Lengkap – Kisi-Kisi Soal Soal Un Dan Unbk Sma/Ma Tahun 2019

Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS yaitu sistem penilaian standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar kawasan yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan penilaian sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dilakukan oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan penilaian tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada balasannya akan sanggup membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan standar yang terus meningkat diperlukan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan yaitu penentuan nilai batas (cut off score). Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu. Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, aktivitas penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Manfaat pengaturan standar ujian akhir:

  1. Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
  2. Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.
Loading...

Penentuan kelulusan ujian nasional 2011

Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP) bersama Kementerian Pendidikan Nasional dan Komisi X dewan perwakilan rakyat memutuskan, tahun 2011 tetap ada Ujian Nasional (UN). Pelaksanaannya direncanakan pada April dan Mei 2011, mundur sebulan dibanding tahun 2010 yang dilaksanakan Maret-April. Sedang standar nilai UN pada tahun ini direncanakan masih sama dengan tahun lalu, yakni 5,50 untuk SMP/SMA. Meski sampai goresan pena ini dipublikasikan belum ada kepastian melalui peraturan menteri (permen) ihwal Ujian Nasional, namun beberapa gosip seputar UN 2011 mulai beredar. Informasi itu contohnya terkait dengan formula kelulusan dan seputar jadwal UN yang oleh pemerintah ditujukan sebagai sosialisasi kepada khalayak. Untuk formula kriteria kelulusan tahun ini, pemerintah memakai formula baru. Kelulusan siswa dari sekolah dengan melihat nilai adonan rencananya dipatok minimal 5,50. Nilai adonan merupakan perpaduan nilai UN dan nilai sekolah untuk setiap mata pelajaran UN.

Nilai sekolah dihitung dari nilai rata-rata ujian sekolah dan nilai rapor semester 1-5 untuk tiap mata pelajaran UN. Dengan formula gres ini, rencananya akan dipatok nilai tiap mata pelajaran minimal 4,00. Integrasi nilai UN dan nilai sekolah ini diperlukan jadi pendorong untuk menganggap penting semua proses berguru semenjak kelas 1 sampai kelas 3. Sedangkan kriteria kelulusan ujian sekolah diserahkan kepada sekolah. Nilai sekolah merupakan nilai rata-rata dari ujian sekolah dan nilai rapor semester 1-5 setiap mata pelajaran yang tidak diujikan dalam UN. Sementara itu, jadwal UN semula dalam goresan pena penulis posting akan dilaksanakan bulan Mei 2011 bermetamorfosis bulan April 2011. Ujian nasional (UN) utama untuk SMA/SMK digelar pada ahad ketiga April 2011, sedangkan untuk Sekolah Menengah Pertama pada ahad keempat April 2011. Adapun UN susulan bagi mereka yang belum mengikuti UN utama dilaksanakan satu ahad kemudian. Selain itu, untuk UN 2011 ujian ulangan bagi siswa yang tidak lulus ditiadakan. Oleh alasannya yaitu itu, bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus harus mengikuti ujian kembali pada tahun berikutnya.

Berikut Kisi-kisi soal UN SMA/MA Semua mata pelajaran tahun 2019

Kisi-Kisi UN SMA/MA/SMK/SMAK Tahun 2018/2019

1 Kisi-Kisi UN Mapel Bahasa Indonesia – IPA/IPS/Keagamaan Aktif Unduh
2 Kisi-Kisi UN Mapel Bahasa Indonesia – Bahasa SMA/MA Aktif Unduh
3 Kisi-Kisi UN Mapel Sastra Indonesia – Bahasa SMA/MA Aktif Unduh
4 Kisi-Kisi UN Mapel Bahasa Inggris – IPA/IPS/Bahasa/Keagamaan Aktif Unduh
5 Kisi-Kisi UN Mapel Bahasa Arab – Bahasa SMA/MA Aktif Unduh
6 Kisi-Kisi UN Mapel Bahasa Jepang – Bahasa SMA/MA Aktif Unduh
7 Kisi-Kisi UN Mapel Bahasa Jerman – Bahasa SMA/MA Aktif Unduh
8 Kisi-Kisi UN Mapel Bahasa Prancis-Bahasa SMA/MA Aktif Unduh
9 Kisi-Kisi UN Mapel Bahasa Mandarin – Bahasa SMA/MA Aktif Unduh
10 Kisi-Kisi UN Mapel Matematika – IPA SMA/MA Aktif Unduh
11 Kisi-Kisi UN Mapel Matematika – IPS/Keagamaan SMA/MA Aktif Unduh
12 Kisi-Kisi UN Mapel Matematika – Bahasa SMA/MA Aktif Unduh
13 Kisi-Kisi UN Mapel Fisika – IPA SMA/MA Aktif Unduh
14 Kisi-Kisi UN Mapel Kimia – IPA SMA/MA Aktif Unduh
15 Kisi-Kisi UN Mapel Biologi – IPA SMA/MA Aktif Unduh
16 Kisi-Kisi UN Mapel Ekonomi – IPS SMA/MA Aktif Unduh
17 Kisi-Kisi UN Mapel Sosiologi – IPS SMA/MA Aktif Unduh
18 Kisi-Kisi UN Mapel Geografi – IPS SMA/MA Aktif Unduh
19 Kisi-Kisi UN Mapel Antropologi – Bahasa SMA/MA Aktif Unduh
20 Kisi-Kisi UN Mapel Tafsir – Keagamaan MA Aktif Unduh
21 Kisi-Kisi UN Mapel Hadis – Keagamaan MA Aktif Unduh
22 Kisi-Kisi UN Mapel Fiqih – Keagamaan MA Aktif Unduh
23 Kisi-Kisi UN Mapel Kitab Suci – Kristen SMAK Aktif Unduh
24 Kisi-Kisi UN Mapel Liturgi – Kristen SMAK Aktif Unduh
25 Kisi-Kisi UN Doktrin Gereja Kristen & Moral Kristiani – Kristen SMAK Aktif Unduh
26 Kisi-Kisi UN Mapel Sejarah Gereja – Protestan SMTK Aktif Unduh
27 Kisi-Kisi UN Mapel Etika Kristen – Protestan SMTK Aktif Unduh
28 Kisi-Kisi UN Mapel Ilmu Pengetahuan Injil – Protestan SMTK Aktif Unduh
29 -Kisi UN Bahasa & Sastra Indonesia – Bahasa & Budaya SMA/MA Aktif Unduh

Mohon maaf bila adanya kekurangan dari goresan pena ini. Semoga kisi-kisi UN dan USBN mempunyai kegunaan bagi kita semuanya dan sanggup mengerjakan soal Ujian nantinya dengan hening tanpa ada hambatan sedikitpun. Silahkan menyebarkan kepada teman-teman anda dan infokan bahwa kisi-kisi tersebut sudah tersedia di Soal Terbaru. Jika ada pertanyaa dan atau link unduhnya ternyata error sanggup pribadi hubungi saya dibawah ini. Terima kasih.

Loading...
loading...
close