Kisi Kisi UTBK SBMPTN Soshum dan Saintek 2020

Kisi Kisi UTBK SBMPTN Soshum dan Saintek 2020 – Halo adik-adik. Sudah siap melanjutkan studi ke perguruan tinggi? buat anda yang sudah duduk di bangku kelas 12, jangan terlalu santai ya, selain ujian sekola, ujian nasional, anda akan menghadapi ujian SBMPTN atau ujian mandiri masuk perguruan tinggi. Belajar yang rajin dan perbanyak latihan soal.

Daftar Isi

Rincian Kisi-kisi UTBK SBMPTN Soshum dan Saintek

SBMPTN 2020 akan memuat beberapa mata pelajaran yang selalu diujian untuk setiap tahunnya. Sampai saat ini memang belum ada pemberitahuan resmi dari panitia SBMPTN mengenai jadwal dan materi yang akan diujikan, tapi berdasarkan pelaksanaan setiap tahun, kisi-kisi UTBK SBMPTN tidak jauh berbeda.

Kisi-kisi UTBK SBMPTN

Akibat dari adanya wabah virus Corona yang marak di Indonesia, materi UTBK SBMPTN pada tahun 2020 pun hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS) saja. Di mana TPS ini bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Jenis soal yang akan muncul pada Tes Potensi Skolastik pada SBMPTN 2020 mencakup empat jenis, yakni:

1. Penalaran umum

Jenis soal Penalaran Umum sendiri terbagi menjadi beberapa tipe soal, antara lain:

  1. Kesesuaian Pernyataan
    Pada bagian ini, soal-soal yang diberikan akan menuntut penalaran anda dalam memahami isi dari teks/tabel/diagram/grafik (sesuai konteks pada paragraf yang tersirat).
    • Memilih pernyataan yang benar di paragraf tertentu dalam sebuah teks.
    • Memilih pernyataan yang paling mungkin benar sesuai isi teks dan data (grafik, tabel, diagram).
    • Menganalisis data (grafik, tabel, diagram) yang terdapat dalam teks.
  2. Simpulan Logis
    Pada bagian ini, soal-soal yang diberikan akan menuntut anda untuk dapat menyimpulkan secara logis sesuatu yang mungkin terjadi berdasarkan isi teks.
    • Memilih kesimpulan yang paling mungkin benar (paling masuk akal) sesuai ini teks. Cobalah berpikir secara terstruktur. Pada tahap ini, kemampuanmu menyimpulkan suatu hal sangat dinilai. Apakah anda itu orang yang cerdas dan cermat melihat suatu persoalan. Atau anda orang yang terburu-buru dan gegabah dalam mengambil keputusan. Berpikir tenang dan terstruktur adalah kuncinya.
    • Menganalisis sebab akibat, kemudian peserta diminta untuk memberikan kesimpulan yang paling mungkin benar sesuai konteks wacana/teks.
  3. Penalaran Analitik
    Pada bagian ini, soal-soal yang diberikan akan menuntut anda untuk dapat menganalisis dan menjawab soal berdasarkan data yang telah disediakan.
    • Disajikan sebuah data berupa teks.
      Dari data teks tersebut, anda harus bisa menganalisisnya. Kuncinya adalah membaca dengan cermat dan jangan terburu-buru. Pahami setiap kata yang ada, kemudian cobalah masing-masing katanya itu dianalisis kandungan maknanya. Setelah itu, anda pasti mendapatkan maksudnya.
    • Menganalisis dan menjawab soal berdasarkan data yang telah disediakan.
      Ketika kita disediakan data, jangan sampai kita terlalu cepat menyimpulkannya. Cobalah untuk fokus dan cermat pada data yang telah disajikan.

Pemahaman bacaan dan menulis merupakan salah satu subtes yang ada di dalam Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK tahun 2020. Dalam subtes ini yang akan diujiankan adalah kemampuan bahasa yamg anda miliki. Umumnya, soal-soal pemahaman bacaan ini menuntut anda untuk dapat memahami inti paragraph, kesimpulan, pesan tersirat, hingga penggunaan EYD yang tepat. Jika dilihat sepintas memang terlihat mudah, namun tentunya anda pun tidak boleh menyepelekan tes pemahaman bacaan ini. Adapun jenis soal pada subtes pemahaman bacaan dan menulis ini terbagi menjadi beberapa tipe soal, yakni:

  1. Pemahaman isi bacaan
    Jenis soal yang pertama adalah memahami isi bacaan. Nantinya ada beberapa soal yang akan menguji anda untuk dapat membaca, mencermati, serta memahami isi teks secara utuh. Soal yang akan disajikan biasanya berupa teks bacaan yang terdiri dari beberapa paragraf. Soal-soal yang muncul biasanya seputar judul bacaan serta kata yang paling tepat untuk melengkapi penggalan kalimat atau paragraf. Misalnya, “Judul yang paling tepat untuk melengkapi bacaan di atas adalah …” atau “Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat ketiga paragraf pertama adalah …”. Nah, ketika mengerjakan soal-soal ini secara tidak langsung anda pun akan mengetahui kemampuan membaca cepat dan fokus menjadi suatu hal yang dibutuhkan.
  2. Penalaran kebahasaan
    Berbeda dengan jenis sebelumnya, jenis soal kedua ini akan menguji kemampuan anda dalam memahami kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Di jenis soal penalaran kebahasaan ini akan terkait dengan ejaan yang berpedoman pada PUEBI dan KBBI. Misalnya, anda diminta untuk mencari kata berimbuhan yang salah pada suatu paragraf, atau anda diminta untuk memilih kata yang sesuai dengan aturan KBBI.

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Di dalam subtes Pengetahuan dan Pemahaman Umum ini umumnya akan ada 4 subtopik, yakni 2 subtopik bahasa Indonesia dan 2 subtopik bahasa inggris. Di mana nantinya subtopik ini akan memintamu memahami ini dan itu. Untuk tips menjawab kedua soal tersebut, berikut Mamikos bagikan buat anda.

  1. Bahasa Indonesia
    Pastikan anda membaca soalnya terlebih dahulu dan tinggalkan dulu bacaannya. Kalau pertanyaannya adalah tentang gagasan, pastikan anda tahu ada di mana inti pembahasan di bacaan tersebut. Cermati juga hubungan antar kalimat/antar paragrafnya.
    Satu hal yang anda tidak boleh lupa, anda juga harus berlatih mencari kata-kata yang sesuai PUEBI (klik link ini untuk menuju PUEBI daring). Seperti apa kata yang baku, tanda baca yang benar. Jadi, jika saat membaca berita anda menemukan hal yang ganjil (entah itu kata atau tanda baca), jangan takut untuk mengeceknya di KBBI daring.
  2. Bahasa Inggris
    Seperti halnya di bahasa Indonesia, sebaiknya anda membaca soalnya terlebih dahulu untuk soal di bagian bahasa Inggris. Cari tahu apa yang ditanyakan oleh soal. Untuk bisa melaukan extracting core information, anda bisa membaca kalimat awal dan akhir paragraf yang ditanyakan, lalu temukan informasi yang sama. Satu hal yang perlu anda ingat adalah, topik cerita selalu menunjukkan keseluruhan isi teks.
    Untuk pertanyaan yang bersifat “understanding specific information”, anda harus menemukan kata kunci (keywords) pada teks, lalu simpulkan maknanya. Apabila anda tidak menemukan keyword yang dimaksud, cara kata yang mempunyai makna yang sama. Hindarilah opini pribadi anda sendiri, dan selalu gunakan point of view dari penulis teks.

4. Pengetahuan Kuantitatif

Pengetahuan kuantitatif ini mencakup soal barisan bilangan, geometri, artimetika, hingga aljabar. Untuk bisa mendapatkan skor tinggi dalam matematika dasar, anda harus menguasai dengan baik konsep-konsep dasar dalam matematika. Mulai dari penguasaan aljabar dan aritmatika contohnya. Kedua konsep tadi merupakan dasar yang tidak boleh anda lewatkan. Jenis soal pengetahuan kuantitatif sendiri terbagi menjadi beberapa tipe soal, antara lain:

  1. Berbentuk pilihan ganda
    Pada jenis soal yang satu ini, anda akan diberikan soal mengenai logika dasar dan matematika level dasar. Meskipun begitu, tidak jarang anda akan menemui kesulitan. Kuncinya, anda harus pahami dulu konsep dasarnya agar bisa mengerjakan soal ini dengan cepat dan tepat.
  2. Terdapat pilihan (1), (2), (3), dan (4)
    Pada soal jenis ini, anda akan diberikan sebuah pertanyaan dan 4 informasi. Lalu, anda diminta untuk memilih informasi mana yang benar berdasarkan pernyataan yang diberikan.
  3. Analisis kecukupan data
    Pada jenis soal ini, anda akan diberikan sebuah pertanyaan dan dua informasi. anda diminta untuk menganalisis informasi mana saja yang dibutuhkan, sehingga pertanyaan yang diberikan dapat terjawab.
  4. Analisis perbandingan dua nilai
    Pada jenis soal ini, anda akan diberikan sebuah informasi dan dua buah variabel (misal P dan Q). Umumnya, variabel P nilainya dicari berdasarkan informasi yang diberikan dan variabel Q nilainya diberikan. Kemudian, anda diminta untuk menentukan hubungan antara variabel P dan Q, mana yang lebih besar nilainya.

Itulah prediksi kisi-kisi pada UTBK SBMPTN 2020, tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada tambahan materi lainnya untuk tes SBMPTN pada tahun ini. Untuk itu anda perlu meningkatkan kualitas belajar dan rajin mencari soal-soal latihan untuk UTBK SBMPTN 2020. Mengikuti tryout UTBK SBMPTN juga bisa menjadi salah satu upaya jika ingin lolos seleksi. Apalagi saat ini banyak sekali situs yang mendukung untuk menghadapi UTBK SBMPTN jadi sebaiknya jangan disia-siakan.

Dari kisi-kisi yang sudah Mamikos sampaikan di atas masih dapat dikembangkan lagi menjadi beberapa kemungkinan contoh soal. Untuk dapat menghadapinya maka latihan sangat diperlukan. Dengan kemungkinan soal sebanyak itu tidak heran jika ada beberapa siswa yang mau les khusus untuk UTBK SBMPTN. anda juga bisa memanfaatkan les SBMPTN namun jika tidak memiliki waktu atau mungkin saja malas kesana kemari, download saja soal-soal SBMPTN lengkap dengan pembahasannya.

Jika dipelajari anda akan mengerti dengan sendirinya, ditambah jika anda mau konsisten dalam belajar maka pada saat tes seleksi anda tidak perlu kehabisan waktu karena sudah paham sistem soalnya. Keuntungan lain dari mengetahui kisi-kisi UTBK SBMPTN anda juga bisa membuat prediksi soal-soal seperti apa nanti yang menjadi kelemahan sehingga bisa segera dipelajari. anda bisa bertanya seputar materi yang belum anda mengerti kepada saudara, teman atau guru yang mengajar mata pelajarannya.

Tips Belajar Ujian Masuk Perguruan Tinggi

 

Apa Gunanya Kisi–kisi UTBK SBMPTN?

Setelah membaca kisi–kisi di atas, apa sih yang harus dilakukan? Apakah hanya dibaca lalu anda bisa lolos seleksi SBMPTN? Tentu saja tidak adik–adik! Ada banyak hal yang dapat anda lakukan setelah mendapatkan kisi–kisi SBMPTN, misalnya saja seperti beberapa hal berikut ini :

  1. Jika sudah tahu jenis–jenis materi apa saja yang akan keluar saat SBMPTN nanti maka sudah menjadi kewajiban anda untuk memahami materinya. Pastinya di sekolah sudah ada dasar–dasar yang dikuasai, sekarang tinggal anda kembangkan lagi ilmu yang didapat supaya lebih paham.
  2. Dengan mengetahui kisi–kisi anda bisa mencari contoh–contoh soal yang bersangkutan dengan materi di atas. Misalnya saja anda mau download prediksi soal sbmptn 2020 atau anda bisa mencari jenis soal matematika dasar di internet. Jika belum paham dengan materinya anda bisa sekalian mencari yang sudah ada jawaban dan pembahasannya agar anda tahu bagaimana cara penyelesaiannya.
  3. Dengan prediksi kisi-kisi SBMPTN yang telah anda dapatkan anda bisa mendalami materi serta melakukan latihan–latihan soal agar lebih yakin dan mantab mengerjakan soal saat seleksi SBMPTN nanti.

Ternyata banyak hal yang bisa dilakukan setelah memperoleh prediksi kisi–kisi SBMPTN 2020. Jadi sebaiknya jangan sia–siakan kesempatan anda ini untuk dapat masuk ke PTN yang anda impikan sejak lama. Biasanya saat menjelang SBMPTN akan ada banyak siswa yang berbondong–bondong mencari contoh soal, prediksi dan sebagainya. anda dan teman–temanmu bisa saling tukar informasi, misalnya temanmu mendapatkan contoh soal dari materi yang ada dalam kisi – kisi anda bisa minta copyannya begitu juga sebaliknya.

Kisi – kisi SBMPTN 2020 soshum atau kisi–kisi SBMPTN 2020 saintek bisa anda cari di beberapa situs. Media pembelajaran online juga biasanya sering sharing soal latihan untuk SBMPTN.

Belajar Kisi–kisi Sudah Pasti Lolos?

Sebenarnya tidak ada jaminannya bahwa dengan mempelajari kisi – kisi akan dipastikan anda lolos seleksi SBMPTN dan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang anda inginkan. Namun perlu diingat bahwa prediksi kisi – kisi dimaksudkan agar para pelajar lebih mudah dalam mempelajari materi yang akan diujikan. Dengan adanya kisi – kisi SBMPTN anda juga akan lebih fokus ke materi tertentu yang akan dikeluarkan dalam seleksi SBMPTN.

Kembali lagi semua tergantung dengan usaha yang anda lakukan. Mungkin jika anda sering belajar dan dapat menjawab banyak soal dengan benar bukan hal yang tidak mungkin kan jika anda bisa lolos masuk PTN? Untuk itu, anda perlu teliti dalam mempelajari kisi – kisi karena meski banyak kisi – kisi yang anda dapatkan tanpa usaha dan doa tidak ada jaminan anda lolos SBMPTN.

Tips Supaya Tidak Pusing Mempelajari Kisi–kisi

Sebagian dari kalian mungkin akan sedikit merasa pusing dan kesal setelah melihat prediksi kisi-kisi. Kok banyak sekali materinya? Harus bagaimana menerapkan metode belajar supaya gampang? Nah, tenang saja karena disini Mamikos juga akan memberikan anda tips supaya tidak pusing mempelajari prediksi kisi-kisi SBMPTN 2020 di atas. Yuk simak baik-baik :

  • Setelah mendapatkan kisi-kisi silahkan print dalam bentuk kertas kemudian pahami dulu materi apa saja yang ada di dalam kisi-kisi
  • Setelah tahu materi apa saja yang akan keluar dalam tes seleksi, silahkan dirangkum supaya anda lebih mudah dalam mempelajarinya
  • Jika sudah paham materinya anda bisa mencoba mengerjakan soal–soal untuk materi yang sama dan berkaitan
  • Kumpulkan soal-soal SBMPTN 2020 kemudian pelajari secara konsisten sampai anda paham
  • Tidak perlu belajar terlalu lama karena ini malah akan membuat anda menjadi lelah dan pusing sendiri. Sedikit saja yang penting anda bisa fokus. Misalnya sehari kerjakan minimal 15 soal atai 10 soal.
  • Setelah mengerjakan soal latihan cek kembali apakah sudah benar atau belum. Jika sudah benar silahkan diingat konsepnya

Demikianlah pembahasam mengenai prediksi kisi–kisi SBMPTN 2020 yang dapat Mamikos sampaikan. Ingatlah untuk selalu percaya diri dan jangan lupa selalu berdoa ya!

Klik dan dapatkan kost yang anda idamkan:

 


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close