Komunikasi – Pengertian, Sejarah, Unsur, Tujuan, Bentuk, Proses, Hambatan, Para Ahli

Komunikasi – Pengertian, Sejarah, Unsur, Tujuan, Bentuk, Proses, Hambatan, Para Ahli : Pengertian Komunikasi ialah suatu proses yang dalam mana seseorang atau dari beberapa orang kelompok, masyarakat dan organisasi yang membuat dan memakai sebuah informasi semoga sanggup terhubung dengan lingkungan orang lain. Secara umum komunikasi dilakukan dengan ekspresi atau verbal yang sanggup dimengerti oleh kedua belah pihak masing-masing.


 Pengertian Komunikasi ialah suatu proses yang dalam mana seseorang atau dari beberapa ora Komunikasi – Pengertian, Sejarah, Unsur, Tujuan, Bentuk, Proses, Hambatan, Para Ahli

Pengertian Komunikasi

Komunikasi ialah sesuatu hal dasar yang selalu dibutuhkan dan dilakukan oleh setiap insan manusia, lantaran berkomunikasi merupakan dasar interaksi antar insan untuk memperoleh komitmen dan kesepahaman yang dibangun untuk mencapai suatu tujuan yang maksimal diantara kedua nya.


Untuk mencapai perjuangan dalam berkomunikasi secara efektif, maka sebaiknya kita harus mengetahui sejumlah pemahaman dan duduk kasus yang terjadi dalam proses berkomunikasi itu sendiri.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Puisi – Ciri, Unsur, Jenis, Puisi Baru dan Lama, Contohnya


Jika tidak ada bahasa verbal yang sanggup dimengerti dari keduanya untuk berkomunikasi masih bisa dilakukan dengan cara memakai gerak gerik badan, memperlihatkan sikap tertentu, menyerupai tersenyum menggelengkan kepala atau dengan mengangkat pundak cara yang demikian disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.


Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis ialah setiap komunikasi yang dipakai untuk membangun partnerships, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan satu gagasan; suatu produk; servis; atau suatu organisasi, dengan sasaran untuk membuat nilai bagi bisnis yang dijalankan.


Loading...

Komunikasi Bisnis mencakup pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal bisnis tersebut. Komunikasi yang internal termasuk komunikasi visi (perseroan/perusahaan), strategi, rencana-rencana, kultur/budaya perusahaan, nilai-nilai dan prinsip dasar yang terdapat di perusahaan, motivasi karyawan, serta gagasan-gagasan, dll.


Komunikasi eksternal termasuk merek, pemasaran, iklan, korelasi pelanggan, humas, hubungan-hubungan media, negosiasi-negosiasi bisnis, dll. Bagaimanapun bentuknya, semua hal tersebut mempunyai tujuan yang sama, yaitu membuat suatu nilai bisnis (create business value).


Sejarah Komunikasi

Sejarah komunikasi atau communicaton yang berasal dari bahasa latin communis yang berarti sama, communico, communication atau communicare yang berarti membuat sama ( make to coomon ). Sederhananya komunikasi bisa terjadi kalau ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang mendapatkan pesan. Oleh lantaran itu komunikasi sendiri tergantung pada kemampuan kita untuk sanggup bagaimana memahaminya satu dengan yang lainnya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pantun – Pengertian, Ciri, Macam, Cinta, Jenaka, Pendidikan, Agama, Nasehat, Contohnya


Pada awal mulanya komunikasi tersebut dipakai dalam mengungkapkan kebutuhan/keperluan organisasi sinyal kimiawi pada organisasi awal yang dipakai untuk reproduksi. Dengan seiringnya evolusi kehidupan insan maka sinyal kimiawi primitive yang telah dipakai didalam berkomunikasi juga ikut berevolusi dan membuka peluang terjadinya sikap yang lebih rumit.


Meskipun komunikasi sudah dipelajari semenjak usang dan termasuk barang yang antik, tapi pada kenyataan topic ini tetap menjadi hal yang penting khususnya sekitar pada abda 20 lantaran yang semakin pertumbuhan komunikasi digambarkan sebagai ( inovasi yang revolusioner ). Hal ini disebabkan peningkatkan teknologi komunikasi yang begitu sangat pesat menyerupai radio, telvisi, satelit dan jaringan komputer.


Unsur -Unsur Komunikasi

Komunikasi mencakup 5 unsur, kemudian dikenal dengan formula 5 W + 1 H, yakni :

  • Komunikator = who [communicator, source, sender]
  • Pesan = says what [message]
  • Media = in which channel [channel, media]
  • Komunikan = to whom [communicant, communicatee, reciever, recipient]
  • Efek [effect, impact, influence]

Hal yang pertama dilakukan ialah memahami bentuk dasar komunikasi. Karena seorang komunikator yang baik harus mempunyai beberapa alat komunikasi yang menunjang dalam memberikan suatu pesan.


Seperti bagaimana cara menempatkan kata dalam suatu komunikasi sehingga mempunyai arti dan bisa menarik minat dan simpati dari para pendengarnya dan mengajak peserta untuk ikut aktif dalam berkomunikasi menyerupai dalam kegiatan diskusi.


Teknik Komunikasi

  1. Komunikasi informatif [informative communication]
  2. Komunikasi persuasif [persuasive communication]
  3. Komunikasi instruktif/ koersif [instructive/ coersive communication]
  4. Hubungan manusiawi [human relation]

Tujuan Komunikasi

  1. Mempelajari atau mengajarkan sesuatu
  2. Mempengaruhi sikap seseorang
  3. Mengungkapkan perasaan
  4. Menjelaskan sikap sendiri atau sikap orang lain
  5. Berhubungan dengan orang lain
  6. Menyelesaian sebuah masalah
  7. Mencapai sebuah tujuan
  8. Menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik
  9. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orng lain

Komponen Komunikasi

Komponen komunikasi ialah hal yang harus ada ( berwujud ) semoga berkomunikasi sanggup berlangsung dengan sangat baik, inilah beberapa komponen didalam komunikasi yaitu :


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Teks Ulasan, Contoh, Ciri, Tujuan, Struktur Dan Kaidahnya


  • Pesan ( message ) ialah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh pihak kepada pihak yang lain.
  • Pengirim/komunikator ( sender ) ialah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak yang lain.
  • Penerima/komunikate ( receiver ) ialah pihak yang mendapatkan pesan dari pihak yang lain.
  • Saluran ( Channel ) ialah sebuah media yang dimana pesan sanggup disampaikan kepada komunikan dalam komunikasi antar-pribadi ( tatap muka ) jalan masuk sanggup berupa udara yang mengalir getaran nada atau suara.
  • Umpan balik ( feedback ) ialah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
  • Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi ihwal bagaimana komunikasi itu akan dijalankan.

Pengertian Komunikai Menurut Para Ahli

Pengertian komunikasi berdasarkan para pakar komunikasi yang mengacu pada acara korelasi insan yang biasanya terjadi dengan secara eksklusif maupun secara tidak eksklusif didalam kehidupan sehari-hari. Nah dibawah ini akan dijelaskan ihwal apa itu komunikasi berdasarkan aneka macam hebat dunia yang telah menawarkan pinjaman pemikirannya menyerupai apa pengertian komunikasi berdasarkan mereka !


Berikut ini beberapa pengertian komunikasi berdasarkan para hebat :

  1. Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid

    ( Komunikasi ) ialah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melaksanakan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya yang pada gilirannya akan datang pada saling pengertian yang mendalam.

  2. Menurut Harorl D. Lasswell

    ( Komunikasi ) ialah intinya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, menyampaikan apa, dengan jalan masuk apa, kepada siapa ? dengan jawaban apa atau hasil apa.


  3. Menurut Shannon & Weaver

    ( Komunikasi ) ialah bentuk komunikasi/interaksi  manusia saling efek mempengaruhi satu dengan yang lainnya, dengan sengaja ataupun tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk/wujud dalam komunikasi yang memakai bahasa verbal, tetapi juga dalam hal eksprensi wajah/muka, lukisan, seni, dan teknologi.

  4. Menurut Raymond S. Ross

    ( Komunikasi ) ialah suatu proses menyortir, menentukan dan mengirimkan/mentranfer symbol-simbol yang sedemikian rupa sehingga bisa membantu dalam pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.


  5. Menurut Everett M. Rogers

    ( Komunikasi ) ialah proses dimana suatu wangsit dialihkan dari sumber kepada suatu peserta atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laris mereka.

  6. Menurut Bernard Berelson & Gary A. Steiner

    ( Komunikasi ) ialah Transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan dan sebagainya dengan memakai symbol-simbol atau kata-kata, gambar, figure, grafik dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang disebut dengan komunikasi.


  7. Menurut John R. Wenburg dan William W Wilmot

    ( Komunikasi ) ialah suatu perjuangan untuk memperoleh makna.

  8. Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri

    ( Komunikasi ) ialah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada peserta semoga sanggup dipahami.

  9. Menurut Carl I. Hovland

    ( Komunikasi ) ialah proses yang memungkinkan seseorang ( komunikator ) menyatakan rangsangan untuk mengubah sikap orang lain.


  10. Menurut William I. Gordon

    ( Komunikasi ) ialah secara ringkas sanggup didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan.

  11. Menurut Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss

    ( Komunikasi ) ialah proses makna diantara dua orang atau lebih.

  12. Menurut M. Djenamar, SH

    ( Komunukasi ) ialah seni untuk memberikan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain.


  13. Menurut William Albig

    ( Komunikasi ) ialah proses pengoperan lambing yang berarti diantara indivindu-induvindu.

  14. Menurut Judy C pearson & Paul E melson

    ( Komunikasi ) ialah proses memahami dan aneka macam makna.

  15. Menurut Anwar arifin

    ( Komunikasi ) ialah merupakan sebuah konsep yang multi makna. Makna komunikasi ini bisa dibedakan berdasarkan komunikasi sebagai proses sosial komunikasi pada makna ini ada dalam konteks ilmu sosial. yang dimana para pakar ilmu sosial melaksanakan riset dengan teknik memakai pendekatan komunikasi yang secara umum menfokuskan pada kegiatan insan dan kaitan pesan dengan perilaku.


  16. Menurut Murphy & Mendelson

    ( Komunikasi ) ialah merupakan suatu komunikasi untuk membangun dan mempertahankan korelasi interpersonal.

  17. Menurut Aristoteles

    ( Komunikasi ) ialah alat dimana warga masyarakat sanggup berpartisipasi dalam demokrasi.

  18. Menurut Anderson

    ( Komunikasi ) ialah merupakan proses yang dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku.


  19. Menurut Hoben

    ( Komunikasi ) ialah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal.

  20. Menurut Barnlund

    ( Komunikasi ) ialah timbul dorong oleh kebutuhan untuk sanggup mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.


  21. Menurut Lexigrapher

    ( Komunikasi ) ialah upaya yang bertujuan menyebarkan untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukaran ialah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.

  22. Menurut Redi Panuju

    ( Komunikasi ) ialah aliran yang menghubungkan dan kinerja antar belahan dalam organisai sehingga menghasilkan suatu sinergi.


  23. Menurut William J. Seller

    ( Komunikasi ) ialah proses dengan mana symbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.

  24. Menurut Colin Cherry

    ( Komunikasi ) ialah penggunaan lambing-lambang ( symbols ) untuk mencapai kesamaan makna atau menyebarkan informasi ihwal satu objek atau kejadian. Informasi disampaikan diterima secara akurat, receiver akan mempunyai informasi yang sama menyerupai yang dimiliki sender, oleh lantaran itu tindak komunikasi telah terjadi.


Bentuk Komunikasi

Pada dasarnya ada dua bentuk komunikasi yang umum dipakai dalam dunia bisnis, yaitu, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Pantun


  • Komunikasi verbal

Komunikasi verbal (verbal communication) merupakan salah satu bentuk komunikasi yang disampaikan kepada pihak lain melalui goresan pena (written) dan ekspresi (oral). Contohnya ialah membaca majalah, mambaca surat kabar, mempresentasikan makalah dalam suatu program seminar dan lain-lain.


Sedangkan komunikasi verbal memilki tipe yang dibedakan menjadi dua yaitu, berdasarkan aktif atau pasifnya peserta komunikasi dalam proses komunikasi. Dimana komunikasi verbal sanggup bertindak sebagai komunikator atau pengirim pesan dan sanggup bertindak sebagai audience.


Adapun dalam berkomunikasi secara verbal, dibutuhkan pengungkapan kata-kata yang disusun dalam suatu pola yang berarti, baik dalam bentuk goresan pena maupun lisan, menyerupai :


    • Berbicara dan Menulis

Suatu pesan yang sangat penting dan kompleks, sebaiknya disampaikan dengan memakai tulisan, menyerupai surat, memo dan laporan


    • Mendengarkan dan Membaca

Untuk mencapai komunikasi yang efektif, maka dibutuhkan komunikasi dua arah, dimana orang-orang yang terlibat di dalamnya memerlukan ketrampilan mendengar (listening) dan membaca (reading).


  • Komunikasi Nonverbal

Komunikasi nonverbal merupakan bentuk komunikasi yang paling fundamental dalam komunikasi bisnis. Walaupun pada umumnya komunikasi nonverbal mempunyai sifat kurang terstruktur sehingga sulit untuk dipelajari, seperti memahami dalam penggunaan bahasa isyarat, ekspresi wajah, gerakan tubuh, sandi, simbol-simbol, warna dan intonasi suara.


Dalam penyampaiannya, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal memilki arti yang berbeda-beda, menyerupai dalam komunikasi nonverbal. pesan yang disampaikan biasanya dilakukan secara impulsif tanpa mempunyai planning dan dilakukan secara tidak sadar dan bersifat alami.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Contoh Pamflet


Adapun Komunikasi Nonverbal memilki beberapa tujuan , yaitu:

  • Menyediakan dan menawarkan informasi
  • Mangatur alur suatu percakapan
  • Mengekspresikan emosi
  • Memberi sifat dan melengkapi, menentang atau mengembangkan pesan-pesan verbal
  • Mengendalikan atau mempengaruhi orang lain
  • Mempermudah tugas-tugas khusus, contohnya dalam menawarkan pengajaran pada dikala kuliah

Kadang dalam prakteknya, di dalam suatu komunikasi bisnis terjadi penggabungan antar komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal dalam suatu situasi. Karena biasanya kata-kata yang disampaikan dalam suatu komunikasi atau percakapan kadang hanya membawa sebagian dari pesan.


Dan relevansinya dalam komunikasi bisnis, tipe komunikasi nonverbal sanggup menentukan dapat dipercaya dan kepemimpinan seseorang, yang sanggup dilihat dari karateristik suara, penampilan, sentuhan, gerakan dan posisi tubuh juga melalui ekspresi wajah dan mata.


Proses Komunikasi

Menurut Courtland L Bovee dan Jhon V. Thilt dalam Business Communication Today, proses komunikasi ( Comunication Process ) terdiri atas enam tahap, yaitu :

  1. Pengirim mempunyai suatu wangsit atau gagasan.
  2. Pengirim mengubah wangsit menjadi suatu pesan.
  3. Pengirim memberikan pesan.
  4. Penerima mendapatkan pesan
  5. Penerima menafsirkan pesan
  6. Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik kepada pengirim

Hambatan Dalam Komunikasi

Faktor kendala yang biasanya terjadi dalam proses komunikasi, sanggup dibagi dalam 3 jenis sebagai berikut:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 101 Pengertian Dan Definisi Hak Cipta Menurut Para Ahli


  • Hambatan Teknis

Hambatan jenis ini timbul lantaran lingkungan yang menawarkan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan akomodasi dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan gres di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga jalan masuk komunikasi dalam media komunikasi sanggup mendapatkan amanah serta lebih efisien.


  • Hambatan Semantik

Gangguan semantik menjadi kendala dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara efektif. Definisi semantik ialah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak terang bagaimanapun baiknya transmisi.


Untuk menghindari mis-komunikasi semacam ini, seorang komunikator harus menentukan kata-kata yang sempurna dan sesuai dengan karakteristik komunikannya, serta melihat dan mempertimbangkan kemungkinan penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata yangdigunakannya.


  • Hambatan Manusiawi

Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.


Ditinjau dari aspek bisnis, organisasi ialah sarana administrasi (dilihat dari aspek kegiatannya). Korelasi antara Ilmu Komunikasi dengan Organisasi terletak pada peninjauannya yang berfokus kepada manusia-manusia yang terlibat dalam mencapai tujuan organisasi.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Bank Perkreditan Rakyat – Sejarah, Pengertian, Usaha, Tujuan, Sasaran, Jenis, Fungsi, Manajemen, Contoh


Loading...
loading...
close