Ketentuan dan Syarat Terbaru Penerimaan SPMB PKN STAN 2021

Ketentuan dan Syarat Terbaru Penerimaan SPMB PKN STAN 2021- Penerimaan SPMB PKN STAN dibuka kembali pada tahun 2021 setelah setahun mengalami kemunduran. Walaupun masih dalam tahap progres untuk unggah informasi yang lengkap, Mamikos sudah bisa memberitahu gambaran yang bisa teman-teman persiapkan untuk mendaftar PKN STAN di tahun 2021. Informasi berikut dapat anda ambil sebagai tahapan awal persiapan dokumen yang harus dikumpulkan nantinya.

Informasi Ketentuan dan Syarat Terbaru Penerimaan SPMB PKN STAN 2021

pknstan.ac.id

Hal umum yang sudah bisa anda persiapkan adalah mendaftar SBMPTN 2021 untuk mengikuti UTBK. Setelah itu, anda bisa belajar materi-materi seleksi yang akan diujikan di UTBK yang akan diselenggarakan dalam 2 gelombang di pertengahan bulan April hingga awal Mei. Untuk sementara waktu, masih ada juga kesempatan anda untuk memilih jenjang dan program studi yang ditawarkan di PKN STAN.

Pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN 2021

Dilansir dari akun resmi Twitter PKN STAN @pknstanid pada tanggal 26 Januari 2021, pembukaan penerimaan mahasiswa baru PKN STAN tahun ini akan dibuka kembali. Seperti yang sudah dijelaskan pada pemberitaan tahun lalu, penerimaan mahasiswa baru di PKN STAN sempat diberhentikan. Dalam untaian yang sama, baru terdapat informasi mengenai tahapan pendaftaran yang salah satu syaratnya adalah dengan menggunakan nilai UTBK 2021.

Untuk pengumuman selengkapnya, akan diunggah bersamaan dengan Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan tahun 2021 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi . 

Informasi Ketentuan Pendaftaran SPMB PKN STAN 2021

Dikarenakan persyaratannya yang mewajibkan menggunakan nilai UTBK 2021, maka bisa dikatakan bahwa syarat dan cara pendaftaran SPMB PKN STAN salah satunya juga mengikuti proses pendaftaran SBMPTN 2021. Hal ini dinyatakan oleh pihak penerimaan PKN STAN sesuai dengan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia yang belum mereda.

Syarat Pendaftaran SPMB PKN STAN 2021 dengan Skor UTBK 2021

  1. Mendaftar akun LTMPT untuk kelengkapan biodata peserta UTBK-SBMPTN 2021.
  2. Mengikuti seluruh rangkaian tes dengan UTBK; Tes Potensi Skolastik dan memilih antara ujian kelompok Saintek, Soshum, atau Campuran.
  3. Untuk peserta yang lulus dalam SNMPTN 2021 tidak bisa mengikuti SPMB PKN STAN 2021.
  4. Memenuhi persyaratan penerimaan mahasiswa baru PKN STAN 2021 yang masih menyusul oleh Kementerian PANRB.

Rangkaian Jadwal UTBK-SBMPTN

Berikut adalah tanggal resmi yang sudah ditetapkan oleh LTMPT untuk pelaksanaan UTBK-SBMTN.

  1. Pendaftaran akun LTMPT: 7 Februari sampai 12 Maret 2021.
  2. Pendaftaran khusus untuk UTBK-SBMPTN 2021: 15 Maret sampai 1 April 2021.
  3. Gelombang 1 UTBK: 12 sampai 18 April 2021.
  4. Gelombang 2 UTBK: 26 April sampai 2 Mei 2021.
  5. Pengumuman resmi hasil SBMPTN 2021: 14 Juni 2021.

Syarat Peserta UTBK-SBMPTN 2021

Perguruan manapun yang akan anda tempuh pendaftarannya, pasti salah satu syaratnya adalah nilai UTBK 2021, termasuk SPMB PKN STAN 2021. Oleh karena itu, anda juga wajib menaati persyaratan sebagai peserta UTBK-SBMPTN 2021.

  1. Sudah memiliki akun LTMPT.
  2. Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia) dengan menyertakan NIK (Nomor Induk Kependudukan).
  3. Siswa didik kelas 12 yang memiliki Surat Keterangan Siswa SMA atau sederajat Kelas 12 pada tahun 2021 atau peserta Paket C tahun 2021 yang berusia maksimal 25 tahun per tanggal 1 Juli 2021.
  4. Siswa lulusan tahun 2020 dan 2019 dari SMA atau sederajat atau lulusan Paket C dengan usia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2021. Untuk lulusan SMA atau sederajat dari luar negeri bisa menggunakan ijazah yang sudah disetarakan.
  5. Bukan peserta yang lulus jalur SNMPTN 2019, 2020, 2021.
  6. Oleh karena Skor nilai bisa diambil dari semua kelompok ujian, peserta yang di SMA mengambil jurusan IPA bisa mengikuti UTBK kelompok Saintek.
  7. Peserta yang saat SMA mengambil jurusan IPS bisa mengikuti UTBK kelompok Soshum.
  8. Peserta yang memilih jurusan dari kelompok yang berbeda bisa mengambil kelompok Campuran.
  9. Membayar biaya pendaftaran peserta UTBK melalui bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN sebesar Rp 200.000,- untuk kelompok Saintek dan Soshum dan Rp 300.000,- untuk kelompok Campuran. Penerima KIP Kuliah tidak membayar sepeserpun. 

Jurusan dan Program Studi di PKN STAN

Terdapat 4 jurusan dan 10 program studi yang tersedia di PKN STAN yang keseluruhannya sudah mendapat akreditasi B. Ada 3 jenjang, yakni D1, D3, dan D4.

Jurusan Akuntansi

  1. D4 Akuntansi.
  2. D3 Akuntansi.

Jurusan Pajak

  1. D3 Pajak.
  2. D3 PBB/Penilai.
  3. D1 Pajak.

Jurusan Kepabean dan Cukai

  1. D3 Kepabean dan Cukai.
  2. D1 Kepabean dan Cukai.

Jurusan Manajemen Keuangan

  1. D3 Kebendaharaan Negara.
  2. D3 Manajemen Aset.
  3. D1 Kebendaharaan Negara.

Tips Jitu Menghadapi UTBK-SBMPTN 2021

Sambil menunggu pengumuman kelanjutan SPMB PKN STAN 2021, anda bisa menyimak cara mendapat skor tinggi untuk UTBK-SBMPTN 2021.

Rajin Ikut Try-Out

anda selalu punya pilihan untuk mengikuti kelas bimbingan belajar atau belajar mandiri. Biasanya, setiap akhir pekan, akan ada pendaftaran Try-Out UTBK-SBMPTN yang bisa anda ikuti. Dengan mengikuti tes uji coba ini, anda bisa mengetahui sejauh mana kemampuanmu dalam menghadapi soal-soal yang akan diuji nanti. 

Mengatur Jadwal Belajar

Setelah anda rajin menghadiri Try-Out, anda akan dengan mudah memilih mata pelajaran yang sering keluar di UTBK dan juga menyadari kekurangan dari setiap materi yang sudah di nilai. Selanjutnya, anda bisa mengatur jadwal belajar bisa dari materi TPA dahulu atau TPS. Tiap butir materi pun bisa dipelajari secara bertahap. Yang terpenting adalah anda masih menyediakan waktu untuk penyegaran pikiran dan istirahat, supaya saat tes anda mempunyai banyak energi.

Memilih Sumber Belajar

Penting untuk anda menyesuai diri untuk sumber belajar yang terbaik untukmu dalam mempersiapkan UTBK-SBMPTN 2021. anda bisa memilih antara kelas offline atau online, dari buku atau berbagai sumber yang ada di internet. Memilih sumber belajar juga bisa dikaitkan dengan pembelajaran mandiri atau memilih belajar kelompok dengan teman-teman seperjuangan. Dengan demikian, anda dan teman-temanmu bisa saling bertukar pikiran dan ilmu yang masing-masing dari kalian pahami.

Menyeimbangkan Waktu Istirahat dan Bermain

Belajar juga harus secukupnya. Akan ada efek yang berbahaya kalau anda hanya fokus belajar saja. anda tetap membutuhkan canda tawa bersama teman-teman dan keluarga, juga angin segar di luar rumah. Cara mudah untuk menyeimbangkan waktu istirahat dan bermain adalah dengan menyediakan hari, seperti saat akhir pekan tanpa memegang buku soal-soal SBMPTN.

Perlu anda ingat, bahwa salah satu persyaratan untuk mendaftar SPMB PKN STAN 2021 harus menyertakan skor nilai UTBK 2021. Maka dari itu, anda wajib mendaftarkan diri ke laman resmi LTMPT untuk bisa melanjutkan proses mendaftaran SBMPTN 2021. Untuk sementara waktu, anda masih bisa mempelajari TPS dan TPA yang akan diujikan nantinya. Jangan lupa kalau melalui aplikasi Mamikos anda bisa mendapat informasi kos-kosan dari berbagai harga di lokasi yang sangat terjangkau dan fasilitas yang lengkap.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close