Kewajiban Berbakti Kepada Orang Tua

Orang bau tanah dalam islam kedudukannya sangatlah tinggi. Mereka mempunyai hak – hak khusus dari seorang anak. Seorang anak itu haruslah berbakti dan berbuat baik kepada orang tua, mengasihi, menyayangi, menghormati, mendoakan, taat, dan patuh terhadap apa yang mereka perintahkan, termasuk melaksanakan hal-hal yang mereka sukai yaitu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap anak kepada orang tuanya. Dalam islam berbaut baik kepada kedua orang bau tanah itu dikenal denga istilah birrul walidain.

Silahkan simak juga wacana Memahami Makna Kejujuran

Berbuat baik kepada orang bau tanah yaitu kewajiban selama orang bau tanah tidak menyuruh berbuat kemusyrikan. Bahkan Alloh menyampaikan meskipun orangtua itu seorang yang kafir, anak haruslah tetap berbakti kepadanya, hanya saja jangan mau kalau di suruh berbuat musyrik

Jika keduanya (ibu bapakmu) memaksamu supaya engkau musyrik, menyekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak ketahui, maka janganlah engkau mengikuti keduanya, dan bergaullah dengan keduanya di dunia dengan baik.” ( Q.S Luqman ayat 15)

Islam mengatur kekerabatan antara anak terhadap kedua orang tuanya dan tata cara pergaulannya. Keduanya mempunyai hak dan kewajiban yang saling berkaitan. Seorang anak tidak diperkenankan mengucapkan kata-kata yang kurang berkenan terhadap kedua orang tua, apalagi hingga menciptakan mereka sakit hati. Allah Swt. berfirman :

Artinya :“Dan Tuhanmu telah memerintahkan biar kau jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya hingga berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau menyampaikan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” (Q.S. al-Isrā/17:23)

Silahkan simak pembahasan tajwid ayat ini Tajwid Surat Al Isra Ayta 23-24

Dalam ayat ke-23 surah al-Isrā di atas, Alloh menjelaskan bahwa setiap anak mesti menawarkan perhatian kepada orang tuanya. Sopan santun, baik dalam ucapan maupun perbuatan merupakan nilai-nilai yang harus dilakukan seorang anak kepada orang tuanya. Bahkan, ucapan “ah”, “ih”, “hus” yang bernada penolakan atau pembangkangan terhadap perintahnya yaitu dilarang, apalagi sampai
memukul atau perbuatan garang lainnya yang menyakiti mereka.

Baca Juga  Perilaku Mulia Seorang Anak Terhadap Orang Tua

Alloh berfirman :

Artinya : “Dan Kami wajibkan kepada insan biar (berbuat) kebaikan kepada kedua orang tuanya. Dan kalau keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu wacana itu, maka janganlah engkau patuhi keduanya. Hanya kepada-Ku daerah kembalimu, dan akan Aku beritakan kepadamu apa yang telah kau kerjakan.”

Kesimpulan Penegasan

Berbakti Kepada Orang Tua yaitu suatu kewajiban anak terhadap orang bau tanah bahkan Alloh eksklusif yang memerintahkannya melalui firman – frimannya.
Makara berbuat sepakat tehadap orang bau tanah supaya kita dicintai oleh Alloh.

loading...