Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2020

Meskipun ujiannya dilaksanakan secara langsung atau offline, para peserta tidak harus datang ke kampus tempat mereka ujian untuk melihat pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020. Para peserta bisa mengakses pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020 secara online di rumah masing-masing. Berikut adalah beberapa link yang bisa digunakan oleh peserta untuk mengakses pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020 tanggal 20 Agustus 2020 mendatang.

  1. Link LTMPT: https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id
  2. Link Kampus Institut Teknologi Sepuluh November: http://sbmptn.its.ac.id/
  3. Link Kampus Institut Teknologi Bandung: http://sbmptn.itb.ac.id/
  4. Link Kampus Insitut Pertanian Bogor: http://sbmptn.ipb.ac.id/
  5. Link Kampus Universitas Indonesia: http://sbmptn.ui.ac.id/
  6. Link Kampus Universitas Diponegoro: http://sbmptn.undip.ac.id/
  7. Link Kampus Universitas Gadjah Mada: http://sbmptn.ugm.ac.id/
  8. Link Kampus Universitas Airlangga: http://sbmptn.unair.ac.id/
  9. Link Kampus Universitas Andalas: http://sbmptn.unand.ac.id/
  10. Link Kampus Universitas Sriwijaya: http://sbmptn.unsri.ac.id/
  11. Link Kampus Universitas Syiah Kuala: http://sbmptn.unsyiah.ac.id/
  12. Link Kampus Universitas Tanjungpura: http://sbmptn.untan.ac.id/
  13. Link Kampus Universitas Hasanuddin: http://sbmptn.unhas.ac.id/

Ketentuan Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020

Saat ini, UTBK SBMPTN 2020 gelombang kedua sedang berlangsung dan akan berakhir pada tanggal 29 Juli 2020 mendatang. Bagi para peserta yang belum melaksanakan ujian diharapkan untuk tetap memperhatikan aturan yang diberlakukan oleh LTMPT agar pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 nanti tetap berjalan lancar hingga tahap pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020. Berikut adalah beberapa aturan yang diberlakukan oleh LTMPT untuk para peserta yang akan mengikuti UTBK SBMPTN 2020 gelombang kedua.

  1. Hanya peserta yang SEHAT (bebas dari Covid-19) yang diperkenankan mengikuti UTBK. Suhu peserta tidak boleh lebih dari 38 derajat celcius. Peserta yang tidak sehat dan tidak bisa mengikuti UTBK maka akan dinyatakan GUGUR.
  2. Peserta UTBK-SBMPTN 2020 HARUS melakukan isolasi mandiri mulai 14 hari sebelum pelaksanaan UTBK.
  3. Sebelum berangkat, peserta diharuskan dalam kondisi BERSIH (dengan mandi dan cuci rambut) serta menjaga kebersihan. Peserta juga DIANJURKAN untuk memakai pakaian yang bersih.
  4. Menyiapkan berbagai DOKUMEN yang diperlukan agar dapat sampai pada tujuan dan melaksanakan ujian.
  5. Peserta tidak diperkenankan MAMPIR ke tempat lain selain ke tempat UTBK.
  6. Pengantar menurunkan peserta di DROP ZONE dan tidak diperkenankan menunggu peserta di dalam kampus. Untuk peserta yang mebawa kendaraan sendiri, peserta akan disediakan tempat parkir.
  7. Tidak berinteraksi dengan peserta lain. Antar peserta wajib menjaga jarak baik itu di ruang tunggu maupun ruang ujian.
  8. Mengikuti protokol kesehatan mulai dari pengukuran suhu, cuci tangan, pakai masker dan face shield serta sarung tangan.
  9. Ketentuan teknis lain akan diatur oleh masing-masing Pusat UTBK (misal peserta yang menginap harus di hotel, tidak boleh di rumah warga).
  10. Peserta dipersilakan login kembali ke portal LTMPT untuk mencetak Kartu Peserta Baru.

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2020

Setelah pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020 tanggal 20 Agustus 2020 nanti, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Berikut informasinya.

Mencari Informasi Seputar Seleksi Mandiri

Sampai saat ini, percayalah bahwa anda telah melakukan yang terbaik dan usahamu tidak sia-sia. Jangan pernah berkecil hati jika anda belum diterima di perguruan tinggi impianmu melalui jalur UTBK SBMPTN 2020. Perguruan tinggi biasanya akan membuka jalur lain terkait penerimaan mahasiswa baru, salah satunya melalui Seleksi Mandiri. anda bisa mencoba jalur tersebut agar bisa diterima di perguruan tinggi impianmu.

Beberapa perguruan tinggi memang akan mengadakan ujian seleksi lagi untuk menjaring mahasiswa baru. Namun, anda bisa mempertimbangkan beberapa perguruan tinggi yang menggunakan nilai UTBK atau nilai rapor sebagai bahan seleksi. Sehingga, anda tidak harus melakukan ujian lagi.

Melakukan Daftar Ulang

Untuk anda yang dinyatakan lolos, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, salah satunya adalah melakukan daftar ulang. anda bisa langsung mengakses laman resmi perguruan tinggi tempatmu diterima untuk mencari tahu informasi tentang pendaftaran ulang mahasiswa baru. Jangan lupa juga untuk membayarkan UKT jika anda tidak mendaftar dengan KIP Kuliah agar kegiatanmu sebagai mahasiswa baru tidak terhambat.

Mencari Tempat Tinggal

anda diterima di perguruan tinggi di luar daerahmu? Maka hal yang bisa anda lakukan setelah mengetahui pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020 adalah mencari tempat tingga. Jika anda tidak memiliki sanak saudara di daerah tersebut, anda bisa mencari kost-kostan sebagai tempat tinggalmu selama menjadi mahasiswa. Biasanya, anda akan menemukan banyak kost-kostan di sekitar perguruan tinggi tempatmu berkuliah nanti.

Demikian informasi yang bisa Mamikos sampaikan terkait jadwal terbaru pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020. Selama masa penantian ini, anda bisa memperbanyak doa agar anda diberikan hasil yang terbaik. Apapun hasil yang anda dapatkan di pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020 nanti, percayalah bahwa anda sudah berusaha semaksimal mungkin dan usahamu tidak akan pernah sia-sia. Semoga beruntung! Untuk anda yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, anda bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close