Komunikasi (Pengertian, Fungsi, Tujuan, Dan Syaratnya) Lengkap

Pengertian Komunikasi adalah suatu kegiatan memberikan dan mendapatkan pesan atau suatu info dari satu individu ke individu lain. kegiatan komunikasi tidak terbatas oleh ruang dan waktu yang berarti komunikasi tersebut sanggup dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, kapan saja, dan bagaimana saja. Oleh sebab itu, komunikasi sangatlah mungkin terjadi di lingkungan kita, baik secara pribadi atau secara publik.

 suatu kegiatan memberikan dan mendapatkan pesan atau suatu info dari satu individu ke KOMUNIKASI (Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Syaratnya) LENGKAP


Komunikasi dalam penerapannya sanggup dibagi menjadi dua, yaitu ada komunikasi interpersonal dan ada komunikasi organisasi. Komunikasi Interpersonal atau biasa disebut dengan komunikasi antar pribadi yaitu suatu proses transfer info  yang terjadi dan dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam suatu kelompok kecil. sedangkan komunikasi organisasi yaitu suatu proses transfer info yang terjadi dan dilakukan oleh banyak orang dalam lingkum suatu organinasi yang bersifat eksternal. Kedua komunikasi tersebut juga dalam kegiatannya mempunyai suatu tujuan yang sama, yaitu:

Tujuan Komunikasi

#1. Mentransfer pengetahuan Komunikator kepada Komunikan
Pengetahuan yaitu hasil dari cipta karsa karya insan yang dimiliki oleh setiap individu masing-masing. dalam ilmu pengetahuan, ilmu yang dimiliki oleh satu individu hendaknya di transfer kepada individu yang lain. dalam kegiatan transfer ilmu atau info tersebut memerlukan adanya suatu komunikasi.


#2. Memahami kondisi dan keadaan orang lain

Kondisi atau keadaan akan orang lain yang jauh dari jangkauan panca indra kita sanggup diketahui dengan memakai komunikasi. Dengan berkomunikasi secara pribadi maupun tidak pribadi kita sanggup mengetahui kondisi dan keadaan orang lain dengan cara memakai kemampuan untuk mendengar, melihat, dan lain sebagainya.


#3. Agar pendapat dan gagasan kita di terima orang lain

Dengan berkomunikasi, kita bebas bereksplorasi dan berargumentasi. impian atau tujuan komunikasi yang ketiga ini yaitu supaya gagasan kita sanggup diterima orang lain. untuk mencapain tujuan tersebut kita bisa memakai pendekatan persuasif supaya gagasan kita gampang diterima oleh orang lain.


#4. Memberi kode terhadapa orang lain

Poin keempat ini bekerjasama dengan poin ketiag. ketiga gagasan kita sudah diterima melaui pendekatan persuasif sehingga menghasilkan suatu persepsi yang sama dengan orang lain, kita sanggup menawarkan kode kepada orang lain sesuai dengan apa yang kita hendaki.

Fungsi Komunikasi


#1. Fungsi Pengendali Prilaku

Beberapa pendapat para hebat menyatakan bahwa komunikasi berfungsi sebagai pengendali prilaku orang lain atau anggota dalam suatu kelompok tertentu. pada umumnya komunikasi tersebut berbentuk dalam sebuah peraturan yang telah disepakati oleh beberapa orang atau anggota yang lainnya.


#2. Fungsi Pengungkap Emosional

Fungsi komunikasi yang kedua yaitu komunikas mempunyai peranan dalam mengungkapkan perasaan-perasaan kepada orang lain, baik itu senang, gembira, bahagia, sedih, kecewa, suka atau tidak suka, dan lain sebagainya. tujuan dari fungsi ini yaitu untuk menawarkan citra kondisi atau keadaan akan kondisi individu kepada individu yang lain.


#3. Fungsi Pemberi Motivasi

Fungsi komunikasi salah satunya yaitu sebagai pemberi motivasi. melalui komunikasi kita sanggup menawarkan sugesti, saran, kebaikan, dan motivasi kepada orang lain dengan impian akan terjadi suatu perubahan yang baik.


#4. Fungsi Pemberi Informasi

Dengan berkomunikasi kita bisa menawarkan info kepada orang lain dalam segala hal. info yang kita berikan tersebut bisa dimanfaatkan oleh orang lain salah satunya untuk mengambil sebuah keputusan menurut info yang kita berikan kepadanya.

Syarat Adanya Suatu Komunikasi

Layaknya sebuah kegiatan pada umumnya, kegiatan komunikasi juga terdapat syarat-syarat tertentu dalam adanya sebuah kegiatan komunikasi. Syaratnya yaitu sebagai berikut:

#1. Harus Ada Sumber Komunikasi

Sumber yaitu dasar penyampaian dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Sumber bisa berbnentuk alasan mengapa pesan itu disampikan, dari siapa asal muasal pesan tersebut, kemudian apa yang menyebabkan pesan itu ada, dan lain sebagainya.  


#2. Harus Ada Komunikator (Pembiacara)

Komunikato atau pembicara yaitu seseorang yang memberikan info / pesan kepada seseorang yang lain dengan tujuan tertentu.


#3. Harus ada pesan yang disampaikan

Pesan dalam kegiatan komunikasi merupakan hal yang sangat penting adanya. dengan adanya pesan atau info maka kegiatan komunikasi sanggup berlangsung, namun sebaliknya bila tidak ada pesan maka kegiatan komunikasi tidak sanggup di laksanakan.


#4. Harus ada susukan yang digunakan

Saluran dalam kegiatan komunikasi yaitu media yang dipakai penyampaian pesan. susukan ini ada dua yaitu susukan formal atau resmi ( Mengikuti garis wewenang organisasi) dan susukan tidak formal atau tidak resmi (Saluran yang berupa desas desus, Kabar burung, kabar angin).


#5. Harus ada Komunikan (Pendengar)

Komunikan dalam kegiatan komunikasi yaitu lawan dari komunikator, yaitu orang yang mendapatkan pesan atau info yang disampaikan oleh komunikator. 


#6. Hasil dari Kegiatan Komunikasi

Biasanya hasil dari kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yaitu perubahan sikap. perubahan perilaku yang dihasilkan sanggup berupa perubahan perilaku yang positif dan perubahan perilaku yang negatif, tergantung apa isi pesan dan bagaimana proses komunikasi atau interaksi tersebut.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Komunikasi Lengkap dengan Fungsi, Tujuan, dan Syaratnya yang kami rangkum dari beberapa literatur online. semoga bermanfaat kiprah makalah komunikasi anda dan terima kasih telah berkunjung.
Loading...
loading...
close