Kenapa Harus Kuliah, Apakah Kuliah Itu Penting?

Kenapa harus kuliah, apakah kuliah itu penting? – Jika dirimu pernah berbisnis ketika sekolah dan mendapatkan penghasilan, mungkin dirimu masih berpikir ulang untuk kuliah. Apalagi jika bisnis tersebut sudah berjalan dan memberikan pemasukan. Meneruskan studi di Perguruan Tinggi setelah lulus Sekolah Menengah masih menjadi pilihan membingungkan. Sebab, setelah lulus kuliah nanti dirimu masih tetap perlu mencari kerja, sedangkan saat ini pun dirimu sudah bisa mendapatkannya.

Alasan Pentingnya Kuliah

pexels.com

Pertanyaan apakah kuliah menjamin sukses seringkali diutarakan oleh calon mahasiswa yang hendak mendaftarkan diri masuk Perguruan Tinggi. Biaya kuliah yang tidak murah dan tantangan untuk bisa lulus dengan nilai bagus membuat pendaftar berpikir ulang akan kuliah atau langsung bekerja. Sangat wajar jika saat ini dirimu merasa motivasi masuk kuliah sangat rendah.

Fenomena di sekitar yang menunjukkan orang yang kuliah tidak lebih sukses daripada orang yang menempuh bangku kuliah mau tidak mau turut menjadi alasan. Terlebih lagi ada tokoh-tokoh besar yang sukses tanpa menempuh bangku perkuliahan karena tidak memiliki kesempatan atau karena alasan Drop Out (DO). Namun, kasus kesuksesan tersebut tidak terjadi pada semua orang. Hanya orang-orang tertentu yang pantang menyerah dan menjadikan dunia nyata sebagai sarana belajar saja yang akan sukses. Bagi dirimu yang masih bingung akan meneruskan kuliah atau tidak, artikel ini akan memberikan sudut pandang baru. Mengapa kuliah sangat penting?

1. Kuliah Memberikan Kesempatan Belajar

pexels.com

Ketika membuka website resmi suatu Perguruan Tinggi, dirimu akan menemukan variasi program studi dan jurusan-jurusan yang ditawarkan. Tertarik dengan bidang kesehatan? Ada Jurusan Kedokteran, Jurusan Keperawatan, dan Jurusan Kesehatan Masyarakat yang bisa dipilih. Tertarik mendalami dunia pendidikan? Jurusan Pendidikan di berbagai jenjang pun terbuka lebar. Hobi mengutak-atik mesin dan suka dengan alat otomotif? Jurusan Teknik Mesin bisa menjadi jawabannya.

Ketertarikan pada suatu bidang sejak duduk di bangku sekolah bisa diasah di bangku kuliah. Proses perkuliahan dengan pengajar dan dosen berkualitas turut melatih kemampuan berpikir mahasiswa yang tidak hanya sekadar teori, tetapi juga praktik. Tidak jarang pihak kampus akan mengundah para ahli dan pakar di bidangnya.

Kesempatan belajar yang lebih banyak ini lah yang menjadikan lulusan sekolah menengah rela mengambil gap year demi diterima di program studi impiannya. Kesempatan belajar sesuai bidang studi pilihanmu sangat terbuka lebar saat kuliah. Jadi, kegiatan perkuliahan tidak kuliah tidak hanya menjadi tempat untuk mengasah kemampuan agar bisa sukses di dunia kerja saja.

2. Kuliah Mengasah Cara Berpikir

pexels.com

Jika ada yang mengemukakan alasan kuliah tidak penting karena alasan tetap bisa mendapatkan pekerjaan tanpa kuliah, mungkin saja orang itu belum mengetahui bahwa tujuan kuliah bukan hanya untuk karier. Ada hal lain yang hanya bisa didapatkan di bangku perkuliahan, seperti sudut pandang baru dan pola pikir. Bertemu dengan para pengajar yang pernah menimba ilmu di dalam negeri hingga luar negeri akan memberikanmu banyak sudut pandang baru. Nantinya, dirimu bisa mengambil pelajaran dari pengalaman-pengalaman yang dibagikan.

Cara berpikir seseorang biasanya dipengaruhi orang-orang terdekatnya. Ketika dirimu berkumpul dengan para akademisi di bangku kuliah, cara berpikirmu akan berbeda. Terlebih lagi ketika kuliah mahasiswa tidak hanya dituntut untuk berpikir kritis dalam melihat suatu fenomena, tetapi juga mencari solusi terbaik dari masalah-masalah tersebut.

3. Kuliah Mengajarkan Sikap Disiplin

pexels.com

Ketika memutuskan untuk kuliah, dirimu tidak hanya dituntut untuk bisa lulus tepat waktu dan mendapatkan nilai bagus saja. Jadwal kuliah berbeda-beda setiap hari, mulai dari pagi hari hingga sore hari menuntut sikap disiplin mahasiswa. Apalagi jika dosen yang menerapkan aturan kedisiplinan ketat bagi para mahasiswa, seperti tidak diizinkan mengikuti perkuliahan setelah terlambat 10 menit.

Mahasiswa pun mau tidak mau harus berangkat lebih awal dan berusaha datang tepat waktu. Kedisiplinan dalam kegiatan kuliah tidak hanya berlaku untuk kedatangan di kelas saja. Adanya batas waktu atau deadline pengerjaan tugas, aturan kuliah di dalam kelas, cara berpakaian, dan aturan lainnya juga melatih sikap disiplin mahasiswa. Sikap disiplin tersebut jika dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari bisa membawa mahasiswa pada kesuksesan.

4. Kuliah Melatih Toleransi

Kondisi kuliah sangat berbeda dengan kondisi ketika dirimu di bangku sekolah menengah. Jika saat sekolah ketika teman-temanmu berasal dari suku atau pulau yang sama, ketika kuliah dirimu akan mendapati kondisi berbeda. dirimu akan menemukan keragaman kondisi di dalam kelas, apalagi jika kelas yang dirimu ambil adalah kelas internasional atau kelas yang juga diambil mahasiswa lintas program studi.

Apabila menemukan perbedaan ide atau cara menghadapi sesuatu yang berbeda, dirimu akan dilatih untuk menghargai dan tidak langsung menentangnya. Dengan demikian, dirimu dapat belajar sudut pandang orang lain sekaligus memahami alasan mereka mengemukakan ide tersebut.

5. Kuliah Memberikan Kesempatan Berorganisasi

pexels.com

Organisasi mahasiswa yang diperuntukkan khusus bagi mahasiswa aktif sangat beragam. Memilih organisasi yang tepat sangat penting agar dirimu berkembang dan dapat belajar banyak hal baru. Namun perhatikan bahwa ada seleksi agar bisa menjadi bagian dari organisasi tingkat kampus tersebut. Kesempatan bergabung di organisasi akan memberikanmu pengalaman-pengalaman yang tidak ada di tempat lain. Selain itu, dirimu dapat menjalin relasi dengan tokoh-tokoh penting sekaligus membuka peluang untuk berjejaring yang lebih luas.

6. Kuliah Membuat Peluang Karier Lebih Luas

pexels.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa setelah lulus kuliah nanti mahasiswa akan terjun di dunia kerja untuk menerapkan ilmu yang sudah didapatkannya. Peluang karier bagi lulusan Perguruan Tinggi biasanya lebih luas, apalagi jika asal program studinya relevan. Misalnya saja untuk menjadi seorang dokter, pelamar harus merupakan lulusan Jurusan Kedokteran dan memiliki Surat Izin Praktik. Tanpa menjalani kuliah Jurusan Kedokteran, seseorang tidak akan memiliki ijazah di bidang tersebut.

Seringkali tempat kerja memberlakukan aturan ijazah terbaru yang diizinkan mendaftar. Berbekal ijazah jenjang sarjana, dirimu bisa melamar banyak profesi yang ditawarkan. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan pula dirimu bisa melamar suatu posisi dengan bekal ijazah sekolah menengah ditambah pengalaman kerja relevan.

7. Kuliah Melatih Sikap Mandiri

pexels.com

Di dunia kuliah, tidak ada lagi orang yang akan mengingatkanmu mengerjakan tugas atau membangunkanmu pagi hari agar tidak terlambat kuliah. Dirimu sendiri lah yang akan mengemban tanggung jawab selama menjadi mahasiswa hingga lulus. Secara tidak langsung, sikap mandiri akan terlatih selama menempuh studi. Ketika berhasil, dirimu akan bangga pada dirimu karena ternyata dirimu bisa melalui setiap tahapan kuliah. Namun, jika gagal, dirimu tidak bisa menyalahkan siapa pun.

8. Kuliah Adalah Jembatan untuk Meraih Pendidikan Lebih Tinggi

pexels.com

Mimpi menjadi seorang profesor atau orang yang berpendidikan tinggi serta orang yang berpengaruh bisa terwujud salah satunya dengan menempuh kuliah. Ijazah yang dirimu dapatkan setelah lulus akan mengantarkanmu ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, peluang untuk meneruskan studi di dalam negeri hingga luar negeri pun terbuka lebar.

Setelah membaca artikel “kenapa harus kuliah, apakah kuliah itu penting?”, apakah dirimu sudah mengetahui pentingnya kuliah dan menentukan pilihan? Tidak perlu mendengarkan alasan orang lain jika ingin meneruskan kuliah, menunda kuliah, atau langsung bekerja. Hidup akan penuh dengan pilihan. Yakinlah bahwa setiap pilihan pasti ada konsekuensinya. Kini saatnya menuliskan mimpi dan harapanmu, kemudian menentukan langkah untuk mencapainya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close