Login Pengumuman.span-ptkin.ac.id Cek Hasil SPAN-PTKIN 2021

Login Pengumuman.span-ptkin.ac.id Cek Hasil SPAN-PTKIN 2021 – PTKIN atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah perguruan tinggi di Indonesia yang dikelola di bawah Kementerian Agama. Saat ini, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terdiri dari 3 jenis, yaitu Universitas Islam Negeri (UIN, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tingg Agama Islam Negeri (STAIN). 

Cek Hasil SPAN-PTKIN 2021

span.ptkin.ac.id

Pendaftaran mahasiswa pada PTKIN dapat dilakukan melalui dua jalur. Salah satunya adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau disingkat SPAN-PTKIN. Seleksi ini adalah seleksi nasional yang dilaksanakan secara serentak oleh UIN/IAIN/STAIN.

Pelaksanaan SPAN-PTKIN ini tidak memungut biaya pendaftaran sama sekali. Setiap PTKIN harus berlaku adil sesuai prinsip, transparan dan diskriminatif pada calon mahasiswa dengan latar belakang yang berbeda-beda. 

SPAN-PTKIN diadakan dengan tujuan Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada Sekolah/Madrasah agar mendaftarkan siswanya melalui SPAN-PTKIN untuk memperoleh pendidikan tinggi di UIN/IAIN/STAIN. 

SPAN-PTKIN adalah seleksi berdasarkan prestasi akademik menggunakan nilai rapor dan prestasi lain. Dengan adanya SPAN-PTKIN, siswa tidak mendaftarkan dirinya secara langsung, melainkan dibantu oleh pihak Sekolah/Madrasah. Sekolah/Madrasah yang boleh mendaftarkan siswa-siswinya harus sudah memperoleh izin dari pemerintah.   

Link Cek Hasil SPAN-PTKIN 2021

Pengumuman SPAN-PTKIN 2021 hanya dapat diakses melalui situs resmi SPAN-PTKIN 2021. Silahkah kunjungi situs pengumuman pada link pengumuman.span-ptkin.ac.id untuk melihat hasil tes pada tanggal 5 April 2021 nanti. 

Cara Cek Hasil SPAN-PTKIN 2021

  1. Buka situs pengumuman.span-ptkin.ac.id
  2. Masukan ID pendaftaran lalu klik “lihat hasil”
  3. Setelah masuk anda akan melihat nomor pendaftaran dan nama lengkapmu. Kemudian terdapat kalimat di bagian bawahnya yang menyatakan anda “DITERIMA” atau “TIDAK LULUS” jalur SPAN-PTKIN (Program….)
  4. Jangan lupa baca informasi di bagian bawah agar dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Jadwal Seleksi SPAN-PTKIN

  1. Pengisian PDSS : 19 Januari-17 Februari 2021.
  2. Verifikasi PDSS : 19 Januari-17 Februari 2021.
  3. Pendaftaran (siswa) : 19 Februari-15 Maret 2021.
  4. Proses Seleksi : 19-23 Maret 2021. 25-29 Maret 2021.
  5. Pengumuman Hasil Seleksi : 5 April 2021.
  6. Proses verifikasi dan atau pendaftaran ulang ditetapkan di tiap PTKIN

anda pasti harap-harap cemas menunggu tanggal 5 April nanti, ya. Tenang! anda tidak perlu kepikiran hingga stres. Kalau anda sudah berusaha dengan maksimal, anda pasti bisa memperoleh hasil yang terbaik. 

Kriterian Penerimaan SPAN-PTKIN

Siswa-siswi yang diterima melalui jalur SPAN-PTKIN adalah:

  1. Lulus dari satuan pendidikan (SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara)
  2. Lulus SPAN-PTKIN 2021
  3. Memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN penerima

Bagaimana Kalau Tidak lolos Setelah Cek Hasil SPAN-PTKIN?

1. Mendaftar UTBK untuk SBMPTN

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah tes yang harus anda ikuti terlebih dahulu, jika ingin mendaftar SBMPTN. Nilai UTBK inilah yang akan digunakan sebagai syarat pendaftaran SBMPTN. Saat ini pendaftaran UTBK masih terbuka hingga 1 April 2021. Setelah cek hasil SPAN-PTKIN dan hasilnya anda tidak lolos SPAN-PTKIN, anda masih memiliki peluang untuk membuat alternatif perguruan tinggi. Pendaftaran UTBK dibebankan biaya sebesar  Rp.200.000.

Lolos atau tidaknya anda di seleksi SPAN-PTKIN selanjutnya adalah keputusanmu. Jika lolos tetap akan mencoba UTBK atau membiarkan biaya Rp.200.000 hangus begitu saja. anda juga boleh, kok tetap megikuti UTBK apabila sudah diterima SPAN-PTIKIN. Semuanya kembali pada keputusanmu memilih perguruan tinggi dan jurusan yang paling anda minati. 

Jadwal UTBK-SBMPTN 2021

  1. Registrasi akun LTMPT: 7 Februari – 12 Maret 2021.
  2. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN: 15 Maret – 1 April 2021.
  3. Pelaksanaan UTBK (2 gelombang): Gelombang 1 pada 12-18 April 2021 dan Gelombang 2 pada 26 April – 2 Mei 2021. 
  4. Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN: 14 Juni 2021 pada pukul 15.00 WIB.

2. Mendaftar UM-PTKIN

Kalau anda tidak lolos SPAN-PTKIN, sebenarnya anda masih memiliki peluang untuk mendaftar melalui UM-PTKIN. UM-PTKIN adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Islam Negeri seperti STAIN, IAIN, dan UIN melalui seleksi tulis. Seleksi ini mirip dengan seleksi  SNMPTN. Sama halnya SPAN-PTKIN mirip dengan seleksi SNMPTN, yaitu seleksi menggunakan nilai rapor dan prestasi. 

Hal yang membedakan, soal UM-PTKIN terdapat bahasa arab dan soal keislaman seperti alquran hadist, aqidah, akhlak, fiqih, dan lain sebagainnya. anda bisa persiapkan diri dengan belajar soal-soal ujian tes UM-PTKIN mulai dari sekarang untuk mempersiapkan diri apabila tidak lolos setelah cek hasil SPAN-PTKIN.

Jadwal seleksi UM-PTKIN

  1. Pendaftaran/Pembayaran : 1 April – 30 April 2021
  2. Finalisasi Pendaftaran : 1 April – 6 Mei 2021
  3. Pelaksanaan Ujian : 24 Mei – 02 Juni 2021
  4. Pengumuman : 17 Juni 2021

3. Mendaftar Perguruan Tinggi Swasta

Saat ini sudah banyak Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki kualitas baik setara bahkan melampaui Perguruan Tinggi Negeri. Nah, PTS bisa jadi salah satu alternatif yang dapat anda gunakan apabila tidak lolos seleksi SPAN-PTKIN. 

Kebanyakan PTS membuka pendaftaran mahasiswa baru dalam rentan waktu yang cukup lama. Ini adalah kesempatan baik untukmu. anda bisa memastikan posisimu lebih awal. PTS juga memberikan kesempatan diterima lebih besar sehingga anda tidak perlu terlalu khawatir. 

Jadwal pendaftaran PTS dapat anda akses melalui situs resmi masing-masing kampus.

4. Mendaftar Sekolah Kedinasan

Sekolah kedinasan mungkin tidak begitu diminati sebagain besar calon mahasiswa, tapi jenjang pendidikan ini memberikan jaminan pekerjaan yang terjamin di kemudian hari. Sekolah kedinasan adalah pendidikan tinggi yang dikelola oleh Kementerian/Badan/Lembaga Pemerintah dimana seluruh biaya akan ditanggung oleh pihak yang menaungi. 

Sekolah kedinasan biasanya memiliki ikatan dinas sehingga anda tidak perlu khawatir untuk mencari pekerjaan setelah lulus nanti. anda akan menjadi Aparatur Sipil Negara atau PNS nantinya. Menarik, bukan? anda bisa pikirkan alternatif ini mulai dari sekarang atau setelah cek hasil SPAN-PTKIN pada 5 April 2021 nanti.

5. Mengikuti Kursus atau Pelatihan Bersertifikat

Sebagian besar orang memang suka mengikuti arus karena begitu normalnya, yaitu setelah lulus SMA/SMK harus melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun, banyak juga yang berpikiran lebih baik megembangkan kemampuan melalui kursus atau pelatihan.

Dunia kerja saat ini memang lebih mengutamakan orang-orang yang berpengalaman dan memiliki skill khusus dibandingkan nilai IPK yang tinggi. Hal ini tidak lantas menjadikan lulusan perguruan tinggi dan IPK tinggi menjadi tidak penting. Namun, tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapat  gelar sarjana. Namun, di dalam duna kerja, mreka harus sama-sama diperhitungkan .

anda bisa pikirkan kesempatan ini jika cek hasil SPAN-PTKIN tidak sesuai dengan harapan. Tidak perlu malu, anda hanya perlu percaya diri karena berebeda dengan yang lain. 

6 Bekerja Freelance

Jika tidak lolos setelah cek hasil SPAN-PTKIN, anda tidak perlu kecewa. anda bisa mencobanya lagi tahun depan. Waktu satu tahun ini bisa anda gunakan untuk untuk mencari pengalaman kerja yang sesuai dengan kemampuan atau permintaan jurusan yang anda inginkan untuk berkuliah nanti.

Menurut beberapa orang yang terlebih dahulu bekerja kemudian berkuliah, mereka mendapat banyak kemudahan. Mereka menjadi lebih mudah membayangkan aplikasi teori karena sudah memiliki pengalaman sebelumnya. Merek juga menyebutkan contoh-contoh kasus yang pernah mereka temui sebagai bahan pembelajaran. 

Itu dia beberapa alternatif yang dapat mamikos berikan apabila anda tidak lolos seleksi SPAN-PTKIN. anda baru bisa cek hasil SPAN-PTKIN pada tanggal 5 April 2021 nanti melalui situs pengumuman.span-ptkin.ac.id. Saat ini juga anda harus pikirkan alternatif terbaik yang dapat anda lakukan. Selamat Berjuang. 


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close