Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020, Isi Data Diri Hingga Simpan Permanen

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020, Isi Data Diri Hingga Simpan Permanen – anda tentunya tidak lupa kalau pendaftaran UTBK akan segera dibuka tanggal 2 Juni mendatang, kan? Pada tanggal 31 Mei 2020 pukul 10.00 hinggal puku 12.00, LTMPT telah mengadakan talkshow seputar sosialisasi prosedur pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020. Talkshow tersebut disiarkan langsung melalui saluran resmi Youtube LTMPT dan bisa disaksikan oleh seluruh calon peserta UTBK-SBMPTN 2020. Lalu, apa saja isi sosialisasi langkah pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 tersebut?

Daftar Isi

Informasi Terbaru Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

unsplash.com

Talkshow yang dilakukan oleh LTMPT menghadirkan Prof. Dr. Mohammad Nasih (Ketua Pelaksana LTMPT 2020), Prof. Dr. Budi Prasetyo W. (Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT), dan Prof. Arif Djunaidy, Ph.D (Koordinator Bidang Teknologi dan Sistem Informasi LTMPT). Koordinator Humas LTMPT 2020 yaitu Dr. Anwar Efendi, M.Si. menjadi moderator dalam acara tersebut. Beberapa informasi penting seputar UTBK-SBMPTN 2020 disampaikan oleh para narasumber termasuk langkah pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020. Berikut ini akan Mamikos bagikan informasi lengkap tentang isi sosialisasi UTBK-SBMPTN 2020 yang telah dilakukan oleh LTMPT tersebut.

Jumlah Calon Peserta UTBK-SBMPTN 2020

Sebelum menjelaskan tentang langkah pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020, Mamikos akan terlebih dahulu menjelaskan tentang jumlah pendaftar akun LTMPT. Setelah dibuka selama dua tahap mulai tanggal 17 Februari hingga 5 April 2002, LTMPT mengumumkan bahwa hampir 1,5 juta peserta telah mendaftarkan akun LTMPT. Akun tersebut adalah akun yang nantinya akan digunakan oleh para peserta untuk mendaftarkan diri mengikuti UTBK-SBMPTN 2020. Berikut rincian jumlah peserta yang disebutkan LTMPT.

  1. Sekolah Akun Permanen sebanyak 19.683
  2. Siswa Akun Permanen Tahap 1 sebanyak 1.272.916
  3. Siswa Akun Permanen Tahap 2 sebanyak 206.934
  4. Total Siswa Akun Permanen 1.479.850

Jumlah tersebut nantinya masih akan dikurangi dengan para peserta yang sudah lolos melalui jalur SNMPTN. Seperti kebijakan LTMPT yang sudah sering dibahas, setiap peserta yang sudah lolos SNMPTN tidak akan diperbolehkan untuk mengikuti SNMPTN. Jika ada yang tidak cocok dengan PTN atau program studi tempatnya lolos, maka peserta tersebut diperbolehkan mendaftar melalui jalur Seleksi Mandiri yang tidak membutuhkan nilai UTBK.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Terkait Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Dalam talkshow tersebut LTMPT juga kembali mengingatkan beberapa hal penting yang harus diperhatikan para peserta. LTMPT menyebutkan sejumlah 11 poin penting terkait langkah pendaftaran UTBK-SBMPTN. Berikut rinciannya.

  1. Peserta yang berhak mendaftar UTBK-SBMPTN hanya yang memiliki akun LTMPT. Kalau ada peserta yang ketinggalan pendaftaran akun dan tetap ingin masuk PTN, peserta bisa mengikuti Seleksi Mandiri yang tidak memakai nilai UTBK.
  2. Pendaftaran melalui laman Portal (SSO).
  3. Peserta disarankan mengikuti tes di pusat UTBK kota masing-masing. Karena kondisi masih Covid-19, peserta diharapkan tidak ke luar daerah. Tes di mana pun, di kota mana pun, kesempatannya tetap sama. Kecuali, kalau peserta sekolah di kota lain dan sekarang berada di kampung halaman, peserta disarankan mengikuti UTBK di lokasi terdekat tempat peserta berada saat ini.
  4. Peserta hanya diijinkan mendaftar dan mengikuti UTBK 1 kali. Harap teliti ulang dan berhati-hati sebelum finalisasi. Kalau sudah finalisasi dan cetak kartu, maka data tidak lagi bisa diubah.
  5. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan bersamaan. Peserta memilih PTN dan Prodi belum mengetahui hasil nilai UTBK.
  6. Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 memfasilitasi pendaftaran 85 Universitas dan Institut (SN-SB) dan 8 Politeknik.
  7. Pemilihan Prodi di Universitas-Institut (85 anggota SN-SB) tidak boleh lintas dengan Poltek.
    • Pilihan 1 Prodi anggota SN-SB (Non Poltek), pilihan 2 anggota SN-SB (Non Poltek).
    • Pilihan 1 Prodi Poltek, pilihan 2 Prodi Poltek.
  8. Pilihan Prodi sesuai persyaratan jurusan SMTA yang ditetapkan PTN.
  9. Peserta membayar biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran SBMPTN sebesar Rp150.000,00. Khusus untuk peserta yang memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah dibebaskan biaya UTBK atau gratis.
  10. Peserta mengunggah portofolio apabila disyaratkan oleh program studi pilihan (seni dan keolahragaan). Wajib unggah portofolio sesuai bidang masing-masing. Kalau kurang puas dengan portofolio yang didaftarkan di SNMPTN, peserta bisa melakukan koreksi untuk unggah ulang.
  11. Peserta yang telah melakukan konfirmasi dan simpan permanen dapat mengunduh kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN yang tidak dapat diubah dengan alasan apapun. Peserta juga tidak bisa melakukan daftar kembali dengan mengulang dari awal (mulai dari pendaftaran, pembayaran, hingga finalisasi).

Tahapan pendaftaran UTBK-SBMPTN

LTMPT juga menyebutkan kembali ketentuan langkah pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 yang harus dilakukan oleh para peserta. Beberapa tahapan memiliki ketentuannya masing-masing sesuai yang telah disebutkan oleh LTMPT. Berikut penjelasannya.

  1. Login ke portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id/
  2. Melengkapi biodata. Biodata ada 2, ada biodata yang sudah diisikan saat registrasi akun (yang tidak bisa diubah lagi), dan biodata yang diisikan saat mendaftar UTBK.
  3. Memilih Pusat UTBK. Tidak bisa memilih sesi.
  4. Lalu lanjut membayar bagi yang harus membayar. Pemegang KIP Kuliah bisa langsung lanjut ke tahap selanjutnya.
  5. Memilih program studi. Tidak boleh lintas poltek dan non poltek.
  6. Kalau memilih prodi seni dan olahraga berarti harus mengunggah portofolio.
  7. Konfirmasi dan simpan permanen. Cek ulang, anda bisa kembali mulai dari pemilihan program studi.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Dalam talkshow yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam 30 menit tersebut, LTMPT juga mempresentasikan simulasi langkah pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020. LTMPT membedakan langkah pendaftaran UTBK-SBMPTN dalam beberapa skenario. Ada sejumlah 4 skenario langkah pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 yang disebutkan, yaitu pendaftar reguler tanpa KIP Kuliah dan tanpa disabilitas, pendaftar dengan KIP Kuliah dan tanpa disabilitas, pendaftar dengan disabilitas tunanetra, dan pendaftar jurusan seni dan olah raga yang harus mengunggah portofolio. Semuanya telah Mamikos rangkum dalam informasi langkah pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 berikut ini.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN ke-0

Login menggunakan email dan password yang sudah didaftarkan. Kalau lupa password, anda bisa klik Lupa Password. Nanti akan ada proses dari sistem LTMPT untuk diminta me-reset password. Tidak perlu menghubungi call center. Kecuali, kalau anda lupa email address yang digunakan, anda bisa telepon ke call center.

Langsung memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN karena menu Verval sudah tidak bisa diubah lagi. Untuk pengisian KIP Kuliah masih bisa menyusul. Yang bisa mengisi menu KIP Kuliah hanya anda yang sudah mendaftar KIP Kuliah. Pastikan nomormu sudah diverifikasi oleh Kemendikbud.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 1-a – Melengkapi Biodata (1)

Untuk Peserta Reguler yang Tanpa Disablitas dan Tanpa KIP Kuliah

Untuk Peserta Dengan KIP Kuliah Tanpa Disabilitas

Untuk Peserta Dengan Disabilitas Tunanetra

Data tersebut merupakan data yang diambil dari Dapodik yang diisikan oleh sekolah. Data ini tidak bisa diubah kecuali pas foto, alamat, dan nomor telepon. Alamat dan nomor telepon masih bisa diubah di portal. anda bisa melakukan verifikasi melalui WhatsApp.

Pastikan unggah foto yang terlihat seluruh wajah. Pasfoto bisa diubah tetapi harus melalui pusat UTBK. Harus yang bersangkutan datang ke pusat UTBK, membawa identitas tambahan untuk memastikan bahwa ini pasfoto yang akan diganti oleh yang bersangkutan.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 1-a – Melengkapi Biodata (2)

Untuk Peserta Tanpa Disablitas

Untuk Peserta Dengan Disabilitas

Bagian ini adalah data yang harus dilengkapi sendiri oleh peserta saat pendaftaran UTBK. Untuk mereka yang sudah mendaftar SNMPTN tapi belum lulus dan hendak mendaftar SBMPTN, data ini akan secara otomatis sesuai yang telah diisi di SNMPTN.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 1-a – Melengkapi Biodata (3)

Kalau benar-benar butuh, anda harus wajib mengisi kolom disabilitas. Kalau tidak mengisi, maka akan ditempatkan di ruangan yang sama dengan peserta reguler tanpa ada fasilitas bantuan disabilitas. Pastikan jangan mengisi disabilitas kalau anda tidak memiliki disabilitas. Klik simpan dan klik tombol Selanjutnya.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 1-b – Mengisi Jurusan SMTA

Karena jenis tes hanya TPS, untuk memfilter kelayakan peserta dalam memilih jurusan, maka akan dikaitkan dengan jurusan SMTA. Pilihan jurusan SMTA akan muncul sesuai dengan nama sekolah. Jika anda sekolah di SMA dan MA, maka akan muncul pilihan jurusan IPA, IPS, Bahasa, dan Keagamaan. Untuk SMK disediakan pilihan 49 daftar program keahlian.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 1-c – Simpan Permanen Biodata (1)

Di layar akan ditampilkan seluruh data yang sudah anda isi. Tampilannya adalah seperti di atas.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 1-c – Simpan Permanen Biodata (2)

Di bagian paling bawah, anda harus mencentang kotak konfirmasi bahwa data tersebut benar dan sanggup menerima konsekuensi jika ada kesalahan data. Konfirmasi tersebut mengandung unsur legalitas sehingga pastikan terlebih dahulu anda sudah mengecek seluruh data yang anda isikan. Kalau anda menemukan kesalahan, anda bisa mengklik tombol Sebelumnya untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Kalau anda sudah yakin, anda bisa langsung klik tombol Simpan Permanen untuk menyelesaikan pendaftaran.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2-a – Memilih Pusat UTBK

Untuk Peserta Reguler yang Tanpa Disablitas dan Tanpa KIP Kuliah

Untuk Peserta Dengan KIP Kuliah Tanpa Disabilitas

Jika anda pendaftar reguler, anda diharuskan membayar biaya pendaftaran. Jika anda telah memiliki KIP Kuliah, maka anda harus mengisikannya di tautan yang tersedia. Jika anda belum memilikinya, anda bisa mendaftar untuk mendapat KIP Kuliah di laman resmi yang disediakan oleh Kemendikbud.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2-b – Konfirmasi Pilihan Pusat UTBK

Pastikan lagi data sudah benar. anda tidak bisa mengubah apapun setelah mengklik tombol Simpan.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2-c – Proses Pendaftaran UTBK

Server LTMPT kemudian akan memproses pendaftaran yang telah anda lakukan. Di layarmu akan muncul tampilan seperti di atas.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2-d – Slip Pembayaran Biaya UTBK

anda akan mendapatkan slip pembayaran seperti di atas setelah menyelesaikan pendaftaran. Di slip tersebut akan tertera tenggat waktu pembayaran. anda akan diberikan waktu 2 x 24 jam untuk menyelesaikan pembayaran pendaftaran UTBK.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2-e – Status Pembayaran Biaya UTBK

Setelah anda melakukan pembayaran, server akan secara otomatis memeriksa hasil pembayaranmu. Jika sudah terverifikasi, maka di layarmu akan muncul tampilan seperti di atas.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 3 – Memilih Program Studi PTN

Untuk Pendaftar di Jurusan Non Seni dan Olah Raga

Untuk Pendaftar di Jurusan Seni dan Olah Raga

Saat anda sudah memasuki tahap pemilihan program studi, tampilan tersebut akan muncul di layarmu. Jika anda memilih program studi seni atau olah raga, maka secara otomatis akan muncul keterangan bahwa anda harus mengunggah portofolio sesuai ketentuan.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 4 – Mengunggah Portofolio

Untuk Pendaftar di Jurusan Non Seni dan Olah Raga

Untuk Pendaftar di Jurusan Seni dan Olah Raga

Langkah 1

Lihat daftar portofolio yang dibutuhkan serta ukuran maksimal untuk mengunggah. anda bisa mengunduh template portofolio yang harus anda buat.

Langkah 2

Jangan lupa juga untuk mengisikan portofolio pada pilihan jurusan kedua.

Langkah 3

Setelah membuat portofolio, anda bisa melanjutkan untuk mengunggahnya sesuai ketentuan.

Langkah 4

Setelah anda berhasil mengunggah semua syarat portofolio, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Periksa kembali apakah ada portofolio yang salah atau kurang lengkap.

Langkah 5

Jangan lupa juga untuk memeriksa portofolio yang sudah anda unggah di pilihan jurusan kedua.

Untuk anda yang tidak mendaftar di jurusan seni atau olah raga, anda tidak perlu mengunggah portofolio. Tetapi kalau anda memilih jurusan di kedua bidang tersebut, maka anda diwajibkan untuk mengunggah portofolio sesuai format yang sudah ditentukan. anda bisa menggunakan portofolio yang anda unggah untuk SNMPTN. Tapi jika anda ingin memperbaikinya, anda bisa mengunggahnya ulang.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 5-a – Konfirmasi Simpan Permanen

Layar di atas akan muncul untuk anda mengonfirmasi datamu secara permanen. Ingat bahwa data yang sudah anda isi tidak akan bisa diubah lagi setelah mengklik Simpan Permanen.

Langkah Pendaftaran UTBK-SBMPTN 5-b – Simpan/Cetak Kartu Peserta

Untuk Peserta Reguler yang Tanpa Disablitas dan Tanpa KIP Kuliah

Untuk Peserta Dengan KIP Kuliah Tanpa Disabilitas

Untuk Peserta Dengan Disabilitas Tunanetra

anda bisa menyimpan di perangkat atau langsung mencetak kartu peserta seperti yang tertera. Pastikan anda sudah mencetak kartu peserta sebelum anda datang mengikuti tes UTBK.

LTMPT akan menyediakan link unduhan langkah pendaftaran UTBK-SBMPTN yang disediakan di laman resmi LTMPT. anda bisa melihat simulasi pendaftaran secara langsung dari video yang akan diunggah oleh LTMPT tersebut. Pastikan anda benar-benar memperhatikan setiap detilnya dan jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Waktu Khusus Sesi UTBK-SBMPTN 2020

Khusus untuk Pusat UTBK wilayah atau zona Aceh dan Sumatera Utara, Sumatera Tengah, dan Kalimantan, sesi III dan IV akan diundur 30 menit untuk memberi kesempatan waktu sholat Dhuhur dan Ashar bagi peserta. Berikut waktu sesi III dan IV khusus untuk daerah tersebut.

  • Sesi I: 07.00 – 09.15
  • Sesi II: 09.45 – 12.00
  • Sesi III: 13.00 – 15.15
  • Sesi IV: 16.00 – 18.15

Zona Aceh dan Sumatera Utara

  1. Universitas Syiah Kuala
  2. Universitas Malikussaleh
  3. Universitas Teuku Umar
  4. Universitas Samudera
  5. ISBI Aceh
  6. Universitas Sumatera Utara
  7. Universitas Negeri Medan

Zona Sumatera Tengah

  1. Universitas Riau
  2. Universitas Maritim Raja Ali Haji (Tanjung Pandan dan Batam)
  3. Universitas Andalas
  4. Universitas Negeri Padang
  5. ISI Padang Panjang

Zona Kalimantan

  1. Universitas Tanjungpura
  2. Universitas Palangkaraya
  3. Universitas Lambung Mangkurat
  4. Universitas Mulawarman
  5. Institut Teknologi Kalimantan
  6. Universitas Borneo Tarakan

Waktu Sesi UTBK-SBMPTN 2020 Untuk Daerah Lain

Sementara untuk daerah selain zona Aceh dan Sumatera Utara, Sumatera Tengah, dan Kalimantan, waktu untuk tiap sesi ujian tetap sama. Berikut ini adalah rinciannya.

  • Peserta masuk ruangan: 5 menit
  • Pemeriksaan identitas/dokumen: 20 menit
  • Latihan: 5 menit
  • TPS: 105 menit

Waktu Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 Per Hari

Sesi Pukul (WIB/WITA/WIT) Kegiatan
I 07.00-07.05 Peserta Masuk Ruang Ujian
07.05-07.25 Pemeriksaan Identitas/Dokumen
07.25-07.30 Latihan
07.30-09.15 Tes Potensi Skolastik (TPS)
II 09.45-09.50 Peserta Masuk Ruang Ujian
09.50-10.10 Pemeriksaan Identitas/Dokumen
10.10-10.15 Latihan
10.15-12.00 Tes Potensi Skolastik (TPS)
III 12.30-12.35 Peserta Masuk Ruang Ujian
12.35-12.55 Pemeriksaan Identitas/Dokumen
12.55-13.00 Latihan
13.00-14.45 Tes Potensi Skolastik (TPS)
IV 15.30—15.35 Peserta Masuk Ruang Ujian
15.35-15.55 Pemeriksaan Identitas/Dokumen
15.55-16.00 Latihan
16.00-17.45 Tes Potensi Skolastik (TPS)

Waktu Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 Hari Jumat

Sesi Pukul (WIB/WITA/WIT) Kegiatan
I 08.00-08.05 Peserta Masuk Ruang Ujian
08.05-08.25 Pemeriksaan Identitas/Dokumen
08.25-08.30 Latihan
08.30-10.15 Tes Potensi Skolastik (TPS)
II 13.30-13.35 Peserta Masuk Ruang Ujian
13.35-13.55 Pemeriksaan Identitas/Dokumen
13.55-14.00 Latihan
14.00-15.45 Tes Potensi Skolastik (TPS)

Ketentuan Tambahan Terkait Pusat UTBK

Sebelumnya telah disebutkan bahwa LTMPT menyediakan sejumlah 74 Pusat UTBK tempat pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020. Bersama dengan sosialisasi langkah pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020, LTMPT juga menyebutkan beberapa ketentuan tambahan terkait pemilihan lokasi pelaksanaan UTBK. Ketentuan tambahan tersebut terutama untuk para peserta yang memiliki disabilitas. Berikut rinciannya.

  1. Jumlah Pusat UTBK: 74
  2. Sesi khusus tunanetra (buta): sesi ke-10 (7 Juli 2020, sesi ke-2)
  3. UTBK untuk peserta tunanetra hanya dilaksanakan di 52 pusat UTBK (dipusatkan di satu Pusat UTBK untuk satu kota).
  4. Khusus peserta tunanetra akan ditempatkan di dalam ruang bersama dan eksklusif, karena pelaksanaan ujian untuk peserta tunanetra akan menggunakan screen reader.
  5. Peserta tunadaksa (lumpuh) akan ditempatkan bersama peserta reguler, tetapi di lokasi yang mudah dijangkau.

Agar lebih jelas, berikut Mamikos bagikan daftar Pusat UTBK yang bisa dipilih oleh para peserta dengan disabilitas. Bagian yang dicetak tebal merupakan Pusat UTBK-SBMPTN 2020 yang disediakan untuk peserta dengan disabilitas tunanetra.

Kode Nama PTN Nama Pusat UTBK
PTN-111 Universitas Syiah Kuala Universitas Syiah Kuala
PTN-112 Universitas Malikussaleh Universitas Malikussaleh
PTN-113 Universitas Teuku Umar Universitas Teuku Umar
PTN-114 Universitas Samudra Universitas Samudra
PTN-115 Institut Seni Budaya Indonesia Aceh Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
PTN-121 Universitas Sumatera Utara Universitas Sumatera Utara
PTN-122 Universitas Negeri Medan Universitas Negeri Medan
PTN-131 Universitas Riau Universitas Riau
PTN-133 Universitas Maritim Raja Ali Haji Universitas Maritim Raja Ali Haji – Tanjung Pinang Bintan
PTN-141 Universitas Andalas Universitas Andalas
PTN-142 Universitas Negeri Padang Universitas Negeri Padang
PTN-143 Institut Seni Indonesia Padang Panjang Institut Seni Indonesia Padang Panjang
PTN-151 Universitas Jambi Universitas Jambi
PTN-161 Universitas Bengkulu Universitas Bengkulu
PTN-171 Universitas Sriwijaya Universitas Sriwijaya
PTN-181 Universitas Bangka Belitung Universitas Bangka Belitung – Pangkal Pinang Bangka
Universitas Bangka Belitung – Tanjung Pandan Belitung
PTN-191 Universitas Lampung Universitas Lampung
PTN-192 Institut Teknologi Sumatera Institut Teknologi Sumatera
PTN-311 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 
PTN-321 Universitas Indonesia Universitas Indonesia
PTN-323 Universitas Negeri Jakarta Universitas Negeri Jakarta
PTN-324 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
PTN-331 Universitas Singaperbangsa Karawang Universitas Singaperbangsa Karawang 
PTN-332 Institut Teknologi Bandung Institut Teknologi Bandung
PTN-333 Universitas Padjadjaran Universitas Padjadjaran
PTN-334 Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia – Bumi Siliwangi
Universitas Pendidikan Indonesia – Cibiru
Universitas Pendidikan Indonesia – Sumedang
Universitas Pendidikan Indonesia – Purwakarta
PTN-335 Institut Seni Budaya Indonesia Bandung Institut Seni Budaya Indonesia Bandung
PTN-341 Institut Pertanian Bogor Institut Pertanian Bogor
PTN-342 Universitas Siliwangi Universitas Siliwangi
PTN-351 Universitas Jenderal Soedirman Universitas Jenderal Soedirman
PTN-352 Universitas Tidar Universitas Tidar
PTN-353 Universitas Sebelas Maret Universitas Sebelas Maret
PTN-354 Institut Seni Indonesia Surakarta Institut Seni Indonesia Surakarta
PTN-355 Universitas Diponegoro Universitas Diponegoro
PTN-356 Universitas Negeri Semarang Universitas Negeri Semarang
PTN-361 Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
PTN-362 Universitas Negeri Yogyakarta Universitas Negeri Yogyakarta
PTN-363 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
PTN-364 Institut Seni Indonesia Yogyakarta Institut Seni Indonesia Yogyakarta
PTN-371 Universitas Jember Universitas Jember
PTN-372 Universitas Brawijaya Universitas Brawijaya
PTN-373 Universitas Negeri Malang Universitas Negeri Malang
PTN-381 Universitas Airlangga Universitas Airlangga
PTN-382 Institut Teknologi Sepuluh Nopember Institut Teknologi Sepuluh Nopember
PTN-383 Universitas Negeri Surabaya Universitas Negeri Surabaya
PTN-384 Universitas Trunojoyo Universitas Trunojoyo
PTN-385 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
PTN-511 Universitas Tanjungpura Universitas Tanjungpura
PTN-521 Universitas Palangka Raya Universitas Palangka Raya
PTN-531 Universitas Lambung Mangkurat Universitas Lambung Mangkurat
PTN-541 Universitas Mulawarman Universitas Mulawarman
PTN-542 Institut Teknologi Kalimantan Institut Teknologi Kalimantan
PTN-551 Universitas Borneo Tarakan Universitas Borneo Tarakan
PTN-611 Universitas Udayana Universitas Udayana
PTN-612 Universitas Pendidikan Ganesha Universitas Pendidikan Ganesha
PTN-613 Institut Seni Indonesia Denpasar Institut Seni Indonesia Denpasar
PTN-621 Universitas Mataram Universitas Mataram – Lombok
Universitas Mataram – Bima Sumbawa
PTN-631 Universitas Nusa Cendana Universitas Nusa Cendana
PTN-632 Universitas Timor Universitas Timor
PTN-711 Universitas Hassanuddin Universitas Hassanuddin
PTN-712 Universitas Negeri Makassar Universitas Negeri Makassar
PTN-721 Universitas Sam Ratulangi Universitas Sam Ratulangi
PTN-722 Universitas Negeri Manado Universitas Negeri Manado
PTN-731 Universitas Tadulako Universitas Tadulako
PTN-741 Universitas Sulawesi Barat Universitas Sulawesi Barat
PTN-751 Universitas Haluoleo Universitas Haluoleo
PTN-752 Universitas Negeri Gorontalo Universitas Negeri Gorontalo
PTN-753 Universitas Sembilan Belas November Kolaka Universitas Sembilan Belas November Kolaka
PTN-811 Universitas Pattimura Universitas Pattimura
PTN-821 Universitas Khairun Universitas Khairun
PTN-911 Universitas Cenderawasih Universitas Cenderawasih – Jayapura
Universitas Cenderawasih – Biak
Universitas Cenderawasih – Serui
Universitas Cenderawasih – Nabire
Universitas Cenderawasih – Timika
PTN-912 Universitas Musamus Merauke Universitas Musamus Merauke
PTN-913 Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua
PTN-921 Universitas Papua Universitas Papua – Manokwari
Universitas Papua – Kabupaten Sorong

Untuk selengkapnya, anda bisa simak talkshow dari LTMPT di bawah ini.

Demikian informasi tentang langkah pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 terbaru serta informasi tambahan lainnya yang bisa Mamikos bagikan. Pastikan anda membaca semua ketentuan dan prosedurnya dengan teliti, ya! Sesuaikan langkah pendaftaran UTBK-SBMPTN dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Untuk anda yang sedang bingung mencari tempat tinggal dekat kampus idaman setelah lolos SBMPTN 2020, anda bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close