Keuntungan Laba Mempunyai Blog

Guru Madrasah mengingatkan diri. Setelah beberapa usang mempunyai blog terhusus blog ini ada beberapa hal yang dirasa menenangkan hati ketika mengurusnya.
Hal yang menenangkan tersebut berasal dari impian gampang – mudahan kedepannnya blog ini menjadi tempat menyebarkan yang sangat bermanfaat, khususnya bagi saya sebagai pengelola dan para pembaca yang berkunjung di blog ini. Lebih jauh lagi gampang – mudahan dapat bermanfaat dunia akhirat. aamiin

Blog ini bahu-membahu yakni blog yang berisi materi campuran, namun ketika membahas ihwal agama hati ini terasa lebih tenang. Kenapa demikian?
Karena ada pungsi utama bagi saya yang cukup penting, yaitu saya sendiri menjadi lebih mencar ilmu dari pembaca. Betulah apa yang sering disebutkan dalam khutbah jumat di mesjid tempat saya, ketika khatib bertkata sebelum menawarkan materi, pada dasarnya yakni mengingatkan diri sendiri gampang – mudahan bermanfaat.

Begitupun saya, ketika saya menuliskan ihwal konten – konten islam (sebagai contoh) pembagian aturan islam, maka saya merasa teringatkan kembali. Begitupun ketika saya membahas tentang tajwid, ternyata banyak hal yang menjadi pelajaran gres bagi saya. Berbagai istilah tajwid dari banyak sekali daerah, perubahan menyebutkan alasannya banyak sekali bahasa yang maksudnya samapun banyak.
Ternyata memang dengan adanya blog ibarat ini mengakibatkan saya mencar ilmu hal yang baru.

Selain itu mempunyai blog ibarat ini mengakibatkan banyak kenalan, gampang – mudahan kenalan dari blog mengakibatkan kenalan yang menguntungkan bersama bagi kebaikan dunia akhirat.
Sebagai teladan goresan pena yang mmenjadikan banyak kenalan yakni goresan pena – goresan pena ajakan para pembaca ibarat goresan pena ini Pembahasan tajwid Surat Al hadid ayat 3 atau pada pembasan Tajwid Surat Al baqarah ayat 31-37 ini dan lain lain.

Baca Juga  Menulis Apa Sih Supaya Rame Yang Baca?

Namun meski ada laba ada juga penghambatnya yang mengakibatkan rasa takut dan tidak tenang.

Seperti ada perasaan bagaimana bila yang disampaikan ada kesalahan. Hal tersebut sering menjadi penghambat dalam menyebarkan untuk mengingatkan diri melalui blog ini.
Dengan adanya persaan tersebut terkadang terhambat untuk menulis. Bahkan tidak menulis.
Namun meski demikian ada juga cara mengatasinya, yaitu baca.
Satu hal laba lagi yatu jadi banyak baca juga.

Penghambat lain yakni adanya keinginan lain berupa penghasilan. Menurut saya ini yakni hambatan. Kenapa demikian? Jujur saja saya belum menemukan solusi akan hal ini.

Di satu sisi untuk membiayai blog ini juga memerlukan beberapa biaya tambahan, cara yang saya tempuh untuk menutupinya yakni memakai iklan dari google atau lebih dikenal dengan Google adsense.
Namun saya juga sadar dengan adanya iklan ibarat ini dapat jadi memberatkan pembukaan halaman blog ini, atau iklan yang muncul tidak sesuai dengan konten yang saya tampilkan bahkan dapat jadi tidak pantas untuk tampil.
Selain itu keinginan untuk penghasilan dari blog mengarahkan saya untuk menulis hal – hal yang rame. Sebagai teladan artikel ibarat ini Waw Kenapa Kasus Jessica Terus Muncul di TV.
Sementara bila saya perhatikan hal yang rame ibarat itu belum tentu bermanfaat untuk kemajuan.
Itulah sekelumit dongeng ihwal blog yang saya kelola ini. Dari hal – hal tersebut saya dapat menyimpulkan beberapa hal yang menjadi laba dan beberapa hal yang menjadi hambatan.

Keuntungan Keuntungan Memiliki Blog

Dari uaraian diatas dapat saya simpulkan manfaatnya yaitu:
1. Saya menjadi lebih mencar ilmu dari pembaca, saya lebih mengingatkan diri
2. Makara banyak membaca rujukan lainnya
3. Banyak kenalan ( meski belum banyak ada aja kenalannya )

Penghambat

Selain laba dalam menjalankan blog ini ada juga yang menjadi penghambat untuk menyebarkan dengan gampang dan kondusif dan nyaman, yaitu keinginan adanya penghasilan dari blog.
Karena berpengasilan dari blog harus bersaing dengan menuliskan hal yang rame sementara yang rame belum tentu bermanfaat untuk kemajuan bangsa negara dan agama.
Demikian sedikit ocehan Guru Madrasah ihwal laba – laba mempunyai blog. Praktis – mudahan saya menemukan solusi semoga tetap terus menyebarkan hal – hal yang bermanfaat untuk diri saya secara khusus dan masyarakat luas pada umumnya semoga menjadi masayarakat yang maju. Aamiin.

loading...