Keutaman Sholat Dalam Islam Sehingga Harus Dilaksanakan Selama Masih Hidup

Setiap umat mempunyai cara ibadahnya masing – masing, begitupun Islam. Islam mempunyai aneka macam cara untuk beribadah, salah satunya ialah sholat.
Sholat merupakan ibadah yang sangat pokok sekali, merupakan bentuk kemonukasi khusus antara personal dengan penciptanya.

Bahkan selama orang islam masih hidup wajib baginya untuk sholat, sekalipun sakit.
Meski sholat orang sakit agak berbeda dengan orang yang sehat. Namun semua itu tidaklah mengapa yang penting masih bisa sholat. Silahkan disimak bagaimana orang sakit melaksanakan sholatnya disini Cara Melaksanakan Sholat Orang Yang Sakit.

Baiklah Guru Madrasah disini akan mengulas lebih panjang lagi ihwal keutamaan dan kedudukan sholat, kenapa hingga – hingga selama masih hidup orang islam harus tetap melaksanakan sholat.

Silahkan simak juga Macam – Macam Sholat Sunah

Keutaman dan Kedudukan Sholat Dalam Islam

Sholat secara bahasa artinya ialah doa atau berdoa untuk kebaikan. Sedangkan berdasarkan istilah sholat ialah sesuatu perbuatan dan perkataan khusus yang di awali dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Sholat merupakan suatu cara untuk menghubungkann diri secara langsung  antara hamba dengan Tuhan nya yang bertujuan untuk mengagungkan Tuhan nya, mensyukuri nikma Nya, mohon rahmat dan ampunan Nya kawasan meminta seorang hampa kepada Robbnya.

Untuk itulah sholat menjadi suatu cara dari setiap umat insan dari zaman terdahulu hingga kini untuk bisa berkomunikasi pribadi dengan Tuhannya
Seperti yang teah di kisahkan dibawah ini

“Ya Tuhanku, jadikanlah saya dan anak cucuku orang – orang yang tetap mendidrikan sholat, ya Tuhan kami perkenankanlah doaku. ( Ibrahim ayat 14)

” Dan ceritakanlah (wahai Muhammad kepada mereka )kisah Ismail yang disebutkan dalam Al qur’an. Sesungguhnya ia ialah orang yang benar janjinya, dan ia ialah seorang rasul dan nabi. Dan ia menyuruh ahlinya untuk sholat dan menunaikan zakat, dan ia ialah seorang yang diridhoi di sisi Tuhanya. ( Maryam ayat 55)

Baca Juga  Macam - Macam Sholat Sunat

Maka, dikala ia tiba ketempat api itu ia di panggil, ” Hai Musa. Sesungguhnya Aku ini ialah Tuhanmu maka tanggalkanlah kedua terompahmu sesunguhnya kau berada di lembah yang suci, Thuwa. Dan Aku telah menentukan kamu, maka dengarkanlah apa yang akan di wahyukan ( kepadamu ). Sesungguhnya Aku ini ialah Alloh, tidak ada Ilah ( yang haq) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah Sholat untuk mengingat Aku. ( Thaha ayat 11-14)

Dan Dia menyebabkan saya seorang yang berbakti dimana saja saya berada, dan Dia memerintahkan kepadaku ( mendirikan ) sholat dan ( menunaikan ) zakat selama saya hidup. ( Maryam ayat 31)

Selain cara berkuminikasi setiap umat insan dengan Tuhannya, maka sholat juga merupakan salah satu dari bangunan islam.

Islam dibangun diatas lima kasus : Membaca syahadat tidak ada Ilah yang berhak di sembah kecuali Alloh dan Muhammad ialah Rosululloh, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa ramadhan, dan melaksanakan haji kebaitulloh bagi yang bisa melaksanakannya. ( Muattafaqun ‘alaih)

Saking tinggi dan agungnya ibadah sholat maka perintah sholat ini di berikan pribadi oeh Alloh kepada nabi Muhammad SAW tanpa mediator malaikat.
Subhannloh, dalam hal ini Alloh ingin menujukan kepada insan bahwa sholat itu ialah sangat tinggi kedudukannya.

Kerugian Tidak Melaksanakan Sholat

Bahkan untuk umat yang tidak melaksanakannya sangat terperinci sekali hukumannya, yaitu ibarat dibawah ini.

“Apa yang memasukan kau kedalam neraka saqar?. Mereka menjawab, : kami dahulu tidak termasuk orang yang mengerjakan sholat.”
( Al Mudatsir Yata 43)

“Maka, kecelakaanlah bagi orang – orang yang sholat, yaitu orang – orang yang lalay dalam sholatnya.”
( Al Maun Ayat 5)

“Maka, datangah sehabis mereka, pengganti yang buruk yang menyia – nyiakan sholat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka kelak mereka akan menemui kesesatan.”
( Maryam ayat 59 )

“Siapa yang meninggalkan sholat dengan sengaja, maka tanggungan Alloh dan RosulNya telah bebas darinya.” ( HR Ahmad)

Kerugian lainnya yang sangat patal ialah ibarat di bawah ini

Nabi Selallohualaihi wassalam bersabda : “Pembeda antara kita dan orang kafir ialah sholat. Siapa yang telah meninggalkan sholat maka ia telah kafir” ( HR Buraidah )

Manfaat Sholat

Sholat alasannya merupakan ibadah yang sangat agung, maka keuntungannya sangat banyak sekali, beberapa dinataranya ibarat di bawah ini :

Sesungguhnya beruntunglah orang – orang yang beriman, yaitu orang – orang yang khusu dalam sholatnya. ( Al Mu’minum ayat 1-2)

Sesungguhnya insan diciptakan berkeluh kesah lagi kikir. Bila ia ditimpa petaka ia berkeluh kesah dan bila mendapat kebaikan ia amat kikir, kecuali orang – orang yang mengerjakan sholat. ( Al Ma’arij Ayat 22).

Rosululloh SAW bersabda :” Apa pendapat kalian, kalau ada sungai didepan pintu rumah sesorang, kemudian ia mandi dari sungai itu tiap hari sebanyak lima kali, apa masih ada kotoran yang menempel padanya?” Para sobat menjawab. “Tidak akan ada kotoran yang menempel padanya.” Beliau kemudian bersabda :” Itulah manfaat sholat lima waktu, Alloh menghapuskan dosa – dosa seseorang dengannya.

Dari Abu huroiroh bi Umar Rosululloh bersabda :” Sholat lima wahtu dan sholat jum’at ke jum’at yang lain akan menghapus dosa – dosa seorang hamba diantaranya, selama tidak melaksanakan disa – dosa besar. ( HR Muslim dan At turmudzi)

Baca Juga  Tuntunan Sholat, Syarat, Rukun, Pembatal, Sunah

Ketika seseorang berdiri melaksanakan sholat dengan membawa dosa – dosanya, kemudian di letakan di atas kepalanya atau di atas pundaknya, maka setiap kali ruku atau sujud dosa – dosa itu berguguran darinya ( HR Ibnu Hibban).

Dari keterang – keterangan di atas, sholat sangat bermanfaat sekali bagi umat islam, ibarat akan termasuk orang yang beruntung, tidak termasuk orang yang berkeluh kesah, tidak termasuk orang yang kikir pelit, dihapuskannya dosa – dosanya dengan sholat. Dengan tidak adanya dosa dalam dirinya maka nirwana menjadi hadiahnya.
Dengan tidak adanya keluh kesal keberhhasilan dalam kehidupan sangtalah tinggi.

Tidak hanya itu bagi setiap muslim yang selalu menjaga sholatnya, maka sholat ialah penolong baginya

Jadikalah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan bekerjsama yang demikian itu berat, kecuali bagi orang – orang yang khusu. ( Al baqarah ayat 45).

Sholat bagi seorang muslim ialah salah satu jalan keluarnya dari permasalahan. Denga sholat seorang muslim akan tenang, dengan damai jalan keluarpun akan lebih mudah.

Tenangkanlah kami dengan ( didirikannya) sholat wahai bilal. ( HR Abu Dawud dan Ahmad)

Sholat bagi seorang muslim bisa mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.
“Dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.” ( Al Ankabut ayat 45)

Demikian urain ihwal Keutaman dan Kedudukan Sholat Dalam Islam supaya bermanfaat. Dengan segala keutamaan bagi seorang muslim dan bahayan nya bagi seorang muslim kalau tidak sholat maka dari itulah sholat menyebabkan hal yang harus dilaksanakan sekalipun dalam kedaan sakit.

Makara bagi seorang muslim tidak ada hari tanpa sholat lima waktu.

loading...
close