Link Download Sertifikat UTBK SBMPTN 2020

Link Download Sertifikat UTBK SBMPTN 2020 – LTMPT kini secara resmi telah menetapkan bahwa pengumuman UTBK SBMPTN 2020 dipercepat. Sebelumnya, pengumuman UTBK SBMPTN akan dilaksanakan oleh LTMPT secara serentak pada tanggal 20 Agustus 2020. Pada tanggal 9 Agustus 2020, LTMPT mengumumkan bahwa pengumuman UTBK SBMPTN 2020 dipercepat menjadi tanggal 14 Agustus 2020. Selain itu, LTMPT juga menyebutkan bahwa sertifikat UTBK SBMPTN yang memuat nilai peserta akan mulai bisa diunduh pada tanggal 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB.

Informasi Terbaru Link Download Sertifikat UTBK SBMPTN 2020

merdeka.com

Setelah mengalami beberapa perubahan, kini pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020 secara resmi telah ditetapkan pada tanggal 14 Agustus 2020. Jadwal tersebut lebih cepat enam hari dibandingkan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya, yaitu pada tanggal 20 Agustus 2020. Sehari setelahnya, yaitu tanggal 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB, para peserta dipersilakan mengunduh sertifikat yang memuat nilai hasil UTBK SBMPTN yang telah mereka kerjakan sebelumnya. Berikut adalah daftar link yang bisa diakses oleh para peserta untuk mengunduh sertifikat UTBK SBMPTN 2020.

Jumlah Total Peserta UTBK SBMPTN 2020

Pelaksanaan UTBK SBMPTN secara resmi telah berakhir pada tanggal 29 Juli 2020. Sebelumnya, UTBK SBMPTN 2020 dilaksanakan dalam dua gelombang, yaitu tanggal 5 sampai 14 Agustus 2020 untuk gelombang pertama dan tanggal 20 sampai 29 Agustus 2020 untuk gelombang kedua. Pembagian tersebut dilakukan oleh LTMPT untuk meminimalisir adanya kerumunan orang banyak dan kontak antar para peserta demi mencegah penyebaran Covid-19. Pelaksanaan UTBK SBMPTN pada kedua gelombang tersebut juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Hingga akhir, LTMPT mencatat bahwa jumlah peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti UTBK SBMPTN adalah sebanyak 713.230 peserta. Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 46 peserta dengan disabilitas tunanetra yang juga mendaftar untuk mengikuti ujian. Dalam catatan yang disebutkan oleh LTMPT, sebanyak 662.404 peserta (92,87 persen) telah hadir dan mengikuti ujian sesuai jadwal dan tempat yang telah ditentukan. Sisanya sebanyak 50.826 peserta (7,13 persen) dinyatakan tidak hadir dan otomatis dianggap gugur keikutsertaannya dalam UTBK SBMPTN 2020.

Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2020

Percepatan pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2020 dilakukan oleh LTMPT karena pertimbangan para rektor perguruan tinggi terkait pelaksanaan Seleksi Mandiri. Para rektor menyebutkan bahwa perguruan tinggi tidak memiliki cukup waktu untuk melaksanakan Seleksi Mandiri jika pengumuman hasil UTBK SBMPTN dilakukan tanggal 20 Agustus 2020 mendatang. Sehingga, LTMPT memutuskan bahwa pengumuman hasil dipercepat agar ada waktu yang cukup untuk melaksanakan Seleksi Mandiri bagi para peserta yang dinyatakan belum lolos dalam SBMPTN 2020.

Seperti yang sudah Mamikos sebutkan di atas, pengumuman hasil UTBK SBMPTN akan dilakukan secara serentak pada tanggal 14 Agustus 2020. Pengumuman tersebut akan dilakukan pada pukul 15.00 WIB atau pukul 3 sore waktu Indonesia bagian barat. Para peserta bisa mengakses laman resmi yang disediakan oleh LTMPT untuk mengetahui hasil kelulusan mereka. Selain itu, para peserta juga bisa mengaksesnya melalui laman mirror yang disediakan untuk sejumlah perguruan tinggi.

Dalam pengumuman yang akan dilaksanakan tanggal 14 Agustus 2020 tersebut, LTMPT hanya akan mengumumkan hasil kelulusan para peserta saja. Peserta hanya akan melihat status apakah mereka lolos atau tidak lolos ke perguruan tinggi pilihan mereka dalam UTBK SBMPTN 2020. Sementara uuntuk pengumuman hasil skor atau nilai UTBK para peserta akan diumumkan secara terpisah. Hasil skor atau nilai UTBK peserta nantinya akan diumumkan melalui bentuk sertifikat UTBK SBMPTN yang bisa diunduh oleh masing-masing peserta.

Link Untuk Mengunduh Sertifikat UTBK SBMPTN 2020

Pengumuman hasil UTBK SBMPTN memang dilakukan pada tanggal 14 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB mendatang. Namun, LTMPT belum akan mengumumkan nilai peserta pada tanggal tersebut. Seperti yang sudah disebutkan di atas, para peserta baru akan mengetahui nilai atau skor UTBK SBMPTN mereka pada tanggal 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB mendatang. LTMPT akan menyertakan nilai tersebut dalam sebuat sertifikat UTBK SBMPTN yang bisa diunduh oleh peserta sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Untuk bisa mengunduhnya, para peserta bisa memanfaatkan link pengumuman UTBK SBMPTN yang disediakan oleh LTMPT maupun link mirror. Berikut adalah beberapa link yang bisa digunakan oleh para peserta untuk mengunduh atau men-download sertifikat UTBK SBMPTN 2020.

  1. Link Download Sertifikat UTBK SBMPTN 1: https://pengumuman.sbmptn.ac.id
  2. Link Download Sertifikat UTBK SBMPTN 2: https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id
  3. Link Mirror Resmi Download Sertifikat UTBK SBMPTN Universitas Indonesia (UI): http://sbmptn.ui.ac.id/
  4. Link Mirror Resmi Download Sertifikat UTBK SBMPTN Institut Teknologi Bandung (ITB): http://sbmptn.itb.ac.id/
  5. Link Mirror Resmi Download Sertifikat UTBK SBMPTN Universitas Diponegoro (UNDIP): http://sbmptn.undip.ac.id/
  6. Link Mirror Resmi Download Sertifikat UTBK SBMPTN Institut Teknologi Sepuluh November (ITS): http://sbmptn.its.ac.id/
  7. Link Mirror Resmi Download Sertifikat UTBK SBMPTN Universitas Gadjah Mada (UGM): http://sbmptn.ugm.ac.id/
  8. Link Mirror Resmi Download Sertifikat UTBK SBMPTN Insitut Pertanian Bogor (IPB): http://sbmptn.ipb.ac.id/
  9. Link Mirror Resmi Download Sertifikat UTBK SBMPTN Universitas Airlangga (UNAIR): http://sbmptn.unair.ac.id/
  10. Link Mirror Resmi Download Sertifikat UTBK SBMPTN Universitas Andalas (UNAND): http://sbmptn.unand.ac.id/
  11. Link Mirror Resmi Download Sertifikat UTBK SBMPTN Universitas Sriwijaya (UNSRI): http://sbmptn.unsri.ac.id/
  12. Link Mirror Resmi Download Sertifikat UTBK SBMPTN Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH): http://sbmptn.unsyiah.ac.id/
  13. Link Mirror Resmi Download Sertifikat UTBK SBMPTN Universitas Tanjungpura (UNTAN): http://sbmptn.untan.ac.id/
  14. Link Mirror Resmi Download Sertifikat UTBK SBMPTN Universitas Hasanuddin (UNHAS): http://sbmptn.unhas.ac.id/

Himbauan Dari LTMPT Terkait Sertifikat UTBK SBMPTN

Dalam ketetapan terkait sertifikat UTBK SBMPTN, Humas LTMPT, Anwar Effendy juga menyebutkan beberapa himbauan. Anwar mengimbau kepada para peserta UTBK SBMPTN 2020 untuk hanya mencermati informasi yang resmi dikeluarkan oleh LTMPT. Peserta diminta untuk tidak terpengaruh berbagai macam tawaran dari pihak yang tidak jelas yang menjanjikan mereka lolos dengan membayar sejumlah biaya tertentu. Sehingga, para peserta diminta untuk terus melakukan update informasi terkini terkait pengumuman, termasuk seputar unduhan sertifikat UTBK SBMPTN.

Kegiatan Peserta Setelah Pengumuman UTBK SBMPTN 2020

Setelah pengumuman UTBK SBMPTN tanggal 14 Agustus 2020 mendatang, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh para peserta. Pertama, peserta bisa segera mengunduh sertifikat UTBK SBMPTN sesuai tanggal yang sudah ditetapkan, yaitu 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB. Para peserta juga bisa mencetak sertifikat tersebut untuk berjaga-jaga jika perguruan tinggi memintanya sebagai salah satu dokumen untuk melakukan daftar ulang. Dalam daftar ulang, para peserta yang lolos UTBK SBMPTN juga mungkin diwajibkan untuk membayar biaya kuliah atau UKT dengan nominal tertentu yang sudah ditentukan oleh perguruan tinggi.

Selain itu, para peserta juga bisa mempersiapkan diri menjadi mahasiswa baru dengan mencari tempat tinggal atau kost yang berada di dekat kampus. Para peserta juga bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti ospek dan berkenalan dengan teman-teman baru melalui media sosial. Untuk peserta yang belum dinyatakan lolos, jangan bersedih karena dirimu masih memiliki kesempatan dengan mengikuti Seleksi Mandiri di perguruan tinggi yang dirimu impikan. Segera siapkan berkas dan persyaratannya agar dirimu tidak ketinggalan pendaftaran.

Demikan informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar link unduhan sertifikat UTBK SBMPTN 2020. Pastikan bahwa dirimu sudah siap dengan internet dan perangkat elektronikmu pada tanggal pengumuman yang sudah Mamikos sebutkan di atas agar dirimu tidak ketinggalan. Jangan lupa juga untuk banyak berdoa agar dirimu bisa mendapat hasil terbaik sesuai dengan usahamu dalam UTBK SBMPTN 2020. Semoga dirimu beruntung! Untuk dirimu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, dirimu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close