Karugian Yang Besar Bagi Yang Tidak Puasa Di Bulan Ramadhan Mohon Bantu Sebarkan Mungpung Masih Ada Sisa Waktu

Melihat kenyataan yang ada kini ini ternyata masih banyak umat islam yang tidak berpuasa dibulan Ramdhan ini, kemarin seorang ustad berkata dalam sebuah ceramah singkatnya pada sebuah program buka bersama :” Saat ini dikala kita melawti jalan menuju mesjid ini yang berjarak 23 km dari daerah saya masih saja banyak yang merokok dengan bebas dipinggir jalan, mereka tidak berpuasa padahal sangat bisa untuk menjalankanya.”.

Sungguh sangat miris sekali melihat kenyataan ibarat itu padahal ada hal yang sangat besar sekali menanti kita dikala kita tidak melaksanakan puasa di bulan raadahan ini tanpa alasan yang benar.

Seperti apakah hal yang besar tersebut?

Berikut informasinya di sampaikan dalam sebuah hadist

Dari Abu umamamh Al – Bahiliy ra berkata. saya mendengar Rosululloh SAW bersabda : ” Ketika saya sedang tidur, dua orang laki – laki mendatangiku dan memegang kedua lenganku, membawaku ke sebuah gunung yang tidak rata, kemudian keduanya berkata. “naiklah”,
Aku katakan, ” saya tidak mampu.”
Keduanya berkata, :”kami akan memudahkanmu.”
Kemudian saya naik sehingga dikala hingga di puncak gunung tiba – tiba terdengar bunyi yang keras. Aku bertanya, ” Suara apa ini?”
Mereka Berkata:” ini ialah teriakan penduduk neraka.”
Kemudia keduanya membawaku, dikala itu saya mendapati orang – orang yang di gantung dengan kaki di atas, rahang – rahang mereka robek dan mengalir darah darinya.
Aku bertaya :”Siapa mereka?”
Keduanya menjawab:”mereka ialah orang – orag yang berbuka sebelum halal pusa mereka.” (HR An Nasai)

Naudzubillah melihat keterangan tersebut sungguh sangat mengerikan sekali akhir dari tidak berpuasanya orang yang wajib berpuasa di bulan ramadhan.

Baca Juga  Jika Mimpi Berair Pada Ketika Puasa Apa Yang Harus Dilakukan?

Sungguh mungkin bagi mereka yang tidak puasa alasannya ialah tidak tahu akan wajibnya puasa dan kerugian kalau tidak melaksanakan puasa di bulan ramadhan ini, maka dari itu pada artikel ini gampang – mudahan menjadi salah satu cara untuk memberi tahu baik saudara, teman – teman atapun orang lain yang belum kita kenal yang belum berpuasa untuk segera melaksanakannya.

Praktis – mudahan perintah ini sudah terlaksana

“Sampaikanlah walau hanya satu ayat.”

Adapun dasar kenapa saum di bulan ramadhan ialah Qur’an Surat Al Baqarah ayat 183 yang artinya:
” Hai orang – orang yang beriman di wajibkan atas kau berpuasa sebagaimana orang – orang sebelum kamu, biar kau bertaqwa,”

Adapun orang yang boleh tidak berpuasa dan menggantinya di hari yang lain ialah sebagai berikut:

” yaitu beberapa hari tertentu. Maka barang siapa diatara kau sakit atau dalam perjalanan kemudian tidak berpuasa, maka wajib mengganti sebanyak hari yang beliau tidak berpuasa itu pada hari hari lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya , wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasa tu lebih baik bagimu kalau kau mengetahui.” ( Q.S Al Baqarah ayat 184)

Makara yang boleh tidak berpuasa dan mengganti di hari lain atau menggantinya dengan hal lain yautu denda ialah yang sakit, dalam perjalanan, orang yang berat ibarat orang yang sudah jompo, hamil dan menyusui yang kalau berpuasa berakibat jelek pada janinnya.

Demikian seputar kerugian kalau tidak menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, dasar wajibnya serta orang yang boleh tidak berpuasa dengan ketentuan tertentu.
Semoga bermafaat.

loading...