KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS 2020 Sudah Dibuka, Cek Syaratnya

KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS 2020 Sudah Dibuka, Cek Syaratnya – Tantangan yang dihadapi calon mahasiswa baru sebelum menempuh studi adalah ujian masuk Perguruan Tinggi. Meskipun ada banyak jalur yang ditawarkan, tetap ada seleksi untuk menjaring mahasiswa-mahasiswi terbaik. Setelah dinyatakan lolos seleksi dan diterima pun masih ada tantangan baru terkait biaya studi. Pihak kampus atau Perguruan Tinggi pasti mensyaratkan jumlah pembayaran sekaligus batas waktunya.

Persyaratan Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS

siedoo.com

 

Bagi calon mahasiswa yang sudah menyiapkan dana untuk masuk Perguruan Tinggi, nominal yang besar mungkin bukan masalah. Namun, bagi mahasiswa yang memiliki masalah keterbatasan biaya, perjuangan untuk membayar biaya studi akan lebih berat. Untunglah saat ini pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) jalur mandiri untuk Jalur Mandiri Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sudah dibuka.

Biaya studi di Perguruan Tinggi Swasta dianggap lebih mahal dibandingkan biaya studi di Perguruan Tinggi Negeri. Namun, anda tidak perlu khawatir jika ingin mendaftar kampus swasta melalui jalur mandiri. Adanya KIP Kuliah untuk pendaftar PTS di jalur mandiri adalah solusi untuk anda yang memiliki masalah ekonomi. Nantinya, pendaftar yang lolos seleksi KIP Kuliah akan dibebaskan biaya studi selama di PTS.

Informasi Seputar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah PTS

Kartu Indonesia Pintar adalah salah satu bentuk bantuan dari pemerintah bagi mahasiswa-mahasiswi yang mengalami kendala ekonomi. KIP kuliah bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi seluruh lulusan sekolah menengah yang ingin meneruskan studinya. Pendaftar di Perguruan Tinggi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SBMPN, SNMPN, serta seleksi mandiri di PTN bisa mengikuti program ini.

Peluang yang sama juga terbuka untuk pendaftar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang masuk melalui jalur mandiri. Adanya KIP Kuliah sangat membantu proses studi mahasiswa berprestasi agar tidak terkendala biaya studi. Proses pendaftaran KIP Kuliah dilakukan sebelum calon mahasiswa mendaftar di Perguruan Tinggi Swasta.

Mengapa Perlu Mendaftar KIP Kuliah PTS?

Mungkin anda masih bertanya-tanya terkait pentingnya mendaftar KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS. Padahal, ketika menempuh studi nanti anda bisa mencari peluang beasiswa. Sebenarnya ada beberapa keunggulan KIP Kuliah yang bisa membantumu menyelesaikan studi di kampus swasta.

1. Jumlah penerima KIP Kuliah lebih banyak dibandingkan penerima Bidikmisi. Data tahun 2019 menunjukkan penerima Bidikmisi 130 ribu orang, sedangkan penerima KIP Kuliah tahun 2020 ditargetkan lebih dari 400 ribu orang.

2. Akses yang diberikan KIP Kuliah pada pendidikan vokasi lebih banyak.

3. Sistem KIP Kuliah terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.

4. Pada KIP Kuliah dikenal 2 (dua) kelompok: KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi. Pada KIP Kuliah Afirmasi, bantuan yang diberikan adalah Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS

Ketika anda akan mendaftar KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS, terdapat persyaratan yang wajib dipenuhi, yaitu.

1. Pendaftar KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun 2020. Pendaftar yang dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya (tahun 2019 dan 2018) diperkenankan mendaftar.

2. Pendaftar memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.

3. Pendaftar memiliki potensi akademik yang baik namun kondisi ekonominya terbatas. Kondisi keterbatasan ekonomi ditunjukkan dengan bukti dokumen yang sah.

4. Pendaftar lulusan SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan memiliki potensi akademik baik serta memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

5. Pendaftar lulusan SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan memiliki potensi akademik baik serta memiliki Kartu Keluarga Sejahtera.

6. Pendaftar dinyatakan lolos seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di Perguruan Tinggi Swasta melalui jalur mandiri. Program studi tujuan pendaftar sudah terakreditasi A atau B. Namun, tim seleksi akan mempertimbangkan program studi dengan akreditasi C.

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS

Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri untuk PTS mulai dibuka pada 8 Juli 2020 dan ditutup pada 31 Oktober 2020. Jadwal tersebut masih mungkin mengalami perubahan karena pandemi Covid-19. Untuk informasi pembaruan jadwal atau perubahan lainnya, akses laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ agar tidak ketinggalan informasi.

Cara Mendaftar KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS

Ikuti tahapan berikut untuk melakukan pendaftaran KIP Kuliah.

1. Lakukan pendaftaran secara mandiri ada web Sistem KIP Kuliah melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Pendaftar juga bisa mendaftar melalui aplikasi KIP Kuliah yang tersedia di Google Play Store.

2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

3. Masukkan alamat email yang aktif dan valid.

4. Tunggu proses validasi NIK, NISN, NPSN, dan kelayakan untuk memperoleh KIP Kuliah. Informasi terkait sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos didapatkan dengan data NIK. Apabila siswa tidak/belum terdaftar pada DTKS, siswa wajib melengkapi data ekonomi dan aset.

5. Apabila proses validasi sukses, tunggu pengiriman Nomor Pendaftaran dan Kode Akses dari sistem KIP Kuliah ke alamat email aktif yang terdaftar.

6. Selesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah.

7. Pilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri). Jika anda akan mengikuti KIP Kuliah untuk jalur mandiri PTS, pilih ‘Mandiri’.

8. Selesaikan proses pendaftaran pada portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.

9. Pendaftar yang dinyatakan resmi diterima di PTS tujuan akan diverifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi Swasta tujuan sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Keuntungan Mendaftar KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS

Ketika anda lolos seleksi sebagai peserta KIP Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Keuntungan penerima KIP kuliah diantaranya adalah.

1. Dibebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk Perguruan Tinggi Swasta.

2. Dibebaskan biaya kuliah.

3. Mendapatkan bantuan biaya hidup. Jumlah bantuan yang diterima peserta penerima program KIP Kuliah sebesar 700 ribu rupiah setiap semester sesuai masa studi normal.

a. S1 maksimal 8 semester dengan total biaya maksimal 33,6 juta rupiah.
b. D3 maksimal 6 semester dengan total biaya maksimal 25,2 juta rupiah.
c. D2 maksimal 4 semester dengan total biaya maksimal 16,8 juta rupiah.
d. D1 maksimal 2 semester dengan total biaya maksimal 8,4 juta rupiah.

4. Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud akan membayar biaya kuliah 2,4 juta rupiah setiap semester secara langsung ke Perguruan Tinggi.

Demikian informasi KIP Kuliah jalur mandiri PTS 2020 yang sudah dibuka. Pastikan bahwa anda sudah memenuhi persyaratan yang diajukan. Masih ada waktu untuk mempersiapkan berkas dan mengikuti tahapan seleksinya. Catat tanggal penting pendaftaran KIP kuliah. Setelah dinyatakan diterima, berusahalah untuk menyelesaikan studi tepat waktu. Selamat berjuang dan semoga berhasil!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

 

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close