Kapan Pendaftaran SNMPTN 2021 Mulai Dibuka? Berikut Infonya

Kapan Pendaftaran SNMPTN 2021 Mulai Dibuka? Berikut Infonya – Berbagai jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan dibuka tahun 2021. Siswa siswi lulusan Sekolah Menengah pun berlomba-lomba untuk bisa diterima di kampus tujuan. Bahkan, ada yang mengambil gap year agar lebih siap mengikuti seleksi masuk PTN tahun 2021.

Informasi Pembukaan SNMPTN 2021

https://blog.edukasystem.com/

Salah satu seleksi yang dapat dipilih untuk masuk ke PTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Jenis seleksi ini sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu untuk menjaring calon mahasiswa dan mahasiswi berkualitas. Berbeda dengan jenis seleksi lainnya yang memerlukan tes secara langsung, pada SNMPTN seleksi dilakukan menggunakan nilai rapor.

Kesempatan untuk mengikuti SNMPTN sayangnya tidak bisa didapatkan seluruh siswa sekolah menengah. Pihak sekolah akan melakukan pemeringkatan bagi siswa sekolah tersebut, sehingga didapatkan jumlah sesuai persentase yang ditentukan. Jumlah siswa yang bisa mendaftar SNMPTN pada tiap sekolah pun tidak sama bergantung akreditasi. Banyaknya berita yang beredar terkait pembukaan pendaftaran SNMPTN 2021 masih belum dikonfirmasi ketua LTMPT. Daripada terjebak informasi yang masih simpang siur tentang pelaksanaan SNMPTN 2021, berikut ini adalah informasi SNMPTN yang bisa dirimu jadikan sebagai acuan.

Informasi Seputar SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau dikenal dengan SNMPTN merupakan seleksi masuk PTN yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2008. Namun, pelaksanaan SNMPTN telah mengalami beberapa perubahan sejak pertama kali dilakukan. Seleksi tersebut memang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, tetapi saat ini hanya ada SNMPTN menggunakan nilai rapor.

Mulanya SNMPTN terbagi menjadi dua jalur, yaitu SNMPTN undangan dengan nilai rapor dan SNMPTN tulis dengan pelaksanaan ujian secara langsung. Nama SNMPTN tulis kemudian diubah menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), sehingga SNMPTN pun identik dengan seleksi menggunakan nilai rapor serta prestasi akademis siswa.

Perguruan Tinggi yang tergabung pada SNMPTN dan bisa dipilih pendaftar jumlahnya mencapai 85. dirimu bisa memilih program studi tersebut berdasarkan reputasi, jurusan yang ditawarkan, atau kemudahan aksesnya dari tempat tinggal. Terdapat maksimal dua program studi yang bisa dirimu pilih, baik di Perguruan Tinggi sama ataupun di Perguruan Tinggi yang berbeda. Pendaftar perlu mencari tahu persentase kuota yang diberikan setiap Perguruan Tinggi tersebut. Sebab, alokasi kuota program studi untuk SNMPTN 2021 dan seleksi jenis lainnya akan berbeda.

Pelaksanaan SNMPTN 2021

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merupakan lembaga di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) yang menyelenggarakan seleksi masuk Perguruan Tinggi. Satu-satunya lembaga penyelenggara tes tersebut sudah terstandardisasi untuk menjaring mahasiswa dan mahasiswi. Informasi terbaru terkait SNMPTN 2021 dapat diakses melalui laman resmi https://web.snmptn.ac.id/.

Ketentuan pelaksanaan SNMPTN 2021 yang belum dirilis tidak perlu membuatmu khawatir. Sebab, ada informasi SNMPTN tahun sebelumnya yang dapat dijadikan referensi. Jadwal SNMPTN tahun 2020 adalah sebagai berikut.

  1. Peluncuran Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru: 15 November 2019
  2. Registrasi Akun LTMPT: 2 Desember 2019 – 07 Januari 2020
  3. Pengisian PDSS: 13 Januari – 06 Februari 2020
  4. Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah: 13 Januari – 06 Februari 2020
  5. Pengumuman Siswa yang dapat mendaftar SNMPTN: 13 Januari – 06 Februari 2020
  6. Pendaftaran SNMPTN: 11 – 25 Februari 2020
  7. Pengumuman Hasil SNMPTN: 04 April 2020
  8. Pendaftaran Ulang Peserta lulus SNMPTN: dapat dilihat pada laman masing-masing PTN

Siswa SMA dapat mengikuti SNMPTN, baik yang berasal dari jurusan IPA, jurusan IPS, maupun jurusan bahasa. Peluang SNMPTN bagi siswa SMK pun terbuka lebar. Adapun nilai yang menjadi pertimbangan seleksi pada saat SNMPTN adalah.

  1. Jurusan IPA: Mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Biologi, Kimia
  2. Jurusan IPS: Mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi
  3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa asing

Tidak semua siswa sekolah menengah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti SNMPTN karena kuota setiap sekolah. Sekolah dengan akreditasi A bisa mengirimkan 40% siswa terbaiknya untuk mengikuti SNMPTN, sedangkan sekolah akreditasi B bisa mengirimkan 25% siswanya. Persentase 5% didapatkan sekolah yang sudah terakreditasi C.

Persiapan Menghadapi SNMPTN 2021

Apa saja persiapan yang perlu dilakukan agar lolos SNMPTN tahun 2021?

1. Persiapan Nilai Rapor

Peluang agar diterima melalui jalur SNMPTN tahun 2021 akan semakin besar jika grafik nilai yang dirimu miliki secara naik secara konsisten. Nilai yang akan digunakan untuk seleksi adalah nilai rapor semester 1 sampai nilai rapor semester 5. Cara menghitungnya pun mudah dengan mencari tahu mata pelajaran yang akan dipertimbangkan untuk seleksi masuk. Jumlahkan seluruh nilai mata pelajaran dan bagi dengan total mata pelajaran tersebut. Hasil penjumlahan akan menjadi rata-rata dan dirimu tinggal mengurutkannya dari semester 1 hingga semester 5. Apabila grafiknya naik, kemungkinan peluang untuk bisa lolos SNMPTN tinggi, sedangkan jika grafiknya turun bisa dikategorikan tidak aman.

2. Persiapan Pembuatan Akun PDSS

Registrasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) SNMPTN bagi pendaftar SNMPTN wajib dilakukan. Pihak sekolah nantinya akan memberikan informasi terkait pembuatan akun PDSS pada siswa siswinya. Apabila tidak melakukan pembuatan akun, sudah dipastikan siswa tidak bisa mendaftar SNMPTN. Setelah mengisi data yang dibutuhkan, jangan lupa melakukan finalisasi data agar data yang diisikan menjadi permanen.

3. Persiapan Pengumpulan Portofolio

Proses seleksi SNMPTN tidak hanya mengandalkan nilai rapor saja. Bagi pendaftar program studi tertentu, misalnya yang berkaitan dengan kesenian dan olahraga, akan ada seleksi portofolio. Pendaftar akan diminta mengunggah hasil karya maupun prestasi yang dimiliki, sehingga proses seleksi juga mempertimbangkan portofolio tersebut.

Untuk memperbesar peluang kelulusan SNMPTN 2021, pendaftar akan diminta mengumpulkan beberapa portofolio berikut.

  1. Portofolio Etnomusikologi bagi calon mahasiswa Program Studi Etnomusikologi
  2. Portofolio Film dan Televisi bagi calon mahasiswa Program Studi Film dan Televisi
  3. Portofolio Fotografi bagi calon mahasiswa Program Studi Fotografi
  4. Portofolio Musik bagi calon mahasiswa Program Studi Musik, Program Studi Pendidikan Musik, atau Program Studi Seni Pertunjukan (pilihan Musik)
  5. Portofolio Olahraga bagi calon mahasiswa Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Studi Pendidikan Jasmani, Program Studi Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar atau Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga.
  6. Portofolio Seni Karawitan bagi calon mahasiswa Program Studi Seni Karawitan atau Program Studi Pendidikan Seni Karawitan
  7. Portofolio Seni Pedalangan bagi calon mahasiswa Program Studi Seni Pedalangan
  8. Portofolio Seni Rupa, Desain dan Kriya bagi calon mahasiswa Program Studi Seni Rupa, Program Studi Seni Murni, Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Program Studi Kriya, Program Studi Kriya Seni, Program Studi Pendidikan Kriya, Program Studi Desain Interior, Program Studi Desain Komunikasi Visual, atau Program Studi Desain Produk maupun Program Studi Desain Produk Industri.
  9. Portofolio Tari bagi calon mahasiswa Program Studi Tari, Program Studi Pendidikan Tari Program Studi Seni Pertunjukan (pilihan Tari)
  10. Portofolio Teater bagi calon mahasiswa Program Studi Teater atau Program Studi Seni Pertunjukan (pilihan Teater)

4. Persiapan Pemilihan Jurusan

Memilih jurusan yang diinginkan dan sesuai passion masih dianggap sulit bagi siswa sekolah menengah. Apalagi seluk beluk jurusan tersebut belum diketahui. Untuk menyiasatinya, pendaftar SNMPTN 2021 bisa melakukan survey jurusan dan prospek karier lulusan jurusan tersebut. Namun perlu diingat bahwa semakin favorit suatu jurusan, tingkat persaingannya pun akan semakin ketat.

Seleksi yang dilakukan berdasarkan nilai rapor dan portofolio dapat menjadi pertimbangan. Apabila rata-rata siswa cukup tinggi, beranikan diri memilih jurusan di kampus favorit. Nantinya pilihan PTN kedua dapat dilakukan di jurusan yang passing grade-nya lebih rendah atau memiliki sedikit peminat.

Sudah membaca informasi pembukaan SNMPTN tahun 2021? Meskipun belum ada rilis informasi secara resmi, dirimu tetap perlu mempersiapkan diri sejak saat ini. Terapkan tips atau persiapan menghadapi SNMPTN 2021. Cari tahu passion atau program studi yang akan dirimu pilih ketika SNMPTN nanti agar senantiasa termotivasi untuk mencapainya. Semangat dan semoga berhasil!

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close